1 ) Mendikbud Berikan Arahan di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2014

Rabu, 05/03/2014 – 18:20
Jakarta, Kemdikbud — Hari pertama kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2014 diawali dengan mendengarkan arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Beberapa poin yang disampaikan Mendikbud dalam arahannya antara lain potensi Indonesia di tahun 2030, pergeseran populasi, indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia, serta bonus demografi. Mendikbud mengatakan, ia tiada bosan memberikan paparan mengenai potensi Indonesia sebagai salah satu negara besar di dunia, dalam setiap kesempatan. Saat ini, jelasnya, Indonesia berada pada posisi 16 besar di dunia, dan pada tahun 2030 mendatang, Indonesia berpotensi masuk dalam 7 besar di dunia. “Ini menunjukkan optimisme bahwa negara kita itu negara besar. Insyaallah akan jadi negara yg luar biasa. Karena itu selalu saya sampaikan dalam kesempatan kapanpun di manapun,” ujar Mendikbud saat memberikan arahannya dalam RNPK 2014 di Jakarta, Rabu sore, (5/3/2014).

…dst

2 ) Rembuknas Kemendikbud 2014 Evaluasi 3 Poin Penting

Rabu, 05 Maret 2014 19:45 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar kegiatan tahunan Rembuk Nasional (Rembuknas). Dalam Rembuk Nasional kali ini, evaluasi yang dilakukan bukan hanya kinerja tahun lalu tapi juga satu masa bakti pemerintahan dari 2010. “Rembuk Nasional, acara tahunan untuk mengevaluasi kinerja dan program tahunan. Khusus tahun ini, evaluasi dari 2010-2014, satu masa bakti pemerintahan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, selepas memberikan arahan kepada peserta Rembuk Nasional 2014, di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (5/3/2014). Dia menjelaskan, ada tiga poin penting yang akan dievaluasi dalam Rembuk Nasional kali ini. Salah satunya ialah pencapaian program-program Kemendikbud yang tertuang dalam RPJMN. “Ibarat mata pelajaran, materi yang akan dievaluasi adalah yang tertuang dalam RPJMN. Dilihat hasilnya seperti apa. Tidak hanya itu, juga ada kontrak kinerja. Artinya pencapaian di luar program RPJMN. Materi ketiga, materi arahan-arahan presiden. Itu yang menjadi bahan evaluasi, apakah selama empat tahun sudah tercapai. Kalau sudah seperti apa hasilnya, kalau belum tercapai kendalanya di mana. Itulah dasar rapor kementerian,” paparnya.

…dst

3 )  RNPK 2014 Evaluasi Kinerja Kemdikbud Selama 4 Tahun

Rabu, 05/03/2014 – 20:28
Jakarta, Kemdikbud — Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan merupakan agenda tahunan Kemdikbud untuk mengevaluasi kinerja kementerian. Khusus tahun 2014, pelaksanaan RNPK dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Kemdikbud selama satu periode pemerintahan dari 2010-2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, mengatakan, evaluasi yang dilakukan dalam RNPK ini mencakup butir-butir tugas yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2009-2014. Ibarat sekolah, kata dia, evaluasi ini seperti ujian. “Mapel yang mau diuji apa? Mapelnya ya yang tertuang dalam RPJMN, apa saja yang diagendakan dan hasilnya seperti apa,” kata Mendikbud pada jumpa pers usai memberi arahan pra rembuk kepada para peserta RNPK, di Jakarta, Rabu (5/3/2014). Mendikbud menambahkan, tidak hanya tugas dalam RPJMN, RNPK ini juga mengevaluasi kontrak kinerja Mendikbud dan arahan presiden untuk pendidikan. Dari evaluasi tersebut, akan didapatkan seperti apa raport Kemdikbud selama empat tahun ini.

…dst

4 ) Wamendikbud Ambil Alih Jabatan Rektor Unsrat

Rabu, 5 Maret 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menunjuk Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim sebagai Pelaksana Tugas Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, menggantikan Donald Rumokoy. Surat keputusan mendikbud yang menarik surat keputusan perpanjangan Rektor Donald Rumokoy sejak 2012 diberikan Musliar Kasim kepada Donald Rumokoy di Gedung Rektorat Unsrat, disaksikan enam wakil rektor dan 10 dekan, Selasa (4/3). Musliar Kasim mengatakan, dua tugas utama sebagai Pelaksana Tugas Rektor Unsrat adalah memulihkan kondisi belajar-mengajar dan mempersiapkan pemilihan rektor baru. Ia menargetkan tiga bulan ke depan rektor definitif sudah terpilih. Kasim tidak berkomentar ketika ditanya wartawan alasan pemberhentian Rumokoy. Dosen Fakultas Hukum Unsrat, Ronny Maramis, mempertanyakan alasan pemberhentian itu. Sebab, surat keputusan mendikbud tak menyebutkan kesalahan Rumokoy dan pertimbangan sehingga dia dicopot. (ZAL)

***

5 ) Mahasiswa Unsrat Manado Bentrok, Fakultas Teknik Dibakar

Rabu, 05/03/2014 16:52 WIB
Manado – Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado bentrok. Selain rusuh, kejadian itu juga mengakibatkan Fakultas Teknik Universitas terbakar. Ada 3 bangunan berlantai 2 yang terbakar, yakni tempat perkuliahan Jurusan Teknik Elektro dan Arsitektur, Rabu (5/3/2014) sore. Sedikitnya 8 mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan untuk memadamkan api. Juga 1 buah mobil water canon Polda Sulut ikut membantu memadamkan api. Diduga, bentrok berawal dari aksi mahasiswa Fakultas Kedokteran yang menurunkan Dekannya, Ralf Kairupan yang dilantik Rektor Donald Rumokoy. Setelah dekan lengser, demo mahasiswa berlanjut menurunkan rektor. Dua hari lalu, Mendikbud Muhammad Nuh menunjuk Wamen Mendikbud, Musliar Kasim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsrat mulai Selasa (4/3/2014). Sore harinya terjadi bentrok antara mahasiswa Fakultas Teknik dan Hukum. Mereka saling melempar batu. Dua mahasiswa menjadi korban dan kaca gedung pecah, beberapa motor juga rusak. Aksi memuncak siang tadi. Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum kembali menyerang Fakultas Teknik. Mahasiswa yang mendapat serangan tiba-tiba kocar-kacir yang berbuntut pembakaran.

…dst

6 ) Kemdikbud Lakukan Optimasi Layanan Pengaduan

Rabu, 05/03/2014 – 07:08
Jakarta, Kemdikbud — Dalam era teknologi informasi yang semakin mudah diakses, masyarakat pun semakin mudah mendapatkan dan memberikan informasi atau pengaduan mengenai layanan publik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) termasuk lembaga publik yang banyak menerima pengaduan dari masyarakat terkait layanan pendidikan. Karena itu Kemdikbud akan melakukan optimasi layanan pengaduan. Pengaduan dari masyarakat tersebut masuk melalui berbagai saluran layanan pengaduan. Misalnya melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemdikbud yang menyediakan berbagai saluran sebagai layanan pengaduan, yaitu call center 177, telepon, faksimili, SMS, email, serta help desk (melalui tatap muka).

…dst

7 ) Guru Besar Pencetus Psikologi Islami Tutup Usia

Rabu, 05 Maret 2014 14:37 wib
SOLO – Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo, Jawa Tengah sedang berduka. Guru Besar Psikologi UMS Sukoharjo, Jawa Tengah, Mohammad Ngemron meninggal dunia dalam usia 67 tahun akibat penyakit jantung. Pencetus Psikologi Islami dan Psikologi berbasis budaya Jawa ini menghembuskan nafas setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Dr Oen, Solo Baru. “Beliau meninggal dini tadi Sekira pukul 01.00 WIB di rumah sakit Dr Oen Solo Baru. Beliau sudah lama sakit ginjal, jantung,” kata salah satu mantan murid yang kini menjadi dosen di STAIN Batusangkar, Sumatera Barat, Dian Erhan, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2014).

…dst

8 ) ITB Mantap Jadi Kampus Riset Dunia

Rabu, 05 Maret 2014 21:17 wib
JAKARTA – Di usianya yang ke-55 tahun, Institut Teknologi Bandung (ITB) mantap menjadi perguruan tinggi riset berkelas dunia. Hal tersebut merupakan respons atas perubahan yang selalu terjadi dalam kehidupan. Rektor ITB Akhmaloka menyatakan, insan pengetahuan, lembaga pendidikan tinggi dan lembaga ilmu pengetahuan dan seni (ipteks) adalah pilar kemajuan suatu bangsa. Keberadaan ITB, imbuhnya, didedikasikan untuk kemajuan bangsa dan peradaban manusia. Akhmaloka juga mengingatkan status ITB sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum menjadi titik tolak baru perjalanan pendidikan tinggi di Tanah Air, khususnya bagi ITB.”Penting bahwa ITB, sebagai perguruan tinggi yang berstatus badan hukum, mengemban misi untuk semakin responsif terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat dan semakin antisipatif dalam menjawab tantangan masa depan,” kata Akhmaloka, seperti disitat dari laman ITB, Rabu (5/3/2014).

…dst

9 ) Bangun Sekolah Desain, Binus Gandeng Northumbria University

Rabu, 5 Maret 2014 | 11:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Bina Nusantara (Binus) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris, di Kampus Binus, Jakarta, Selasa (4/3/2014). Kerjasama kedua pihak dilakukan untuk mengembangkan industri kreatif di kalangan mahasiswa, khususnya di bidang desain. Kerjasama tersebut memunculkan nama baru, yaitu Binus Northumbria School of Design (BNSD). Adapun program pembelajaran di ini meliputi Graphic Design & New Media, Fashion Design, dan Fashion Management. “Jadi, mahasiswa akan memiliki kualitas dalam desainnya, tidak asal-asalan,” kata Rektor Binus, Prof Harjanto Prabowo.

…dst

10 ) Menteri Pendidikan Tinggi Inggris Sambangi Binus

Rabu, 05 Maret 2014 20:10 wib
JAKARTA – Binus University yang berkolaborasi dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris diharapkan akan menghasilkan sekolah desain berkelas dunia di Indonesia yang dititikberatkan kepada industri kreatif. Menilik kerja sama tersebut, Binus pun dikunjungi langsung oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Sains Inggris The Rt Hon David Willetts MP. Saat berkunjung ke Kampus Binus Senayan-The Joseph Wibowo Center (JWC), The Rt Hon David Willetts MP didampingi oleh Prof. Andrew Wathey (Vice-Chancellor, Northumbria University). Dirinya pun mendukung kerjas ama dual award antara Binus University dengan Northumbria University. Menurut dia, kerja sama tersebut dipercaya memberikan perkembangan yang berarti dalam menghadirkan pendidikan berkelas dunia di bidang kreatif.

…dst

11 ) UGM-Osaka Kembangkan Sistem Komunikasi Bencana

Selasa, 04 Maret 2014, 20:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA —  Institute of International Studies Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama Universitas Osaka Jepang dan PT Gamatechno, Selasa, meluncurkan aplikasi sistem komunikasi tanggap bencana praktis yang dapat memanfaatkan telepon pintar sebagai sarana input data. Peneliti dari Osaka University, Stefano Sukamoto Selasa mengatakan dengan peluncuran aplikasi itu, diharapkan bantuan dapat lebih cepat sampai di lokasi terdampak bencana. “Dengan aplikasi yang pertama kali di dunia ini, kami harapkan bantuan bisa menyeluruh dalam waktu satu hingga dua hari,”kata dia yang merupakan inisiator sistem itu seperti dilansir Antara, Selasa (4/3). Meski demikian, ia mengakui aplikasi itu masih membutuhkan kritik serta pengembangan lebih lanjut. Dengan aplikasi itu diharapkan kerja sama Indonesia-Jepang dalam kebencanaan dapat terjalin kembali. “Ini belum sempurna. Ini langkah pertama kami,” kata Sukamoto.

…dst

12 ) Lathifah, Tunarungu yang Menjadi Model Cantik dan Peraih Beasiswa

Rabu, 5 Maret 2014 | 18:00 WIB
KOMPAS.com – Keterbatasan pendengaran karena menyandang tuna rungu tak membuat Siti Nur Lathifah patah semangat mengejar mimpi. Dengan penuh kerja keras, ia melewati masa-masa kritis akibat minder dengan pendengarannya itu, sampai akhirnya meraih beasiswa Bidikmisi. Berkat prestasinya, ia bisa bertemu langsung menteri dan presiden. Siti Nur Lathifah adalah satu dari sekian banyak kisah menarik dan inspiratif yang diceritakan di buku ‘Kebangkitan Kaum Duafa’ pada acara silaturahim Bidikmisi di Jakarta, Kamis (27/2/2014) lalu. Buku itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Sepintas, penampilan gadis berkerudung setinggi 166 cm itu tak berbeda dengan perempuan lainnya. Wajahnya terlihat tak kurang satu apapun. Perbedaan baru terlihat ketika dia berbicara. Tidak hanya bibirnya yang bergerak, kedua tangannya pun ikut serta menerjemahkan tiap detail kata-katanya.

…dst

13 )  Bidikmisi Pendidikan Profesi Hanya Diberikan Setahun

Tahun kedua Tanggungan Kampus
Rabu, 05/03/2014 – 17:16
SOLO, (PRLM).- Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Farmasi (FFar) dari keluarga tidak mampu yang selama ini menerima beasiswa Bidikmisi, tidak perlu khawatir untuk melanjutkan ke pendidikan profesi. Sebab, dalam “Silaturahmi Nasional Mahasiswa Bidikmisi 2014” di Jakarta disepakati, khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang harus menempuh pendidikan profesi masih dibiayai hingga tahun pertama dan tahun kedua ditanggung masing-masing perguruan tinggi (PT). “Beasiswa Bidikmisi kan untuk jenjang S-1 selama delapan semester. Sedang mahasiswa kedokteran yang menempuh pendidikan profesi atau ko-as dibiayai dua semester. Padahal, jangka waktu ko-as dua tahun, sehingga kekurangan yang satu tahun diserahkan ke institusi PT,” ujar Pembantu Rektor (PR) III Bidang Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. Dwi Tiyanto kepada wartawan, Rabu (5/3/2014). Menurut Dwi Tiyanto, pada tahun akademik 2014 ini di UNS ada 13 mahasiswa FK penerima beasiswa Bidikmisi angkatan pertama (2010) menyelesaikan studi jenjang S-1 dan bulan Maret ini mereka diwisuda. Sebelum mereka mendapat izin praktik sebagai dokter, lulusan SI1 FK tersebut wajib menempuh ko-as selama dua tahun.

…dst

14 ) Cari Pengetahuan Migas? Ke Perpustakaan Pertamina Saja

Rabu, 05 Maret 2014 11:41 wib
JAKARTA – Perpustakaan Pertamina saat ini berperan strategis sebagai knowledge center untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan kemampuan pekerja Pertamina khususnya dan meningkatkan pengetahuan secara luas untuk umum.Demikian hal tersebut disampaikan oleh Vice President (VP) Investor Relation PT Pertamina, Achmad Herry Syarifudin, di Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Rabu (5/3/2014). Dia mengatakan, perpustakaan KP Pertamina sebagai referensi Utama Perpustakaan Migas di Indonesia dengan koleksi utama pustaka yang bercirikan pengetahuan, teknologi, dan bisnis yang terkait dengan industri migas.”Jumlah koleksi buku hingga tahun ini sekira 7.246 judul buku dan sekira 9.281 eksemplar, dan beberapa koleksi bahan pustaka lainnya,” ungkap Herry.Selain revitalisasi pada 2010 serta penambahan bahan e-Resources seperti E-book, E-journal, metode standard industry online selama dua tahun terakhir, pada 2013 Perpustakaan Pertamina juga melakukan penerapan ISO 9001:2008 Quality Management yang bertujuan untuk menstandarkan proses dan sistem kerja.

…dst

15 ) Indonesia segera miliki perpustakan 27 lantai

Rabu, 5 Maret 2014 13:16 WIB
Pekanbaru (ANTARA News) – Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional (Perpunas) tahun ini berencana membangun gedung megah di depan istana negara dengan tinggi bangunan 27 lantai. “Rencana itu yang kemudian membuat anggaran untuk perpustakaan daerah di Indonesia dipangkas,” kata Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Chairul Riski, di Pekanbaru, Rabu. Ia mengatakan, semisal anggaran pusat untuk Perpusatakaan Wilayah Riau, Soeman HS, pagu awalnya adalah sebesar Rp7 miliar. Namun kabarnya, kata dia, karena adanya rencana itu, kemudian dilakukan pemotongan hingga anggaran yang akan disalurkan ke Riau hanya Rp350 juta. Dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diterima tahun ini dikurangi dan mudah-mudahan tidak mempengaruhi kinerja.

…dst

16 ) Universitas Bengkulu Diserang Ribuan Ulat Bulu 

Rabu, 05 Maret 2014 | 20:31 WIB
TEMPO.CO, Bengkulu – Dua gedung, yakni gedung program studi bahasa Inggris dan akuntansi Universitas Bengkulu (UNIB), sejak satu pekan terakhir diserang ribuan ulat bulu, dan puncaknya pada hari ini. Akibatnya, perkuliahan di dua program studi tersebut menjadi terganggu dan kegiatan perkuliahan terpaksa dihentikan. Ribuan ulat bulu memenuhi ruangan perkuliahan, malah dua orang dosen mengalami gatal-gatal akibat serangan hewan berbulu tersebut. Karena itu, tak ada aktivitas belajar yang terlihat di dua jurusan tersebut. Mahasiswa datang ke kampus dan hanya bercengkerama dengan sesama mahasiswa di bagian luar kelas. “Terpaksa kami tidak kuliah karena ulat telah masuk ke ruangan, saya takut diserang seperti dosen lain,” kata Ngudining Rahaya, dosen Jurusan Bahasa Inggris, saat ditemui pada Rabu, 5 Maret 2014. Ia mengakui, sejak serangan ulat bulu menyerang dua gedung program studi tersebut, dosen pun malas masuk mengajar karena merasa terganggu. Untuk sementara, perkuliahan terhenti sampai serangan ulat bulu tersebut berakhir.

…dst

17 )  Seminggu Dilantik, Rektor Unswagai Ngebut Lakukan Rotasi

Selasa, 04/03/2014 – 11:41
CIREBON, (PRLM).- Sepekan pascadilantik menjadi Rektor Unswagati, Djohan R Wiradinata langsung melakukan mutasi dan rotasi pejabat struktural, Selasa (4/3/2014). Sedikitnya ada 72 orang pejabat struktural yang dimutasi atau mendapat promosi jabatan. Rektor Unswagati Djohan R. Wiradinata mengungkapkan, mutasi dan rotasi pejabat struktural merupakan salah satu upaya untuk penataan ulang universitas, baik fisik maupun nonfisik. “Salah satu upaya penataan nonfisik adalah dengan restrukturisasi organisasi di Unswagati,” katanya seusai melantik puluhan pejabat struktural di Aula Unswagati, Selasa (4/3/2014). Djohan menampik penilaian, kalau pelantikan pejabat struktural itu terlalu cepat. Djohan bahkan menilai pelantikan pejabat struktural itu, justru sedikit terlambat. Menurut dia, pelantikan tersebut sangat dibutuhkan, untuk memenuhi tuntutan lembaga vertikal dan horisontal termasuk Unswagati sendiri.

…dst

18 ) Calon hakim MK kecewa diuji pertanyaan kasus Century

Rabu,  5 Maret 2014  ?  20:09 WIB
Sindonews.com – Lantaran diberikan sejumlah pertanyaan mengenai kasus Bank Century dalam proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), calon hakim konstitusi Atip Latipulhayat mengaku kecewa. Sebab, menurut Dosen di Universitas Padjajaran (Unpad) itu, pertanyaan mengenai kasus Bank Century dalam proses fit and proper test dianggapnya tidak layak. “Politis sekali, hakim tidak bisa ditekan. Harusnya tidak ditanya soal itu (kasus Bank Century),” kata Atip Latipulhayat usai menjalani fit and proper test calon hakim konstitusi di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/3/2014). Atip dicecar mengenai persoalan Mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono yang terlilit kasus dugaan korupsi bailout Bank Century. Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo meminta pandangan dan argumentasi hukum Atip mengenai kemungkinan Boediono dipanggil atau disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

…dst

19 ) Calon Hakim MK, Hidup Mewah dan Tak Paham Hukum

Rabu, 05 Maret 2014 | 08:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat dan tim pakar menguji kelayakan dan kepatutan 12 calon hakim konstitusi pekan ini. Para calon hakim ini berebut dua kursi kosong di MK, menggantikan Akil Muchtar yang diadili dalam kasus suap putusan pemilihan kepala daerah dan hakim Harjono yang segera pensiun akhir Maret ini. Proses seleksi yang melibatkan tim pakar. Namun hingga kemarin, Selasa, 4 Maret 2014, belum terlihat ada kandidat yang mumpuni. Berikut ini catatan tim penguji terhadap mereka yang mengikuti seleksi pada Selasa:
Aswanto,
Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar

…dst

20 ) Wahidudin dan Aswanto Terpilih Menjadi Hakim MK

Rabu, 05/03/2014 21:33 WIB
Jakarta – Komisi III DPR telah memilih dua dari empat nama calon hakim MK yang disodorkan tim pakar penyeleksi calon hakim MK. Dua orang itu adalah Wahidudin Adams dan Aswanto. Dua orang ini terpilih lewat proses voting di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/3/2014). “Dengan demikian, yang terpilih adalah Dr Wahiduddin Adams SH MA, dan Profesor Dr Aswanto SH MSi DFM,” kata Wakil Ketua Komisi III Almuzammil Yusuf di penghujung rapat. Dua orang itu menempati peringkat pertama dan kedua hasil voting. Berikut adalah peringkat perolehan suara empat nama berdasarkan voting di Komisi III itu.

…dst