Buat adik-adik dosen pemula atau mahasiswa yang mungkin belum begitu memahami kriteria berbagai jenis jurnal ilmiah (terbitan berkala ilmiah yang berbentuk pamflet berseri) di Pendidikan Tinggi Indonesia:

Update Terakhir 24 Des 2016

Jurnal Ilmiah yang Diakui Dikti dalam Penilaian Angka Kredit Dosen

Dalam penilaian angka kredit dosen, Dikti hanya mengenal 3 (tiga) jenis jurnal yaitu :
1) Journal ilmiah atau jurnal Nasional tidak terakreditasi adalah jurnal lokal yang sudah memiliki ISSN namun belum terakreditasi Dikti.
2) Journal Nasional teakteditasi adalah jurnal yang sudah memiliki ISSN dan terakreditasi Dikti.
3) Journal International adalah jurnal yang sudah mendapat pengakuan para ilmuwan sedunia, untuk mempublikasikan berbagai buah pemikiran atau hasil penelitian dari para ilmuwan, akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu.

Kriteria jurnal nasional dan internasional yang jadi pedoman Dikti  dalam penetapan kum bisa baca di hal 25-27 Pedoman PAK Dosen  terbitan 2014 update april 2015 bisa unduh di SINI

Produk hukum tentang Publikasi Jurnal Ilmiah bisa baca di SINI

Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti

Untuk menjadi Journal Nasional terakreditasi, para pengelola Journal Local yang menerbikan naskah berkala mengajukan pengusulan akreditasi ke Libtamas (P2M) Dikti, mereka ini bisa aja berasal dari perguruan tinggi, lembaga ilmiah dan himpunan profesi di Indonesia. Jurnal terbitan mulai tahun 2011 memiliki masa laku akreditasi selama 5 tahun (sebelumnya 3 tahun). Proses akreditasi dilaksanakan Dikti 2 kali dalam setahun dengan batas waktu pengajukan periode I selambat-lambatnya tgl 31 Maret dan periode II selambat-lambatnya 31 Agustus dengan mengikuti ketentuan :

Peraturan Tentang Penerbitan Berkala ilmiah

  1. Permendiknas 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah. (versi scan )
  2. Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Tahun 2014
  3. Peraturan Dirjen Dikti no. 1 tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Untuk mengetahui nama Jurnal Terakreditasi silakan baca DAFTAR JURNAL TERAKTEDIKTASI DIKTI yang masih berlaku