Mahasiswa Indonesia di One Young World Summit Pittsburgh

Oleh Dinna Handini – 22 October 2012

ABA-Pittsburgh, 20 Oktober 2012-Ahmad Affandi, mahasiswa STKIP PGRI Jombang, terpilih menjadi speaker untuk bidang pendidikan, bersama lima pemuda lainnya di pertemuan One Young World 2012 di Pittsburgh.

Dalam paparannya Ahmad menyampaikan pentingnya peran pendidikan untuk memajukan bangsa, dan pengalaman pribadinya sebagai mahasiswa menggagas pentingnya persatuan pemuda dari berbagai keyakinan/agama melalui sebuah organisasi yang dia beri nama StaraMuda. Anggota StaraMuda yang didirikan pada Pebruari 2010 adalah para pemuda dengan latar belakang sosial dan keyakinan yang beragam. Ahmad yakin, melalui StaraMuda, dapat mengembangkan kapasitas dan ditumbuhkan rasa saling menghormati di antara mereka.

One Young World (OYW) Summit 2012 telah dibuka dengan sukses oleh David Jones dan Kate Robertson (penggagas OYW) di Heinz Hall Pittsburgh, Pensylvania, Rabu, 18 Oktober 2012, pukul 04.30 sore waktu setempat. Acara pembukaan diisi dengan menampilkan tiga tokoh kaliber dunia yaitu Presiden Clinton, Prof. Muhammad Yunus (pendiri Grameen Bank) dan Bob Geldoff, pelantun lagu We are the World  yang sebelumnya dihibur dengan penampilan Orkestra Pittsburgh, penyanyi kondang Joss Stone dan paduan suara anak-anak Pittsburgh.

Tiga pembicara utama menyampaikan pesan yang kurang lebih sama, bahwa pemuda merupakan kelompok usia yang jumlahnya besar (sekitar 70% dari total populasi) tetapi tidak dilibatkan langsung oleh para politisi dalam mengambil keputusan yang menyangkut masa depan. Para pembicara yakin bila pemuda berani membayangkan dunia baru yang lebih baik, dan bersatu untuk mewujudkannya maka impian untuk menciptakan bumi sebagai tempat tinggal yang lebih baik akan terwujud.

OYW 2012  akan berlangsung sampai tanggal 21 Oktober diikuti oleh 1.300 peserta berasal dari 182 negara. Indonesia kali ini mengirimkan 15 orang delegasi yang telah dipilih melalui seleksi pada bulan Juni yang lalu, didampingi dua observer dari Dikti.  Lima belas peserta tersebut terdiri dari : Ahmad Affandi (STKIP PGRI Jombang), Rd. Adjie Wicaksana T.R. (ITB), Khristina C. Worumi (UPN Veteran Yogyakarta), Munawar Mukhtar Lutfi (Univ. Paramadina), Rifki Pramada  (Univ. Sriwijaya), Yuniar Sarah Ningtyas (UI), Ilham Azmy (ITS), Dionisius Aldo Soedyatmiko (Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya), Fikar El Hazmi (UGM), Rizka Amalia Fulinda (UNSOED),  Susilo Wati (Univ. Brawijaya), Dwi Ruth Kurniasih (Univ. Pancasila), Vania Santoso (UNAIR), La Nane (UNHAS) dan Rathi Nurwigha (IPB).

Ada tujuh area yang akan menjadi fokus pembicaraan dalam OYW 2012 yaitu  Education, Global Business, Health, Human Rights, Leadership & Governance, Sustainable Development dan Transparency & Integrity.