Cara untuk cek apakah suatu jurnal terindex Scopus

Screenshot_243

1. Buka Scopus Journal List yang terbaru yaitu May 2016

2. Menuju Kolom B Source Title di sebelah kanan ada menu Drop-down (kotak kecil berisi segitiga terbalik), silkan diklik.

3. Di Text Filter terdapat kotak-kotak kecil, apabila terisi, klik select all agar semua kotak akan clear (menjadi kosong).

4. Medekatkan kusor ke segitiga kecil di kanan Text Filter, pilih begins with … akan tampil Custom AutoFilter,  isi aja kolom pertama dengan kata kunci. Umpamanya saya ingin cari data Telkomnika yang dikelola Pak Tole, saya masukkan Telkomnika ke kolom pertama, lalu klik cari akan tampilkan data Telkomnika, seandainya saya lupa nama lengkap jurnal tsb ya gpp, masukkan kata kunci Telkom bahkan boleh Tel ke kolom pertama lalu klik cari akan tampil jurnal internasional terindex SCOPUS yang nama jurnal dimulai dengan kata Telkom atau Tel.

5. Seandainya mau kembali ke posisi semula dan lanjuti search jurnal lain, silakan dekatkan kusor ke kotak kecil di Source Title, klik Clear Filter From Source Title akan membawa kita ke posisi semula.

6. Demikian apabila suatu jurnal internasional tidak kita temukan setelah pergunakan Custom AutoFilter yang terdapat di menu Text Filters (kotak kanan Sources Title) seperti yang saya paparkan di atas, boleh dikatakan jurnal tersebut BELUM terindex Scopus hingga May 2016.

Semoga Bermanfaat, salam, Fitri