1 )  Memaknai Hari Kartini

Senin, 21 April 2014
KITA  kembali memperingati Hari Kartini pada 21 April dengan memaknai ulang dan mengangkat kembali isu-isu perempuan Indonesia kini. Kita mengingat Kartini sebagai tokoh awal perjuangan emansipasi perempuan. Dia berangkat dari pengalamannya sendiri sebagai anak bupati di Jepara. Kartini mendirikan sekolah bagi anak perempuan dan mendorong perempuan mandiri secara ekonomi agar dapat menentukan nasibnya dan anak-anaknya jika keadaan tidak memungkinkan. Keadaan perempuan Indonesia kini jauh berbeda dari saat Kartini lahir 135 tahun lalu hingga meninggalnya pada usia 25 tahun. Namun, bukan berarti tidak ada lagi masalah di ranah publik maupun pribadi. Kita bisa melihat belum terpenuhinya hak asasi perempuan melalui tingginya angka kematian ibu (AKI) melahirkan. Telah berlalu 110 tahun sejak Kartini meninggal karena melahirkan. Pemerintah mengklaim telah melakukan berbagai upaya menurunkan AKI. Nyatanya angka AKI justru meningkat tajam. Tahun 2012 AKI menjadi 359 per 100.000 kelahiran hidup, naik dari sebelumnya 228. Situasi tersebut memperlihatkan persoalan struktural dan kultural dalam upaya menghapus diskriminasi terhadap perempuan. Secara struktural pemerintah perlu mengevaluasi kembali program penurunan AKI sebagai bagian dari komitmen Tujuan Pembangunan Milenium yang akan berakhir pada 2015, dengan target AKI 102.

…dst

2 ) Ide dari Mahasiswa, Disempurnakan oleh Dosen

Senin, 21 April 2014 19:08 wib
JAKARTA – Dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Mudjijana menghasilkan inovasi berupa mesin pengupas kulit kacang kedelai. Siapa sangka, ide untuk menghasilkan teknologi dengan beragam keuntungan itu justru datang dari mahasiswanya. Mudji bercerita, sekira 11 tahun silam, ada seorang mahasiswa yang datang kepadanya meminta bimbingan untuk pengerjaan tugas akhir. Saat itu, si mahasiswa mengajukan bimbingan untuk membuat mesin penggiling kedelai.  “Dulu ada mahasiswa yang datang ke saya mengungkapkan ingin mengembangkan mesin pengupas kedelai untuk tugas akhir. Saya pun membimbingnya,” kata Mudji, seperti disitat dari situs UGM, Senin (21/4/2014). Saat itu, ujarnya, mesin penggiling kedelai yang dikembangkan si mahasiswa bodi rumah poros berulir dibuat dari kayu sono keling. Alat pun masih digerakkan secara manual menggunakan engkol dengan kapasitas produksi sekitar 4 kg per 15 menit.

…dst

3 ) Aksantara, Pesawat Tanpa Awak Multifungsi ITB

Minggu, 20 April 2014 15:19 wib

JAKARTA – Perkembangan teknologi pesawat terbang dan robotika di Indonesia kian pesat. Bahkan, beberapa perguruan tinggi telah mampu membuat dan mengembangkan pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Guna mewadahi kreativitas tersebut, dibentuk Aksantara yakni sebuah komunitas berlatarbelakang keteknikan yang menggeluti bidang UAV. Berkolaborasi dengan bidang aeronautika, perkembangan ini melahirkan teknologi yang beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi sorotan peneliti serta pengembang robot terbang dan juga berhasil memancing minat mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terlihat semakin meningkat dari tahun ke tahun.

…dst

4 ) Foto Berbau SARA Picu Kemarahan Mahasiswa Papua

Senin, 21 April 2014 14:03 wib
BOGOR – Merasa geram karena tersebarnya foto berbau SARA di situs jejaring Facebook, Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) menggelar aksi demo di lingkungan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga, Kabupaten Bogor. Mereka menuntut agar mahasiswa IPB pengunggah foto tersebut dikeluarkan dari kampus.  Puluhan anggota IMAPA melakukan long march di lingkungan kampus IPB. Mereka berorasi sambil menumpahkan kekesalannya akibat keberadaan foto di salah satu grup jual beli online mahasiswa di situs jejaring Facebook yang dinilai melecehkan etnis Papua. Foto tersebut diunggah mahasiswa Fakultas Kehutanan bernama Rachmad Suprianggono. Si pengunggah menggunakan nama akun Facebook Alex Fahutan.

…dst

5 ) Rektorat Unsa Bantah Ijazah Alumni Ditahan

Senin, 21 April 2014, 14:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA BESAR — Pihak Rektorat Universitas Samawa (Unsa) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, membantah telah menahan ijazah alumni mahasiswa fakultas teknik yang diwisuda pada Januari lalu. Kepala Biro Akademik Unsa A Kadir SPd ketika dikonfirmasi Senin menyatakan, ijazah yang menjadi hak alumni mahasiswa tidak pernah ditahan. Malah, pihak rektorat mempersilahkan alumni yang bersangkutan untuk segera mengambilnya.  Pernyataan ini untuk menanggapi rumor yang menyebutkan adanya kegelisahan yang dialami belasan alumni mahasiswa Unsa, menyusul ketidakjelasan status bukti kelulusan akademiknya yang hingga kini belum diterima. “Kami tidak pernah menahan atau mengabaikan alumni soal ijazah mereka. Para alumni boleh mengambil ijazahnya sejak mereka diwisuda. Ijazah dan transkrip nilai bukan kewenangan fakultas teknik, melainkan kewenangan pihak rektorat,” ujar A Kadir.

…dst

6  ) Unair Buka D4 Pengobat Tradisional mulai 2014

20 Apr 2014 16:04:32

Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuka program studi (prodi) Diploma-4 (D4) Pengobat Tradisional (Battra) mulai tahun 2014, karena pengobatan tradisional sekarang dinilai mampu menjadi pelengkap untuk pengobatan konvensional (kimiawi). “Pengobatan tradisional kita harus lebih berkembang daripada Tiongkok, India, atau Thailand, karena kita memiliki keanekaragaman biologik terbesar di dunia,” kata ketua prodi D4 Battra Unair, Arijanto Jonosewojo SpPD FINASIM, di Surabaya, Minggu. Oleh karena itu, katanya, Unair yang memiliki D3 Battra sejak tahun 2005 akan mengembangkannya menjadi D4 Battra mulai tahun 2014 melalui pendaftaran jalur Mandiri yang akan dibuka pada September 2014. “Itu kita lakukan karena 56 persen lulusan D3 Battra Unair melanjutkan studi S1 ke Yogyakarta dan Solo yang memiliki prodi jamu dan pengobatan tradisional,” katanya.

…dst

7 ) 100 Mahasiswa Indonesia ke Jepang Belajar Tata Kota

Senin, 21 April 2014, 11:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 100 mahasiswa Indonesia yang mempelajari bidang studi perencanaan tata kota (urban planning), dalam rangka program JENESYS 2.0 (pertukaran mahasiswa), akan berkunjung ke Jepang pada 21-29 April. siaran pers Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia di Jakarta, Senin (21/4), menyebutkan, rombongan ini akan mengunjungi Tohoku Institute of Technology di Kota Sendai serta di beberapa kota di Negara Matahari tersebut. Mereka diundang untuk mempelajari kasus-kasus penelitian di bidang perencanaan tata kota (urban planning) di Jepang dan melakukan observasi pada bangunan bersejarah serta program homestay.

…dst

8 )  Berkat Riset LDPE, Unesa Rebut Emas di Malaysia

Minggu, 20 April 2014 18:30 wib
JAKARTA – Empat mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi penelitian bertajuk International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2014. Mereka adalah Mochammad Rizal Fadhillah, Wahidussilmi, Adrian Sjahmi Dewanto, dan Dwi Putri Megawati. Keempatnya menjadi perwakilan Nusantara di tingkat internasional dengan membawa karyanya berjudul “Distillation Trashes Polymer LDPE (Low Density Polyethilen) As A Fuel and Lubricant Solid on Motor Gear”. Ajang yang diselenggarakan pada 11 hingga 13 April lalu di Universiti Malaysia Perlis (Unimap), diikuti oleh berbagai perwakilan dari 20 negara termasuk Indonesia, tim dari Unesa berhasil meraih Gold Medal dan menjadi juara dalam kategori agriculture, environmental and renewable energy. Tidak hanya itu, Spesial Award dari Romania Inventors Forum (RIF) pun berhasil diboyong oleh tim dari Unesa ini.

…dst

9 )  Tahun 2016 UMN Siap Bangun 5 Gedung Hemat Energi

Senin, 21 April 2014 | 18:25 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com – Setelah sukses membangun Gedung New Media Tower sebagai gedung paling hemat energi, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berencana membangun lima gedung serupa. UMN menargetkan memulai proyek tersebut pada tahun 2017 mendatang.”Kami berencana akan membangun gedung hemat energi lainnya. Rencananya tahun 2030 gedung-gedung baru tersebut sudah bisa digunakan untuk kegiatan di kampus,” kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN Andrey Andoko di Gedung Rektorat UMN, Serpong, Senin (21/4/2014). Menurutnya, proyek tersebut merupakan kelanjutan dari kesuksesan membangun New Media Tower yang sangat hemat dan ramah lingkungan. Lima gedung baru tersebut merupakan master plan UMN dan akan dibangun menggunakan passive design.

…dst

10 )  UMN Targetkan Juara I ASEAN Energy Award 2014

Senin, 21 April 2014 | 16:41 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) akan mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Energy Award pada September 2014. Pihak UMN menargetkan memenangi kompetisi tahunan tersebut. “Saat ini kami sedang mengumpulkan berbagai dokumen dan proposal untuk ikut ASEAN Energy Award pada September mendatang. Kami targetkan bisa juara satu,” kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN Andrey Andoko di Gedung Rektorat UMN, Serpong, Senin (21/4/2014). Ditambahkan Andrey, Gedung New Media Tower UMN dinobatkan sebagai juara satu dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013. Gedung tersebut merupakan gedung baru paling hemat energi berdasarkan penilaian Kementerian ESDM Indonesia. Sebagai juara nasional, UMN siap bersaing pada tingkat regional dengan negara-negara ASEAN lainnya.

…dst