BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA (BPPS) 2012
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN
http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/
Pendaftaran dibuka : 18 Maret – 31 Mei 2012
BPPS adalah program beasiswa pendidikan jenjang Pascasarjana dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk para dosen. Persyaratan Pelamar BPPS tercantum dalam brosur BPPS 2012 yang dikeluarkan Dikti, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silakan download brosur BPPS 2012 , Pedoman BPPS 2012 , Manual Pendaftaran BPPS
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) pada tahun 2012 memberikan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) bagi 6.000 orang dosen tetap PTN maupun PTS di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang terdiri dari 3.000 orang untuk Program Magister (S2) dan 3.000 orang untuk Program Doktor (S3). Kebijakan Ditjen Pendidikan Tinggi tahun ini meniadakan pembagian kuota PPs penyelenggara maupun kuota PT/Kopertis pengirim.
Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara BPPS 2012 (terdiri dari 46 PTN dan 12 PTS) dan Komponen Beasiswa BPPS Program S2 dan S3 silakan baca di Brosur BPPS 2012 di atas.
Silakan mendaftar di PPS Penyelenggara untuk mengikuti testing masuk dan JANGAN LUPA mendaftar secara online di http://beasiswa.dikti.go.id/bpps
– Bagi Pelamar BPPS yang mendaftar di Universitas Indonesia mengikuti SIMAK UI Pacasarjana Gelombang 1 yang pendaftarannya dibuka 13 Februari – 6 April 2012 online di http://penerimaan.ui.ac.id Jadwal ujian dan persyaratan pendaftaran SIMAK UI Pascasarjana Gelombang 1 dapat dilihat di website tersebut.
– Jadwal BPPS Undip (Jan-31 Maret 2012)
– Jadwal BPPS ITS (01 Maret- 27 April 2012)
– Jadwal BPPS UGM (30 Jan-10 Mei 2012)
– Jadwal BPPS ITB ( Gel 1 tgl 01 Feb-29 Mar, Gel 2 tgl 01 Mei-07 Juni)
– Jadwal BPPS IPB (14 Jan-31 Maret 2011) http://pmbpasca.ipb.ac.id/
– Jadwal BPPS USU ( 02 Feb-31 Maret 2011) , Persyaratan
– Jadwal BPPS UNHAS (09 Jan- 31 Maret 2012)
– dst … silakan hubungi PPs Penyelenggara BPPS yang diminati (namanya sudah ada di brosur BPPS 2012)
Informasi lebih lanjut mengenai BPPS dapat diperoleh di http://beasiswa.dikti.go.id/bpps
>>>>
Surat Edaran Direktur Diktendik no. 541/E4.4/2012 untuk Pimpinan PTN/Koordinator Kopertis
Surat Edaran Direktur Diktendik no. 542/E4.4/2012 untuk para Penyelenggara BPPS 2012
Yth admin..
mohon pejelasan tentang pelamar BPPS yang berstatus on Going..
apakah saat ini juga bisa langsung daftar atau ada waktu khusus yang diberikan.
trimakasih atas bantuan informasinya.
Pak Marno, pendaftaran BPPS online 18 Maret-31 Maret 2012 hanya berlaku untuk yang berstatus Mahasiswa baru (BPPS regular) bukan untuk on-going, untuk yang berstatus ongoing belum ada pengumuman. Tahun lalu dibuka sekitar bulan Juli, ini postingan tahun lalu tentang beasiswa BPPS ongoing
http://www.kopertis12.or.id/tag/bpps-ongoing-2011
Salam, Fitri
Yth. Admin,,
Apabila dalam pendaftaran online terlanjur tidak memasukkan foto dan surat rekomendasi, apakah data diri bisa di edit sebelum di print?
Bu Rahmi, kalo dalam proses pengajuan beasiswa BPPS Dikti ada kendala silakan bertanya ke adminnya di:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Terima kasih, salam, Fitri
Admin Yth.
Untuk pendaftaran BPPS online 2012…apakah ada alamat NIDN yang lain? Karena saya sudah mencoba mendaftar beberapa kali dengan NIDN saya dari http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed…tapi nama saya tidak langsung muncul pada kolom nama (padahal kolom nama itu sesuai dengan penginputan NIDN), dan sebelumnya NIDn itu sudah saya gunakan untuk pendaftaran yang lain, dan tidak pernah bermasalah…
Terima kasih
Bu Vita, tiap dosen hanya memiliki satu NIDN yaitu yang terdapat di http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed, diulangi aja Bu. Kalo sistem ada masalah sewaktu mendaftar kami tak bisa bantu apa-apa karena kami hanya memberi informasi bukan pengelola web beasiswa. Kalo bermasalah terus Ibu bisa kontak admin-admin pengelola web tsb via :
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Terima kasih, salam, Fitri
Yth. admin
sy diah handayani dosen stain kediri, mohon penjelasan untuk pelamar beasiswa BPPS tertanggal 18 Maret-31 Mei 2012 gelombang I, apakah hanya untuk dosen di lingkungan kemendikbud saja, lalu apakah kami yang di bawah Kemenag bisa mengaksesnya pula? dan apakah NIDN mutlak diperlukan?
trims.
Betul Bu Diah, BPPS hanya untuk dosen tetap di lingkungan Kemdikbud (dosen tetap PTS/PTN) yang telah memiliki NIDN. NIDN itu mutlak diperlukan.
Salam, Fitri.
sy dosen PTS sudah punya INDN dan sekarang lg kul S2 di Kesmavet Unsyiah, krn prodi ini adalah prodi baru tahun kemaren saya tdk bs mengurus beasiswa BPPS. kira-kira sekarang ada peluang ngak saya utk mengurusnya kembali? dan apakah ada solusi spy saya dapat mengurus beasiswa. tq ya…
Dik Edi Junaedi mohon maaf saya tidak bisa meramalkan apakah seseorang pelamar bakal peroleh peluang menerima BPPS. Silakan baca brosur yang terlampir di postingan sebelumnya, di dalamnya sudah ada cantumkan persyaratan bagi pelamar, sekiranya anda memenuhi persyaratan BPPS silakan melamar mengikuti petunjuk di web http://beasiswa.dikti.go.id/bpps dan jangan lupa mendaftar di PPs penyelenggara BPPS dan melengkapi segala persyaratan.
Terima kasih, salam, Fitri
Yth. admin.
Saya dosen PTN dg NIDN 0025056505 yang mau mendaftar bpps on line. Waktu pertama kali masuk saya sudah berhasil sampai membaca semua informasinya. Waktu saya mau mengunggah surat izin dan foto saya tidak bisa masuk lagi. Saya disuruh memasukkan no registrasi dan paswoord, sedangkan sy blm mendapatkan no reg dan paswoord. Saya coba mendaftar lagi, saya diwarning tidak boleh mendaftar lebih dari satu kali. Mohon bantuan admin, apa yang harus saya lakukan?
Pak Ilim, mohon hubungi admin yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Karena bila ada kendala dalam proses pengajuan pendaftaran online, hanya mereka yang berwenang mengatasinya.
Terima kasih, salam, Fitri.
Pengumuman daftar pelamar online beasiswa s2/s3 LN Ditjen Dikti gelombang 7 alokasi tahun 2012 (gelombang I tahun 2012), no 3556/E4.4/2011
Pertanyaan : Apakah harus daftar lagi, karena masuk memilih studi dalam negeri,padahal pada tulisan tersebut diatas luar negeri?
Catatan :
Kopertis wilayah VII
No. 6. Budi Fathony Reg. Number EHIMK00067, asal ITN Malang, PT yang dituju ITB, Negara Indonesia, Jenjang s3
Atas sarannya saya sampaikan terima kasih
Pak Budi Fathony,
Didaftar ulang aja, saya sudah baca pengumuman no. 3556/E4.4/2011 nama Bapak terdapat di pelamar dalam negeri dan disarankan mendaftar via BPPS online, yang tentunya pendaftaran Bapak tidak akan diproses lebih lanjut sebelum Bapak mendaftar online lagi. Mungkin sewaktu mendaftar tempo hari ada kesalahan sistem karena saya baca banyak juga yang mengalami seperti Bapak, dinyatakan sebagai pendaftar beasiswa dalam negeri dan diminta apply lagi.
Pak Budi, Kalo untuk mendaftar beasiswa luar negeri pergunakan website ini ya : http://beasiswa.dikti.go.id/index.php/scholarship/regStep01
Perhatikan Perpanjangan waktu diberikan sampai tgl 30 Maret 2012, jadi masih sempat melakukan pendaftaran
Perpanjangan batas waktu pendaftaran beasiswa S2/S3 LN Ditjen Dikti
Di sini ada dijelaskan negara tujuan yang diprioritaskan dan ada dilengkapi form A Dikti 2012 yang sudah direvisi
http://dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2700:perpanjangan-batas-waktu-pendaftaran-beasiswa-s2s3-ln-ditjen-dikti&catid=68:berita-pengumuman&Itemid=160
Perhatikan berkas yang dibutuhkan, ada dijelaskan di surat edaran ini.
Pendaftaran Beasiswa S2/S3 Luar Negeri Ditjen Dikti Gelombang II Alokasi 2012
http://dikti.go.id/ketenagaan/Pendaftaran%20BLN%20Gelombang%20II%20alokasi%20tahun%202012.pdf
Selamat mendaftar ya Pak Budi Fathony, semoga berhasil peroleh beasiswa BLN dan lancar semua urusan, amiin YRA.
Salam, Fitri
Mau tanya contoh draft surat rekomendasi bisa diakses dimana?.Tks.
Bu Siska, tidak lengkap pertanyaan Ibu, maksudnya surat rekomendasi dari pimpinan PTS atau Koordinator koperits ? kalo dari pimpinan PT ya formatnya bebas yang intinya memberikan persetujuan untuk anda studi lanjut ke PPs penyelenggara …program…jenjan…, kalo dari Koordinator kopertis formatnya dari mereka, harus apply ke mereka dengan melampirkan surat persetujuan/rekomendasi dari Pimpinan PTS, surat permohonan anda, print out NIDN (dari web evaluasi.dikti.go.id), copy surat pengangkatan sebagai dosen tetap, copy ijazah dan transkrip nilai terakhir, copy jabatan akademik (bila sudah memilikinya).
Salam, Fitri.
PAk/Bu/ saya mau tnya gmna cara mau daftar online BPPS jika belum ada NIDN. sy dosen swasta yang bru saya S2 di PTN tahun lalu..krn masih S1 belom ada NIDN. gmn carany sy dapat mendaftar BPPS itu yang persayartanya ada NIDN sdg sy belom ada….trmkasih pak/bu tas jawabnya..
Bu Ina, persyaratan NIDN itu mutlak dalam pengajuan permohonan beasiswa Dikti, sangat sorry itu sudah ditetapkan oleh yang berwenang, kami tak bisa bantu apa-apa.
Salam, Fitri.
daftar ulang bpps on line, error lg ketik no.regestrasi tidak tercetak alias macet, mohon solusinya…..
Pak Budi fathony katanya mau lamar BLN kok jadinya ke BPPS (dalam negeri? jangan salah daftar lagi ya), kalo siap pendaftaran, setelah klik selesai no registrasi itu dikirim Dikti ke alamat email yang Pak Budi cantumkan di form pendaftaran online. Coba diperikasa apa sudah diterima kalo belum ya hubungi admin yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Karena bila ada kendala dalam proses pengajuan pendaftaran online, hanya mereka yang berwenang mengatasinya.
Salam, Fitri
Maaf Ibu Fitri, justru awalnya sy memang daftar bpps dalam negeri,mengingat usia saya diatas 50 tahun, saran Ibu sdah saya lakukan tapi ketika ketik No. Regestrasi lama saya tdk bisaaaaaa…alias tidak bisa di ketik
Pak Budi Fathony kalo gitu anda harus daftarnya di http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/index.php/registrasi
mulai dari step pertama, no registrasi lama tidak bisa dipakai di web ini karena waktu itu diproses mereka di web beasiswa luar negeri dikti. Tenang aja pendaftaran BPPS dibuka sampai akhir Mei. Setelah selesai mendaftar mereka akan kirim nomor registrasi ke akun email yang Bapak daftarkan. Kalopun sewaktu mendaftar ada berkas yang kurang, bisa update di kemudian hari dengan klik ubah data yang tersedia di sebelah kiri, bagusan kalopun data belum lengkap umpamanya foto belum tersedia sehingga tak bisa upload saat mengisi, jangan matikan internet, klik aja selesai, nanti baru update setelah terima nomor registrasi.
Saya lagi di mobil on the way home, tak bisa banyak ketik, sampai sini ya, semoga berhasil pendaftaran dan terseleksi, amiin.
Salam, Fitri
Alhamdulillah, sudah ku coba isi tapi Subkhanalloh,
ternyata pada :
1. Masukkan ‘Nama Lengkap’, ternyata kolom di blog transparan, tdk bisa diisi
2. Masukkan ‘Kabupaten Id’, saya tinggal di kota, dirubah tetap tidak bisa
apa mungkin operatornya ikut libur kale….?
maaf merepotkan Bu Fitri, sekali lagi sangat terima kasih
salam hormat
budi fathony
Ya benar Pak Budi Fathony, kolom nama lengkap tak bisa diisi, namun kabupaten Id sudah ditiadakan. Semoga pengisian kolom nama lengkap secepat mungkin difungsikan kembali .
Terima kasih, wassalam, Fitri
Yth. Admin
sy dosen PTS mo ngmbil magister lwt BPPS tp univ. penyelenggara blm buka seleksi. bisa lgsg daftr online ato tunggu seleksi di univ. penyelenggara dl?
Lho Bu Astuti Amriyani mau tunggu sampai selesai seleksi ? ngapai ditunggu ? Kalo sudah daftar sebagai peserta BPPS di PPs penyelenggara silakan dilanjuti dengan daftar online beasiswa BPPS Dikti. Bahkan bagi yang daftar online dulu baru daftar di PPs penyelenggara juga tak menyalahi ketentuan.
Salam, Fitri.
Assalamu’alaikum,
Yth Ibu Fitri,
sy ada kendala dalam mengunggah srt izin dan foto, padahal dr jenis file dan size-nya sdh sesuai dg ketentuan, dan data lain yg sy masukkan sdh sukses tp berulang kali sy mengunggah kedua file itu tetap tdk direspon. mohon penjelasannya, terima kasih.
Walaikumsalam Wr. Wb. Bu Nining Arini,
Sangat sorry kami sama sekali tak bisa membantu bila ada kendala dalam proses pengajuan pendaftaran beasiswa online, untuk itu mohon hubungi admin yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Terima kasih, salam, Fitri.
Admin Yth,
sy sdh mendftar BPPS 2012, tp pd saat upload berkas, sy blm mngupload surat izin, dan sy belum mngklik icon SELESAI, ttp sy mengklik Cek Registrasi. pd saat sy mw melihat ulang data sy, trnyta sdh tdk bs..tp perintahx ut mengecek email ut bs melihat no registrasi.ttp sy periksa email, trntyta tdk ada…bgm klanjutannx?krna tdk bs mndftar 2 x.apkh sy sdh trdaftar atw belum? dan bgm berkas yg blm di upload?krn tdkada pmberitahuan bhwa ada berkas yg akn diupload.
Pak Selfiandri R
Mohon maaf kami sama sekali tak bisa membantu bila ada kendala dalam proses pengajuan pendaftaran beasiswa online, untuk itu mohon hubungi admin Diktendik Dikti yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Terima kasih, salam, Fitri.
Sy dah dftar bpps online, akn ttpi surat izin dr kopertis blm sy maskn ketika sya mau mskn hrs msk ke menu ubah data akan tetapi sy blm mndapatkan no registrasi.Bsknya sy ulang mndftar lg tp gagal,krnskn tidak boleh ada id yg sama (form nama tdk bs diketik ulang dg nama yg sama).Hr ini sy cb lg,gagal lg.Pdhal sy blm mndptkan no reg-nya.Lalu apa yg hrs sy lakukan ktka unt dftar bpps online.Terima Kasih atas bantuannya
Pak Aloisius Harso, sekali lagi saya tegaskan, saya hanya membantu Bapak/Ibu dengan penyajian ifo beasiswa Dikti namun sama sekali tak berwenang beri solusi bila Bapak/Ibu mengalami kendala dalam proses aplikasi beasiswa online.
Mohon hubungi admin Diktendik Dikti yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Admin. mhn maaf, data pa aja yang diupload pas dftr online>coz sy blm brni msk, tkt da data yg blm disiapkn tp hrs diupload.mksh
Bu Astuti Amriyani bisa siapi copy KTP, ijazah dan transkrip nilai terakhir, surat ijin PTN (bagi dosen PTN) atau Surat Ijin Kopertis (bagi dosen DPK dan dosen Yayasan), foto, bukti pendaftaran di PPs penyelenggara (bagi yang sudah mendaftar). Sangat sorry kami bukan pengelola beasiswa Dikti sehingga bisa aja ada tambahan data lain yang dibutuhkan di luar pengetahuan kami . Namun dengan memperhatikan web itu ada dilengkapi menu ubah data, nanti setelah peroleh nomor registrasi masih bisa update data seandainya masih ada yang kurang.
Terima kasih, salam, Fitri
makasih banyak m’ fitri atas infox. thanks banget y, sukses buat m’ fitri
knp tdk ada tanggapan dari pihak pengelola???pdhl sy butuh password n no reg. ut mengubah data dan mengupload berkas yg blm sempat terupload….kmn lg harus mengadu???sy sdh tax kan lgsg di kopertis…cuma disuruh cek email…stlh dicek tdk ada yg msk…bgm nih mbak???
Dik Selfie mungkin karena mereka pada sibuk sehingga belum sempat balas. Coba resend lagi ke http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp (U/P: Pak Aji atau Bu Citra) dan pihak pengelola di kampus cari email di :http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Batas penutupan sampai 31 Mei 2012 masih sempat dik.
Semoga dalam waktu dekat sudah peroleh nomor registrasi, amiin.
Salam, Fitri
Alhamdulillah,
Atas saran Bu Fitri pada 26/03/2012 pk.10:12 berhasil online bpps
saya jadi kaget ternyata begitu saya print out ternyata tertulis Beasiswa Unggulan, seingat saya tersebut diatas diperuntukkan calon dosen muda?
padahal saya sudah 20 an tahun menjadi dosen arsitektur itn malang.
Apakah tidak jadi masalah dikemudian hari, padahal proses resistrasi step 1 tertulis BPPS Reguler, tentu saya takut salah, mohon saran lagi
budi fathony
NiP.Y.1018700154
Mudah-mudahan tidak Pak Budi Fathony, karena semua pendaftar sama terima print out yang tertulis BU dan minta lengkapi surat pernyataan pengabdian (itu adalah surat ikatan dinas yang dipersyaratkan untuk peserta BU, untuk BPPS surat ikatan dinas baru perlu dibuat setelah terseleksi), nampaknya sistem mereka yang salah. Seandainya bermasalah tentu kena semua pelamar BPPS, bisa ramai-ramai ajukan protes. Kalo sendiri mungkin jadi pikiran, kalo semua sama take it easy aja deh.
Semoga berhasil Pak Budi, salam, Fitri.
Jujur saja saya berharap bisa lolos,
krn perhatian ka.prodi sps.arsitektur itb komunikatif memberikan peluang dan perhatian sehingga beliau memperkenalkan calon pembimbing disertasi saya, sehingga silaturahmi terjaga dengan baik dan saya diperkenankan ikut dalam proses seminar dan diskusi senior s3.
bismillah semoga sejawat ku dosen yang minat studi lagi s2/s3 berharap kepada Alloh lulus semua, krn pemikiran dan pengabdian sejawat sepantasnya di teliti, di kembangkan guna mencerdaskan bangsa dan masyarakat indonesia tercinta, trims Bu Fitri
salam kompersa (kompak persahabatan)
Yth. admin.sy dh cb dftr online, NIDN dh diinput tp koq kolom nama lgkp gk bisa diisi.pa mslhx di NIDN yg keliru to mang lg gngguan?mhn solusix
Bu Astuti Amriyani, menurut info, online BPPS otomatis keluar nama ketika memasukan NIDN yang tepat. Coba Bu Astuti periksa ulang NIDN via http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen, masukkan nama lengkap Ibu lalu klik telusur akan keluar NIDN ibu.
Salam, Fitri
NIDN dh ditelusur, ada dan persis dengan yg sy pke dftr online. gmn dng?
Sudahlah Bu Astuti, kalo NIDN benar tetap tak bisa mungkin sistemnya lagi bermasalah, diulang aja satu dua hari lagi, kan pendaftaran sampai tgl 31 Mei 2012, masih lama. Kami tak bisa bantu apa-apa kalo ada kendala dalam pendaftaran online. Atau Ibu bisa email ke admin Diktendik Dikti yang mengelola web beasiswa BPPS online via:
http://studi.dikti.go.id/study/forum.jsp
atau hubungi pihak pengelola di kampus masing-masing
http://studi.dikti.go.id/study/pengelola.jsp
Kalo tak balas diulang aja.
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Admin.
Alhamdulillah saya sudah berhasil memperoleh No.Registrasi dan Password Pendaftaran BPPS. Yang ingin saya tanyakan adalah, bisa tidak apabila saya berniat mengubah PT tujuan, dengan pertimbangan berbagai hal. Soalnya, saya sudah coba beberapa kali, hal tersebut tidak berubah. Mohon informasinya, terima kasih
Best Regards,
Pak Dedi, dicoba aja login ke menu ubah data. Diulang-ulang aja, kalau tetap tak bisa Bapak harus ke kantor Diktendik Dikti minta petugas bagian beasiswa BPPS merubah (seandainya lokasi Bapak berada di kota Jakarta), karena kalo via email sulit hubungi mereka, biasanya tak dihiraukan. Di telp juga tak akan direspon.
Salam, Fitri.
Salam..Ibu/Bapak,
mau nanya, setelah kita mendaftara ke laman BPPS dan print hasilnya, prosedur selanjutnya, (3). mengirimkan surat pernyataan mengabdi,
kalau boleh tau surat itu diperoleh dari mana, makasi.
Bu Ivani, surat pernyataan mengabdi adalah surat ikatan dinas, saya perhatikan kalimat di print out BPPS itu seperti salah cetak karena hanya peserta BU yang wajib sertakan surat ikatan dinas sewaktu mendaftar ke PPs penyelenggara. Kalo bagi peserta BPPS, surat pengabdian/ikatan dinas itu disampaikan belakangan (sewaktu sudah terseleksi). Abaikan dulu, yang penting ibu setelah mendaftar BPPS online harus juga mendaftar di PPS penyelenggara dan isi form BPPS (kalo sebelumnya sudah mendaftar, laporkan nomor registrasi BPPS online/serahkan print outnya) dan harus ikuti testing masuk. Langkah selanjutnya ditunggu aja penerbitan panduan BPPS 2012 yang mungkin tak lama lagi akan diedarkan.
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Ibu Fitri,
Alhamdulillah, data Universitas sudah bisa berubah. Dari kemaren belum bisa-bisa, hari ini, dicoba beberapa kali, akhirnya berubah.
Terima kasih.
Best Regards
Alhamdulillah Pak Dedi Supriatna, ikut senang mendengar kabar ini. Sukses selalu, salam hangat, Fitri
Yth. Ibu Fitri, (Mohon maaf nanya terus)
1. Apakah beasiswa BPPS/BU hanya untuk program reguler
2. Misalkan apply 2 PT. sekaligus (untuk antisipasi ga diterima), Ketika beasiswa diperoleh, apa diperbolehkan mengalihkan beasiswa dari PT saat registrasi BPPS ke PT dimana kita diterima.
Best Regards
Betul Pak Dedi, program BPPS/BU saat ini hanya dibuka untuk program regular. Tidak dibenarkan apply 2 PT, itu bisa menyebabkan tak lolos. Silalkan baca panduan BPPS tahun 2011 (yang 2012 belum terbit) dan panduan BU tahun 2012 (halaman 10 butir 2 ketentuan tambahan http://beasiswa.dikti.go.id/bu/index.php/download/file/panduan_bu_diktendik_201211)
Salam, Fitri.
mba fitri…. kenapa ya aplot foto dan rekomendasi susah sekali????? udah berulang kali di aplot tp tdk jadi-jadi,,,,,
Biasa dik nasrin, lagi banyak yang online di web ini. Sabar aja deh, dicoba aja di jam sepi misalnya tengah malam atau pagi-pagi. Upload pakai Mozilla Firefox mungkin lebih lancar.
Salam, Fitri.
Mohon maaf. Saya kembali untuk bertanya. Ibu kalau surat ikatan dinas bagi peserta BU. Artinya hasil pendaftaran saya, ada yang keliru ya… soalnya saya bukan perserta beasiswa unggulan, saya ikut beasiswa penyelenggara, yang berikut kalau kami Dosen-PTN dalam pilihan jenis beasiswa kami harus memilih beasiswa mana ibu, mohon petunjuknya. Terima Kasih
Pak Ivant, harap maklum bukan anda aja, semua pelamar BPPS online print outnya tercantum BU dan surat pernyataan pengabdian, nampaknya kesalahan sistem maka saya sarankan diabaikan aja. Sudah saya complain pihak pengelola beasiswa Dikti via email namun belum ditanggapi. Pengalaman kalo mereka yang salah biasanya pura-pura tak terbaca. Berhubung kekeliruan ini menimpa semua print out para peserta, saya rasa tidak akan bermasalah. Dosen PTN atau PTS sama aja, kalo mau studi ke LN pilih aja BLN, kalo mau studi dalam negeri ya pilih BPPS. Kalo masih calon PNS ya pilih BU. Ok tugas kantor sudah menunggu.
Salam, Fitri
knpa cm yg udh jdi dosen j beasiswanya??
buat yg bru tamat S1 jga donk…:'(
Kan ada thu beasiswa unggulan Dikti untuk calon dosen dan beasiswa unggulan kemdiknas untuk masyaratat umum, lamar donk…
Salam . Bu fitri, untuk mendownload formulir lamaran program BPPS untuk UI dimana ya?. Terima Kasih.
Bu Siska, silakan hubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia
http://penerimaan.ui.ac.id/id/contact
Salam, Fitri.
Pak/bu, saya mencoba mendaftar BBPS, tapi kok tidak bisa lanjut ada komentar “masukkan kabupaten id” padahal tidak ada kolom tersebut.
Yth.Admin
1. Mengapa dalam proses registrasi pada segmen Konfirmasi tertuliskan : Perhatian : “Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tidak sedang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa yang bersumber dari pemerintah”..padahal ini kan beasiswa..
sebelumnya terimakasih atas bantuan nya
Bu Santika, maksudnya selain BPPS anda tidak sedang mendaftar untuk peroleh beasiswa lain yang bersumber dari pemerintah. Karena pelamar tidak diperkenankan peroleh dua macam beasiswa yang bersumber dari APBN/pemerintah.
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Admin
Kalau untuk surat ijin belajarnya apakah merupakan surat pernyataan penugasan mengikuti program pascasarjana dengan biaya direktorat jenderal tinggi yang ditanda tangani langsung oleh bapak rektor tempat saya mengajar??
terimakasih sebelum nya bu fitri..
Bu Santika, contoh surat pemberian ijin oleh pimpinan PTN (bagi dosen PTN) atau surat penugasan dari Koordinator Kopertis (bagi dosen DPK dan PTS) silakan unduh di Pedoman BPPS tahun 2012 lampiran 2b atau 2c . Pedoman BPPS 2012 sudah terbit dan terdapat di web beasiswa.dikti.go.id/bpps, ini linknya : http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/index.php/download/file/pedoman_bpps_2012
Salam, Fitri.
Yth. Admin
Kalau saya kan dosen tetap yayasan buk fitri..bagaimana apakah surat nya sama dengan dosen negeri??
Yth. Admin
Kalau mengenai refrensi penilaian tentang diri saya dari 2 pejabat atau dosen itu format nya seperti apa bu fitri??
Sebelumnya terimakasih banyak bu Fitri, atas info nya.
Terimakasih sebelumnya..
Bu Santika, mohon luangkan sedikit waktu baca isi pedoman BPPS 2012, semua pertanyaan ibu sebenarnya sudah terjawab di dalam pedoman. Bukankah di dalam pedoman sudah sangat jelas bahwa dosen yayasan dibutuhkan surat penugasan dari kopertis, bahkan sudah diberikan format di lampiran 2c. Sekali lagi harap yang berkepentingan bacalah pedoman BPPS 2012. Siapkan berkas yang diminta, jangan dengar ini itu tanpa mau membaca pedoman yang sudah diberikan.
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Admin
Kalau mengenai refrensi penilaian tentang diri saya dari 2 pejabat atau dosen itu format nya seperti apa bu fitri??
Sebelumnya terimakasih banyak bu Fitri, atas info nya..
Yth. Admin..
Bagaimanakah format surat rekomendasi dari 2 dosen atau pejabat tentang penilaian terhadap dosen yang mencari BPPS??
Terimakasih..
Bu Santika, saya tidak tahu kenapa ibu banyak membutuhkan format-format yang tidak dipertanyakan teman-teman lain. Kalo memang benar Kopertis anda minta sampaikan surat rekomendasi dari atasan baru mau mereka terbitkan surat penugasan, silakan cermati format-format surat rekomendasi yang terdapat di Lampiran Permendiknas no. 48 tahun 2009 http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen48-2009.pdf, semua peraturan beasiswa berlaku sama untuk baik untuk dosen PTN maupun dosen PTS. Ok ya saya cukupi sampai di sini, harap Ibu luangkan sedikit waktu baca panduan BPPS 2012 dan Permendiknas no. 48 tahun 2009 berserta lampirannya.
Salam, Firi
Yth. Admin..
OK..Bu Fitri..terimakasih atas info nya..ya….sukses selalu..
Bu Santika, ini saya berikan Manual Pendaftaran BPPS online, semoga membantu:
http://www.kopertis12.or.id/2012/03/31/manual-panduan-pendaftaran-online-untuk-pelamar-bpps.html
atau langsung klik:
http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2012/03/Manual-Pendaftar-BPPS-2011.pdf
Salam, Fitri.
Yth. Admin..
Oke deh..Bu Fitri, semuanya sudah sip..mohon doa supaya lulus BPPS nya ya!!
Terimakasih Bu Fitri..
Asslm.wr.wb
saya mau bertanya…
saya telah mndaftar di BPPS Reguler. akan tetapi sampai sekarang passwordnya, belum masuk ke e-mail saya. padahal masih ada data yang perlu di ubah seperti : (REKOMENDASI KOORDINATOR KOPERTIS). data ini akan saya lampirkan.
tolong bantuannya bu fitri !!
atas nama : SURHAENI.
NIDN : xxxxxxxxxx
No. Pendaftaran : xxxxxxx
dari STKIP Pinrang Cokroaminoto Pinrang, Sul-Sel
Mohon sabar menanti Pak Surhaeni, kami tak bisa membantu apa-apa karena bukan pengelola beasiswa Dikti. Menurut info yang kami terima ada yang sudah 3 hari terima no regiistrasi baru terima passwordnya. Bapak juga boleh langsung menanya ke pihak pengelola melalui web beasiswa terpadu Dikti.
Terima kasih, salam, Fitri.
MOhon saran/share pengalaman terkait pendaftaran online Bpps 2012….
Saya sudah mencoba unggah/upload berkas surat ijin dan foto sebanyak 4 kali, tetapi tidak ada indikasi apapun (tetapi sudah dapat no registrasi)…
1. apa indikasi berhasil atau gagalnya proses unggah berkas?
2. di print out form registrasi saya tidak muncul foto, apa memang semua demikian atau itu indikasi kegagalan upload???
Terima kasih bagi yang mau share, terutama kepada Ibu Fitri yang terhormat…
Assalamu’alaikum
Yth Ibu Fitri,
sy bermasalah dengan pendaptaran online sy. sampai hari senin kemarin sy upload surat izin kampus dan foto, ternyata responnya hanya keterangan bahwa “file anda sudah tersimpan”, tapi setelah itu tdk ada respon apapun termasuk menu konfirmasi sehingga sampai saat ini saya blm bs print out hsl pndftrnnya. sy cek di “cek registrasi” foto saya sudah muncul. sy tanya by email ke “[email protected]” dan menerima blsn bahwa bila sdh muncul foto berarti data saya sudah diupload, dan untuk mencetak bs dibuka di link yang sama dengan wkt mendaftar. yg jd pertanyaan saya:
1. apakah dengan kondisi seperti ini nama saya sdh terdaftar di bpps?
2. link yang mana yg hrs sy buka untuk mencetak data isian formulir saya?
3. apakah ada alternatif lain apabila pndftrn online sampai batas akhir pendaftaran tetap tdk bs diprint?
atas segala penjelasannya saya ucapkan banyak terima kasih.
wassalam
Walaikumsalam Wr. Wb. Bu Nining kalo sudah memiliki nomor registrasi pertanda anda sudah terdaftar di BPPS, untuk proses print out terdapat di step ke9 cetak form registrasi. Mohon jangan tanya alternatif pada saya karena saya sama sekali bukan pengelola beasiswa Dikti sehingga tak berwenang beri solusi, kalo ada pertanyaan lebih lanjut sebaiknya hubungi petugas beasiswa Dikti.
Terima kasih, salam, Fitri.
Yth. Admin..
Salam Bu Fitri..boleh minta link untuk soal TOEFL ngak Bu??
Terimakasih..
Salam Bu Santika, sangat sorry saya lagi banyak kesibukan yang harus diselesaikan. Silakan search via search engine seperti google dll, InsyaAllah akan ketemu banyak…
Yth. Admin..
Apakah untuk bukti peendaftaran BPPS online nya langsung diserahkan ke PPS penyelengara sebelum tes nya dumulai??
Terimakasih sebelum nya Bu Fitri..sukses selalu..
Benar Bu Santika.
Yth. Admin..
Apakah untuk hasil print out bukti pendaftaran onlinenya fotonya harus kelihatan?? Soalnya setelah di print ngak kelihatan foto..
Terimakasih..
Bu Sartika, silakan langsung bertanya ke pihak pengelola beasiswa Dikti.
Salam, Fitri.
saya sudah daftar online dan sudah memiliki nomor registrasi. Tapi tidak bisa print out bukti registrasi online karena setelah step unggah berkas menu tampilan langsung kembali ke halaman awal..
Bu Nita mungkin sistem lagi ada gangguan diulang-ulang aja, semoga sudah bisa print out dalam waktu dekat.
Terima kasih, salam, Fitri
mba fitri,bagamana kalau belum punya NIDN tapi sudah ada NIK/ no SK pengangkatan dosen tetap, apakah bisa dipakai untuk mendaftar online pada BPPS?? mohon arahannya
Dik Fattah, NIDN itu wajib dalam pendaftaran beasiswa Dikti, jika tak diisi dengan NIDN maka tak akan diproses Dikti.
Terima kasih, salam, Fitri
Mba Fitri, sebenarnya sy punya masalah begini; sudah dari tahun lalu dan 3 bulan lamax menunggu NIDN keluar dngn dua kali mengusulan ke kopertis wilayah 9 mksr,akan tetapi pihak kopertis mengatakan ada aturan baru yg di keluarkan DIKTI thn 2012 ini yaitu utk mendapatkan NIDN hrs S2….?
Apakah pihak institut/universitas yg dituju bisa mengusulkan untuk mendapatkan BPPS pada pendaftar, setelah dinyatakan lulus dari institut/universitas yg ditempati mendaftar..
mohon penjelasanx mba fitri……trimakasih sebelumnya..
Dik Fattah, persyaratan mutlak untuk pendaftar BPPS adalah harus mendaftar secara online di web beasiswa.dikti.go.id (tanpa NIDN sistem tak akan proses), mendaftar di PPS penyelenggara (isi form BPPS dan menyerahkan print out bukti pendaftaran online di web beasiswa Dikti dan berkas lain yang dibutuhkan), ikut ujian masuk dan lulus, diusulkan PPs penyelenggara ke Dikti, keputusan akhir ada pada Diktendik Dikti dengan penerbitan SK penetapan calon penerima beasiswa (yang lulus dan diusulkan PPs penyelenggara bukan berarti pasti diterima). Tanpa pendafaran online di web Dikti, tidak akan diterima Dikti walaupun lulus di Pps penyelenggara (saya rasa mereka juga tak akan berani mengusul ke Dikti tanpa pernah menerima print out pendaftaran beasiswa online yang ada mencantumkan nomor registrasi dari Dikti).
Sejak tgl 18 Oktober 2011 Dikti sudah menetapkan kebijakan baru tentang NIDN, surat edarannya tertanggal 11 Oktober 2011 diedarkan mulai tgl 18 Oktober 2011, terhitung sejak tgl ini, untuk peroleh NIDN baru pelamar harus lulusan S2 atau S1 yang telah memiliki jafung minimal AA. Ini surat edarannya:
Surat Edaran Direktur Diktendik 11 Oktober 2011 tentang Kebijakan Baru NIDN
http://dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2462:nomor-induk-dosen-nasional&catid=68:berita-pengumuman&Itemid=160
Untuk peroleh jafung AA (kum 100) bagi dosen lulusan S1, SK pengangkatan sebagai dosen tetapnya harus bertanggal sebelum 01 Jan 2007, SK pengangkatan tidak boleh direkayasa, walaupun wewenang penetapan jafung AA ada pada pimpinan PTN bagi dosen PTN/Koordinator Kopertis bagi dosen tetap PTS, Dikti tetap akan check kebenaran data riwayat aktivitas mengajar dan status ikatan kerja yang ada di laporan Epsbed.
Salam, Fitri
Itu artinya Mba Fitri, berkas FOMULIR LAMARAN PROGRAM MAGISTER DENGAN BIAYA BPPS sy tahun ini tidak PERLU saya kirim ke perguruan tinggi yg dituju,karena sampai saat ini SAYA belum memiliki NIDN ,walaupun persyaratan lainnya sudah saya penuhi.,karena tadinya sy mau kirim saja Mba,sebelum batas pendaftaran ISI 21 april 2012.
Mba FITRI…mohon tuntunannya untuk saya bgaimana kedepan bisa mendapatkan BPPS ,maksudnya langkah2 apa yg sy harus lakukan.
trimakasih Mba FITRI atas segala penjelasannya.serta tuntunanya
salam…Fattah
Dik Fattah, mohon maaf kalo ingin dapat beasiswa BPPS Dikti mesti memiliki NIDN, di posting sebelumnya sudah panjang lebar saya jelaskan, saya lagi kurang sehat dan keluarga yang sakit keras baru pulang dari rumah sakit. Cukuplah sampai sini penjelasan yang saya berikan (silakan baca ulang 3 tanggapan saya ke adik, rasanya semua sudah saya jelaskan).Saran saya URUSLAH NIDN. Kalo merupakan lulusan S1 mesti memiliki jafung AA, jika tidak memenuhi persyaratan usahalah search aja beasiswa lain.
Salam, Fitri
Salam
saya salah satu pendaftar BPPS tahun 2012 mengalami kendala no.registrasi dan pasword yang belum saya peroleh setelah proses pndaftaran yg saya lakukan. Sebelum tahap akhir pendaftaran yang saya lakukan, komputer yang saya gunakan eror . Keeseokan harinya saya melakukan pendaftaran kembali tetapi sistem menolak registrasi yg saya lakukan sebab dianggap sudah melakukan proses registrasi sebelumnya serta meminta memeriksa email yang saya gunakan. Setelah saya periksa email yang saya gunakan dalam proses registrasi, no. registrasi dan password tidak juga saya temukan di email saya. Mohon petunjuk dan informasi atas masalah yg saya alami.
hormatku
Barnadi Zakaria
Pak Barnadi Zakaria, menurut info dari beberapa pelamar BPPS, mereka peroleh no registrasi dan password setelah 3 hari terhitung dari tgl pendaftaran. Saran saya kalo sudah 3 hari belum juga terima baru email tanya ke [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
Mbak Fitri saya sudah 2 minggu mencoba untuk print out bukti pendaftaran online. tapi ga pernah bisa. setelah form unggah berkas sudah selesai dan kembali ke tampilan awal.
Dik Nita, silakan langsung hubungi pengelola beasiswa tsb via [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
Bu’ Fitri, dari sepengetahuan ibu, saya mohon informasinya tentang proses pendaftaran, saya sangat bingung untuk mencari no. registrasi dari pendaftaran saya, dari saran Ibu saya sudah mencobanya, tetapi belum ada respon dari email yang saya kirimkan.
terima kasih…
hormatku,
Barnadi Zakaria
Pak Barnadi Zakaria kan baru semalam email, maklum email masuk di Diktendik Dikti sangat banyak mungkin keterbatasan waktu sehingga petugasnya tak bisa langsung balas email, ditunggu aja sampai 3 hari bila tak dibalas baru diulang lagi email ke [email protected] atau telp ke 021-57946053
Salam, Fitri
mbak fitri saya mau tanya kalau mau mengganti alamat email yang digunakan untuk mendaftar online gimana caranya. soalnya belakangan ini email yang saya gunakan untuk mendaftar tidak bisa diakses
Dik Nita coba ubah melalui menu perubahan data, bila tidak bisa silakan langsung minta solusi ke pengelola beasiswa BPPS via [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
Mbak Fitri kalau mau cek pendaftaran online di DIKTI, di sana harus menghubungi bagian apa? soalnya sudah lama di email tidak ada respon.
salam..
Dik Nita, Hubungi pengelola BPPS melalui email [email protected] atau [email protected]
Alamat:
Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Ditjen Dikti
Gedung D Lt.5 Jln. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan
Jakarta 10270
Salam, Fitri
Yth. Admin
Saya ada masalah pada pendaftaran via online, kemarin saya sudah registrasi dan mengisi beberapa formulir step by step dan belum selesai pendaftarannya, tetapi letak kesalahan saya pada penulisan email, dimana saya salah menulis email saya, yang saya ingin tanyakan apakah saya sudah terdaftar atau tidak? sedangkan saya salah memasukkan nama email, tetapi waktu saya registrasi ulang kembali dengan mencantumkan nama email saya yang benar, ada peringatan ” Pendaftaran tidak boleh lebih dari satu” apakah saya sudah terdaftar atau tidak? mohon bantuannya terima kasih. [email protected]
Bu Meny Sriwaty, tadi siang sudah saya tangggapi pertanyaan Bu Meny, mungkin tak terbaca, ok deh saya ulang lagi :
Bu seandainya salah nulis alamat email kalopun sudah terdaftar nomor registrasi akan dikirim ke akun tsb. Tanpa peroleh nomor registrasi ibu tak bisa daftar dan lengkapi formulir BPPS di PT tujuan. kalo mengalami kendala atau melakukan kesalahan dalam pendaftaran online BPPS, kami tak bisa bantu karena bukan pengelola BPPS, untuk itu silakan langsung hubungi pihak pengelola BPPS melalui [email protected] cc ke [email protected] beritahukan mereka sudah salah menulis alamat email, beritahukan mereka alamat email yang benar, nama lengkap, NIDN dan tgl melakukan pendaftaran online, mohon bantuan mereka mengirim nomor registrasi ke alamat email yang benar.
Salam, Fitri
dear Mbak Fitri
Saya calon mahasiswa pasca sarjana S3 mendaftar BPPS online, setelah pengisisan data pada perfulir pendaftaran sudah selasai dan akan memprint aut nomor registrasi dan password tiba-tiba listrik pada, sampai saat ini belum saya dapatkan nomor registrasi dan tdk bisa longin ke BPPS online untuk mengubah data.
Mohon petunjuknya, wassalam
tolong dibalas ke Email saya, terima kasih
Dik Suardi, berhubung pelamar sangat banyak, pengelola BPPS membutuhkan waktu untuk kirim nomor registrasi dan password. Informasi yang saya terima kebanyakan pelamar terima setelah 3 hari kerja terhitung dari tanggal pendaftaran. Seandainya sudah 3 hari kerja belum juga menemukan nomor registrasi dan password di alamat email adik, silakan hubungi pengelola via [email protected]
P.S. Apakah adik berstatus DOSEN TETAP YANG TELAH MEMMILIKI NIDN? karena non dosen atau dosen honorer tak bisa apply BPPS.
Terima kasih, salam, Fitri
mb…mau tanya sy mengalami kesulitan untuk melakukan upload dokumen bagaimana caranya y?tks
Pak dwityas kalo mengalami kendala dalam proses pendaftaran mohon langsung hubungi [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
ass. bu fitri,..mau tau gmn dapatke id prodi, makasie,…
Walaikumsalam Wr. Wb. Mohon maaf Pak Katon saya kurang paham pertanyaan Bapak.
Terima kasih, salam, Fitri
ada nggak alamat email untuk bertanya mengenai pendftaran online BU Dikti? soalnya sya sdh dftar tapi lupa mencatat no registrasinya…
trima kasih.
Bu Mega, cari aja di alamat email yang anda isi di pendaftaran BPPS (mudah-mudahan jangan sampai alamat email atau password juga lupa). Nomor registrasi itu dikirim ke alamat email tsb.
Alamat email pengelola BPPS [email protected] tapi sebaiknya anda cari nomor registrasi di alamat email anda sebelum bertanya (karena biasanya harus sabar menanti tanggapan mereka maklum banyak email masuk selama pendaftaran berlangsung).
Salam, Fitri
maaf apakah pendaftaran bpps sudah berakhir?apakah tidak ada gelombang 2…mudah2han saya masih sempat untuk mendaftar,,,karna setai saya bpps di buku panduan 2012 di buka dari tanggal 1 april-30 mei..mohon infonya?
Mohon maaf Pak/Bu rerez apakah hari ini sudah 30 Mei 2012 ? Kalo untuk klik http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/index.php/registrasi aja tidak ada waktu bagaimana bisa mendaftar?
maksud saya pendaftaran untuk kekampuz yahng di tuju,,,,,pendaftaranya untuk gelombang bpps sudah tutup…makannya saya menunggu gelombang 2 apakan ada?karna daftar bpps sendiri masih buka…
Bu Rerez kalo pendaftaran untuk kampus yang dituju silakan langsung hubungi mereka.
Terima kasih, salam, Fitri.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
(????) Mbak Fitri, mau tanya mengenai; kapan Informasi Pendaftaran Beasiswa On Going 2012 mulai di buka?
Mohon jawabannya.
Trims 🙂
Dik Ivo Basri, ongoing BLN sudah bisa diajukan, ongoing BPPS biasanya setelah BPPS regular, jadwal persisnya tunggu pengumuman. Sering-sering aja kunjungi web dikti atau web sini…^_^
Salam, Fitri.
mba, sejak tgl 29 April sy mengubah data unt meng-upload surat izin rektor, setelah sy klik “selesai” yg muncul adalah info bhw terjadi gangguan sementara pd sistem sjk tgl 26 – 27 April, sedangkan sy mengupload surat izin tersebut sejak tgl 29 April. Pertanyaannya, apakah sistem registrasi msh gangguan atw sy aj yg blm berhasil mengupload surat tsb? Trims mba….
Dik Eka, mohon langsung email bertanya ke pengelola beasiswa BPPS di [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
Mohon untuk informasi pasti terkait dengan Beasiswa BPPS untuk periode semester Ganjil Tahun ajaran 2012 , karena informasi tgl atau kepastian pengumumman penerimaan beasiswa BPPS tahun ajaran ganjil semester tahun 2012 simpang siaur. Sedangkan untuk informasi penerimaan saya taynya ke UI atau IPB sama menyesuaikan informasi dari DIKTI atau P dan K Pusat untuk perguruan tinggi. Mohon untuk informasinya tgl atau kepastian waktu pengumuman nama-nama penerima beasiswa BPPS dari Dosen PNS dis eluruh perguruan tinggi.
Salam dari Dosen PNS untuk RI.
Lho Bu Titik Nurhidayah, Dikti tidak bisa mencampuri kebijakan/otonomi PT, itu adalah hak mereka untuk menentukan jadwal pendaftaran, ujian masuk dan pengumuman mahasiswa baru di masing-masing PT. Kalo jadwal BPPS Dikti sudah tertera di buku pedoman BPPS 2012, silakan unduh di web http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/
Ibu agar hubungi PT tempat ibu mendaftar, isi form BPPS di sana dan lampirkan print out nomor registrasi BPPS online Dikti yang ibu peroleh, ikuti testing masuk di sana, bagi yang lulus dan memenuhi persyaratan, namanya akan disampaikan Pimpinan PT Penyelenggara ke Diktendik Dikti, setelah diseleksi baru akan diumumkan. Jadi masing-masing PT berwenang menentukan jadwal pendaftaran, jadwal ujian masuk, dan tgl pengumuman tak mesti sama. Namun mereka harus sampaikan daftar nama calon yang lulus ke Dikti menurut jadwal yang sudah ditetapkan Dikti, yang lulus juga belum tentu pasti terseleksi Bu.
Harap banyak sabar ya bu.
Salam, Fitri
selamat malam DIKTI yth, saya mohon maaf bermaksud menanyakan tentang gangguan mengenai pendaftaran OnLine yang sudah saya lakukan beberapa kali, namun tidak berhasil.
khususnya nama yang tidak keluar sekalipun telah memasukkan NIDN ketika mendaftar, dan itu otomatis akan mempengaruhi pencantuman data ke dalam kolom pengisian data selanjutnya.
mohon segera memberikan balasan, mengenai langkah-langkah praktis yang harus saya lakukan, melihat waktu pendaftaran yang sebentar lagi akan ditutup.
terima kasih, sebelum dan sesudahnya.
Malam Pak ignatius suhartono, sangat sorry sini adalah website kopertis yang tidak menangani kendala dalam pendaftaran online BPPS. Silakan langsung hubungi pengelola BPPS di [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
yth admin,
apakah BPPS S3 hanya diperuntukkan bagi dosen saja, bagaimana dengan guru yang sdh S2, apakah bisa mengikuti BPPS S3 jg? trm ksh.
Sangat sorry Bu Turmiati, program BPPS S2/S3 hanya diperuntukan DOSEN TETAP DI LINGKUNGAN KEMDIKBUD YANG SUDAH MEMILIKI NIDN (NOMOR INDUK DOSEN NASIONAL).
Terima kasih, salam, Fitri
Yth. Admin..
kapan Informasi Pendaftaran Beasiswa BPPS On Going 2012 mulai di buka?
Mohon jawabannya.
Terimakasih,
Mohon maaf Pak Romi saya tidak bisa memberi JADWAL PERSIS KAPAN beasiswa BPPS on going dibuka karena saya bukan pembuat kebijakan beasiswa Dikti, asal-asalan jawab bisa dijewer yang berwenang. Namun saya boleh infokan BPPS on going biasanya dibuka setelah penutupan BPPS regular, jadi saran saya sering-sering kunjungi web Dikti atau web sini, kan yang berkepentingan mesti lebih rajin dari saya donk…^_^ dan sebagai penutup saya beritahukan tahun lalu pembukaan BPPS on-going pada akhir Juli apakah tahun ini masih sama atau dimajukan wah jangan tanya saya ya karena itu di luar pengetahuan saya. Ini link tahun LALU kalo mau baca boleh boleh aja
Pendaftaran BPPS online untuk Jalur Profesi dan mahasiswa on going tahun 2011
http://www.dikti.go.id/ketenagaan/Pendaftaran%20BPPS%20online%20Jalur%20Profesi.pdf
OK deh sampai sini dulu, terima kasih,
Salam, Fitri
Yth, Admin..
Bu Fitri, untuk tahun akademik 2012-2013 apakah jabatan fungsional tidak diberlakukan lagi bagi calon penerima BPPS untuk seluruh kopertis di Indonesia??tolong berikan saya bukti surat yang menerangkan bahwa jabatan fungsional itu tidak berlaku lagi untuk tahun akademik 2012-2013 ini..
Terimakasih..sehat dan sukses selalu buat Bu Fitri..
Bu Santika, itu adalah surat edaran direktur Diktendik no. 419/D4.4/2011 tgl 28 Feb 2011 tentang Pencabutan persyaratan calon penerima BPPS minimal harus memiliki jabatan fungsional minimal AA yang mulai berlaku sejak tgl penetapan (BPPS tahun lalu sudah tak perlu jafung)
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/SEDirDiktendik419-D4-4-2011PendaftaranBPPS.pdf
Sejauh ini untuk tahun ini tak ada terbit surat edaran yang membatalkan surat edaran di atas.
Dan di pedoman BPPS 2012 persyaratan yang terdapat di hal 5 dan ketentuan di hal 9 juga tidak mewajibkan jafung. http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/index.php/download/file/pedoman_bpps_2012
OK ya banyak tugas kantor yang menanti…
Terima kasih, salam, Fitri
salam……
sy dosen di salah satu PTS dengan NIDN 0911028102,..sudah pindah homebase..penetapan status baru belum terupdate, meski sy sdh berpindah homebase..kata operator di tempat sy ngajar sih upload dan update statusnya error
data yg belum berubah yaitu pendidikan terakhir msh S1 sementara skrng sy sdh S2,.gelar dibelakang nama jg salah,…status ikatan kerja msh DOSEN tidak tetap,.padahal sdh dosen tetap
admin oparator di tempat sy ngajar sdh berulang kali ngajuin dan upload,…tp msh belum brhasil
maaf,..ini berpengaruh ga untuk lulus atau tidaknya sy sebagai penerima BPPS tahun ini
terimakasih sebelumnya
Bu Azisah, jelas berpengaruh, team beasiswa Dikti tidak akan proses pelamar beasiswa yang data ikatan kerjanya di Epsbed masih tercantum dosen tidak tetap.
Salam, Fitri
Saya calon mahasiswa pasca sarjana S3 mendaftar BPPS online, setelah pengisisan data pada perfulir pendaftaran sudah selasai dan akan memprint aut nomor registrasi dan password tiba-tiba listrik pada, sampai saat ini belum saya dapatkan nomor registrasi dan tdk bisa longin ke BPPS online untuk mengubah data.
Mohon petunjuknya, wassalam
tolong dibalas ke Email saya, terima kasih
Bu Yuliana, anda yang berkepentingan mohon jangan minta yang tidak berkepentingan melayani anda secara japri. bukan anda aja yang memiliki kesibukan donk…
nomor registrasi dan password akan dikirim team beasiswa ke alamat email yang anda isi di form pendaftaran, kadang butuh waktu 3 hari penantian baru bisa terima. Kalo masih ada pertanyaan mohon langsung hubungi [email protected]
Salam, Fitri
Yth. ibu fitri mau bertanya dan langung tanggapannya saya dosen salah satu PTS di wilayah kopertis w VIII tetapi saya belum ada homebase kampus yang menaungi saya.. saya sdah resmi ada NIDN 3 tahun yang lalu..bagaimana ibu fitri apa beasiswa BPPS bisa saya dapat/lulus?..mksih seblumnnya
Bu Nana APT, salah satu syarat mutlak dari BPPS adalah para pelamar harus berstatus dosen tetap (memiliki homebase). Dari NIDN akan nampak status ikatan kerja dosen ybs, kalo belum memiliki homebase akan nampak status ikatan kerja tertulis dosen honorer, team pengelola BPPS biasanya check status dosen via Epsbed, mereka tidak akan proses lamaran yang berasal dari dosen honorer.
Salam, Fitri.
Dikti YTH,
Mohon konfirmasi tentang NIDN, sekitar tahun 2006 sy didaftarkan untuk memperoleh NIDN oleh yayasan secara kolektif, tetapi nama saya sudah terdaftar di universitas yang tidak jelas, berisi hanya nama : ADI SANTOSO, SKM dengan NIDN : 0728058206.
mohon informasi tentang kejelasan di universitas mana nama tersebut terdaftar..???????? Trimakasih
Pak Adi Santoso, silakan klik dan cermati data anda di http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/datadosen/0728058206
Anda tercatat sebagai dosen honorer di Universitas PGRI Palembang (silakan baca riwayat mengajar). Tercatat sebagai dosen honorer tidak akan berpengaruh apa-apa pada karir dosen anda karena tetap bisa diangkat jadi dosen tetap di Prodi lain (setiap dosen hanya bisa diangkat jadi dosen tetap di SATU homebase tertentu, sedangkan untuk diangkat jadi dosen honorer tidak ada batasan), yang berpengaruh besar adalah dosen tetap karena bila ingin pindah homebase (diangkat jadi dosen tetap di tempat lain) harus memiliki surat lolos butuh dari prodi asal. Kalo dosen honorer tak perlu surat lolos butuh. Saya baca pendidikan terakhir anda adalah S1, pada saat ini hanya dosen tetap lulusan S2 atau lulusan S1 yang berjafung AA bisa diusulkan NIDN baru atau merubah data dosen honorer jadi dosen tetap.
Ok semoga sudah cukup jelas,
salam, Fitri
Yth Dikti ~ BPPS
Mohon maaf saya Magdarita Riwu dosen FK Undana, saat ini mau mendaftar BPPS
namun dalam proses pengisian mengalami kendala yaitu pada Program Studi yang di minati
(Magister Farmasi Konsentrasi Farmasi Klinik di Unpad),
Mohon Bantuannya dan atas bantuannya diucapkan terima kasih.
Salam
Magdarita Riwu – Universitas Nusa Cendana
Bu Magdarita, seandainya dalam proses pendaftaran BPPS ada mengalami kendala silkan langsung hubungi pengelolanya via [email protected]
Salam, Fitri
Trimksh penjelasan bu Fitri,
sy didaftar dari unija sumenep tp tidak bisa karena sudah terdaftar di Universitas PGRI Palembang, knp bisa demikian..?
Apakah nomer NIDN sesui dengan tanggal lahir yang bersangkutan??
Mohon penjelasan, trims sebelumnya
Pak Adi Santoso, di tanggapan sebelumnya saya SUDAH JELASKAN pada anda bahwa anda di Universitas PGRI Palembang hanya tercatat sebagai dosen honorer, anda 101 % bisa diangkat jadi dosen tetap di PTS lain, hanya karena pendidikan terakhir anda merupakan lulusan S1 MAKA TIDAK BISA DIPROSES di EPSBED, karena sejak 11 Okt 2011 dengan beredarnya surat edaran Direktur Diktendik Dikti no.2899.1/E4.1/2011, Dikti hanya proses NIDN dosen tetap lulusan S2 (boleh tanpa jafung) atau dosen tetap lulusan S1 (harus berjafung minimal AA). Jadi sama sekali BUKAN karena sudah terdaftar sebagai dosen honorer di UNiversitas PGRI maka tidak bisa diproses.
2 digit pertama menunjukkan PTN atau Kopertis, 6 digit berikutnya tgl lahir, 2 digit terakhir nomor urut.
Ok saya cukupkan di sini, harap sudah paham masalah anda, salam, Fitri
Yth,DIKTI
Saya Mulia,
saya sudah buka pendaftaraan BPPS On-line, tetapi saya belum Up-load foto dan Scan dari kopertis. Sehingga saya tidak jadi melanjutkan pendaftaran BPPS On-line.
Setelah kelengkapan data saya sudah dapat saya daftarkan lagi, tetapi saya dianggap sudah daftar ( tidak bisa daftar 2 kali )
No Regestrasi tidak ad di kirim ke email saya sampai sekarang,([email protected]).
saya mohon penjelasannya serta bantuannya.
No contact : 081361493773
NIDN : 0105067701
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih..
Bu Mulia silakan langsung hubungi pengelola beasiswa BPPS dengan kirim email ke [email protected]
Terima kasih, salam, Fitri
assalamualikum..
yth Dikti..
saya mahasiswa semester 6, saya perhatikan beasiswa ini hanya untuk mereka yang sudah berstatus dosen, lalu apakah ada beasisiwa yang disediakan oleh Dikti untuk mahasiswa yang baru lulus S1 untuk melanjutkan ke S2 namun tidak menjadi dosen ? jika ada, bagaimana prosedurnya ? atas informasinya sayaa ucapkan terimakasih..
Walaikumsalam Wr.Wb. Dik Kholifah Fauziah
Beasiswa BPPS hanya untuk dosen tetap di lingkungan Kemdikbud, adik bisa coba apply beasiswa unggulan Kemdikbud (untuk masyarakat umum), silakan kunjungi website terkait dan panduannya bisa peroleh di menu download:
http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/program
atau beasiswa unggulan Dikti yang dirancang untuk calon dosen, silakan baca pedoman yang terdapat di website resminya:
http://beasiswa.dikti.go.id/bu/
Semua persyaratan dan prosedur sudah ada penjelasan lengkap di pedoman/panduannya. Mohon maaf keterbatasan wqktu saya cukupkan sampai di sini.
Terima kasih, salam, Fitri
Yth, Admin..
Maaf mengganggu sebentar Bu Fitri, saya ingin menanyakan mengenai Menu Baru yang terdapat pada Website Pendaftaran BPPS Dikti yaitu Menu Login Admin. Yang ingin saya ketahui adalah untuk siapa kah Menu itu? Dan lagi satu Bukti Registrasi yang telah di Print di setor ke PPS Penyelenggara saja atau juga disetor ke Kopertis??
Terimakasih..sukses buat Bu Fitri..
Bu Sartika, kalo menu admin itu untuk pemakaian para admin pengelola beasiswa, tak perlu kita pelajari. Bukti registrasi yang telah print harus disetor ke PPs penyelenggara, untuk Kopertis tergantung pada permintaan kopertis masing-masing, ada yang harus langsung diserahkan ada yang diminta pada saat penstatusan. Lebih baik langsung tanya ke Kopertis ybs.
Ok ya sangat sibuk saya cukupkan di sini aja. Salam, Fitri.
Yth. Admin
Mohon penjelasan, gambaran, atau contoh, yang disebut surat lolos butuh dari PTS asal itu isinya kira-kira seperti apa ya? Apakah hanya sekadar menyatakan persetujuan bahwa yang bersangkutan boleh keluar dari PTS tersebut, atau bagaimana? mohon info. Terima kasih.
Dik Evi, kalo surat lolos butuh Perguruan Tinggi asal adalah surat resmi yang dikeluarkan PT asal, pakai kop surat PT, isinya menjelaskan dosen tetapnya yang bernama …dengan NIDN…sudah keluar/berhenti secara baik-baik dari Perguruan Tinggi …yang dia pimpinan terhitung tanggal…. di stempel dan ditanda tangani pimpinan tsb. Gitu aja, formatnya bebas, yang penting isinya kira-kira seperti itu.
Salam, Fitri
Yth, Admin..
Hallo Mbak Fitri..
Saya ingin menanyakan tentang seorang dosen yayasan apakah bisa diangkat menjadi seorang dosen PNS atau DPK?? Kalau nisa bagaimana prosedur nya Mbak??
Terimakasih..sehat dan sukses buat mbak fitri..
Tidak bisa langsung diangkat Bu Santika, dosen yayasan (non PNS) bila ingin jadi PNS dosen harus ikut testing pada saat ada pembukaan formasi CPNS Dosen atau melamar beasiswa unggulan Dikti yang terbuka untuk Calon Dosen.
Ok ya banyak kerjaan di kantor, back to work.
Salam, Fitri.
Semoga Tetap Jaya…no Coment
mb Fitri, saya pelamar S3 IPB bermasalah dalam mendowload brosur BPPS 2012 , Pedoman BPPS 2012 , Manual Pendaftaran BPPS. bagaimana solusinya mbak sedangkan berkas lamaran ke PPs IPB sudah saya kirimkan utk periode smt ganjil 2012/2013.Mohon penjelasan, terima kasih.
Bu Yenny, kan bisa unduh di website BPPS http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/ atau di web kopertis XII ini linknya : http://www.kopertis12.or.id/2012/03/30/pedoman-bpps-2012.html
Salam, Fitri.
Salam, bu fitri..saya mau tanya untuk penerima bpps apakah diperbolehkan pidah dari PT asal? kl boleh syarat apa saja?, untuk bpps 2012 sudah ada atau belum penetapan status untuk pelamar?. Tks.
Bu siska, penerima beasiswa BPPS hanya dibenarkan pindah homebase (pindah dari PT asal yang sudah berjasa mengusulkannya peroleh beasiswa) apabila ybs sudah selesai laksanakan KEWAJIBANNYA sesuai ketentuan yang tertera di kontrak ikatan dinas (bagi Penerima BPPS berlaku n + 1 tahun, n=lamanya masa beasiswa). Kalo kewajiban belum terlunas maka PT asal diperkenankan tak terbitkan surat lolos butuh bagi ybs (tanpa surat lolos butuh dari PT asal tak bisa diangkat jadi dosen tetap di PT lain). Bagi seorang penerima beasiswa BPPS kalopun berhenti di tengah jalan tanpa alasan yang jelas dan bisa diterima Dikti, harus kembalikan beasiswa tersebut sebanyak 2 x 100% ke kas negara.
Jadwal penstatusan sudah ada silakan kunjungi : http://www.kopertis12.or.id/2012/02/01/program-beasiswa-s2-luar-negeri-kementerian-kominfo-tahun-2012.html
Bila masih ada pertanyaan seputar BPPS bisa langsung hubungi pengelola di [email protected]
Salam, Fitri
Yth, Admin..
Mbak Fitri, kalau dosen kontrak di PTN itu calon dosen PNS yah??
Salam sehat dan sukses untuk mbak fitri..
Tidak bu Santika, itu hanya dosen honorer yang dipekerjakan PTN, bukan CPNS.
Mohon maaf admin, saya mau tanya, saya sudah daftar BPPS online, dengan tujuan Teknik Elektro, Universitas Udayana. kemudian saya mengikuti test ujian masuk, dan diterima.
Yang saya membuat bingung, sekarang tanggal 22 Juni 2012, yang harusnya penstatusan di PTS asal, kebetulan saya sebagai staf pengajar di STIKOM Bali.
Disini kurang begitu tau alurnya, sehingga rasanya saya seperti tidak tahu jalan selanjutnya yang harus saya ikuti. kemungkinan Senin depan 25 Juni 2012 mau menanyakan hal ini ke PPS Universitas Udayana, Kami tergabung di wilayah Kopertis 8. Mohon bantuannya infonya, karena disini saya liat adminnya cepat memberikan informasi.
Terima Kasih,
Rai Sugiartha
Pak Rai Sugiartha adalah dosen tetap PTS di wilayah Kopertis VIII, maka penstatusan secara online (ijin atau tak ijin) melalui http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/ harus dilakukan oleh kopertis VIII dari tgl 01-15 Juni 2012 sesuai pengumuman yang tertera di :
http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/
Penstatusan pelamar BPPS oleh Pemilik Dosen dimulai tanggal 1 – 15 Juni 2012, untuk Pasca Penyelenggara mulai tanggal 16 – 30 Juni 2012 (Jika mengalami masalah dalam proses login, silakan menggunakan browser Mozilla Firefox)
>>>
Tanpa penstatusan online oleh kopertis 8, dikhawatirkan usulan bpps selanjutnya tidak akan diproses Diktendik Dikti, saya peroleh kabar ada beberapa PTN/Kopertis sama sekali tidak melaksanakan penstatusan karena tak tahu ada pengumuman di web bpps. Mulai tgl 16-30 Juni adalah jadwal penstatusan oleh PPs Penyelenggara secara online (terima atau tidak terima) dan terakhir baru Dikti yang seleksi berdasarkan hasil penstatusan. Saran saya minta pimpinan PTS konfirmasi ke Koordinator Kopertis apakah Bapak dkk ada distatuskan (ada satu kopertis tak ada laksanakan penstatusan, kabarnya setelah nego dengan Dikti mungkin diberi kesempatan penstatusan di bulan Juli). Ini penting ya, tanpa penstatusan dari Kopertis (bagi dosen tetap PTS) dan PPs penyelenggara, tidak bisa lolos seleksi.
Terima kasih telah kunjungi web kami,
Salam, Fitri
Yth..Admin..
Bu Fitri..boleh tahu ngak kopertis yang tidak melakukan proses penstatusan sama sekali??agar bisa menegur nya!!
Terimakasih..
Tak boleh Bu Sartika.
Salam Fitri.
Yth..Admin..
Bu Fitri, kalau seandainya suatu kopertis tidak melakukan tindakan penstatusan sama sekali apakah tidak ada tindak lanjut seperti teguran atau himbauan dari dirjen dikti??mengingat ini kan menyangkut program pemerintah yang memberikan BPPS kepada para dosen nya..kalau sampai gara-gara hal ini ngak jalan beasiswa nya, apa kata dunia kelihatan banget kopertis nya ngak punya perhatian..
Terimakasih..salam santika..
apakah untuk dosen kontrak yang mengingkan untuk kuliah S2, dan mendapat tuntutan dari instansi untuk meneruskan kuliah, tidak bisa mendapatkan beasiswa
Silakan Pak Rizky baca pedoman beasiswa BPPS Dikti 2012 http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/index.php/download/file/pedoman_bpps_2012, itu sudah ada dijelaskan bahwa BPPS hanya diperuntukan dosen TETAP di lingkungan Kemdikbud yang telah memiliki NIDN, barang kali bisa coba beasiswa unggulan Kemdikbud karena itu berlaku untuk umum http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/ ataupun cari beasiswa dari instansi lain melalui search engine.
Terima kasih, salam, Fitri
salam mba Fitri.
saya mau bertnya. saya dosen tetap sebuah PTN yang sdg melanjutkan S2. pada saat sy diterima, sy g bs apply bpps krn prodi tujuan blm terdaftar pd saat pendaftaran. blakangan sy th blm terakreditasi. skr sy sdh sem 2, dan bulan ini sdh terakreditasi. apakah sy bs mendaftar bpps on going 2012 g? kl g bs, apakah ada solusi bwt sy? trima ksh byk ut jawabanx
Dik resna, kalo prodi sudah terakreditasi sebelum anda lulus sudah tak masalah, prodi tersebut sudah bisa terbit ijazah dan diakui Dikti. BPPS on-going belum dibuka pendaftaran online, biasanya setelah selesai BPPS regular ada sisa kuota baru dibuka, tahun lalu dibuka pada bulan Juli, jadwal tahun ini belum ada kabar. Ada juga PT sudah mengajukan permohonan ke Diktendik Dikti sebelum ada pengumuman resmi.
Salam, Fitri.
salam hormat, buat admin,,
saya Cipto Duwi Priyono dari PTS Kopertis Wilayah 1.
saya sudah memperoleh Surat rekomendasi untuk studi S2 di UNP Padang yang di tanda tangani Koordinator Kopertis.
saya juga sudah mendaftar dan lulus test ujian Masuk UNP.
saya juga menyerahkan seluruh berkas persyaratan BPPS ke PPS Penyelanggara yaitu UNP.
kemudian saya juga sudah mendaftar ke BPPS Dikti Secara Online,
selanjutnya apa yang harus saya lakukan??
mohon penjelasan,,
karena minimnya informasi.
Sorry Pak Cipto Duwi Priyono, di kantor kami listrik mati, genset rusak dan batere lowbat sehingga baru bisa balas email sesampai rumah.
Selanjutnya UNP akan kirim penstatusan secara online (dari mulai tanggal 16 – 30 Juni 2012) ke Diktendik Dikti, seleksi terakhir ditetapkan Dikti, PPs Penyelenggara menyampaikan hasil penetapan tersebut kepada penerima BPPS dan pimpinan PT Pengirim/Kopertis (sekitar minggu ketiga bulan Juli).
Dan satu hal mohon konfirmasi ke Kopertis 1 apakah mereka sudah melaksanakan penstatusan anda (menetapkan status ijin tak ijin secara online melalui http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/) ? kalo belum mohon segera laksanakan (sebenarnya jadwal penstatusan Kopertis/PTN pemilik dosen adalah 1 – 15 Juni 2012, KARENA BANYAK PTN/KOPERTIS PEMILIK DOSEN TIDAK MELAKUKANNYA, DIKTENDIK MEMBERI PERPANJANGAN WAKTU, INI PENGUMUMAN :
Kemudian, bagi pelamar BPPS yang telah melamar pada gelombang 1 tahun 2012 dan belum distatuskan oleh PT/Kopertis Pemilik Dosen maupun oleh Penyelenggara BPPS, masih diberikan kesempatan untuk melakukan perubahan data, mulai tanggal 1-13 Juli 2012. Penstatusan oleh PT/Kopertis Pemilik Dosen dimulai tanggal 2-14 Juli 2012.
TANPA PENSTATUSAN SECARA ONLINE, LAMARAN TIDAK AKAN DIPROSES DIKTI !
Semoga berhasil, salam, Fitri
setelah saya konfirmasi ke Kopertis Wilayah 1 melalui telepon mereka menjawab sudah di statuskan,
kemarin sya juga baru melakukan registrai berkas kelengkapan pendaftaran di PPS UNP, tetapi setelah say tanya tentang penstatusan saya ke BPPS Dikti mereka tidak jawab bu,,
maklum la bu saya orang awam yang punya mimpi menggapai bulan,,,
Yth, Admin..
Bu Fitri, boleh minta alamat e-mail nya ngak??saya mau mengirim sesuatu mengenai bukti penstatusan kopertis..
Terimakasih atas waktunya..salam..
Bu Santika, tak ada gunanya kirim bukti penstatusan ke saya, karena saya sama sekali tak ada hubungan bahkan tak kenal pengelola beasiswa Dikti, ibu bisa langsung email ke [email protected] tapi tak ada jaminan akan dibaca atau dibalas mereka. Kalo benar Kopertis sudah lakasanakan penstatusan secara online, akan terpantau mereka. Ok ya saya banyak kesibukan, besok pagi-pagi mau bawa keluarga berobat ke heart centre.
Good luck to u, salam, Fitri
Yth, Admin..
Oke deh Bu Fitri..saya info kan saja di bukti penstatusan itu kolom ke dua setelah nama isi tulisan “detail” dan kolom terakhir isi “ditugaskan”..
Semoga cepat sembuh keluarga nya Bu Fitri..
Salam..Santika..
bu fitri yg terhormat tahun kemarin sy tdk lulus BPPS nah ni tahun sy mendaftar lgi dgn sgala prasyarat yg diutarakan smua ud sy lmpirkan itupun sma dgn tahun kemarin, yg membuat sy bertanya2 n bingung knapa ko thun 2011 nama sy tdk trdftar sdangkan teman sy yg sama2 mendaftar justru trdaftar/terima mlihat dri klengkpan persyaratan justru bnyak yg belum memenuhi, contoh pangkat akadmik, NIDN, tdk distatuskan jg tp lulus tlong infonya biar sy bisa jdikan pelajaran kodong…….makasih sebelumnya.
Sangat sorry Pak/Bu Archa Aca saya hanya bantu sebarkan info pendidikan tinggi, tak ada kaitan dengan seleksi calon beasiswa. Mohon dimaklumi. Salam, Fitri.
Yth. Admin..
Saya adalah dosen tetap di salah satu PTS hingga tahun 2007 sudah memiliki JA AA dan NIDN, kemudian saya pindah ke perguruan tinggi lain tetapi status saya masih dosen tetap di PTS yg pertama … Kemudian saya mengajukan menjadi dosen tetap di PTS yang baru … dan pada tahun 2011 saya meminta surat lolos butuh dari PTS pertama, baru pada bulan Januari 2012 saya diberikan surat tersebut, kemudian PTS baru telah mengajukan saya sebagai dosen tetap (pindah homebase) di web evaluasi dikti pada tanggal 4 mei 2012 … tetapi sampai sekarang oleh pihak dikti belum juga di proses .. saya sudah mencoba menghubungi pihak dikti .. tetapi dijawabnya tinggal menunggu saja tanpa diberikan waktu yg jelas …. bagaimana solusinya permasalahan saya ini … sedangkan saya di PTS yg lama sudah dianggap dosen tidak tetap dan statusnya keluar .. dan saya sedang mengajukan beasiswa BPPS .. semua syarat sudah terpenuhi .. ketika minta rekomendasi dari kopertis wilayah 2 … ternyata saya tidak bisa direkomendasikan karena status saya belum dosen tetap di PTS yang baru … pihak kopertis masih menunggu hingga tgl 13 Juli 2012 … apakah saya bisa tertolong? hanya tinggal status saya di evaluasi dikti yang belumberubah menjadi dosen tetap di PTS baru …mohon pencerahannya …. terima kasih
Pak Deni Syachrudin, terhitung tgl 13 April 2012 sudah ada ketentuan baru bahwa perubahan data dosen termasuk pindah homebase harus diusulkan pada Juli-Agustus untuk semester ganjil dan Jan-Feb untuk semester genap. Itupun harus dilengkapi dengan surat pengantar dari pimpinan PT saat ini. Kebetulan Jan-Juni Diktendik mengadakan pembenahan data dosen sehingga banyak usulan perubahan data dosen tertunda diproses, kabarnya Juli ini mereka mulai proses dan prioritaskan proses pengajuan lama yang diusulkan sekitar Jan-April. Kalo sampai 13 Juli 2012 usulan Pak Deni belum diproses mungkin terpaksa ikut BPPS tahun 2013 (kecuali pendaftaran BPPS gel 2 tahun 2012 diperpanjang). Sorry saya tak bisa bantu karena kewenangan ada pada Diktendik Dikti.
Ini surat edaran terkait:
– Surat Edaran Direktur Diktendik no. 1130/E4.1/2012 tentang jadwal dan pengusulan NIDN dan perubahan data dosen
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/SEDirDiktendik1130-E4.1-2012NIDN.pdf.docx
Perhatikan butir no. 1
Pengajuan NIDN baru, perubahan homebase dosen, perubahan data dan riwayat pendidikan dosen harus diusulkan setiap menjelang awal semester. Untuk semester ganjil diajukan bulan juli – agustus dan untuk semester genap diajukan bulan Januari – Februari
Selalu keep in mind, manusia hanya merencanakan, Allah SWT yang menentukan. Pak Deni berencana peroleh BPPS tahun ini namun kalo Allah berkehendak bisa jadi tahun depan baru terkabul. Apapun terjadi, semua mengandung hikmah semoga merupakan yang terbaik buat Pak Deni Syachrudin, amiin.
Ok ya lagi di Singapore Heart Centre bawa suami berobat, internet susah akses ke web kopertis XII, saya cukupkan sampai di sini.
Terima kasih, Salam, Fitri.
Terima kasih bu Fitri atas masukannya dan saya cukup puas karena baru kali ini pertanyaan saya di tanggapi bahkan dengan sangat rinci … seklai lagi terima kasih ….. saya tetap berdoa agar semuanya sesuai harapan karena saya sudah daftar S2 .. jika memang tidak dapat beasiswa terpaksa saya harus biaya sendiri …. oh ya semoga suami bu Fitri diberikan kesembuhan dari segala macam penyakit, diberikan kesehatan sekeluarga oleh Allah SWT … amiiinnn …
Terima kasih Pak Deni Syachrudin, alhamdulillah berkat doa Bapak dkk keadaan suami semakin baik dan InsyaAllah besok sudah boleh kembali ke Indonesia.
Salam, Fitri
assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua.
kepada yth; ibu Fitri
saya telah terdaftar di PTN Unsyiah tahun 2012 sebagai mahasiswa Magister Teknik Mesin dan saya sudah mengusulkan beasiswa BPPS Dikti dan telah terdaftar secara online di Website dikti. sekarang saya telah distatuskan oleh PT/Kopertis Pemilik Dosen dari UNSYIAH. sekarang saya telah membayar uang Martikulasi dan Biaya Pembangunan Ke Universitas Syiah Kuala tempat saya melanjutkan Program study. kira-kira kapan Pengumuman Calon penerima besiswa dikti tahun 2012 diumumkan dan apa kira-kira kedepan yang harus saya lakukan.tolong informasinya diberikan,maklum saya sangat minim info.
terima kasih sebelumnya
Walaikumsalam Wr. Wb. Dik Dedi Arithama, sangat sorry berhubung saya bukan team beasiswa, saya juga tak tahu kapan persis jadwal pengumuman BPPS. namun saya bisa beri gambaran berdasarkan pantauan dan pedoman BPPS, kurang lebih seperti ini:
1 – 15 Juni 2012 dan 2-14 Juli (bagi yang belum sempat penstatusan di 1-15 Juni) PTN asal/Kopertis Pemilik Dosen (bila PT asal adalah PTS maka pemilik dosen yang dimaksud adalah kopertis) menetapkan penstatusan diijinkan/tidak diijinkan bagi dosen yang melanjutkan studi melalui laman beasiswa.dikti.go.id/bpps.
16 – 30 Juni 2012 : PPs Penyelenggara menetapkan status Pelamar BPPS secara online melalui laman beasiswa.dikti.go.id/bpps
Minggu kedua Juli : Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) melakukan verifikasi terhadap usulan PPs Penyelenggara
Minggu Ketiga-keempat Juli : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menetapkan dan menyampaikan hasil penetapan Penerima BPPS kepada PPs Penyelenggara.
Minggu keempat Juli-Awal Agustus: PPs Penyelenggara menyampaikan hasil penetapan tersebut kepada penerima BPPS dan pimpinan PT/Kopertis pemilik dosen.
Awal-pertengahan Agustus: Penandatanganan Kontrak antara Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara BPPS
Salam, Fitri.
Yth, Ibu Fitri,
Saya ingin menanyakan apakah penstatusan oleh “PPS Penyelenggara”, cara kerjanya sama dengan kopertis? Dalam artian dari Ditjen sudah dikirim namanya ke PPS Penyelenggara, dan tinggal ketik “setuju atau tidak setuju” saja oleh PPS dengan user pasword yang telah diterimanya dari Ditjen?
Terimakasih sebelumnya Ibu Fitri, ingat jaga kesehatannya! Jangan sampai lupa makan siang.
Dik Santika, maksud penstatusan adalah PPs penyelenggara login ke beasiswa online dengan username dan password yang mereka terima dari Diktendik Dikti, mereka akan klik tombol terima atau tidak terima di nama dosen pelamar beasiswa. Nanti Diktendik Dikti akan saring lagi karena tak semua yang diusulkan terima akan terseleksi, masih tergantung pada kuota PT dan lain-lain. Jangan tanya % kuota dan dasar pertimbangannya, saya juga tak tahu karena bukan team terkait. Jadi yang Dik Santika tanya itu terbalik, arah bukan dari Dikti ke PPs penyelenggara, melainkan dari PPs penyelenggara ke Dikti, dan bukan setuju atau tidak setuju, melainkan usulan terima atau tidak terima ke Dikti.
Ok deh terima kasih perhatian, hehehe tadi ingat makan siang, tapi sempatnya makan siangnya di saat sudah hampir magrib.
Salam, Fitri.
Yth, Ibu Fitri, selamat pagi,
Dulu pas saya klik “ubah data” di website beasiswa BPPS terdapat tulisan “anda sudah di statuskan oleh kopertis atau penyelenggara”. Apakah ini artinya saya sudah di statuskan oleh PPS Penyelenggara?
Terimakasih Bu Fitri, awali pagi ini dengan senyuman! Hehe.
Pagi,Dik Santika, itu tandanya sudah. ok sudah mau masuk kerja, salam, Fitri.
Yth, Bu Fitri, selamat siang,
Time to makan siang! Jadikan Website ini sebagai pemersatu seluruh dosen dari sabang sampai merauke! Semangat Bu Fitri.
Terimakasih! Hehe.
Yth, Admin,
Selamat sore Ibu Fitri, saya ingin menanyakan apakah sebuah sertifikat internasional dapat dipergunakan untuk menambah poin di dalam menaikan jafung?
Terimakasih, salam Santika, selamat menunaikan ibadah puasa buat Ibu Fitri
Sore dik Santika saya lagi menghadapi gunungan kerja di kantor, dalam keadaan puasa dan sangat letih kurang tidur, berita edukasi dll belum sempat dicari untuk isi web. Maka untuk angka kredit yang sudah sering dibahas dan cukup tersedia buku panduan dan materi di web kopertis XII, silakan ambil dan baca, semua poin untuk peroleh kum sudah ada di tabel I-IV lengkap penjelasan.
Silakan dibaca ya. salam, Fitri
Yth, Ibu Fitri,
Hehe, oke deh, Ibu sudah berusaha memberikan informasi. Kerja sambil puasa merupakan ibadah yang tak ternilai harga nya. Tetap semangat Ibu.
Salam Santika, jaya pendidikan Indonesia
Ass.Ws,Wb,,
sore mbak, puasa masih lancar khan,,,??
kalau pengumuman tentang BPPS 2012 masih di tampilkan pada situs dikti atau langsung surat dari PPS penyelenggara???
mohon infonya,, terimakasih…
Walaikumsalam Wr. Wb. dik Cipto, Alhamdulillah masih lancar.
Pengumuman tahun 2011 tidak diumumkan di web dikti.go.id, pengumuman langsung disampaikan ke PPs penyelenggara untuk diteruskan ke PT/Kopertis pemilik dosen dan calon pelamar BPPS, sebagian PPs Penyelenggara ada tampilkan pengumuman di web mereka. Kurang jelas apakah akun beasiswa online tahun ini sudah dilengkapi menu lihat hasil seperti Serdos? kami tak bisa login, hanya peserta,pemilik dosen dan penyelenggara yang bisa login.
Terima kasih, salam, Fitri
Ass,,,
salam hormat,,,
jangan bosan ya bu,,,
heheeh
saya dapat info kalau SSK TENTANG PENERMA BPPS TAHAP 1 TAHUN 2012 sudah keluar,, tapi PPS tujuan saya belum ada menampilkan tentang itu,,, bisa bantu saya bu???
Walaikumsalam Wr. Wb. dik Cipto, bukan bosan namun tak berdaya membantu …^_^ semoga Diktendik Dikti akan mengumumkan kelulusan BPPS di web Dikti dalam waktu dekat.
Tahun 2011 ada diumumkan seperti ini:
Arsip Tahun 2011
Pengumuman BPPS Tahap I
http://2011.web.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2300:pengumuman-bpps-tahap-i&catid=68:berita-pengumuman&Itemid=160
Salam, Fitri
iya bu,, tak berhenti berusaha
barusan saya lihat di http://beasiswa.dikti.go.id/index.php
SK BPPS TAHAP 1 2012
saya lihat ke PPS UNP tidak ada, saya tanya lewat e-mail operator jutek sekali dalam menjawab.
Dik Cipto, agak aneh ya, informasi untuk BPPS kok ditempatkan di kepala web beasiswa LN ? bisa aja tak terbaca lho.
http://beasiswa.dikti.go.id/
” 02/08/2007 SK BPPS Tahap 1 tahun 2012, Telah dikeluarkan dan dapat dilihat di PPs tujuan masing-masing.”
Dari informasi di atas berarti tak diumumkan Diktendik dan perlu hubungi PPS masing-masing.
Ini sudah ada undangan teken kontrak di website Dikti:
Undangan Tanda Tangan Kontrak Beasiswa Dalam Negeri
http://www.dikti.go.id/?page_id=685&lang=id
Semoga lulus ya dik, amiin.
Salam, Fitri.
46 PTN Penyelenggara BPPS :
12 PTS Penyelenggara BPPS :
PPS yang sudah mengumumkan :
1. http://msi.undip.ac.id/info-beasiswa/477-pengumuman-penetapan-bpps-dikti-tahun-anggaran-2012.html
2. http://pasca.unesa.ac.id/detail/pengumuman/sk-persetujuan-penetapan-bpps-2012.
3. http://sps.usu.ac.id/9-pengumuman/178-pengumuman-bpps-t-a-2011-2012-tahap-1-1.html
4. http://pascasarjana-unram.blogspot.com/2012/08/pengumuman-bpps-s2-gelombang-i-tahun_6.html
5. http://beasiswa.unair.ac.id/BPPS_2012_Gel_II
6. http://pasca.unhas.ac.id/index.php
7. http://www.sps.itb.ac.id/
8. http://www.pasca.unpad.ac.id/var/beasiswa/BPPS/2012/BPPS_2012_DIKTI.htm
9. http://pps.isi-ska.ac.id/2012/08/pengumuman-hasil-seleksi-bpps-dalam-negeri-ditjen-dikti-2012/
Waduhhhh….. PPS UNUD belum pengumuman nih, mana katanya SK tertuker sama Andalas lagi, sial banget. Sabar. Hehe.
univesitas lambung mangkurat ad tidak pengumuman BPPS nya?
Bu Lidia, jika anda berkepentingan silakan langsung bertanya ke PPs tempat ibu mendaftar. Mohon maaf keterbatasan waktu tidak bisa BANTU Ibu search.
Terima kasih, salam, Fitri.
Aslm..Bu fitri, setelah menyelesaikan S2/S3 beasiswa BU ada ketentuan bahwa bersedia ditempatkan di salah satu perguruan tinggi seluruh Indonesia. Lalu bagaimana status kepegawaiannya?apakah merupakan dosen tetapnya DIKTI atau langsung PNS atau dosen tidak tetap? Mohon informasinya.ibu trimakasih..
Walaikumsalam Wr. Wb. bu Nina, statusnya dosen tidak tetap atau honorer yang dibiayai APBN.
Salam, Fitri
Yth, Ibu Fitri,
Saya ingin menanyakan mengenai surat keterangan mengabdi apabila sudah dinyatakan lulus sebagai penerima BPPS?
Terimakasih, salam Santika.
Dik Santika, tak jelas pertanyaannya. Kalo maksudnya surat ikatan dinas itu bisa dapat di lampiran Permendiknas no. 48 tahun 2009, ada di kumpulan produk hukum pendidikan tinggi yang ada di sebelah kanan web. Itu sudah lengkap format dan penjelasannya.
Salam, Fitri.
Selamat pagi Bu Fitri, saya ingin menanyakan apakah untuk BPPS S2 nya akan mendapatkan dana bantuan penyelesaian studi seperti yang terdapat pada BPPS S3? Terimakasih atas waktu nya Bu Fitri, sehat selalu.
Pagi dik Santika, mengenai besaran komponen beasiswa BPPS silakan baca yang tertera di buku panduan BPPS.
Salam, Fitri.
Terimakasih banyak atas waktu dan jawabannya ya Bu, semoga abadah kita menjadi berkah.
Assalamualaikum WW. Mohon maaf, saya mau tanya, kapan pendaftaran beasiswa bpps 2013? Trim,s banget atas infonya.
Walaikumsalam Wr. Wb. Sangat sorry kami tak berwenang menginfo sesuatu kebijakan yang belum diumumkan. Mohon sabar menanti pengumuman resmi BPP-DN (BPPS) 2013 ya dik.
Sukses selalu, salam, Fitri.
Dik Usman, Jadwal sudah ada, silakan unduh di:
Edaran Diktendik tentang Penggabungan BPPS dan BU-DN Menjadi BPP-DN
http://www.kopertis12.or.id/2013/03/19/edaran-diktendik-tentang-penggabungan-bpps-dan-bu-dn-menjadi-bpp-dn.html
Jadwal BPP-DN 2013 ada dijelaskan di :Kebijakaan Program Beasiswa Pascasarjana Ditjen Dikti Tahun 2013
Salam, Fitri.