1 )  Aksi UGM untuk Peringati Hari Bumi

Selasa, 22 April 2014 18:02 wib
JAKARTA – Berbagai macam aksi dilakukan pihak kampus dalam memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April. Seperti yang dilakukan oleh Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam mengisi Hari Bumi 2014. Kali ini, KP4 UGM menggelar serangkaian kegiatan bertema “Hijau Desaku, Bersih Sungaiku, Lestari Bumiku.” Sejumlah acara yang digelar berupa sarasehan, pelatihan dan camping Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (EfSD), aksi bumi penanaman pohon, merti bumi, bersih sungai, kirab budaya, desa hijau, dan sekolah hijau.

…dst

2 ) Hari Bumi, ITB Gelar Olimpiade

Selasa, 22 April 2014 13:04 wib
JAKARTA – Kampanye Hari Bumi bisa juga dilakukan lewat kompetisi, lho. Inilah yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB). Menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG) Nasional, FITB ITB mengumpulkan siswa SMA untuk mengikuti Olimpiade Geografi dan Geosains (OG2ITB) tingkat nasional, baru-baru ini. Perlombaan tersebut merupakan bagian dari Pekan Geospasial Nasional 2014 yang diadakan oleh BIG Nasional.

…dst

3 ) Dimpa UMM Pamerkan Miniatur Kerentaan Bumi

22 Apr 2014 18:45:07

Malang (Antara Jatim) – Divisi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, memerkan miniatur kerentaan bumi berdiameter 1,5 meter dengan bentuk tidak beraturan di tengah jembatan geduyng kuliah bersama (GKB) I kampus setempat. Ketua Pelaksana Hari Bumi sedunia Divisi ahasiswa Pecinta Alam (Dimpa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Amar Saichuna, Selasa, mengatakan miniatur bumi tersebut sengaja diletakkan di jembatan agar menarik dan menyadarkan mahasiswa dan siapapun yang melihat akan kerentaan dan kian rapuhnya bumi ini. “Sejak dulu kami memimpikan dan mengkampanyekan penyelamatan lingkungan dan bumi yang kita pijak ini semakin renta, sehingga harus dijaga kelestariannya. Paling tidak kita bisa memperlambat kerapuhan bumi ini,” ujarnya.

…dst

4 ) IPB Tunda Wisuda Mahasiswa Pengunggah Foto SARA

Selasa, 22 April 2014 15:08 wib
JAKARTA – Segala tindakan dan perilaku kita pasti ada konsekuensinya. Inilah yang menjadi pelajaran Rachmad Suprianggono setelah mengunggah foto bertendensi SARA ke laman Facebook Tidak hanya diprotes Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA), Rachmad yang menggunakan nama akun Facebook, Alex Fahutan, itu, juga mendapat sanksi dari kampusnya, Institut Pertanian Bogor (IPB).  Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB, Bambang Hero Saharjo mengatakan, dalam pertemuan antara Dekanat Fahutan IPB dengan lima orang perwakilan IMAPA dan Rachmad usai aksi protes kemarin, muncul permintaan untuk sanksi administratif dan akademis bagi Rachmad.

…dst

5 ) Sultan HB X Dukung Kerja Sama Internasional UMY

Selasa, 22 April 2014 14:03 wib
JAKARTA – Banyak perguruan tinggi Tanah Air menjalin kerja sama dengan kampus-kampus asing. Tujuannya, meningkatkan kualitas pendidikan melalui kerja sama dengan komunitas internasional.  Salah satu kampus yang aktif mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi asing adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bahkan, keaktifan UMY dalam kerja sama internasional tersebut mendapat acungan jempol dari orang nomor satu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengkubuwono X.

…dst

6 ) UGM Unjuk Gigi di Kejurnas Kempo Unhas

Selasa, 22 April 2014
JAKARTA – Atlet kempo Universitas Gadjah Mada (UGM) berkesempatan mengadu keahlian bela diri mereka dalam Kejuaraan Nasional Kempo Piala Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas).  Biasanya, kejurnas ini diikuti oleh para atlet kempo se-Kawasan Timur Indonesia (KTI).  Menurut Ketua Panitia Rektor Unhas Cup, Taufik Hidayat, tahun lalu UGM juga sudah terlibat dan menjadi satu-satunya peserta Unhas Cup yang bukan berasal dari KTI. Tahun ini, selain UGM, pihaknya juga mengundang khusus Pengurus Provinsi Persaudaraan Kempo Seluruh Indonesia (Perkemi) Tangerang.”Kami berharap kehadiran dua wakil Jawa ini semakin meningkatkan kualitas kejuaraan. Untuk wilayah KTI, kami telah mengundang sejumlah daerah dari Kalimantan, Maluku, Papua, termasuk wilayah se-Sulawesi,” kata Taufik, seperti dilansir Antara, Selasa (22/4/2014).

…dst

7 ) Asyik, Warga Sumsel Bisa Kuliah Gratis!

Selasa, 22 April 2014 10:23 wib
JAKARTA – Dalam waktu dekat, masyarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) enggak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk biaya kuliah. Pemerintah Provinsi Sumsel sedang menggodok kebijakan kuliah gratis. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, menyatakan, saat ini, pihaknya sedang memproses peraturan pelaksanaan untuk program tersebut.”Kami menargetkan kuliah gratis dimulai pada 2015 karena sekarang masih dalam proses peraturan daerah,” kata Widodo, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/4/2014). Widodo optimistis, target kuliah gratis pada 2015 dapat tercapai. Pasalnya, saat ini pembahasan peraturan tersebut hampir rampung.

…dst

8 ) Dosen Petra Surabaya Ciptakan Beton dari Lumpur Lapindo

22 Apr 2014 19:51:27
Surabaya (Antara Jatim) – Dosen Universitas Kristen Petra Surabaya Prof Djwantoro Hardjito PhD menciptakan beton dengan bahan baku dari lumpur Lapindo yang meluap sejak 29 Mei 2006 dengan luapan lumpur saat ini sudah seluas 640 hektare dan setinggi hingga 12 meter.”Sejak tahun 2011, saya meneliti kemungkinan lumpur Lapindo dijadikan bahan baku untuk beton dan akhirnya saya menemukan dua kemungkinan yakni bahan campuran semen dan bahan dengan larutan alkali,” katanya di Surabaya, Selasa.
…dst