Adik-adik para pelamar CPNS Kemdikbud Tahun 2013, mohon perhatian ada Pengumuman Penting tentang Perubahan Jadwal TKB CPNS Kemdikbud sbb:

Berdasarkan Surat Ka Biro Kepegawaian Setjen Kemdikbud nomor 126728/A4.1/KP/2012 tanggal 1 November 2013

Tes Kompetensi Bidang (TKB ) yang semula dijadwal pada 5 Desember 2013 diubah menjadi minggu ke-3 bulan November 2013 (18-23 November 2013) dan hasil diserahkan ke Biro Kepegawaian paling lambat tanggal 29 November 2013, mengingat hasil TKB harus diserahkan ke PANSELNAS tanggal 4 Desember 2013.

Penilaian terhadap TKB dilakukan dengan rentang penilaian 0-100.

Silakan unduh Surat Ka Biro Kepegawaian Setjen Kemdikbud nomor 126728/A4.1/KP/2012 di SINI

Update tanggal 19 November 2013:

Penundaan Pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang di Lingkungan Kemdikbud Tahun 2013

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

234 Comments

  1. yeyen yulianingsih says:

    daftar nama2 yang lulus TKD nya mana? ko lagsung tes TKB aja,, mohon infonya

  2. Sherly says:

    Lihat daftar nama,tgl,dan lokasi tkb dmn?kok blm ada infonya?

  3. vian says:

    kenapa ada info seperti ini???KEMENDIKBUD harusnya infokan dsitus CPNS.KEMENDIKBUD..kenapa diinfokan di KOPERTIS…mana lagi pengumuman TKD blum diumumkan

    • Fitri says:

      Itu karena ada orang yang mau beri kalian informasi agar bisa mempersiap diri dengan memantau terus unit kerja yang kalian lamar, seharusnya bersyukur bukannya menyalahkan. Apa lebih pilih buta informasi dik Vian ?

  4. Irene says:

    Sudah tanggal 19 dan sampai sekarang belum ada pemberitahuan apapun mengenai peserta lulus Tes Kompetensi Dasar maupun tempat dan tanggal untuk Tes Kompetensi Bidang.

    • Fitri says:

      Paselnas belum serahkan hasil TKD ke Kemdikbud, maklum Kemdikbud juga bingung maka terbit surat ini agar PTN take over kekacauan ini menyelenggarakan TKB walau belum ada pengumuman TKD.

      • Fitri says:

        NUPN adalah nomor urut pengajar nasional, bisa jadi bukti anda ini berstatus dosen tidak tetap, dosen tidak tetap bisa diberi jabatan fungsional oleh Yayasan, bisa dipakai untuk bimbing mahasiswa tapi tak bisa dipakai untuk peroleh tunjangan, ok ya kerjaan kantor lagi banyak harus diselesaikan.

  5. sri says:

    jadi bagaimana ini? hasil tes TKD ini diumumkan setelah selesai tesnya atau diumumkan di alamat websitenya kemdikbud? saya bingung mesti cari info dimana, kemana dan menghubungi siapa?

    • Fitri says:

      Dik Sri, hasil TKD akan diumumkan di website Kemdikbud.dikti.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id dalam waktu dekat ini.
      Untuk TKB Kemdkbud mempersilakan masing-masing unit kerja menetapkan jadwalnya (dalam edarannya di range 18-23 Nov). Untuk itu rajin-rajin kunjungi unit kerja yang anda apply. Kebanyakan unit kerja tetap memilih TKB dilaksanakan sesudah TKD diumumkan (karena yang tak lulus TKD dianggap gagal melamar cpns), hanya sedikit PTN yang memilih laksanakan TKB sebelum pengumuman TKD.

  6. tatik suharyani says:

    jangan khawatir,,,, ujian tkb diundur lagi,,,,,

  7. arif says:

    Ujiannya diundur kapan lagi?

  8. karina says:

    tidak ada pengumuman hasil seleksi tkd ko malah sudah ditentukan tes tkb ??trus tempat pelaksana tkb dimana karena saya mendaftar selain PTN.. mohon infonya ya 🙂

  9. erfan says:

    HmMm…..??!!
    Pengumuman lulus tkd aj blm?…ko da tes brktny
    ok dtgu share info slnjutnya lokasi n waktu tes berikutny…deh..

  10. AJAT says:

    To mbak fitri Yth.: kok sampai sekarang tgl 21 nov blum ada pengumuman hasil TKD ? klo TKB nya range 18-23 nov..mo bgaimana coba persiapannya???

    • Fitri says:

      Hehehe… dik Ajat sudah nampak SURAT KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN KEMDIKBUD tentang penundaan tes TKD ya. Kedua surat itu diteken Prof Totok Suprayitno, Beliau adalah Kabiro Kepegawaian Kemdikbud, pejabat yang paling berwenang menetapkan kebijakan seleksi cpns di lingkungan Kemdikbud, kedua pengumuman tersebut (memajukan jadwal kemudian mundur lagi) langsung dikirim ke semua unit kerja yang menyelenggarakan seleksi cpns Kemdikbud tahun 2013, tidak mereka tampilkan di website resmi kemdikbud.go.id atau cpns.kemdikbud.go.id namun nanti hasil TKD insyaAllah diumumkan di kedua website resmi tersebut. Ditunda karena menurut peraturan perundangan hanya peserta yang lulus TKD baru dibenarkan mengikuti TKB, hasil TKD masih diproses di Panselnas (Panitia Seleksi Nasional), itu dikerjakan menurut nomor antrian penyerahan lembar LJK-TKD, bisa jadi Kemdikbud kita lamban menyampaikan LJK Tes Kompetensi Dasar (TKD) sehingga dapat nomor antrian yang jauh di belakang kementerian lain, sejauh saya pantau bukan permainan, hanya kelalaian petugas/pejabat Kemdikbud yang terlambat baca edaran Menpan & RB sehingga lambat menyerahkan LJK-TKD untuk diolah Panselnas.
      Semoga hasil TKD akan keluar dalam waktu dekat…

      • AJAT says:

        maaf mbak,,kemaren saya belum baca surat edaran terbaru dari Ka Biro kepegawaian kemdikbud tentang pengunduran kembali jadwal TKB…i’m stay for more your information update mbak thank’s

    • Fitri says:

      Dik Ajat, hasil TKD belum diserahkan Panselnas ke Kemdikbud (LJK-TKD diserahkan ke Panselnas untuk dinilai, itu menurut nomor antrian, dari 22 Kementrian/Lembaga yang laksanakan LJK, siapa yang duluan serahkan lembaran LJK untuk dinilai, itu yang diproses dulu).

      Mbak juga stress dan risau, soalnya ada yang sudah dipanggil PTN pelaksana untuk test TKB sesuai pengumuman Kabiro Kepegawaian Kemdikbud yang langsung mereka kirim ke Unit kerja Pelaksana termasuk PTN. Tahu-tahu belakangan ada pengunduran lagi oleh pejabat Kemdikbud ybs karena terbentur di peserta TKB harus sudah lulus TKD. Kasihan yang terkatung-katung jauh di lokasi testing dengan bekal yang sudah hampir habis, kalo baca curhat mereka ke mbak, bisa menetes air mata. Begitulah nasib orang yang kurang sejahtera kehidupnannya, berjuang (behutang sana sini) selesaikan S2, sekarang harus berjuang cari kerja termasuk melamar cpns dosen, sadly for them.

      • AJAT says:

        kalau boleh tahu,,PTN yang sudah panggil peserta TKB apakah memanggil semua peserta TKD lagi ?? atau ada peserta lain??.,soalnya kalau peserta TKB berdasarkan nilai passing grade TKD, kan belum ada pengumuman yang lolos TKD..mbak..please repply

        • Fitri says:

          Itulah dik Ajat PTN yang terima pengumuman Kabiro Kepegawaian Kemdikbud yang pertama kan mengikuti petunjuk beliau, ada yang sms atau email semua peserta TKD, padahal Permenpan & RB sudah menetapkan hanya yang lulus TKD boleh mengikuti TKB. Dan kabiro kepegawian kemdikbud sendiri bukannya tidak tahu, baca Pengumuman Penerimaan CPNS Kemdikbud tanggal 16 September 2013 yang beliau teken http://cpns.kemdikbud.go.id/files/pengumuman-cpns-2013.pdf juga ada cantumkan ketentuan ini. Mungkin karena panik terbaca hasil TKB sudah harus diserahkan ke Panselnas paling lambat 5 Desember 2013 ya jadi buatkan surat pengumuman yang mewajibkan TKB 18-23 Nov itu, bisa jadi kemudian sadar mengikutkan semua peserta TKD sebelum pengumuman hasil TKD melanggar Permenpan & RB maka ditunda lagi. Sungguh tak bijak, intinya sabar aja deh sampai pengumuman TKD diumumkan (setelah Kemdikbud terima hasil penilaian TKD dari Panselnas). Memang harusnya umumkan TKD dulu baru jelas siapa yang boleh ikut TKB. Yang sudah terlanjur berangkat ya kasihan kali, habis biaya perjalanan sampai berjuta (bagi yang jauh) bisa jadi tak bisa ikut TKB karena tak lulus TKD. Ok ya agak sibuk.

  11. Yuli says:

    Mb. Fitri, pengunduran jadwal tes TKB CPNS Kemdikbud itu berlaku bagi peserta semua unit kerja atau yang hanya yg mendaftar sbg dosen saja?

    • Fitri says:

      Dik Yuli, berlaku untuk semua unit kerja di lingkungan Kemdikbud, semoga Panselnas cepat selesai penilaina hasil LJK-TKD sehingga bisa diumumkan Kemdikbud hasilnya secepat mungkin di website cpns.kemdikbud.go.id dan kemdikbud.go.id. Peraturan Perundangan (Permenpan & RB, Menpan & RB adalah pejabat yang ditunjuk Presiden sebagai pelaksana penerimaan/pengadaan CPNS) melarang yang gagal TKD mengikuti TKB sementara hasil penilaian TKB paling lambat 05 Des 2013 harus diserahkan Unit kerja ybs ke Panselnas (penilaian TKD oleh Panselnas, sedangkan TKB oleh Unit ybs) untuk diumumkan (final result) secara nasional di 14 Des 2013, sehingga menyebabkan terjadi 2 pengumuman yang maju mundur ini oleh pejabat Biro Kepegawaian Kemdikbud yang mungkin juga stress menghadapi deadline seperti ini.
      Salam, Fitri.

  12. ass..knp hasil tkd belum ada tapi tkb tgl 18-23?

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. kenapa anda berkepentingan tapi tak ada usaha baca isi postingan termasuk pengumuman pengunduran jadwal TKB lagi di Lingkungan Kemdikbud beserta semua diskusi yang sudah berlangsung ?

  13. Yudi says:

    Assalamu Alaikum Wr Wb. mbak,, sblumnya trima kasih banyak atas infonya ini, slama ini sya hanya mecari informasi di web kemdikbud saja,, tau2 ternyata ada pngumuman sprti ini yg tidak dimuat di web tsbut…. yang sya sesalkan adalah pengumuman mngenai jadwal TKB tdak diumumkan pada web kemdikbud,padahal dari tanggalnya 1 november,, disitu dijelaskan bahwa TKB akan dilaksanakan minggu ke 3 bulan november,,,, trus trang mba sy bru tau infox hari ini,,, andaikan tidak ada pengumuman lagi mengenai pengunduran jadwal TKB pasti sy udah tidak ikut tes TKB…… Sharusnya info tersebut juga di posting di web kemdikbud agar smw peserta cpns bisa mngtahui jadwal yang sebenarnya,,,,,

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. dik Yudi, jujur aja saya juga sangat kecewa dan kesal atas 2 pengumuman yang langsung dikirim ke unit kerja penerimaan cpns di lingkungan Kemdikbud, sehingga ada PTN yang sampai sms memesan para pelamar tiba di lokasi tes sebelum tgl 20 Nov 2013. Sungguh kesal (sampai sakit maag saya kambuh seminggu ini) memantau ada yang terlanjur habiskan tabungan setahun untuk beli ticket pp ke lokasi ujian tahu-tahu sudah sampai di sana diinfo PTN ybs bahwa jadwal TKB ditunda sampai waktu yang mereka juga tak tahu yaitu setelah pengumuman hasil TKD. Coba bayangkan yang sudah terkatung-katung di sana, bertahan harus habis living-cost yang semula tak direncanakan dan bisa jadi tak lulus TKD sehingga sia-sia semua, pulang takutnya barusan pulang tiba-tiba hasil TKD keluar dinyatakan lulus dan harus ikut TKB, untuk berangkat lagi sudah tak kehabisan dana. Sungguh pusing kenapa kekacauan ini harus terjadi ? Padahal Permenpan no.35 tahun 2013 sudah jelas menegaskan hanya yang lulus TKD boleh mengikuti TKB. Dan di pengumuman penerimaan cpns Kemdikbud 2013 di bulan September juga ada mencantumkan hal ini.

      Terlepas dari itu dik Yudi, PENGUMUMAN HASIL TKD insyaAllah akan ditampilkan di website kemdikbud.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id dalam waktu dekat (mudah-mudahan minggu depan). Sedangkan jadwal TKB diatur setelah pengumuman hasil TKD oleh unit kerja masing-masing (untuk itu sering-sering memantau unit kerja yang adik lamar), dan yang bisa ikut TKB adalah yang lulus TKD.

      Sukses selalu, salam, Fitri.

  14. arif says:

    Denger2 kx pengumuman hasil akhir semua kementerian diundur tanggal 14 Desember 2013 y?

  15. ica says:

    ass, mba fitri yang terhormat makasih ya atas infonya….maaf mau memastikan saja jadinya pasti nanti pengumuman hasil TKD akan di umumkan di situs resmi baru akan di umumkan jadwal TKB kan mba?…ditunggu info barunya ya mba….sekali lagi makasih.

  16. titi says:

    Assalamualaikum mba fitri…. Mba knp ya sampai saat ini website kemdikbud gak bisa di akses?…..

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. dik Titi, dari kemarin sore benar website Kemdikbud ada gangguan, tapi sore ini sudah pulih dan saya coba bisa akses di lokasi kami. Belum ada pengumuman hasil TKD karena belum diserahkan Panselnas. Jangan tanya saya kapan? karena saya tak bisa meramal sesuatu yang pejabat Kemdikbud aja tidak tahu, semoga hasil TKD bisa cepat selesai dan disampaikan ke Kabiro Kepegawaian Kemdikbud untuk diumumkan di website Kemdikbud.

  17. wahyu says:

    mba fitri.. boleh nanya??? dah hari senin tanggal 25 kok blm ada pengunguman juga ya??? oh ya, kata mba tadi, sudah ada Univ yang memulai TKB dulu, kalau boleh tau univ mana aja ya??? siapa tau Univ yang saya lamar.. he..he.. tx atas jawabanya

    • Fitri says:

      Dik wahyu harap baik-baik baca setiap postinganku, saya TAK PERNAH MENGATAKAN ADA PTN YANG SUDAH MULAI TKB, saya hanya pernah kisahkan ada PTN sudah mengundang semua peserta untuk mengikuti TKB tahu-tahu setelah ada pengumuman kedua dari Kabiro Kepegawaian Kemdikbud jadi tunda sehingga yang sudah terlanjur sampai di lokasi test jadi terkatung-katung sampai saat ini masih menanti di sana. Coba tunjukkan postingan mana yang mengatakan ADA UNIV MEMULAI TKB DULU. Jangan menuduh sesuatu yang tak pernah saya lakukan, semua tulisanku bisa saya pertanggungjawabkan.
      Kalo sampai hari ini belum diumumkan karena belum selesai di Panselnas.

  18. septiani dwi says:

    thanks mba fitri atas semua info yang mba berikan… amat sangat menghilangkan rasa pnasaran kami… ^.^

  19. dwi esti says:

    Trimksh bnyk mba fitri atas posting nya. Jadi saya sekarang tidak akan panik lgi nih,,,,, . Tetap bersabar & memantau terus tiap hari di web resmi cpns kemendikbud & di web laman tempat unit kerja yg dilamar.. .Untuk semua nya mari mempersiapkan diri dr skrng belajar untk menghadapi ujian TKB nanti. Tetap berdoa krn Allah lah yg menentukan segalanya,,, Allah lah yg mentakdirkan kita diterima cpns atau kah tidak krn doa adalah kekuatan kita,, . Salam,, esti.

  20. iis says:

    mbak fitri terimakasih banyak atas semua infonya,,, saya sempat kacau, bingung dan dag dig dug mencari info hasil TKD. dan alhamdulilah setelah baca semua posting di atas sy menjadi lega,,, semoga saja hasil peserta yg lulus TKD segera keluar amien,,,,

  21. wahyu says:

    tx mba fitri atas infonya…

  22. abadi says:

    Assalamualaikum,
    mbak Fitri, mohon kami diinfokan apakah sudah ada hasil pengumuman TKD dari panselnas, dan di website mana saya bisa mengakses ya mbak? terimakasih. Wasalam

    • Fitri says:

      Mungkinkah kalo saya sudah ada informasi hasil TKD tega saya menyimpan tak info ke para pelamar melalui website yang saya kelola ini ? mungkinkah saya tega membiarkan orang risau menanti sebuah pengumuman penting ? please jangan maksa saya harus info sesuatu yang saya juga tidak tahu, agar anda ketahui di atas mobil yang sedang melaju, di rumah sakit menjelang saya dioperasi atau menunggui keluarga yang sakit laptop tak pernah jauh dari saya, itu tak lain karena ingin para pengguna web kopertis 12 bisa peroleh informasi terupdate yang tak ditunda satu detikpun. Padahal sesungguhnya saya bekerja di perusahaan yang tak ada kaitan dengan dunia pendidikan.

      Silakan pantau terus web cpns.kemdikbud.go.id dan kemdikbud.go.id kalo hasil TKD sudah mereka terima akan diumumkan di situ, harap bisa terwujud dalam minggu ini, amiim.

  23. joni says:

    Ibu Fitri Yth.

    Tks atas semua info yg diberikan, btw Bu Fitri ini PNS Kemendikbud kah?atau Panitia CPNS?sayang kalo informasi seperti ini hanya ditampilkan di situs ini, karena informasi yang saya dapat bhw hal2 terkait cpns kemendikbud informasi nya lewat 1 pintu : cpns.kemendikbud…

    salam

    • Fitri says:

      Kopertis adalah perpanjangan Kemdikbud di daerah-daerah, kami terpanggil hati untuk menyajikan update semua informasi pendidikan tinggi yang bisa dipertanggung jawabkan untuk masyarakat kita yang haus informasi.
      Dua pengumuman dari Kabiro Kepegawaian Kemdikbud yang seharusnya ditayangkan di portal cpns.kemdikbud.go.id tidak dilaksanakan sebagai gantinya mereka kirim ke unit kerja – unit kerja pelaksana cpns 2013 untuk persiapan pelaksanaan TKB. Karena website Kopertis yang milik Kemdikbud ini lumayan banyak pengunjung, kami pandang adalah adil pengumuman yang ada kaitan dengan jadwal cpns yang walaupun diubah lagi harus ditampilakan, agar tidak sampai terjadi simpang siur bahwa di suatu tempat di Kemdikbud, TKB sudah dilaksanakan.
      Nanti pengumuman hasil TKD juga TKB tetap oleh cpns.kemdikbud.go.id ya kami paling foward hasil yang sudah diumumkan ke sini untuk diarsip.
      Salam, Fitri

      • joni says:

        saya sepakat dan mengharagai itikad baik Bu Fitri, tp setelah saya cermati surat dimaksud saya kira hanya untuk kalangan internal (dalam hal ini kemendikbud).

        Maksud saya mestinya kemendikbud dalam hal ini panitia menerjemahkan surat internal tadi untuk dikonsumsi para cpns kemendikbud (misal dalam pengumuman di website resmi ).

        Kalau ternyata panitia pusat mendelegasikan informasi tadi ke semua unit kerja yang membuka lowongan pns harusnya di semua web unit kerja itu ada pengumuman semacam ini (yang sudah ada di kopertis).

        maaf bu kita tdk mau dibilang buta informasi spt ibu katakan ke VIAN, justru krn kami butuh informasi kami cari terus (googling) karena kami bolak balik halaman kemendikbud hasilnya nihil…
        harap maklum krn saat ini kami berharap dan berharap…

        Btw terima kasih atas kepeduliannya Bu, semoga saat jadi pejabat nanti bisa membenahi hal2 spt ini…

        • Fitri says:

          Tak semua unit kerja pelaksana CPNS menampilkan edaran Kabiro Kepegawaian di website mereka, namun sebagian (mis ISI, UNS, Kepri, Unkhair, Polinema, Polipangkep dll) memandang perlu tampilkan agar para pelamar bisa siap-siap kemungkinan bisa ada perubahan jadwal yang mendadak, karena terlalu patuh ada pengumumun Kabiro Kemdikbud ini, ada PTN sampai sms para pelamar yang lokasi tempat tinggal jauh agar datang sebelum tgl 20 Nov eh tahu-tahu sudah tiba di sana yang terjadi adalah penundaan berkepanjangan, ada pelamar yang terlanjur berangkat. Kasihan sekali bekal sudah habis kalo pulang belum ada dana untuk balik lagi, terpaksa menunggu di sana, syukur ada yang jatuh iba dan beri dia tempat berteduh gratis, ada yang kasih uang makan dan bantu perpanjang tiketnya tiap minggu. Semoga dalam satu dua hari ini sudah ada pengumuman hasil TKD Kemdikbud, amiin.

  24. johan haryanto says:

    mba fitri yang baik mau tanya neh….. kok nyampe tanggal 27 sekarang ini belum ada pengumuman hasil TKD, ? tunggu jawabannya ia terima kasih.

    • Fitri says:

      Dik Johan Haryanto, yang menilai lembaran LJK-TKD adalah Panselnas, mereka prioritaskan 22 kementerian/lembaga yang akan melaksanakan TKB namun dengan sistem nomor antrian, artinya siapa yang duluan antarkan lembaran LJK untuk diverifikasi, itulah yang diselesaikan dulu. Maybe Kemdikbud kita agak lambat serahkan LJK dari Kementerian lain, sehingga hasil TKD Kemdikbud sampai hari ini belum diserahkan Panselnas untuk diumumkan di cpns.kemdikbud.go.id

  25. titis kuncoro wati says:

    makasih mb fitri,,,,,kl g ada web ini pasti tak kirain aq ketinggalan info ttg tkb,,,kmrn2 bka web resmi cpnsnya g ada info apa2..tau2 td bka ada info test tkb dimajukan minggu k3 nov,,,tp trnyta ada tmbhan info lg kl diundur entah sampai kapan krn blm slsai vrfksinya,aminn….lega rasanya…..maklum sy bertempal tinggal dpedalaman(mskipun msh dpulau jawa) sdgkn sy ikut test djkt(museum)jd hrs persiapan dl kl mau brgkat. kl tman2 yg lain enak tinggal naik pesawat,krn mrka mampu,jd tdk mslh brgkat dan tiba dlm htungan jam,,lhaaa kl sy bsnya naik bus,dan hrs dtempuh dlm wktu sehari semalam….mau dtg cr informasi ke unit krja yooo g bisa,,,,laman web.nya g ada infonya,,,ya ampuuuunnnnnn,,,,,menyebabkan emosi saja…..
    yaaahhhh….bgtulah rejeki orang,sdh ada yg mengatur,kita tinggal menerima dan mensyukuri.
    smga sgra terbit pngmumannya.amin

    • Fitri says:

      Itulah dik Titis, ada seorang pelamar (sebutkan namanya M) di Makassar melamar PT di Ternate, bayangkan gajinya sebagai dosen honorer hanya rp 800 ribu per bulan, tinggal di pondok yang berbaur dengan para pemulung dengan biaya sewa rp 110.000 per bulan, bundanya tukang cuci, mereka 12 orang bersaudara, M adalah anak yang kesebelas. Sewaktu di sekolah menengah sudah meninggal ayahnya, S1 tersendat-sendat selesai dengan biaya sendiri (2000-2008) di Unhas, melanjut ke UNM tahun 2009 selesai 2012 (dibantu yang iba pada nasibnya), tahun lalu ikut tes di Unej gagal, tahun ini cari yang jauh mengharap kesempatan lebih terbuka. Berangkat TKD sudah habis tabungan yang dia tabung selama setahun (jauhnya lokasi dengan dekatnya jadwal yang diumumkan tidak mungkin naik kapal lagi). Tanggal 18 Nov dia terima sms untuk ikut TKB di Ternate yang akan dilaksanakan di 20 dan 21 Nov, M panik dan sedih, usia sudah 33 tahun, dia tidak ingin melewatkan kesempatan ini, karena bagi orang susah yang bukan unggulan, menjadi cpns sudah menjadi target hidup. Ini adalah impian M, ada yang tak tega melihat (orang yang dulu bantu dia selesaikan tunggakan spp program S2nya) sekali lagi memberi bantuan, padahal donator ini sudah tua sakit-sakitan dan banyak pikulan, tapi dia tak ingin seorang anak bangsa depresi karena ada impian yang tak tercapai. Pakai kartu kredit belikan ticket pp Makassar-Ternate berangkat 19 Nov pulang 24 Nov plus sedikit uang makan di perjalanan (tidak bayar tunai karena memang agak berat keuangan bulan ini). Eh tak tahu setelah M sudah sampai lokasi mendadak dapat informasi dari PTN ybs pelaksanaan TKB ditunda sesuai instruksi Kabiro Kepegawaian Kemdikbud, apa mau dikata, pulang tak mungkin karena siapa lagi yang nanti akan beri dana berangkat ke sana. Terpaksa menanti dengan penuh kecemasan di sana, syukur ada dosen di sana iba melihat si M ditampung untuk tinggal di rumahnya sampai saat ini, kalo tidak sungguh tak bisa kebayang berapa biaya penginapan lagi harus diusahakan. Ticke pesawatnya adalah ticket mingguan, setiap minggu harus datangi kantor Garuda antri urus perpanjangan (memperpanjang ticket tak bisa online) dengan membayar 150-200 ribu, besok harus perpanjang lagi. Inilah korban kinerja buruk Kemdikbud, mereka seenaknya geser-geser jadwal, tak tahu berapa banyak pelamar bahkan bukan pelamar kena imbasnya. M menanti dengan harap-harap cemas, kalo tak lulus TKD tentu tak bisa ikut TKB, dan satu hal yang agak merisaukan, pekerjaan dosen honorer di kota asalnya apa bisa lama menanti dosennya yang tak masuk sekian lama… so sad for this bad recruitment system.

  26. Randi says:

    iya mbak, saya setuju sekali, kinerja kemdikbud benar-benar buruk. Saya turut prihatin dan kecewa sekali dengan para petinggi kemdikbud ini. Membuat pengumuman seenaknya saja, padahal hasil TKD saja belum di umumkan, tp mereka dengan seenaknya memberi pengumuman pemajuan tgl ujian TKB. Semoga para petinggi kemdikbud itu sadar dan kapok akan semua keburukan rekrutmen tahun ini, Termasuk juga keburukan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini. Benar-Benar saya sangat kecewa dengan Kemdikbud.

  27. Irma says:

    Assalamualaikum. Wr. Wb. Malam mBak Fitri.. Saya salah satu yang mengikuti Tes CPNS Kemdikbud dengan unit kerja Dirjen Kebudayaan. Malam ini saya iseng browsing di google dengan mengetik kalimat “Pengumuman yang lulus tes CPNS 2013 KEMDIKBUD, begitu muncul sungguh saya sangat terkejut begitu membaca bahwa TKB dijadwalkan tanggal 18-23 Nov 2013. Panik dan kaget berhubung tanggal yang dijadwalkan sudah lama terlewatkan sedangkan selama ini saya hampir setiap hari membuka situs kemdikbud.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id tidak pernah ada pengumuman demikian. Ditambah dengan jaringan internet yang lemot menambah kepanikan saya. Tapi alhamdulillah setelah saya dapat membuka situs ini secara lengkap dan membaca surat pembatalan jadwal TKB yang diposting sebelumnya, lega lah saya. Masih ada harapan menunggu pengumuman hasil TKD. Jika mBak Fitri berkenan, mohon kiranya permohonan saya bahkan mungkin semua yang mengikuti tes CPNS KEMDIKBUD disampaikan pada yang berwenang, semua hal yang menyangkut informasi tes CPNS KEMDIKBUD 2013 apapun itu kiranya diumumkan langsung di web kemdikbud.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id, hal ini agar tidak membuat kami semua bingung mencari informasi yang pasti dan berharap2 cemas. Semoga hasil TKD segera dapat diumumkan dan saya sangat berharap semoga saya bisa memiliki kesempatan melaksanakan TKB. Aamiin.
    Wassalamualikum

  28. lalan says:

    Asalamualikum mbak fitri. $ª???? peserta cpns kemendikbud xxxxx pin bb $ª????, tolong di add ??î???ªªªª mbak?? ??ª??? curhat pribadi seputar cpns kokk .makasihh bget
    mbak…wasalmualikum

  29. Bahrian says:

    Sudah tanggal 29 November sekarang mba..
    Saya sudah cek berulang kali ke situs2 terkait tapi blum ada pengumuman
    hasil TKD kemarin..
    Saya curiga ada unsur kecurangan di KEMDIKBUD kalau begini..
    Apa tidak ada info lainnya mba??

    • Fitri says:

      Tidak baik kita berburuk sangka Dik Bahrian karena itu termasuk yang dilarang semua agama.
      Sepanjang saya memantau belum ada kecurangan yang ditemukan, Kemdikbud sama sekali tidak bisa bermain di hasil TKD, karena kewenangan penetapan hasil TKD sepenuhnya di tangan Panselnas (Panitia Seleksi Nasional )

      Tidak bisa curang karena:
      Panitia pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Nasional terdiri dari Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kapolri, Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Sekretaris Wakil Presiden, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Ombudsman. Ketuanya Kepala BKN dan wakil ketuanya Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB.

      Jadi lamanya pengumuman hasil TKD bukan kecurangan, melainkan kelalaian Kemdikbud yang agak lambat menyampaikan LJK-TKD tanggal 03 Nov 2013 untuk dinilai, maklum Kementerian/lembaga lain dan Pemda yang menyelenggarakan LJK kan banyak, jadi antrian cukup panjang donk. Panselnas memang berulang kali menegaskan perioritaskan 22 Kementerian/Lembaga yang melaksakan TKB, sebagian hasil TKD milik Kementerian/Lembaga lain sudah terbit sebagian belum termasuk kemdikbud kita. Semalam baca pengumuman Kemenpora yang senasib, TKD kementerian paling lambat keluar 5 Desember 2013 http://kemenpora.go.id/pdf/Perubahan%20Jadwal%20Pelaksanaan%20Psikotes%20dan%20TKB%20CPNS%202013%20%281%29.pdf
      Kemungkinan untuk Kemdikbud juga demikian atau kalo mujur bisa sebelum 5 Desember 2013.

      Mari kita positif thinking aja, berdoa dan persiapkan diri menghadapi pengumuman hasil TKD, anggap aja ini bagian dari ibadah yaitu membina kesabaran dan keikhlasan kita.
      Salam hangat, Fitri.

      • atlantica online says:

        Salut dengan Mbak Fitri yang perhatian.. Kalo boleh saya tanya hal di luar kemendikbud (karena saya bukan pelamar di kemendikbud) tetapi masih berkaitan dengan penerimaaan CPNS, apa benar kalo pengumuman final penerimaan CPNS akan dilakukan secara serentak pada tanggal 14 Des? Saya sedang menunggu pengumuman tes akhir di kemendag, tadinya dijadwalkan tanggal 29 Nov, tetapi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan, dengan alasan menunggu rekomendasi dari Panselnas. Trims.

        • Fitri says:

          Dik Atlantica tabel ini adalah jadwal yang update di website Kemenpan & RB http://www.kopertis12.or.id/2013/11/30/jadwal-pelaksanaan-tes-cpns-tahun-2013.html, di situ tak ada sebutkan pengumuman tes akhir di tgl 14, tgl 14 adalah tgl penetapan kelulusan oleh PPK. Pengumuman final result di BKN dan Instansi mulai dari tgl 21 Des artinya tidak serentak diumumkan. Kalo baca informasi di website Kemenpan & RB, untuk instansi yang tidak melaksanakan TKB pengumuman hasil TKD secara serentak oleh Panselnas di tgl 14 Des.
          OK ya sudah malam, mau lanjut isi milis-milis dan istirahat.

          • atlantica online says:

            Wah..wah… saya baru lihat jadwal yang ini, ternyata sudah berubah dari SE/10/M.PAN-RB 08/2013. Kelulusan tes akhir kemenkeu juga ditunda… Jadi bingung mau pulang dulu atau ga, sudah kangen sama anak istri :tears :tears

            Terimakasih banyak atas infonya Mbak Fitri..

          • Fitri says:

            Dik Atlantica online, Sebaiknya jangan jauh dari lokasi tes dan siap-siap menghadapi semua kemungkinan yang bisa terjadi, cpns tahun ini agak kacau dengan perubahan jadwal yang main mendadak-mendadak. Saya perhatikan ada kementerian begitu pengumuman hasil TKD di websitenya langsung sekalian umumkan pelaksaan TKB dua hari kemudian. Ada pelamar cpns yang dari tgl 19 Nov 2013 sudah berada di lokasi yang jauh dari tempat tinggalnya dalam rangka memenuhi panggilan sms oleh pegawai salah satu PTN untuk mengikuti tes TKB 21-22 Nov 2013 sesuai instruksi dari Kabiro Kepegawaian Kemdikbud kita, tahu-tahu sampai di lokasi baru dapat kabar pelaksanaan TKB ditunda oleh pengumuman kabiro kepegawaian kemdikbud susulan yang bertanggal 19 Nov 2013 (mungkin Kabiro Kepegawaian Kemdikbud baru paham tidak dibenarkan melaksanakan TKB sebelum hasil TKD keluar, aneh sebelumnya kok bisa tak paham ya ? kan bukan baru diangkat jadi kabiro kepegawaian kemdikbud, tahun lalu penyelenggaraan cpns 2012 beliau kan sudah jabat, mungkin akibat dilanda kepanikan dengan semakin dekat waktu hasil TKB harus diserahkan ke Panselnas, maafkan aja deh orang panik biasanya rawan dihinggapi penyakit pelupa … ^_^). BTW anak orang susah yang jadikan cpns sebagai target impian hidupnya itu jadi terlantar di kota lokasi tes, pulang nanti tak ada uang beli ticket untuk next trip, menunggu bekal sudah habis, ya terpaksa terima uluran bantuan sedekah dari para dermawan yang kasihan nasibnya. Uh … kemdikbud…Kemenpan & RB sama aja.

  30. Desy Setia says:

    Mba Fitri yg baik dan dirahmati Alloh,aamiin ya Robb..
    Terima kasih atas semua info dan penjelasannya,sungguh Alloh yang akan membalas budi baik Mba 🙂

    Dear teman-teman yang sedang resah menunggu asil TKD CPNS,pun begitu dengan saya..:D

    Beberapa hal yang saya dapat dari sedikit carut marutnya pengumuman TKD ini adalah,bahwa saya harus lebih bersabar dan mulai berpikir jika saya menjadi salah satu pelaksana cpns 2013,mungkin saya pun akan merasakan keresahan yang jauh luar biasa dari para peserta. Dengan amanah yang sebenarnya sedemikian besar dan tidak mudah ini.

    Semoga Alloh memudahkan langkah kita semua dan pasti Dia memberikan jalan yang terbaik,aamiin ya Robb..

    Percayalah 😉

  31. icchank jency says:

    Aslmkm. sy lihat dijadwalnya menpan tgl 30 nov, paling lambat tgl 5 des y mbak fitri di umumkan hasil TKD n penyampaian daftar nilai hasil tkd n tkb tgl 12, artinya sebelum tgl 12 y mbak pelaksanaan tkb kemendikbud n pengumuman tkd paling lambat tgl 5?

  32. icchank jency says:

    apa benar pengumuman TKD di undur sampai tanggal 15 desember? soalnya baru saja saya lihat di kaltim post yaitu balikpapan yang juga menanti hasil TKD untuk melaksanakan TKB, itu menyatakan nanti tanggal 15 desember pengumuman hasil TKDnya.

    • Fitri says:

      Dik Icchank, Kalo baca sumbernya yaitu di portal Kemenpan & RB paling cepat tanggal 13 Des 2013 hasil TKD diserahkan pada Provinsi (http://www.menpan.go.id/ klik di menu gambar depan lingkaran pertama), sedangkan 22 kementerian/lembaga yang pernah disinggung akan diprioritaskan (tmsk Kemdikbud) tiap hari tetap ada yang peroleh hasil TKD, ini contohnya Perpustakaan Nasional RI keluar tgl 3 Des 2013 http://www.pnri.go.id/Download/cpns_perpusnas.pdf begitu juga Kemenpera, Bakorkamla, Kemenhut, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi keluar hasil di tanggal 3 Des, semalam LAN yang keluar. Kemdikbud sampai saat ini belum ada informasi apa bisa keluar hari ini ?

  33. Smile Junior says:

    maaf, mbak Fitri saya suka dengan respon mbak mengenai keluhan di atas, tapi klo ada info terbaru tolong langsung di posting,,, thanksss..

  34. Armen Arif says:

    Bu fitrii the best bgt deh pokoknya…salut gw..:-D

  35. Imo C says:

    sdh biasalah cpns’an pengumuman mundur mulu…kkp aza yg tkd pake komptr kluar pengumumannya lama bgt…apalagi kemdikbud.
    hehehehe

  36. AJAT SUDRAJAT says:

    Btw sdh tgl 6 des ini sob. Tp lum ad pengumuman tkd yaa??

    • Fitri says:

      Ya dik Ajat, hari ini keluar hasil TKD dari BKN, BNN, BPPT, Kemenpora, Komnas Ham, semalam KPU dan BPOM, yang punya Kemdikbud yang belum keluar-keluar (maybe komunikasi Biro Kepegawaian Kemdikbud dengan Panselnas kurang lancar atau karena peserta paling banyak/LJK yang mau dinilai paling banyak sehingga dapat nomor antrian jauh di belakang Kementerian/Lembaga lain, sebenarnya bukankah yang buka formasi terbanyak yang harus diprioritaskan ?)

  37. Intan Manurung says:

    Selamat pagi mbak Fitri..sudah tanggal 9 ini belum ada info terbaru mengenai kelulusan TKD nya.
    Apakah masih byk kementrian yg pending mbak?
    Thanks for reply.

    • Fitri says:

      Pagi dik Intan, tidak banyak lagi kementerian yang pending, Kementerian/Lembaga yang akan melaksanakan TKB kebanyakan hasil TKD sudah keluar minggu lalu dan minggu sebelumnya, saya juga masih terus menanti info hasil TKD Kemdikbud …

      • AJAT SUDRAJAT says:

        Kemenpora besok tkb’ lha klo liat jdwal tes dari kemenpan rb. Kya nya kemdikbud mau kpan tkb nya smpe skarang lum ada pngmuman tkd..pasti mepet bget

  38. Intan Manurung says:

    Baik mbak..terima kasih utk info nya..
    Saya akan ikuti terus web nya.
    Sekali lg thanks mbak.

  39. jaya doank says:

    terimakasih mba fitri… 🙂
    mba, untuk hri ini K/L apa yg ngumumin mba?
    jika hari ini ga ada K/L yg ngumumin hingga 1 atau 2 hari ke depan, bisa jadi itu adalah moment pemeriksaan LJK mpu nya Kemdikbud, heehee
    sya hanya mengira2 saja, namun tetap menjunjung husnuzhan, hihiii

  40. Abdullah M says:

    Assalamualaikum, bisa tahu bagaimana perkembangan LJK kemendikbid ibuk, kenaapa tidak ada infonya..trims

  41. Afrido Prayogi says:

    Sampai hari ini belum ada pengumuman hasil TKD ya mbak Fitri?

    • Fitri says:

      Kemarin dik Andri sudah coba sms staf biro kepegawaian kemendikbud, jawabannya : “sampai kemarin hasil TKD dari panselnas belum selesai.”. Dimohon sabar dan perbanyak doa. (Kami mohon maaf atas keterlambatan ini)

      Hehehe…pejabat/petugas Kemdikbud aja tak tahu dan minta kita berdoa …

  42. andra na says:

    amin semoga saja besok sdh ada hasilnya

  43. AJAT SUDRAJAT says:

    Ass..mbak fitri yg baik hati..saya mau tanya or minta pandangan klo brdasarkan jdwal tes dr kemenpan rb tentang yg cpns ljk. Kirakira akan ada kbijakan sperti apa dri pjabat kemdikbud waktu kan makin mepet..trima ksh

  44. Abdul Rauf says:

    klo gak salah ada comment yang di hapus, 🙂

    • Fitri says:

      Abdul Rauf, membanjiri web ini dengan komentar yang hanya berupa pencetusan emosi sangat merugikan para pengunjung web, sebagai pengelola, donator dan kontributor saya berwenang hapus komentar miring. Kuota memori web ini sering overload, agar daya tampung tahan lama saya harus seleksi dan hanya pertahankan komentar-komentar yang bermanfaat (tiap bulan sekian juta harus disiapkan untuk memuluskan kelangsungan hidup web ini). Tidak gampang mengelola web pemerintah yang ramai pengunjung (rata-rata 8.000 orang per hari) namun tidak pernah terima kucuran dana dari pemerintah. Kalo anda baca isi web ini akan mengetahui saya tidak bisa dan tidak akan dipengaruhi pejabat manapun (dan saya yakin para pejabat juga tidak berani mempengaruhi atau mengganggu web ini sepanjang yang saya sajikan adalah informasi akurat, jelas sumber dan memiliki pijatan hukum yang bisa dipertanggung-jawabkan). Tak ada yang saya takuti, saya hanya takut pada Allah SWT.

      Jangan emosi angggap anda yang paling dirugikan, sadarkah anda, berapa banyak calon pelamar yang sudah terlanjur tiba di lokasi testing dari sebelum tgl 20 Nov dan gelisah menanti sampai saat ini dalam ketidak pastian dengan bekal yang semakin tipis. Sadarkah anda saya turut terseret keluarkan dana bantuan karena tak sampai hati melihat ada yang sudah berhari-hari tak punya stock makanan dan ticket pulangnya sudah hangus.

      Seandainya anda masih berusaha komentar sinis, melecehkan pengelola web yang sama sekali tak ada sangkut paut dengan seleksi CPNS, maka sorry komentar anda akan saya batasi. Saran saya jika anda masih tak puas dengan Mendikbud atau Menpan & RB ataupun Panselnas, silakan melaporkan mereka melalui portal LAPOR cpns atau melalui jalur PTUN.

      Fitri.

      • Abdul Rauf says:

        AssalamuAlaikum Wr. Wb,
        Mba fitri, saya mohon maaf apabila pada komentar saya yang sebelumnya ada kata2 yang telah melecehkan mba sebagai pengelola web ini yang tidak ada sangkut pautnya dengan seleksi ini, karena seingat saya, saya hanya mengungkapkan kekecewan saya pada pihak2 yang terkait yaitu PANSELNAS (yang sepertinya tidak punya terget untuk melakukan pengumuman), saya tidak emosi saya hanya kecewa. sekali lagi saya mohon maaf.
        oh iya, saya memang bukanlah orang yg paling dirugikan dengan ketidak pastian ini, tapi saya adalah salah satu dari mereka yang datang sangat jauh dari daerah, dari luar pulau kelokasi tes ini dan dengan kondisi yang sama persis dengan yang mba katakan diatas.
        Sekali lagi saya mohon maaf.

        informasi mba sangat membantu kami para peserta tes, InsyaAllah akan menjadi amal kebaikan dihadapan Allah SWT. Aaminn
        Terima Kasih, Wassalam

        • Fitri says:

          Walaikumsalam Wr.Wb.
          Saya yang harus minta maaf pada dik Abdul Rauf, karena telah bertindak emosional menanggapi kekecewaan adik. Sedih mengetahui adik termasuk salah satu peserta cpns yang sudah datang dari jauh untuk mengikuti test cpns 2013 ini, saya jadi teringat Husnin Mubarak yang dari tanggal 19 Nov sudah tiba di lokasi test yaitu Ternate sampai hari ini tak bisa pulang. Sekali lagi mohon maaf atas sikap saya yang tak sabaran memberi panduan.

          Saya sudah mengadukan ketidak-beresan penyelengaraan cpns 2013 ini ke Layanan Pengaduan Seleksi CPNS http://www.bpkp.go.id/pengaduancpns.bpkp di tanggal 7 Desember2013
          semoga benar-benar ditindak-lanjuti. Besar harapan saya kasus penzholiman cpns Unair tahun 2012 tidak akan terjadi lagi.

          Ini jawaban mesin setelah selesai kirim pengaduan:
          Pengaduan Atas Proses Seleksi CPNS
          Sistem Online Layanan Pengaduan Seleksi CPNS Nasional ini dikelola oleh BPKP bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Kepegawaian Negara, Ombudsman Republik Indonesia, dan Konsorsium Lembaga Swadaya Masyarakat berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 216 Tahun 2013.
          Setiap informasi yang masuk akan kami jaga kerahasiaannya.
          Terima kasih. Pengaduan anda telah kami terima.Pada sesi ini, anda telah mengirimkan pengaduan terhadap penyelenggaraan seleksi CPNS 2013

          ***
          Sukses selalu ya dik Abdul Rauf yang baik, semoga tercapai semua yang dicita-citakan, amin YRA.
          Salam sejahtera dari Medan (saya bertempat tinggal di kota Medan), Fitri.

          • Zakiy Neilah says:

            Assalamu’alaikum mbak Fitri,, maaf mau tanya, soal kasus pendzoliman cpns unair 2012 yg dimaksud apa ya mbak? Kebetulan sy tahun ini ikhtiyar ksana. Trima kasih

        • Fitri says:

          AssWw dik Abdul Rauf gimana kabarnya, semoga lulus seleksi TKD dan lancar terus mencapai yang adik targetkan, Amiiin YRA. Seandai tidak lulus juga tak apa-apa karena usia masih muda dan masih banyak kesempatan di hari depan, tidak selamanya kegagalan itu tidak baik, bisa jadi itu merupakan awal dari suatu keberhasilan. Manusia hanya berencana dan berusaha, Allah SWT yang menentukan hasil. Semua yang terjadi adalah kehendakNya, baik keberhasilan atau kegagalan selalu ada hikmah di belakangan hari, selalu yakin yang terjadi hari ini adalah yang terbaik buat hari depan. Jangan pernah patah semangat dan maju terus ya dik, salam kompak dari Medan, Fitri.

  45. Saut Nababan says:

    Ass
    Kenapa pengumuman perubahan jadwal di web lain di muat? Sementara di web atau linkpendaftaran cpns ngak di muat? Ada apa ini? Kita sudah jauh dari daerah. Tiap hari kita update kabar terbaru di link penerimaan cpns tapi pemberitahuan tidak di muat disana. Kita sudah sangat rugi bapak bapak….akses internet kita ke warnet yg di daerah. Sungguh tidak propesional. Da di bagian pendidikan supaya org didik menjadi propesional malah di departemen sendiri yg kacau. Sungguh tidak propesional. Saya tau penundaan dari brows di internet. Selama ini saya update dari situs dan link penerimaan cpns mendiknas. Tapi sampai detik ini tidak di muat keteranjan
    Sungguh terlalu. Malu sama megara ini. Ngurus begini aja kagak becus..

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. itu yang saya sesalkan, 2 pengumuman dari pejabat yang berwenang menetapkan cpns di Kemdikbud tidak diluncurkan di website cpns.kemdikbud.go.id
      Di tgl 1 Nov 2013 mereka langsung mengirim ke Unit kerja penerima cpns untuk majukan jadwal TKB, sebagian uni kerja tidak beri respon atau mungkin terlambat terima surat atau meragukan hasil TKD apa bisa ontime diumumkan? (Permenpan sudah menentukan hanya yang lulus TKD boleh mengikuti TKB), sebagian unit kerja pasang di website mereka dan sms calon penerima yang bertempat tinggal jauh agar menuju ke lokasi untuk TKB. Rupanya memajukan TKB tidak diijinkan Panselnas, sehingga muncul pengumuman tgl 19 Nov yang membatalkan isi surat 1 Nov. Yang buat kacau sebagian peserta sudah di lokasi test, pulang nanti tak ada biaya datang lagi (maklum tak semua peserta orang kaya), bertahan bekal yang mereka bawa hanya cukup untuk makan 3 hari. Bisa bayangkan bagaimana keadaan mereka yang tiba di lokasi testing sebelum 20 Nov 2013, terlunta-lunta di kota asing, jauh dari keluarga, jauh dari pekerjaan sehari-hari yang walau tidak besar honor tapi merupakan sumber pencaharian di kota asal, jangan-jangan TKD tak lulus, uang habis semua, hutang sana sini untuk bertahan di kota testing, pekerjaan hilang karena lama ditinggal. Sungguh tak berani bayangkan …

  46. icchank jency says:

    saya doakan semoga perjuangan rekan-rekan yang telah banyak meluangkan usahanya baik tenaga,waktu,pikiran dan materi, di berkahi oleh ALLAH SWT dan mendapatkan hasil yang terbaik atas usahanya. mudah-mudahan saja segenap pihak yang terkait bisa melihat usaha dari rekan-rekan, agar dalam menjalankankan atau mengagendakan suatu kegiatan seperti ini bisa lebih memperbaiki kinerjanya dan transparan dalam pelaksanaannya sehingga informasi yang diperoleh masyarakat lebih obyektif, serta pihak tersebut lebih konsisten terhadap setiap keputusan/pengumuman yang dikeluarkan.

  47. Intan Manurung says:

    Selamat siang mbak Fitri.
    Sudah tanggal 11 belum ada update terbaru ya mbak?
    Udah lama banget rasanya.
    Tadi saya ada baca statement bahwa pengumuman tidak dipajang di web
    Cpns.kemdikbud.go.id
    Maksudnya apa ya mbak.
    Thanks ya mbak sebelumnya.
    Sukses utk kita semua.

    • Fitri says:

      Itu maksudnya pengumunman tgl 1 Nov 2013 dan pengumuman tgl 19 Nov 2013 dari kabiro Kepegawaian kemdikbud TIDAK DIEDARKAN DI CPNS.KEMDIKBUD.GO.ID, bukankah kedua pengumuman ini sudah ada di tempat anda menulis komentar. Kalo ada update informasi tak mungkin saya simpan, bahkan di tengah malampun saya selalu update informasi untuk web ini (walau sejujurnya cukup letih … kadang tidur sudah menjadi barang mewah yang tak terjangkau). Mohon hindari berburuk sangka, pengumuman Hasil TKD begitu juga TKB AKAN diumumkan di website cpns.kemdikbud.go.id dan kemdikbud.go.id.

      Maaf keterbatasan waktu, Saya butuh waktu kerja di 2 perusahaan dagang swasta untuk hidupi keluargaku termasuk hidupi web ini, biaya pengobatan 3 keluarga dekat mencapai ratusan juta per tahun harus diprioritaskan. Sepulang kejra saya butuh waktu menemani kedua bundaku (mama dan ibu mertua) yang sudah uzur dan kena stroke berat dan mengalami kelumpuhan permanen, saya juga butuh waktu cari berbagai informasi yang terkait pendidikan tinggi dan untuk diisi di web kopertis XII (informasi tak jatuh dari langit) dan milis-milis pendidikan yang saya kelola, yang tentunya saya butuh waktu baca semua yang saya sajikan agar sanggup pandu para dosen di berbagai milis dan forum FB dsb dsb dsb…

  48. icchank jency says:

    baru saja keluar pengumuman baru dari menpan bahwa tgl 24 despengumuman resmi CPNS umum secara serentak. tgl 19 des penyerahan hasil TKD dengan sistem LJK pada beberapa kementrian/lembaga, provensi dan kota/kabupaten. kita semua berdoa semoga kemendikbud tidak termaksud dalam beberapa kementrian tersebut.

  49. Muhammad Rangsang Agung says:

    Assalammualaikum Wr Wb

    Kemarin, Tanggal 11 Desember 2013, telah keluar pengumuman resmi tentang Informasi Penyampaian Nilai TKD Dan Pengumuman Kelulusan CPNS yang dikeluarkan oleh MenPan RB. Pengumuman tersebut mencantumkan bahwa Pengumuman CPNS di beberapa Kementerian untuk TKD yang menggunakan LJK akan diumumkan secara serentak pada tanggal 24 Desember 2013. Berikut Link nya : http://menpan.go.id/berita-terkini/2095-informasi-penyampaian-nilai-tkd-dan-pengumuman-kelulusan-cpns

  50. Muhammad Rangsang Agung says:

    Mohon maaf , yang diumumkan secara serentak pada tanggal 24 Desember 2013 adalah Pengumuman Kelulusan hasil CPNS tahun 2013 dari pelamar umum untuk Instansi Instansi, dan bukan Pengumuman CPNS di beberapa Kementerian untuk TKD yang menggunakan LJK.

  51. Dy Murwaningrum says:

    mbak untuk lowongan tenaga pendidik/dosen klo kita pantau di web cpns.kemdikbud.go.id cukup kan mbak ya? itu web resmi bukan? karena saya daftar, upoad dan cetak kartu di web itu, tentu akan diumumkan di web itu ya mbak hasil tkd nya?
    Saya cm takut krn surat edaran tidak diumumkan, jangan2 hasilnya juga tdk diumumkan di web itu? cukp takut karena rumah saya sekitar 8-9jam dr perguruan tinggi tempat saya mendaftar mbak.Trimakasih untuk semua info2 nya mbak. saya baca dr atas comment2nya ternyata teman-teman banyak yang mengalami kejadian yg kurang baik.

    semoga pemerintah lebih konsisten dan jelas serta bijak dalam menetapkan keputusan.

    • Fitri says:

      Dik Dy Murwaningrum benar http://cpns.kemdikbud.go.id/ dan http://www.kemdikbud.go.id/ adalah website resmi Kemdikbud. Kalo hasil testing baik TKD, TKB maupun kelulusan akhir InsyaAllah diumumkan di kedua website tersebut. Edaran penundaan TKB tempo hari tidak diumumkan di kedua website ini mungkin karena edaran tsb ditujukan ke pimpinan unit kerja pelaksana cpns, bisa jadi pejabat kemdikbud beranggapan harusnya PTN/unit kerja yang mengumumkan ke para pelamar setelah terima edaran mereka.

  52. Dian Saputra says:

    Selamat pagi Mbak.Fitri dan rekan-rekan. mbak fitri saya mau menanyakan jika tanggal 24 Desember itu Pengumuman CPNS Final seluruh Instansi baik Kementrian maupun Provinsi Kota/Kab, sekarang sudah tanggal 16 Desember apakah hasil pengumuman TKD untuk Kemdikbud minggu ini sudah bisa keluar??? sedangkan untuk pelaksanaan TKB sampai ke tanggal 24 Desember masih ada jeda 1 minggu??? Terima kasih banyak pencerahannya.

    • Fitri says:

      Dik Dian Saputra, hasil TKD sudah keluar tadi malam jam 23.00, dalam waktu dekat akan diadakan TKB, silakan kunjungi website unit kerja masing-masing karena diumumkan jadwal TKB oleh masing-masing unit kerja, nampaknya tgl 24 Des 2013 itu pengumuman cpns final kalo tak diundur lagi.

  53. Bowo Radik Sang Penakhluk says:

    Di halaman website resmi CPNS Kemendikbud udah ada pengumuman yang lulus TKD dan memenuhi syarat untuk TKB sayangnya pengumuman TKB harus menghubungi unit kerja masing-masing…

  54. Haryo Ksatrio Utomo says:

    Sudah keluar saat ini sekitar jam sebelas malam hanya saja kalo mau diakses via pc blm keliatan tp kalo via hp anehnya bisa .

  55. icchank jency says:

    yang memenuhi syarat tes kompetensi dasar dapat kita lihat pada halaman sekjen kemendikbud

    • Fitri says:

      Hasil TKD CPNS Kemdikbud 2013 sudah keluar tadi malam jam 23.00 di website cpns kemdikbud
      Pengumuman Peserta yang Memenuhi Persyaratan Tes Kompetensi Dasar Penerimaan CPNS Kemdikbud 2013
      http://cpns.kemdikbud.go.id/index-2.html
      Senin, 16 Desember 2013
      Sehubungan dengan telah ditetapkannya hasil Tes Kompetensi Dasar oleh Panitia Seleksi Nasional (PANSELNAS) dengan ini kami sampaikan Daftar Peserta yang Memenuhi Persyaratan (MP) dalam Tes Kompetensi Dasar dan berhak untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang. Untuk selanjutnya, informasi mengenai jadwal dan tempat pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang serta ketentuan lainnya dapat dilihat di laman masing-masing unit kerja.

      Daftar Peserta yang Memenuhi Persyaratan (MP) dalam Tes Kompetensi Dasar
      http://cpns.kemdikbud.go.id/indexb6ee.html?p=pengumuman_tkd_2013

      Selamat untuk adik-adik yang berhasil lulus, yang tidak berhasil jangan patah semangat, masih ada kesempatan di tahun depan.

  56. Yar Johan says:

    Wow luar biasa. Thanks infonya. oya bila berkenan. Monggo untuk mampir. UPDATE TERBARU [INFO CPNS] Lulus TKD lanjut Tes Kompetensi Bidang (TKB) CPNS KEMENDIKBUD 2013. http://yarjohan.blogspot.com/2013/11/pelaksanaan-tes-kompetensi-bidang-tkb.html

  57. Susanah Wati says:

    Assalamu’alikum mbk fitri,
    Maaf mbak mau tanya, kalau TKB itu materinya tentang apa ya mbak?
    Misal saya jurusan Pendidikan Matematika melamar di PERANCANG FASILITASI DAN BIMTEK PEMBINAAN KARIR PTKSMP. Nah, TKB nya itu tentang matematikanya atau tentang materi jabatan yang dilamar. Terus, tesnya biasanya berapa lama?Terimakasih atas informasinya.

    • Fitri says:

      Dik Susanah Wati silakan baca tanggapan di postingan sebelumnya, sudah ada tanggapi pertanyaan sejenis. Mohon maaf keterbatasan waktu hanya di malam hari saya bisa isi website kopertis XII.

  58. AJAT SUDRAJAT says:

    Ass..mbak fitri terimakasih atas infonya selama ini, alhamdulillah saya bisa ikut TKB di SETJEN KEMDIKBUD hari minggu 22 des 2013 nanti..mohon doa nya agar saya bisa lulus..amin..untuk teman-teman yang lainnya good luck juga

    • Fitri says:

      Alhamdulillah dik Ajat Sudrajat, senang sekali pagi ini begitu buka mailbox dapat good news dari adik, semoga lancar terus dan berhasil lulus seleksi cpns 2013 dan menjadi abdi negara yang jujur adan penjaga amanah yang baik, sukses selalu dan murah rezeki, amiiin YRA.

  59. AJAT SUDRAJAT says:

    Amin YRA. Tp maaf mbak saya msh kurang faham..apakah yg namanya ada tercantum dlm data peserta memenuhi persyaratan (mp) di laman kemdikbuditu pasti ikut tkb??

    • Fitri says:

      InsyaAllah dik Ajat Surdrajat, semua peserta yang lulus TKD di laman cpns.kemdikbud.go.id berhak ikut TKB. TKB kemungkinan besar hanya berisi interview dan Psikotes seperti yang telah diumumkan UI. Itu adalah kewenangan unit kerja masing-masing, mau ikutkan ujian tulisan atau tidak, kayaknya demi ngejar deadline bisa jadi hanya ada sesi wawancara dan psikotes. Pantau terus unit kerja yang adik lamar, jangan ada mis informasi atau pengumuman penting dari unit kerja yang adik lamar, sukses selalu, salam, Fitri.

  60. yuli darmayanti says:

    Assalamualaikum… mbak Fitri, trimakasih bwt infonya slama ini. alhamdulillah, nama saya tercantum dlm dftar nama yg memenuhi persyaratan dan berhak mengikuti tkb tgl 22 bsk di ditjen kebudayaan. mba minta tipsnya donk bwt menghadapi tes tkb bsk, bgaimana cara dlm menghadapi sesi wawancara ataupun psikotes?? trimakasih sblmnya mba… 🙂

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. selamat ya dik Yuli Darmayanti, semoga lancar menghadapi TKB, kalo untuk sesi wawancara atau psikotes saya tak ada tips special, jangan terlalu risau dan gugup, persiapkan diri dengan suasana hati yang cerah dan jangan lupa beribadah, kalo sudah berusaha selanjutnya bukan kita yang memutuskan. Sukses selalu dik, semoga berhasil, amiiin YRA, salam, Fitri.

  61. luki nurdiansyah says:

    Pengumuman hasil tes TKD sudah diumumkan 17 November 2013. Lalu tes TKB Badan Bahasa jadwalnya kapan yah? Mohon informasinya.

    • Fitri says:

      Dik Luki Nurdiansyah, pantau terus website Badan Bahasa karena pengumuman TKB diumumkan di website unit kerja tak di website cpns kemdikbud lagi, masih banyak unit kerja juga belum mengumumkan jadwal TKB.
      Sukses ya dik Luki,
      Salam, Fitri.

  62. icchank jency says:

    Aslmkm. klo ada info tentang TKB uncen mt itlng ya mbak fitri, trmksh sebelumnya

  63. Love Hobelia says:

    assalamualaikum

    mbak Fitri, untuk TKB kemdikbud kira2 tentang apa yah ?
    soalnya saya perhatikan berbeda yah setiap departemen
    ada yang Psikotest dan Wawancara
    apakah Kemdikbud juga melakukan hal yang sama ?
    terima kasih

    semoga kita saling mendoakan yah agar bisa lolos
    aamiin
    wassalam

  64. NASA wijaya says:

    salam kenal mbak,

    mbak dan teman2 lain yg besok jg mau ikut tes. Sy mau tanya nih.,untuk ujian TKB kemendikbud besok apakah menggunakan kartu ujian yang lama ( kartu yg dipakai pas tes TKD) atau print lagi ya ?? Soalnya kalau pakai kartu yang lama disana ada tulisan tgl tes TKD nya (tgl 3 Nov)..

    terima kasih sebelumnya..,

  65. AJAT SUDRAJAT says:

    Ass. mbak fitri yang baik hati. saya mau share lagi ni 🙂 klo bdasarkan Surat edaran Menpan_RB pengumuman final lulus CPNS 2013 itu kan 24 des serentak. sedangkan TKB di Setjen Kemdikbud baru dilaksanakan kemarin 22 des,apa mungkin hanya dalam waktu satu hari dari 22-24 setjen kemdikbud sudah bisa periksa hasil TKB dan bisa ngumumin final cpns di 24 des??atau jangan2 ada apa2 antara peserta tkb dengan panitia di setjen kemdikbud karena kemarin saja waktu pelaksanaan tkb,ada beberapa peserta tes yang nampaknya sudah kenal betul dengan panitia/pengawas, saya khawatir perekrutan cpns ini tidak per dengan adanya rekayasa di TKB…mohon pandangannya mbak..Was.wr.wb terima kasih.

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. kalo saya baca edaran itu berlaku untuk cpns Pemda yang hanya melaksanakan TKD aja, jadi bagi mereka hasil TKD itu hasil kelulusan CPNS. Kalo untuk Kemdikbud dibaca jadwal di pengumuman penerimaan cpns sebelumnya direncana pada akhir tahun ini (kalo tak ditunda). Kalo masalah persekongkolan terbuka di TKB tapi itu porsi cuma 40%, dan kalo ada keraguan masih bisa layangkan pengaduan ke Ombudsman. Tahun 2012 ada dosen yayasan dapat ranking TKD teratas di formasinya, dan merasa cukup puas dengan hasil TKB, tahu-tahu dinyatakan tak lulus, dosen yayasan tsb mengadu ke Ombudsman dan ditanggapi, didampingi Ombudsman PTN ybs buka keseluruhan nilai yang dia peroleh, rupanya dijatuhkan di sesi wawancara cuma diberi nilai 25/100. Tentu tak semua unit kerja berlaku curang, kita doakan semoga kejujuran belum jadi barang langka di lingkungan Kemdikbud, amiiin.

      • MUHAMMAD HAFIDZ says:

        Assalamu’alaikum Mba. Semoga semua usaha berbuah hasil begitu jg untuk tmn2 yg lain. Amin. Ckp lelah jg sdh sampe langkah seperti skrg ini Mba. Apalagi bnyk sekali ketidakjelasan seperti tgl pengumuman hasil termasuk materi yg akan diujiankan. Kemarin TKB simpang siur mslh materi yg akan di ujiankan. Ada yg blg psikotest lanjutan. Ada yg bilang wawancara. Ada yg blg tes tulis (essay) terkait bidang yg akan dilamar. Namun prakteknya hanya pilihan ganda berjumlah 60 soal mngenai bidang yg akan dilamar. Setelah itu plg. Tidak ada info apapun dr panitia mngenai tgl pengunuman ataupun jenis materi ujian lanjutan apabila ada. Apakah wawancara ? Atau ada psikotest lanjutan lg ? Dll. Mohon Mba di share apabila ada info terkait hal ini. Terima kasih atas infonya selama ini dan sdh mau sabar menangani kami.

  66. arif zuliyanto says:

    Assalamualaikum,

    Pagi mbak Fitri, salam kenal.
    Mbak mau nanya nih, kalau kita mau mengajukan pengaduan tentang kejanggalan pelaksanaan ujian CPNS kemana ya mbak?
    Soalnya hari minggu 22 Desember kemarin saat saya mengikuti ujian TKB di SMP 19 Jakarta saya melihat beberapa kejanggalan nih mbak.
    Harapan saya cuma agar ujian CPNS kali ini benar2 bersih dan jauh dari kecurangan.
    Terimakasih.

  67. Fitri says:

    Adik-adik peserta cpns 2013,
    coba cek nilai TKD masing-masing, hari ini (24 Des 2013) sudah ada pengumuman hasil TKD LJK keseluruhan beserta nilai yang adik-adik peroleh, ini linknya:
    http://www.kopertis12.or.id/2013/12/24/pengumuman-hasil-tkd-ljk-cpns-pelamar-umum-t-a-2013.html

    Link kemenpan agak susah akses, pakai aja jppn
    http://cpns2013.jpnn.com/
    Masukkan no tes bisa nampak nilai TKD yang adik-adik peroleh, bagi kementerian/lembaga yang ada penyelenggaraan TKB, nilai TKD pegang peranan 60% dalam penetapan final result.

  68. AJAT SUDRAJAT says:

    terima kasih info nya mbak,,tadinya saya kira tgl 24 des itu pengumuman final cpns 2013..eh ternyata pengumuman nilai hasil TKD..kira2 untuk pengumuman finalnya kapan ya mbak??apa bakal di umumin di laman resmi kemdikbud lagi??

    • Fitri says:

      Sama-sama Dik Ajat, tidak tahu apakah akan ditunda atau seperti yang direncanakan semula bahwa final result akan diumumkan sebelum tahun baru, lebih baik kita sabar menanti aja, birokrasi menunda jadwal sudah biasa, nanti terlalu menanti ditunda lagi bisa jadi kecewa. Kalo final result cpns kemdikbud ya diumumkan di website kemdikbud.go.id dan cpns.kemdikbud.go.id dan juga di website masing-masing unit kerja.

  69. arif zuliyanto says:

    Terimakasih mbak fitri atas tanggapannya.
    Barusan saya buat laporan pengaduan, semoga mendapat tanggapan.
    Saya sangat berharap seleksi CPNS kali ini benar2 bersih dan jauh dari kecurangan.

    • Fitri says:

      Ok dik Arif Zuliyanto, Kalo melihat ketatnya penilaian, seperti penjelasan saya ke dik Abdulah M barusan, peluang unit kerja main terbatas di TKB, bahkan penetapan hasil akhir juga oleh Panselnas.

  70. arif zuliyanto says:

    Iya mbak soalnya kemarin waktu pelaksanaan ujian, saya melihat gerak-gerik mencurigakan dari salah satu pengawas ujian di ruangan saya. Takutnya dia jadi joki salah satu peserta ujian yang tidak hadir mbak.

  71. chamrul umardani says:

    maaf mbak..tpi entah kenapa saya termasuk calon peserta yang dirugikan atas penjadwalan pelaksanaan CPNS kemendikbud yang amburadul dan gak jelas…saya tahu kalo saya telah lolos TKD tapi pengumuman lokasi serta waktu ujian yang mepet dengan pelaksanaan sangat merugikan saya karena akses informasi serta sarana tranportasi tmpat saya tinggal sangat jauh, sehingga saya melewatkan kesempatan untuk mengikuti ujian TKB…yang sangat saya sesalkan kepada kok harus mepet anatar pengumuman sama pelaksanaan, hingga calon peserta yang berlokasi jauh semisal dlluar jakarta atau pulau jawa tidak berkesempatan untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan ujian….saya sangat kecewa…padahal sebelumnya tidk ada info apapun selain pengumuman hasil tanggal 24 desember melalui edaran Menpan…tahu-tahu kemendikbud mengumukan sebelumnya dan melaksanakan dengan jangka waktu yang sangat pendek dan mepet…ada apakah ini? apakah mereka telah mempunyai calon PNS yang mungkin mereka inginkan tetapi mereka berpura-pura mengadakan dan melaksanakan ujian dengan baik…wallahu ‘alam…makasih mbak

    • Fitri says:

      Turut sedih mendengar pengalaman dik Chamrul, kejadian pahit ini setahu saya juga dialami beberapa peserta, bahkan ada beberapa yang merupakan peserta satu-satunya yang lolos formasi yang mereka lamar, yang rata-rata berlokasi jauh, seperti ada peserta Papua merupakan peserta satu-satunya yang lolos TKD di salah satu unit kerja Sekjen Kemdikbud, tidak sempat mengikuti TKB yang dilaksanakan di Gedung Kemdikbud Senayan Jakarta tgl 22 Des 2013 karena kelewatan informasi, akses internet di sana juga sangat susah dan mahal.

      Kalo mau disalahkan, semua yang terlibat ada salah:
      – Kemenpan & RB dan Panselnasnya tidak memiliki perencanaan yang matang, rubah-rubah jadwal terus sehingga membingungkan unit kerja Kementerian/Lembaga terutama yang ada pelaksanaan TKB
      – Biro Kepegawaian Kemdikbud (panitia perencanaan dan pengadaan CPNS kemdikbud) terlalu malas, informasi di cpns.kemdikbud.go.id kurang update, masak jadwal dan lokasi TKB tidak diumumkan, sebaliknya para peserta disuruh melihat di unit kerja masing-masing, padahal banyak website unit kerja tak berfungsi atau error, kalo yang berlokasi satu kota dengan unit kerja, barangkali bisa langsung ke alamat menanya, gimana dengan yang jauh, website unit kerja yang mereka error, telp ke Kemdikbud tak ada yang angkat, email tak balas, helpdesk tak ada, apakah anak-anak yang hidupnya pas-pasan ini harus membebani orang tua lagi untuk bayar transport fee ke alamat unit kerja hanya untuk menanya kapan jadwal TKB ?

      Dik, ini bukan permainan, ini adalah kinerja yang sangat buruk.

      Ada satu peserta yang bernama Mubarak, anak orang susah, Mamanya tukang cuci ayah sudah lama meninggal. Mubarak bersaudara 12 orang semua hidup susah dan hanya dia aja yang berpendidikan tinggi (biaya sendiri). Anak orang susah sulit melamar pekerjaan di perusahaan mau buka usaha modal tak ada, mengharap impian hidup yang layak bisa terwujud melalui cpns. Bayangkan karena informasi yang dia terima bahwa TKB dilaksanakan di 20-22 Nov 2013, sehingga tgl 19 Nov sudah tiba di lokasi unit kerja dengan hanya membawa bekal makan 3 hari. Bagai disambar petir begitu sampai di lokasi baru tahu TKB ditunda sampai waktu yang tak pasti. Mubarak tak mau pulang karena usia sudah 33 tahun dan sangat mengharap bila lolos seleksi. Dengan bekal kesabaran dan bantuan dari hama Allah yang kasihan nasibnya, dia bertahan terus sampai tgl 21 Des 2013 (32 hari setelah tiba di lokasi tesing) Alhamdulillah Mubarak lancar mengikuti TKB (dia adalah satu-satunya peserta yang lolos seleksi TKD di formasi tsb). Sampai hari ini Mubarak belum berani pulang, takut pengumuman hasil akhir dia kelewatan waktu pemberkasan (naik pesawat tak terjangkau, naik kapal laut lama perjalanan, kalo nanti jarak pengumuman hasil akhir dengan pemberkasan mepet, bisa tak terkejar ya dinyatakan gagal), padahal sebagian berkas harus urus di domisilinya.

      Itulah dik, cukup banyak kekecewaan dan kecemasan yang melandai para peserta dalam seleksi cpns tahun ini, semoga tahun depan bisa lebih baik.
      Salam, Fitri

  72. kiki rahayu says:

    salam kenal mba fitri…kalo pengumuman final kemdiknas kapan???kl yg diumun tgl 24 des blum final???ditunggu jawabannya ya….makasih…

    • Fitri says:

      Dik Kiki. sorry saya tidak ada info kapan pengumuman hasil akhir cpns Kemdikbud, yang diumumkan di tgl 24 Des 2013 adalah hasil TKD dari semua Kementerian/Lembaga/Pemda lengkap nilai yang diperoleh.

  73. kiki rahayu says:

    knapa baru diumumkan tkd tgl 24 des,,pdhal tkb sudah dilaksanakan tgl 22 des???

    • Fitri says:

      Dik Kiki Rahayu, Hasil LJK-TKD yang diumumkan oleh masing-masing unit kerja sebelum tgl 24 Des 2013 kan tanpa nilai dan dilakukan tidak secara serentak (itu tak lain karena diprioritaskan Kementerian/Lembaga yang akan pelaksanaan TKB), agar tidak ada kecurangan yang tersembunyi di antara kita, maka setelah semua hasil TKD sudah siap dinilai (termasuk Pemda yang tidak ada melaksanakan TKB), dibuka secara transparen lengkap dengan nilai ke publik, sehingga masing-masing peserta mengetahui nilai yang dia peroleh dan di ranking berapa di formasi yang dia lamar.

      Salam, Fitri

  74. Intan Manurung says:

    Maaf mbak Fitri.
    Saya lulus di Balitbang,dan tggl 21 kmren blm ada jadwal TKB utk Balitbang.
    Berarti saya blm ujian dong ya.
    Thanks infonya mbak..

  75. Intan Manurung says:

    Kok yang tertera di web cpns gak tercantum utk balitbang.
    Kok seperti disengaja.
    Padahal saya udah bersiap.
    Kali begini saya merasa kalah sebelum berperang.
    Infonya gak transparan.
    Krna alamat yg mbak kasi itu saya baru tau.
    Berarti byk peserta yg terlewat.
    Sungguh mengecewakan dan memalukan jika KEMENTRIAN begini.

    • Fitri says:

      Dik Intan Manurung, saya turut sedih adik kelewatan TKB, ada beberapa adik-adik peserta cpns juga mengalami kejadian yang sama. Sebenarnya di web ini saya sudah berulang kali ingatkan adik-adik agar rajin kunjungi web unit kerja yang dilamar SETELAH PENGUMUMAN HASIL TKD, bila perlu beberapa kali dalam sehari, karena jadwal TKB ditetapkan oleh unit kerja masing-masing dan tidak diumumkan di website cpns kemdikbud, dan prediksi jarak pelaksanaan TKB dengan pengumuman TKD sangat dekat karena mereka ngejar waktu. Dan berhubung sebagian web unit kerja yang tercantum di cpns.kemdikbud.go.id tidak update harus rajin search melalui Google atau search engine lainnya atau bila lokasi tes dekat langsung tanya ke sana. Di tgl 20 Des 2013 saya ada coba bantu adik-adik dengan bagusi alamat web unit kerja yang error dilengkapi dengan pengumuman TKB yang sudah diumumkan (berhubung keterbatasan waktu ada sebagian tak berhasil saya peroleh info TKBnya, atau mungkin tak masuk ke web langsung umumkan di dinding kampus), Litbang termasuk yang ada saya infokan jadwal TKB di link di bawah ini.
      http://www.kopertis12.or.id/2013/12/20/laman-unit-kerja-kemdikbud-yang-sudah-mengumumkan-jadwal-tkb.html

      Salam, Fitri.

  76. Intan Manurung says:

    Yang dikecewakan knpa info gk tercantum di web resmi.
    Saya dari Riau, dan sudah mempersiapkan semuanya.
    Tapi ini hasilnya.
    Berapa byk anak bangsa yang harus kecewa dgn cara seperti ini.
    Inikan Kementrian.. Tentu byk yang curiga jadinya.

    • Fitri says:

      Dik Intan Manurung, ini pembuktian kinerja yang amat buruk, website resmi tak update, di web http://cpns.kemdikbud.go.id/ diumumkan : informasi mengenai jadwal dan tempat pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang serta ketentuan lainnya dapat dilihat di laman masing-masing unit kerja. TAPI SAYANGNYA BEBERAPA WEBSITE UNIT KERJA YANG TERCANTUM DI LAMAN MEREKA ERROR DAN TAK BERFUNGSI, sudah itu banyak peserta lokasi tempat tinggal jauh dari unit kerja yang mereka lamar tak mungkin datang ke alamat unit kerja cari informasi, akses internet tak selamanya lancar apalagi bertempat tinggal di lokasi yang sulit akses internet seperti Indonesia bagian timur, tak heran ada peserta Papua yang merupakan satu-satunya calon yang lolos seleksi TKD di salah satu formasi Sekjen Kemdikbud, tidak dapat informasi jadwal TKB sehingga tidak hadir di pelaksanaan TKB tgl 22 Desember 2013 di Gedung Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

      Banyak tangisan banyak kekecewaan banyak kerugian para peserta cpns tahun ini, beberapa peserta sudah habis tabungan mereka (uang perjalanan) ikut TKD di lokasi jauh dan sudah senang dinyatakan lolos seleksi, dan mempersiapkan diri untuk berangkat mengikuti TKB tahu-tahu kelewatan jadwal yang sudah terlaksana. Ada yang untuk perjalanan tes TKD aja dengan cara berhutang…oh…

      Speethless…

  77. Intan Manurung says:

    Jika memang begitu tidak ada ujian susulan.
    Seharusnya kementrian bertanggung jawab utk semua kekacauan ini.
    Fikirkanlah org2 yg dikecewakan.

  78. arif zuliyanto says:

    Pagi mbak Fitri,

    Mau nanya nih.
    Pengumuman hasil TKB Kemdikbud di umumkan kapan ya mbak?
    Trims.

    • Fitri says:

      Dik Arif Zuliyanto, hasil TKB tak diumumkan, yang akan diumumkan adalah hasil akhir seleksi CPNS Kemdikbud. Yang berhasil akan dilanjuti dengan daftar ulang dan pemberkasan untuk peroleh NIP di BKN. Jadwal persis pengumuman hasil akhir belum ada info, kemungkinan setelah tahun baru karena hari ini adalah batas akhir penyerahan hasil penilaian TKB PTN ke Kabiro Kepegawaian Kemdikbud.
      Semoga berhasil, salam, F

  79. radissa dzaky issafira says:

    Selamat pagi mba fitri,
    Saya sangat mengapresiasi mba fitri yang selalu memberi respon positif dan komprehensif terkait dengan cpns 2013. saya rasa jawaban yg dberikan selama sejauh ini cukup terpercaya dan informatif dibanding web lain yg kadangkala msh simpang siur.memang benar kita tidak seharusnya bergantung pda informasi dr mb fitri seorang,dsini peserta harus proaktif/sigap mencari dan mencatat informasi apapun mengenai formasi yg kita tuju.selain itu lebih attentif membaca setiap kebijakan yang beredar d lingkungan kemdikbud.terimakasih mbk saya selalu pantau web ini untk mengetahui final seleksi cpns kemdikbud.semoga ada kado indah yang terbaik untuk kita semua d akhir tahun ini.Best of Luck!!

    • Fitri says:

      Siang Dik Radissa, terima kasih apresiasi yang adik berikan walau sebenarnya saya tidak layak menerimanya mengingat segala keterbatasan dan kekurangan saya.
      BTW saya tadi baca pengumuman hasil akhir dari BKN, apresiasi buat BKN, senang menyaksikan transparensi seperti ini, para peserta TKB cpns BKN diberitahukan semua nilai yang mereka peroleh (TKD, TKB, Nilai Akhir):
      http://www.bkn.go.id/attachments/2613_PENGUMUMAN%20LULUS%20CPNS%20BKN%20TAHUN%20ANGGARAN%202013.pdf

      Salam kompak, Fitri.

      • nur hidayah says:

        maap mbak fitri saya masih bingung dengan persyaratan berkasnya, untuk fotocopy ijasah SD, SMP, SMA harus dilegalisirkah? karena saya tidak punya yang sudah dilegalisir sedangkan kalau mw minta legalisir sekarang masih liburan sekolah.. makasi banyak sebelumnya..

        • Fitri says:

          Kok bingung dik Nur Hidayah? persyaratan kelengkapan berkas kementerian mana yang adik baca ? kalo lamar di kemdikbud kan belum ada pengumuman, persyaratan berkas tak sama di semua kementerian/lembaga/pemda, terkait ijazah ada kementerian hanya minta legalisir ijazah terakhir aja, ada yang minta ijazah lengkap dari SD, SMP dan SMA sampai yang terakhir (contohnya cpns kemenpan & RB, copy jazah SD-SMA kementerian ini tak perlu legalisir) dsb. Kalo adik yakin lulus, mau urus berkas paling urus yang pasti diminta SKCK, surat kesehatan, surat keterangan tidak konsumsi narkoba. Semalam anda minta contoh persyaratan, saya kan sudah berikan yang tahun 2012 buat baca-baca (APA DALAMNYA ADA MINTA IJAZAH SD, SMP DAN SMA?):
          http://kepegawaian.untan.ac.id/wp-content/uploads/downloads/2012/10/Petunjuk-Teknis-Pemberkasan-Final-CPNS-2012.doc

          Jangan suka bingung sendiri, sudah sana duduk yang manis tunggu pengumuman resmi lengkap persyaratan berkas, kan tak mungkin hari ini pengumuman, besok langsung pemberkasan, tentu ada diberi waktu 3-7 hari untuk mengumpuli berkas.

  80. Zamzami Muhammad says:

    Selamat pagi Mbak fitri…

    Perkenalkan saya Zamzami dari aceh dan sudah lama saya memantau thread ini. Bnyak informasi yang saya dapatkan dari mbak fitri disin..trima kasih mbak……..
    alhamdulillah saya lulus TKD dengan nilai tertinggi ditempat saya tes kemarin dan sudah menyelesaikan ujian TKB. Saya yakin 99% lulus apabila tidak ada kecurangan dari Politeknik tempat saya tes.
    yang menjadi masalah saya adalah saya sedang mengikuti program beasiswa Pra s2-s2 Dikti dan masih dalam tahap pra s2. Saya ingin Resign dari program ini apabila saya lulus di CPNS mengingat saya sudah berkeluarga . Saya ingin menanyakan bagaimana cara saya resign dan apa saksi saya??
    o iya mbak, saya tes sebagai prnata komputer di kemdikbud ini. Mohon Nasihatnya ya mbak…
    🙂

    • Fitri says:

      Pagi Zamzami Muhammad, apakah ada teken surat ikatan dinas pada suatu PT tertentu (PT pengusul beasiswa tsb) ? kalo ada bila mereka keberatan dan melayangkan keberatan ke Kabiro Kepegawaian Kemdikbud, dikhawatirkan bisa dibatalkan.
      Salam, Fitri.

      • Zamzami Muhammad says:

        Ada mbak fitri, pernyataan akan mengabdi 2n+1 dan apa bila tidak menyelesaikan akan membayar 2x dari dana beasiswa yang diterima…
        Menurut mbak langkah2 apa yang harua saya ambil mbak??

        • Fitri says:

          Dik Zamzami, itu sangat tergantung pada PTS asal, kalo mereka keberatan bisa jadi kendala. Ingat kasus calon dosen Unaxx tahun 2012, baca aja di kolom komentar di thread ini:
          http://www.kopertis12.or.id/2013/09/01/ini-alamat-pengaduan-masyarakat-atas-seleksi-cpns-2013.html

          Tahun lalu juga ada yang bernasib baik karena PTSnya tak keberatan, sehingga bisa mulus diangkat jadi cpns tanpa hambatan bahkan tak perlu kembalikan BPPS. Hati-hati jangan keburu kembalikan beasiswa takut kena yang seperti saya komentari, BPPS diterima/setor ke kas negara, tapi status cpns malah dibatalkan walau pemberkasan sudah terlaksana, sebelum NIP dan SK cpns di tangan, status rawan dibatalkan.
          Ok salam, Fitri.

          • Zamzami Muhammad says:

            ok mbak….
            trims ya mbak infonya….
            mohon doanya juga supaya saya bisa lancar tanpa ada hambatan…
            salam sukses mbak….

  81. Fitri says:

    Tak Cepat Lengkapi Berkas CPNS, Bisa Gugur Lho
    http://kampus.okezone.com/read/2013/12/30/373/919084/tak-cepat-lengkapi-berkas-cpns-bisa-gugur-lho

    Senin, 30 Desember 2013 11:04 wib
    JAKARTA – Peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) dinyatakan mengundurkan diri dan gugur jika mereka tidak segera menyerahkan kelengkapan administrasi usai dinyatakan lulus menjadi CPNS. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Bahrul Hayat menegaskan, para peserta yang telah dinyatakan lulus harus menyerahkan kelengkapan administrasi selambat-lambatnya pada 31 Desember 2013. “Kelengkapan tersebut diserahkan pada jam kerja, di satu kerja tempat melamar. Waktu penyerahan berkas tersebut pada Sabtu, Senin, dan Selasa pada 28, 30, dan 31 Desember 2013,” ungkap dia, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (30/12/2013). Selain itu, tambah dia, bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus menjadi CPNS namun tidak melengkapi berkas sampai batas akhir yang ditentukan, dinyatakan mengundurkan diri serta wajib membuat Surat Pernyataan Pengunduran Diri.”Selanjutnya, formasinya akan digantikan oleh peserta yang memenuhi kriteria kelulusan sesuai dengan peringkatnya, dengan melengkapi persyaratan administrasi selambat-lambatnya sampai Rabu, 8 Januari 2014,” lanjut Bahrul.

    …dst

  82. Zamzami Muhammad says:

    mohon maaf sebelumnya ne mbak, mau nanya lagi nech….boleh ya…hehehe
    gini mbak, kalau seandainya saya resign nanti dari tempat saya kuliah s2, apa saya harus lapor juga ke universitas tempat saya kuliah s2 tersebut mbak?
    makasi sebelumnya….

  83. RATIO says:

    Pagi Bu Fitri…
    Minta maaf sebelumnya, mau tanya,, untuk pengumuman final cpns serentaknya sih kapan ya bu? Unit yg saya daftar, belum ada dikarenakan, setiap halaman webnya mau dibukak selalu down bu,,, Universitas Jendral Sudirman Purwokerto… Ditakutkan bagi yg lolos untuk pemberkasannya telat, sedangkan untuk unit yg lain pengumuman finalnya sudah banyak yg terpampang…
    Terima kasih sebelumnya…

  84. faisal Last says:

    wah rasa-rasanya semakin bingung,bagaimana ini kejelasan hasil akhir cpns kemdikbud??????ada yg tahu informasi kapan diumumkan,atau ada yang punya nomor telp bisa dihubungi di panitia kemdikbud??
    saya sudah ikut TKB di BP Paudnjayapura dan rumah saya di jawa tengah, takutnya jika keterima nanti terlambat mengirim berkas.
    mb fitri tahu info2nya?

    • Fitri says:

      Dik Faisal ast, dalam waktu dekat hasil akhir kemdikbud akan diumumkan, sering-sering pantau website resminya http://cpns.kemdikbud.go.id/ dan http://www.kemdikbud.go.id/
      Harap diperhatikan kalo lulus pemberkasan bukan dikirim, namun peserta ybs harus HADIR pada waktu pemberkasan karena selain penyerahan berkas sekalian pendaftaran ulang dan pengarahan. Yang tidak hadir dianggap gugur.
      Saya tidak tahu jadwal persisnya namun berhubung perlu disegerakan untuk pengusulan NIP ke BKN, tidak mungkin Kemdikbud akan menunda-nunda pengumuman hasil akhir, apalagi sampai semalam sudah 60 Kementerian/lembaga pemerintah pusat mengumumkan hasil akhir cpns 2013, yang belum bersisa Bawaslu, Kementerian Parekraf, Kementerian Koperasi dan UKM, BPS, Kementan, BKPM, BNPT, Kemendikbud, Komnas HAM dan KPDT.

      Kalo anda yakin lulus bisa persiapkan berkas-berkas yang akan diminta, seperti surat SKCK, surat kesehatan, surat keterangan tidak konsumsi narkoba. Ini adalah pengumuman tahun 2012, ada diberi waktu seminggu untuk persiapkan berkas, persyaratan pemberkasan cpns 2013 diumumkan bersama pengumuman hasil akhir 2013, yang tahun 2012 buat baca aja, biasanya tak banyak beda dari tahun ke tahun.
      http://kepegawaian.untan.ac.id/wp-content/uploads/downloads/2012/10/Petunjuk-Teknis-Pemberkasan-Final-CPNS-2012.doc

      Jangan bingung terus, ada peserta yang dari tanggal 19 November 2013 sudah menuju Ternate untuk tes TKB (rumahnya di Makassar), anak orang susah, dari kecil yatim, ibunya tukang cuci, dari 12 orang bersaudara dia yang berhasil menikmati pendidikan tinggi (lulus S2 tahun 2012 UNM). Dia di sms PTN untuk tes TKB, tahu-tahu sampai di sana ada perubahan jadwal, menanti di sana sampai sebulan (21 Desember 2013) baru dapat mengikuti TKB. Pulang tak ada ongkos berangkat lagi, menanti di sana living costnya gimana? mengingat dia tak ada keluarga di Ternate. Syukur ada dosen baik yang beri pemondokan sehingga tak sampai jadi gelandangan. Untuk makan dan keperluan persiapi berkas dll dibantu hambah Allah yang kasihan nasibnya. Dia satu-satunya peserta yang lulus TKD di formasi yang dia lamar, dan alhamdulillah TKB dihadapinya dengan baik. Ini adalah kali kedua dia ikut seleksi cpns, tahun lalu gagal di TKD. Ticket pulang sudah hangus karena sudah lewat sebulan di sana, semoga hamba Allah diberi kelebihan rezeki untuk atasi masalah ticketnya, mengingat hamba Allah juga sedang banyak musibah yang menimpa keluarganya.

      Ini jadi catatan buat yang memilih formasi cpns yang jauh dari lokasi pemukiman, masalah transpor dan penginapan harus dipikirkan, paling tidak harus siapkan ticket pp untuk tes TKD, ticket pp untuk tes TKB, ticket pp untuk daftar ulang dan pemberkasan, ticket one way untuk mulai berkarir di sana. Bagi yang tak didukung keuangan akan mengalami kesulitan mengingat jadwal kegiatan seleksi cpns sering berubah-ubah, kalo ada perubahan mendadak seperti tahun ini, yang sudah tiba di lokasi testing akan terjepit antara pulang atau tak pulang, pulang berarti harus siapi tambahan ticket pp lagi yang di luar jangkauan mereka, bertahan harus ada living cost juga kesempatan mocok di tempat asal jadi hilang (asumsi tidak memiliki pekerjaan tetap di kota asal).

      Sabar ya dik Faisal, semoga sudah ada pengumuman hasil akhir dalam waktu dekat, amiiin.

  85. andra na says:

    asslmkm mba fitri. sy mau bertanya, apa ada kemungkinan formasi yang tidak terisi di salah satu universitas (tidak ada yang MP TKD), diisi oleh pendaftar di universitas lain yang banyak MP hasil TKDnya dengan formasi dan jurusan yang sama?

  86. Ahmad Fitri says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya hanya ingin berterimakasih buat ibu Fitri. Sejauh ini web ini lah yang terus saya pantau. karena komentar2 yang ibu berikan sangat update, bahkan lebih update dari web cpns.kemdikbud.go.id yang seharusnya saya pantau, mudah-mudahan apa yang dilakukan ibu mendapat balasan yang terbaik dari Allah SWT, dan kita semua yang sedang harap2 cemas mudah2an diberikan yang terbaik, aamiin,

  87. Ronny Yudhi Septa Priana says:

    Assalamualaikum,
    Selamat malam Ibu Fitri…
    Saya sangat berterima kasih atas segala informasi yang telah diberikan pada kami..karena melalui web ini segala informasi terbaru dapat kami ketahui…dibanding web kemendikbud sendiri…semoga apa yang ibu lakukan dapat balasan yang terbaik dari Allah SWT. dan kita semua semoga apa yang diharapkan menjadi kenyataan dan sesuai dengan kehendak Allah SWT…Amiiiin

  88. Ronny Yudhi Septa Priana says:

    Assakamualaikum, Selamat Pagi Indonesia…..
    adakah kepastian kapan pengumuman akhir CPNS kemendikbud?????

    • Fitri says:

      Dik Ronny saya tidak kerja untuk kemdikbud jadi tidak tahu kepastian jadwal pengumuman hasil akhir cpns kemdikbud. Mohon kesabaran menanti, kalo sudah saatnya InsyaAllah akan diumumkan mereka di website cpns.kemdikbud.go.id dan kemdikbud.go.id serta unit kerja masing-masing.

  89. Dian Saputra says:

    Selamat Pagi Mbak Fitri, Saya mau tanya apakah bisa jika hasil TKD mendapat nilai yang pas di tengah-tengah, tapi Nilai TKB mendapat nilai yang tinggi dapat lulus CPNS nya, sedangkan yang dibutuhkan hanya 1 formasi saja??? padahal yang saingan hasil TKD ada yang lebih tinggi. Trima kasih mbak, SUKSES 🙂

  90. AJAT SUDRAJAT says:

    Ass.wr.wb mbak fitri tgl 7 jan 14 belum ada progress ni mbak pengumuman final cpns kemdikbud??ada apa ya??sekarang tinggal berapa K/L lagi yang belum ngumumin final result nya mbak?? was.wr.wb

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. ya dik Ajat belum ada kabar. Sejauh ini masih ada sekitar 10 Kementerian/Lembaga yang belum mengumumkan Hasil Kelulusan CPNS, yang sudah sebanyak 60 Kementerian/Lembaga.
      Ini yang belum sampai hari ini:
      Bawaslu
      Kementerian Parekraf
      Kementerian Koperasi dan UKM
      BPS
      Kementan
      BKPM
      BNPT
      Kemendikbud
      Komnas HAM
      KPDT

  91. Ronny Yudhi Septa Priana says:

    Assalamualaikum, Wr Wb.
    sepertinya semua peserta CPNS kemendikbud masih harus bersabar menunggu kepastian pengumuman hasil akhir CPNS kemendikbud ya….adakah yang punya informasi kapan kiranya pengumuman akhir CPNS.

  92. arif zuliyanto says:

    Assalamualaikum mbak fitri…
    Mau nanya nh mbak, knp y mbak web cpns kemdikbud beberapa hari ini tdk bisa di akses?
    Owh y mbak, sdh ada info blm mbak ttg pengumuman hasil akhir cpns d kemdikbud?
    Trims

  93. Ronny Yudhi Septa Priana says:

    Assalamualaikum,
    Bagaimana sudah ada kabarkan kapan pengumuman akhir CPNS kemendibud?

  94. radissa dzaky issafira says:

    Apa mungkin akan diumumkan akhir januari bersamaan dengan pengumuman honorer K2 atau mungkin awal februari?
    tetap pantau web kemdikbud sj tiap harinya dan memang butuh kesabaran ekstra tiap kali brurusan dgn jadwal yang seringkali tidak pasti.

  95. ardana agung says:

    ass. mbak fitri, menurut analisa mbak knp univ. haluoleo bisa mengadakan tes lanjutan lg ya? apakah univ yg lain juga bisa mengadakan tes lagi? pengumuman kapan donk? hahahha, apa jgn2 gak jadi penerimaannya…maksih

    • Fitri says:

      Dik Ardana Agung, Bisa jadi yang lulus TKB banyak, bisa jadi ini dan itu, yang jelas tak semua unit kerja ada tes tambahan, beberapa PTN sudah konfirmasi ke pesertanya tak ada tes tambahan lagi, mereka dibenarkan pulang ke kota asal menunggu pengumuman hasil akhir baru datang mendaftar/pemberkasan. Jadi pantau terus unit kerja yang adik lamar, selain pantau website cpns.kemdikbud.go.id dan kemdikbud.go.id

  96. ardana agung says:

    iya terimakasih mbak fitri penjelasannya, selain UHO yg mengadakan tes lg ada mbak? kl cm UHO bisa jadi pengumuman hny menunggu hasil dr UHO saja, sdh sebulan sejak diumumkan tes TKD, masih adem anyem mbak, sedikit cerita mbak, sy tahun 2012 jg dftar dosen disebuah univ. dgn nilai TKD no.1, pengumuman final formasi dikosongkan, #mgkin tdk ada yg memenuhi kriteria di tes ke dua, tp bagi sy waktu itu jarak kota asal sy dgn univ yg sy dftar sangat jauh, dan ternyata mikro teaching (materi) diundi dari sana dan dikasihkan hny berselang tak kurang 12 jam,(buat SAP, Silabus, dan slide presentasinaya) dgn segala upaya sy mencari referensinya tp ya akhirnya sy menyadari krg maksimal, dan tes juga lsg mengajar kelas real,..(coba saja kl wkt itu lebih dkt ke kota asal atau kampus saya, hehe) pasti gak akan sulit cari referensi..skrg sy dftar lagi(di univ. almamater sy) dan Alhamdulillah nilai juga peringkat 1 lagi, tes ke dua hny wwancara (tdk ada mikro teaching), perasaan dikosongkan formasi lg masih terbayang,tp sy optimis skrg lebih fair dr kmrin2,dan rejeki g akan tertukar, slm kenal mbak fitri (jd curhat)

    • Fitri says:

      Keterbatasan waktu saya dik Ardana Agung, sehari-hari harus kerja di 2 perusahaan dan pulang kerja urus bundaku yang stroke, cari bahan isi web ini, 2 milis & forum pendidikan kadang sampai larut malam. Jadi tak mungkin lagi sanggup pantau unit kerja pelaksana cpns. Persyaratan tambahan adalah kewenangan unit kerja, maka perlu dipantau jangan sampai ketidak-hadiran dijadikan sebagai alasan untuk menggugurkan sebagian peserta. Ada peserta asal Makassar tes di Ternate, karena kesulitan biaya transpor dari tgl 19 Nov 2013 bertahan di sana, sampai hari ini sudah dapat kepastian kabar tak ada tes tambahan lagi, besok mau pulang ke kota asal. Kalo lulus tahap akhir baru pindah ke Ternate.
      Semoga berhasil ya dik, amiiin. Ok mau lanjut kerja, salam, Fitri.

  97. ardana agung says:

    Amin, semoga bunda mbak lekas sembuh, slm buat keluarga ya mbak, trims

  98. AJAT SUDRAJAT says:

    Ass. malam mbak fitri,,mau share kira-kira saat ini final result cpns umum kemdikbud masih di olah di kemdikbud atau sudah masuk ke panselnas u/ di integrasikan nilai TKD+TKB atau bagaimana??K/L yang lain kayanya gampang banget untuk menentukan kelulusan cpns gak kayak kemdikbud lama banget sudah 1 bulan dari tkb belum ada jg pengumuman finalnya

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. dik Ajat Sudrajat saya tidak ada info apakah hasil sudah diserahkan panselnas ke Biro Kepegawaian Kemdikbud atau belum, tapi melihat hanya sisa 5 kementerian/lembaga yang belum umumkan hasil akhir cpns, sepertinya tak lama lagi akan ada pengumuman hasil.
      Ini Kementerian/Lembaga yang belum mengumumkan Hasil Kelulusan CPNS:
      Kementan
      BNPT
      Kemendikbud
      Komnas HAM
      KPDT
      Ok ya lagi di hospital, salam, Fitri.

  99. dhimas rosyadi says:

    Assalamualaikum… Terima kasih buat Mbak Fitri atas informasinya selama ini saya memantau hasil pengumuman tes CPNS Kemdikbud 2013 disitus ini dan juga situs kemdikbud semoga Mbak dan keluarga di beri kesehatan dan kemudahan dalam beraktifitas oleh Allah SWT. Aamiin..

    buat temen2 yang masih nunggu info hasil cpns kemdikbud, di forum tetangga ada yang mengabarkan kapan kira2 pengumuman hasil kelulusan di kemdikbud berdasarkan omongan orang dalam kemdikbud. kalo mau dicek silahkan di situs : http://www.kaskus.co.id/thread/526f80943ecb17133f000003/all-about-rekrutmen-cpns-kemdikbud-2013/9

  100. AJAT SUDRAJAT says:

    hari ini tinggal 4 k/l yang belum ngumumin hasil akhir tes cpns 2013..deptan sudah ngumumin tgl 22 jan kemarin..kemdikbud kapan ya??ada info katanya tgl 24 jan 14,apa benar mbak??thanks

    • Fitri says:

      Sabar dik Ajat Sudrajat, saat ini tinggal 4 kementerian/lembaga yang belum umumkan hasil akhir cpns yaitu Kemdikbud, Komnas HAM, BNPT dan KPDT. Posisi Kemdikbud di urutan teratas, semoga dalam waktu dekat sudah ada hasil. Ok ya saya lagi kurang fit, ada kanker ganas bersarang di ginjal, baru ketahuan senin yang lalu, mungkin bulan depan akan diangkat ginjalnya.

  101. Yana Hardiman says:

    innalillahi wainna ilayhi rojiun
    sabar ya mba fitri, semoga sakitnya bisa jadi penggugur dosa dan semakin bisa mendekatkan diri pada ALLAH

    Insya ALLAH doa kami semua yang terbaik untuk kesehatan mba fitri dan ALLAH Senantiasa membalas semua kebaikan mba fitri pada kami

    jangan bersedih Insya ALLAH, ALLAH selalu bersama kita 🙂

    • Fitri says:

      Terima kasih dik Yana Hardiman, InsyaAllah akan tetap sabar dan optimis menyambut hari esok, semoga operasi pengangkatan ginjal kiri yang dijadwalkan tanggal 11 Februari 2014 di Penang akan berhasil dan saya masih diberi umur merawat bundaku, ibu mertuaku dan suamiku, amin YRA.
      Sekali lagi tq dik Yana, salam, Fitri.

  102. AJAT SUDRAJAT says:

    Innalillahi wainna ilaihi rojiun..saya dan keluarga di garut jabar,ikut mendoakan untuk kesehatan mbak fitri yang selama ini sudah banyak membantu informasi bagi saya,
    saya yakin mbak masih sekuat batu karang dilautan. selama ini mbak mampu mengurus ibu,ibu mertua,suami dan keluarga sambil bekerja di sana-sini yang sangat membutuhkan tenaga,konsentrasi,komitmen dan pengorbanan lain yang tidak kecil..makanya saya yakin mbak akan mampu menghadapi musibah ini dengan penuh kesabaran dan tawakal..kita kembalikan semuanya kepada Allah swt yang Maha Kuasa atas segala sesuatu..walaupun saya belum bertemu dengan mbak tetapi dari cerita mbak dalam postingan di web ini saya bias melihat ketangguhan,kegigihan,kesabaran dan kebaikan mbak yang tidak semua orang dapat memilikinya..semoga mbak lekas sembuh,dan diberi kelancaran dalam operasinya nanti.amin,.dan bisa kembali merawat (ibu/ibu mertua) dan keluarga mbak dirumah yang sangat membutuhkan mbak,,.

    • Fitri says:

      Terima kasih dik Ajat Sudrajat, InsyaAllah doa adik dkk menjadi obat yang sangat membantu. Hasil pemeriksaan Dokter tanggal 20-22 Jan 2014 di Penang menunjukkan saya positif kena Renal Cell carcinoma di ginjal sebelah kiri, syukur ukuran masih 6,3 cm (masuk stadium 1 B ) dan terpusat di ginjal kiri (belum menyebar ke ginjal kanan dan organ lain). Dengan demikian harapan sembuh masih terbuka, operasi dijadwalkan tgl 11 Feb 2014. InsyaAllah akan sabar dan semangat terus.
      Sekali lagi terima kasih doa dan dukungan moril dik Ajat Sudrajat,
      Sukses selalu, salam kompak dari Medan.

  103. dimaz faluti says:

    Subhanallah.. dengan gangguan kesehatan sperti ini mbak fitri masih giat bekerja.. semoga Allah SWT memberikan yang terbaik dan sembuh berkat doa semua rekan yg mbak bantu beri info.. semoga slalu diberi kesabaran dan ketabahan.. amiin.. mohon doa nya ya mbak supaya kami bisa jadi abdi negara dan masyarakat dgn totalitas kerja seperti mbak dan ga tergiur korupsi walau penghasilan abdi negara sangat minim.. amin.. smangat mbak fitri !! Allah be with u.. Allah bless u.. amin

  104. AJAT SUDRAJAT says:

    JAKARTA – Pengumuman hasil tes kompetensi dasar (TKD) honorer kategori dua (K2) dipastikan digelar serentak pada 4 Februari 2014 mendatang. Awalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merencanakan menggelar pengumumannya pada 30 Januari.

    “Hasrat kita tadinya 30 Januari, tapi rencananya berubah. Karena nanti pengumumannya bertahap, makanya kita tunda 4 Februari,” kata MenPAN-RB Azwar Abubakar kepada wartawan di kantornya, Senin (27/1).

    Dengan penundaan tersebut kata Azwar, seluruh honorer K2 yang ikut tes bisa melihat semua datanya. Jadi tidak hanya untuk daerah-daerah tertentu saja.

    “Kalau mau cuma beberapa daerah bisa dilaksanakan 30 Januari. Tapi kan nanti yang datang pasti silih berganti untuk menanyakan hasinya. Jadi biar efisien seluruh datanya dibeber 4 Februari biar masyarakat tinggal melihat hasilnya sendiri,” ucapnya.

    Honorer K2 yang ikut tes CPNS sekitar 640 ribuan. Pemerintah hanya menyediakan kuota 30 persen atau 218 ribu kursi CPNS bagi honorer K2. Formasi terbanyak diisi oleh tenaga pendidik dan tenaga teknis.

    Adapun mekanisme pengumumannya sama seperti pelamar umum. Di mana hasil TKD dan tes kompetensi bidang (TKB) diserahkan langsung ke masing-masing instansi. Panselnas hanya memberikan hasil TKD berupa memenuhi passing grade atau tidak memenuhi passing grade. Penetapan kelulusan menjadi kewenangan masing-masing pimpinan instansi.
    http://www.jpnn.com/read/2014/01/28/213368/Hasil-Tes-Honorer-K2-Diumumkan-4-Februari-

    katanya sih cpns jalur umum juga akan di umumkan awal februari..semoga aja gak molor terus

  105. Susanah Wati says:

    Semoga cepat sembuh mbak Fitri. Setiap cobaan pasti ada hikmahnya. Setiap ujian pasti ada jalan keluarya. Masalah datang satu paket dengan hikmah dan berkahnya. Kalau kita mampu menyelesaikan masalahnya, Insya Allah akan ada hikmah dan berkah yang indah setelahnya. Amiin. Semangat terus ya mbak…:)

  106. Lia Manis says:

    Pengumuman honor k2 tgl 4 februari, ada yang tau gak kpn pengumuman jalur umum cpns kemdikbud?trimakasih tuk infonya ..

  107. Gade Xie says:

    Hingga Saat Ini Belum Ada Tanda Tanda Ada Pengumuman Kawan kawan darikemendikbud .
    sabar dan terus berdoa
    kalou ada yang tahu kapan kira kira akan diummkan Tolong Share dong

  108. AJAT SUDRAJAT says:

    KEMDIKBUD adakan tes ketiga…
    yaitu tes kesabaran kita2 yang udah lama nungguin pengumuman final.
    kementrian yang lainmah udah progress sampai pembekalan bahkan udah nentuin muali hari kerja cpns yang lulus.misalnya kementrian perindustrian,BKN..
    http://www.jpnn.com/read/2014/01/29/213683/CPNS-Hasil-Tes-2013-Mulai-Kerja-3-Februari-
    http://www.jpnn.com/read/2014/01/29/213653/10-Februari,-yang-Lulus-CPNS-Terima-Pembekalan-
    bikin iri aja + tambah galau…Kemdikbud kapan yaa 🙁

    • Fitri says:

      Sabar dik Ajat Sudrajat, jangan galau, kementerian/lembaga yang belum umumkan hasil akhir tinggal Kemendikbud dan Komnas HAM. Ada PTN info cpns dosennya yang berpeluang lulus agar siap-siap mulai kerja 10 Feb 2014.

  109. Gade Xie says:

    Wah mantap mbak fitri kalo ada yang masuk tanggal 10 feb udah mulai masuk kerja …
    bayangkan bagi yang sudah Lolos mau pemberkasan kan butuh proses mbak
    Doakan kami semua yang ikut semoga Lolos CPNS Kemendikbud 2013
    Aminnnnn

  110. azrul purnama says:

    Klo tgl 10 feb sudah kerja trus pengumumannya kapan kira2 mba,? Soalnya adaproses pemberkasan yg harus dilewati. Semoga pengumumannya seceptanya, aaminn…

  111. AJAT SUDRAJAT says:

    ass. mbak akhir2 ini laman ini sepi banget ya mbak jarang ada yang posting..gak kayak pd awal2 tkd trus tkb,,pd kemana tu orang yaa apa udah pada lulus kali..amin.

    • Achunk Psycho says:

      menurut saya yang bikin sepi itu karena orang sudah pada jenuh dengan ketidakjelasan pengumuman kelulusan cpns di kemdikbud, dari hasi tkd sudah terlihat, jangan salahkan orang2 kalau beranggapan bahwa seleksi ini sudah tidak jujur, semestinya kemdikbud memberikan penjelasan melalui web resminyanya tentang masalah ini, setidaknya kemdikbud memberikan tahukan waktu yang jelas kapan hasil final diumumkan, agar anggapan2 miring tentang seleksi bisa dikurangi.
      terima kasih

  112. awan s says:

    Assalamualaikum, Mbak fitri n keluarga semoga sehat selalu, Udah sepi nie mbak yang nanya-nanya, berarti udah pengumuman…..

  113. Siska Afriani says:

    Ass….
    Masih belum ada informasi kapan pengumumannya ya, Mbak..??

    • Fitri says:

      Dik Siska Afriani sampai saat ini belum ada pengumuman, sorry ya mbak lagi opname di rumah sakit tak bisa menjawab ontime. Besok operasi buang ginjal kiri. Kemungkinan pasca operasi sekitar seminggu tak bisa online.
      Salam, Fitri.

  114. Siska Afriani says:

    Semoga operasinya berjalan lancar, Mbak, dan semoga cepat pulih kembali…

  115. dimaz faluti says:

    TeknoFlas.com – Pengumuman Hasil Tes CPNS Umum Kemendikbud masuk tahap Pengesahan – Setelah hari ini diumumkan secara resmi hasil tes CPNS K2 melalui website resmi menpan di http://www.menpan.go.id dan website BKN di sscn.bkn.go.id, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) juga tengah menyelesaikan hasil tes CPNS tahun 2013 untuk jalur umum.

    Setelah Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan, Hasil CPNS Jalur Umum Kemdikbud Menyusul
    Melihat surat nomor 3S/A4/KP/2014 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, Selasa, 11 Februari 2014 besok masing-masing instansi penyelenggara tes CPNS khususnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengesahkan hasil TKB.

    Dapat disimpulkan, untuk pengumuman hasil tes cpns jalur umum untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan diumumkan tidak lama lagi, jadi untuk anda yang menantikan hasil apakah anda lulus atau tidak dengan harap-harap cemas, sebentar lagi hasil akan dapat diketahui.

  116. SAMID IKZIR says:

    TeknoFlas.com – Pengumuman Hasil Tes CPNS Umum Kemendikbud masuk tahap Pengesahan – Setelah hari ini diumumkan secara resmi hasil tes CPNS K2 melalui website resmi menpan di http://www.menpan.go.id dan website BKN di sscn.bkn.go.id, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) juga tengah menyelesaikan hasil tes CPNS tahun 2013 untuk jalur umum.

    Setelah Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan, Hasil CPNS Jalur Umum Kemdikbud Menyusul
    Melihat surat nomor 3S/A4/KP/2014 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, Selasa, 11 Februari 2014 besok masing-masing instansi penyelenggara tes CPNS khususnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengesahkan hasil TKB.

    Dapat disimpulkan, untuk pengumuman hasil tes cpns jalur umum untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan diumumkan tidak lama lagi, jadi untuk anda yang menantikan hasil apakah anda lulus atau tidak dengan harap-harap cemas, sebentar lagi hasil akan dapat diketahui.

  117. dimaz faluti says:

    Liputan6.com, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2013 akan diumumkan pada minggu ketiga Februari 2014 ini. Pengumuman hanya akan dilakukan melalui portal resmi Kemdikbud, yaitu cpns.kemdikbud.go.id.

    Kepala Biro Kepegawaian Kemdikbud Totok Suprayitno menjelaskan, pihaknya bersama-sama dengan Panitia Seleksi CPNS dari sejumlah perguruan tinggi se-Indonesia, saat ini tengah melakukan verifikasi hasil tes sebelum diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS.

    Ia mengemukakan, Kemdikbud termasuk kementerian yang memiliki cakupan seleksi CPNS terluas, sehingga baru mendapatkan hasil tes kemampuan dasar (TKD) para CPNS dari Panselnas di urutan akhir.

    “Itu sebabnya, kita bisa menyelenggarakan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan mengumumkan hasil seleksi lebih lambat dari kementerian lainnya,” jelas Totok seperti dikutip dari Laman Sekretariat Kabinet, Selasa (11/2/2014).

    Menurut Totok, Kemdikbud menggelar tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB) di 174 titik dengan jumlah peserta sebanyak 35 ribu orang untuk TKD, dan untuk TKB hampir 16 ribu orang, termasuk para dosen.

    Ia menjelaskan, mekanisme seleksi dosen berbeda dengan seleksi CPNS umum lainnya. Sedikitnya ada empat jenis tes yang harus dilewati oleh para calon dosen. Mulai dari tes tertulis, tes wawancara, psikotes, dan tes kemampuan mengajar. Bahkan, beberapa universitas, fakultas, maupun jurusan, menyelenggarakan tes bahasa inggris.

    “Metode tesnya khusus untuk dosen tak bisa sebentar, karena bidang pekerjaannya menuntut keahlian atau kompetensi yang spesifik. Kalau di unit utama sudah lama selesai, tapi pengumumannya harus serentak,” jelas Totok.

    Dia menjanjikan,proses verifikasi akan diselesaikan sesegera mungkin, untuk selanjutnya disampaikan ke Panselnas. “Target kita minggu ini hasil seleksi yang terverifikasi masuk ke Panselnas,” katanya.

    Jika telah sampai ke Panselnas, lanjut Totok, Kemdikbud tinggal menunggu berkas dari Panselnas untuk selanjutnya diumumkan secara resmi. “Target kita minggu ke tiga Februari, mudah-mudahan bisa ditepati. Tapi akan lain ceritanya jika Panselnas punya target sendiri,” ungkapnya.

    Totok menjelaskan, pengumuman kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud hanya dilakukan melalui portal resmi cpns.kemdikbud.go.id.

    “Pengumuman kelulusan CPNS tidak dilakukan per individu. Pengumuman dilakukan secara terbuka dan akan diunggah di portal resmi Kemdikbud,” tegas Totok.

    Ia mengingatkan agar pelamar mengabaikan oknum yang mengatasnamakan Kemdikbud yang mengatakan bahwa pelamar lolos sebagai CPNS.

    Totok juga menjelaskan, seluruh tahapan proses penerimaan dilakukan secara objektif, murni, dan akuntabel. Pelamar yang memenuhi persyaratan serta lolos seluruh tahapan seleksi, akan diberi bobot dan dilakukan pemeringkatan untuk kemudian ditentukan kelulusannya berdasarkan jumlah formasi yang dibutuhkan.

    “Penentuan kelulusan bukan berdasarkan oknum yang menawarkan jasa agar bisa masuk sebagai CPNS, tetapi atas kemampuan si pelamar itu sendiri dalam melewati seluruh proses seleksi,” pungkas Totok. (Ndw)

  118. Siska Afriani says:

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
    Mekanisme Seleksi CPNS 2013 Berbeda Dari Tahun Sebelumnya

    Jakarta, Kemdikbud — Pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud tahun 2013 memang lebih lambat dari kementerian/lembaga lain, hal ini disebabkan perbedaan proses seleksi CPNS dosen di tingkat universitas. Untuk itu hingga minggu ke dua Februari, proses seleksi baru masuk tahap persiapan untuk diserahkan ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

    Kepala Biro Kepegawaian Kemdikbud, Totok Suprayitno, saat ditemui usai rakor verifikasi daftar kelulusan CPNS di lingkungan Kemdikbud mengatakan, ada perbedaan mekanisme dalam seleksi CPNS tahun ini. Tahun ini, kata dia, baik hasil tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB) harus diserahkan ke Panselnas untuk dibobot dan dirangking.

    “Kalau tahun lalu, selain sasarannya lebih sedikit, prosesnya juga lebih simple. Panselnas memberikan hasil TKD, silahkan di TKB sendiri dan di ranking sendiri. Jadi hasil TKB itu final dari unit masing-masing,” jelasnya.

    Disamping itu, kata Totok, ada ketentuan apakah calon pegawai tersebut memenuhi persyaratan (MP) atau tidak memenuhi persyaratan ( TMP).

    Totok mengatakan, khusus untuk dosen mekanisme seleksi juga lebih banyak. Kalau dulu, terangnya, yang menentukan kelulusan adalah rektor. Sedangkan seleksi tahun 2013, Panselnas sudah menggunakan TKD dan TKB. Seleksi CPNS dosen juga tidak seperti seleksi CPNS umum lainnya. CPNS dosen harus memiliki kompetensi spesifik yang harus dibuktikan dengan tes.

    “Di universitas itu seleksinya bukan berdasarkan kebutuhan universitas, tapi fakultas. Bahkan, di beberapa perguruan tinggi besar berdasarkan kebutuhan jurusan. Kalau di fakultas ekonomi, ada jurusan akuntansi, manajemen, ekonomi pembangunan, itu melakukan tes yang berbeda-beda,” terangnya,

    Karena standar kelulusan juga beda, kata Totok, CPNS dosen tidak bisa ikut aturan seleksi umum. Apalagi saat diminta verifikasi ke universitas, panitia universitas tidak bisa memberi jawaban langsung. Universitas harus konfirmasi terlebih dahulu ke fakultas dan jurusan. “Itu juga yang menyebabkan prosesnya lama, sehingga pengumumannya juga lebih lama,” katanya.

    Meskipun pengumuman CPNS Kemdikbud lebih lama dari kementerian lain, Totok memastikan seleksi CPNS Kemdikbud bebas dari pungutan dan kecurangan. “Kalau ada yang mengatasnamakan Kemdikbud, Menteri, Kepala Biro, atau sebagainya, itu sudah bisa dipastikan penipuan. Dan seleksi ini dari awal hingga akhir tidak dipungut biaya,” tegasnya. (Aline Rogeleonick)

  119. Susanah Wati says:

    Pengumuman hasil seleksi sudah bisa di lihat di website resmi cpns.kemdikbud.go.id
    Selamat buat yang lulus…semoga kalian menjadi pejabat yang amanah. Amiin 🙂

  120. Susanah Wati says:

    Oh iya, kalo mau lihat nilainya di mana ya? Terimakasih 😀

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.