Klarifikasi Kemristekdikti Terhadap Pemberitaan Daftar Perguruan Tinggi Yang Tidak Bisa Ikut Tes CPNS 2016

Screenshot_2016-05-12-15-53-31-1

28 Desember 2015

“Kemristekdikti tidak pernah mengeluarkan fatwa atau peraturan yang menyatakan perguruan tinggi yang berstatus dalam pembinaan tidak bisa ikut tes CPNS 2016″ ujar Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Patdono Suwignjo menanggapi beredarnya pemberitaan mengenai daftar perguruan tinggi yang berstatus dalam pembinaan yang tidak bisa ikut tes CPNS 2016.

Patdono menjelaskan bahwa Kemristekdikti tidak memiliki kewenangan mengenai kebijakan rekrutmen CPNS, kewenangan tersebut berada di tangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara. Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, Kemenpan dan BKN juga tidak mengeluarkan aturan pelarangan pendaftaran CPNS 2016 terhadap alumni perguruan tinggi berstatus dalam pembinaan.

Masih dalam Acara Refleksi 1 Tahun Kemristekdikti, Patdono juga mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati dan bijaksana dalam memilih perguruan tinggi.