1 ) 7 Rektor Tercatat Terima Fee dari Perusahaan Nazar
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/10/04/brk,20111004-359727,id.html

SELASA, 04 OKTOBER 2011 | 07:50 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Tujuh rektor perguruan tinggi membantah telah menerima fee atas proyek yang dimenangkan PT Anugrah Nusantara. Bantahan itu dikeluarkan guna merespon informasi yang menyatakan nama mereka tercatat dalam laporan keuangan perusahaan yang sahamnya dimiliki Anas Urbaningrum, kini Ketua Umum Partai Demokrat, dan mantan bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin tersebut. Berdasarkan data yang dilangsir situs Gresnews.com, aliran duit kepada para rektor itu terjadi dalam kurun waktu dua tahun sejak 2007. Dalam laporan keuangan PT Anugrah, para rektor tercatat menerima duit dengan jumlah bervariasi dan untuk kepentingan yang beragam. Umumnya mereka tercatat menerima dana sebagai biaya entertaint. Prof. Dr. Ir. Sudjarwo, Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, yang namanya muncul dalam catatan itu mengakui pernah mengajukan proyek ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Namun ia membantah menerima duit dari PT Anugrah sebesar Rp 10 juta pada 3 Desember 2008. “Saya sama sekali tidak menerima sepeserpun uang dari perusahaan pemenang proyek,” kata dia di ruang kerja Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Senin 3 Oktober 2011.

…dst

2 ) Daniel: Saya Dipaksa Buat Laporan Fiktif Kemenko Kesra
http://www.detiknews.com/read/2011/10/04/011250/1736081/10/daniel-saya-dipaksa-buat-laporan-fiktif-kemenko-kesra?n991103605

Selasa, 04/10/2011 01:12 WIB
Jakarta – Bibirnya bergetar, ditemani kedua orang tuanya, PNS Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), Daniel Parulian (26) mencoba tegar di depan meja hijau. Belum genap setahun menjadi PNS, dia sudah dijebak oleh atasannya, dituduh mencuri mobil dinas.Meski tidak habis pikir, alumnus Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dengan predikat cum laude ini merasa perlakuan tersebut karena ia adalah pegawai baru. Namun dia berani menentang perintah atasannya tersebut.”Saya masuk sejak awal 2010. Saya dipaksa membuat laporan fiktif. Seperti stempel palsu, surat dinas palsu. Saya tahu, tidak ada perjalanan dinas itu tapi saya disuruh membuat laporan fiktif,” kata Daniel kepada wartawan usai sidang di PN Jakpus, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin, (3/10/2011).

…dst

3 ) UI Bangun RS Pendidikan Kelas Dunia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/10/03/lshmlm-ui-bangun-rs-pendidikan-kelas-dunia

Senin, 03 Oktober 2011 18:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Universitas Indonesia (UI) bersama perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Kementerian Pendidikan Nasional, akan membangun fakultas-fakultas rumpun ilmu kesehatan yang menjadi bagian dari kompleks rumah sakit pendidikan. “Rumah sakit pendidikan akan menjadi rumah sakit kelas dunia,” ujar Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri usai meresmikan pemancangan tiang pertama, pembangunan fakultas-fakultas rumpun Ilmu kesehatan yang menjadi bagian dari kompleks rumah sakit pendidikan UI, di Depok, Senin. Ia mengatakan luas lantai RS Pendidikan ini sekitar 55.000 meter persegi terdiri dari empat blok dan menghabiskan biaya Rp299 miliar. Dana tersebut merupakan dana pemerintah dan pinjaman dari JICA. Dikatakannya pembangunan akan rampung pada Juni 2012 mendatang ini secara arsitektural tampak cantik, ramah lingkungan, dan fungsional tersebut akan menjadi icon baru UI dalam waktu dekat. Gedung tersebut katanya akan digunakan untuk kantor administrasi, ruang perkuliahan terintegrasi, laboratorium dasar bersama, pusat kegiatan riset, dan fungsi penunjang aktivitas dari fakultas-fakultas yang berada di bawah rumpun ilmu kesehatan.

…dst

4) UGM Rintis Riset Desain Reaktor Nuklir
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/10/03/lshh85-ugm-rintis-riset-desain-reaktor-nuklir

Senin, 03 Oktober 2011 16:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2011 ini tengah merintis riset tentang desain reaktor nuklir terbaru di dunia. Rintisan reaktor nuklir terbaru itu dilakukan pasca gempa bumi yang melanda Jepang sehingga memengaruhi kinerja reaktor nuklir di negara tersebut. Bahkan sebagai lanjutan dari rintisan tersebut, FT UGM melakukan Joint Seminar UGM dan Japan International Cooperation Center (JICC) dengan tema “Fukhusima Accident and Future of Nuclear Power Plant in Japan, and The Prospect for Indonesia”, di Gedung Kantor Pusat FT UGM, Senin (3/10). Acara tersebut juga menghadirkan beberapa pakar nuklir dari Jepang seperti Akira Kaneuji, Masamichi Chino, Yutaka Kawakami, dan Takehiko Mukaiyama. Seminar  digelar untuk memperoleh informasi langsung akibat ledakan yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima pada Maret 2011 lalu. Dan bagaimana penanganan yang telah dilakukan pemerintah Jepang serta pembahasan prospek PLTN di Jepang, sekaligus untuk memberikan pandangan bagi Indonesia yang berencana membangun PLTN.

…dst

Baca juga :
FT UGM Desain Reaktor Nuklir Pembangkit Listrik
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/373/510262/ft-ugm-desain-reaktor-nuklir-pembangkit-listrik

Selasa, 04 Oktober 2011 10:03 wib
YOGYAKARTA – Fakultas Teknik UGM, khususnya Jurusan Teknik Fisika, saat ini mulai merintis dilakukannya riset tentang desain reaktor nuklir terkini. Riset reaktor nuklir tersebut nanti terdiri dari riset reaktor pembangkit daya dan riset tentang produksi reaktor isotop yang dipergunakan untuk bidang kesehatan serta industri.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Laboratorium Teknologi Energi Nuklir FT UGM, Andang Widiharto di sela-sela Joint Seminar UGM dan JICC dengan tema “Fukhusima Accident and Future of Nuclear Power Plant in Japan, and The Prospect for Indonesia” di R. Sidang Gedung Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM. Andang mengatakan, riset tenaga nuklir terutama untuk pembangkit daya diharapkan bisa menciptakan sebuah desain dan konsep reaktor nuklir yang lebih unggul dibandingkan reaktor-reaktor yang sudah ada saat ini.

…dst

5 ) Unsoed Bangun RS Gigi dan Mulut Pertama di Jateng
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/19484389/Unsoed.Bangun.RS.Gigi.dan.Mulut.Pertama.di.Jateng

Senin, 3 Oktober 2011 | 19:48 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto segera memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Pendidikan. Pembangunan gedung yang direncanakan dibangun empat lantai ini, diupayakan rampung selama 100 hari.Rektor Unsoed Purwokerto, Prof Edy Yuwono PhD, Senin (3/10/2011) di Purwokerto, mengatakan, pengerjaan pembangunan RS Gigi dan Mulut ini akan dikerjakan secara maraton siang dan malam selama 24 jam penuh.”RSGM merupakan salah satu prasyarat bagi Program Studi Kedokteran Gigi untuk dapat diakreditasi. Untuk itu, ini menjadi prioritas kami,” katanya.

…dst

6 ) Kerja Sama dengan ITB, BlackBerry KembangkanSoftware
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/65/510293/kerja-sama-dengan-itb-blackberry-kembangkan-software

Senin, 03 Oktober 2011 19:45 wib
JAKARTA – Bagi kamu yang kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), mestinya bakal senang dengan direncanakannya kampus Ganesha sebagai sasaran investasi vendorgadget sebesar BlackBerry. Pasalnya kamu akan mendapat pendidikan mengenai handheld software smartphone tersebut.Mengenai hal itu, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, untuk potensi lokasi kerja sama software atau konten dari BlackBerry nantinya akan berada di Bandung atau Bali.”Saya tadi menyebutkan seperti misalkan di ITB daerah bandung. Bali juga mungkin,” ungkap Hatta ketika ditemui di Gedung Kemenko, Jakarta, Senin (3/10/2011).Lebih lanjut Hatta mengatakan, kerja sama blackberry ini juga berupa pendidikan mengenai softwareBlackBerry yang kemungkinan akan diberlakukan di Institute Teknologi Bandung (ITB).”Kerja sama, kalau membangun institut cukup besar, seperti di india juga seperti itu,” tambahnya.

…dst

7 ) UI-Jambi Teken MoU Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/373/510196/ui-jambi-teken-mou-pendidikan

Senin, 03 Oktober 2011 18:03 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) bersama Provinsi Jambi dan Universitas Jambi (Unja) menandatangani perjanjian kerja sama pendidikan di Perpustakaan UI yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. Penandatanganan tersebut merupakan kesepakatan dan komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan.Rektor Unja, Kemas Arsyad Somad mengatakan, kerja sama tersebut merupakan hal penting bagi Provinsi Jambi dan Universitas Jambi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembinaan sumber daya. Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan kualitas kegiatan di bidang penelitian dan ilmu pengetahuan.“Para sarjana dari Jambi ada yang menempuh S-3 di UI, inilah bentuk implementasinya. Dalam bidang politeknik, di Universitas Jambi terdapat 51 prodi, tujuh fakultas dengan luas area 105 hektare (ha). Memang nuansa lingkungannya mirip dengan UI, tapi di dalamnya jauh berbeda,” kata Kemas dalam sambutannya, Senin (3/10/2011).

…dst

8 ) PBB masuk kampus
http://www.antaranews.com/berita/278158/pbb-masuk-kampus

Senin, 3 Oktober 2011 18:59 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Tak kenal maka tak sayang, adagium itu cocok disematkan kepada kampanye Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di 11 provinsi Indonesia tahun ini.PBB merangkul mahasiswa-mahasiwa Indonesia dengan memberikan 24 materi kuliah umum tentang program, dana dan sepak terjang PBB di dunia yang dibawakan oleh pejabat Senior PBB dan beberapa staf ahli PBB.”Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan PBB lebih jauh di kalangan mahasiswa Indonesia,” kata Direktur United Nations Information Centre (UNIC) Michele Zaccheo dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Senin (3/10).Zaccheo mengatakan kampanye UN4U adalah bagian dari rencana global PBB yang dicetuskan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon pada 2008 dan program itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi mahasiswa tentang PBB.

…dst

9) Pendidikan Jarak Jauh Bisa Jadi Solusi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/09124321/Pendidikan.Jarak.Jauh.Bisa.Jadi.Solusi

Senin, 3 Oktober 2011 | 09:12 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com – Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh bisa menjadi jawaban untuk membuka hambatan banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk memeratakan akses pendidikan, terutama pendidikan tinggi.Sistem itu unggul dalam memperluas akses pendidikan dan memberi pilihan pembelajaran sesuai keinginan dan kebutuhan peserta didik. ”Universitas Terbuka (UT) bukan alternatif terakhir, tetapi jadi pilihan masyarakat sesuai kondisi dan kebutuhan peserta. UT terjangkau dan bisa menjangkau peserta di mana pun dan dalam kondisi apa pun,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, seusai membuka Konferensi Dunia Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) ke-24 International Council for Open and Distance Education (ICDE) di Nusa Dua, Bali, Minggu (2/10). Kegiatan berakhir 5 Oktober 2011.Oleh karena kondisi masyarakat Indonesia yang beragam, pemerintah akan menambah pilihan alternatif pembelajaran jarak jauh sebanyak mungkin. Untuk mengoptimalkannya, diperlukan metode pembelajaran online kolaboratif.

…dst

10 ) Universitas Terbuka Terkendala Akses Informasi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/04/09124235/Universitas.Terbuka.Terkendala.Akses.Informasi

Selasa, 4 Oktober 2011 | 09:12 WIB
Nusa Dua, Kompas – Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh masih terkendala pada keterbatasan materi ajar karena akses informasi dan pengetahuan yang juga terbatas. Salah satu penyebabnya adalah karena keengganan akademisi atau sumber-sumber informasi untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan biaya murah. Hal itu mengemuka dalam Konferensi Dunia Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) ke-24 yang diselenggarakan International Council for Open and Distance Education (ICDE), 2-5 Oktober 2011, di Nusa Dua, Bali. Pendiri Creative Commons, Lawrence Lessig, mengemukakan, segala macam informasi dan pengetahuan seharusnya bisa diperoleh dengan mudah dan murah di dunia maya, apalagi di era digital saat ini. Namun, pada kenyataannya banyak materi ajar, seperti hasil penelitian atau artikel ilmiah lain, yang mahal.

…dst

11 ) Swasta Diizinkan Buka Pendidikan Jarak Jauh
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/373/509853/swasta-diizinkan-buka-pendidikan-jarak-jauh

Senin, 03 Oktober 2011 10:02 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengizinkan perguruan tinggi swasta membuka pendidikan jarak jauh untuk peningkatan kualifikasi guru. Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Suyatno mengatakan, ada 23 perguruan tinggi swasta yang mendapatkan izin operasional, salah satunya adalah Uhamka. Dirinya menyatakan, dengan kendali teknologi informasi itu, maka akan ada kemudahan akses mengajar karena masalah pendidikan di Indonesia saat ini adalah akses keterjangkauan.Katanya, pemerintah harus menggenjot sarana pendidikan bagi profesi guru. Pasalnya, karena akhir 2014 semua guru harus memiliki jenjang pendidikan Strata Satu (S-1) atau Diploma Empat (D-4). Dari jumlah guru saat ini, yaitu sebanyak 2,7 juta, hanya sebagian kecil yang berkualifikasi kedua jenjang tersebut.“Guru di daerah terpencil dan kepulauan harusnya mengikuti pendidikan jarak jauh,” katanya usai membuka Asian Workshop on Policy, Practice and Research in Technology Transformed Learning(APPRITTL).

…dst

12 ) UNS rintis jurusan Sastra Jepang
http://www.antaranews.com/berita/278118/uns-rintis-jurusan-sastra-jepang

Senin, 3 Oktober 2011 15:07 WIB
Solo (ANTARA News) – Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) kini merintis pembukaan Jurusan Sastra Jepang yang nantinya akan digabungkan dalam Fakultas Sastra.”Pembukaan jurusan baru Sastra Jepang di UNS ini sangat penting, karena Indonesia dan Jepang juga memiliki kesamaan mengenai masalah budaya,” kata Rektor UNS Prof Ravik Karsidi dalam seminar internasional mengenai batik dan kimono di Kampus UNS Solo.Dia berharap melalui berbagai kerja sama ini diharapkan jurusan baru ini akan cepat terealisasi.Melalui seminar budaya ini, lanjutnya, diharapkan juga bisa memperkoh hubungan antara Indonesia dengan Jepang. Seminar batik dengan kimono merupakan karya anak bangsa di kedua negara tersebut.

…dst

13 ) Ini janji Mendiknas
http://www.antaranews.com/berita/278099/ini-janji-mendiknas

Senin, 3 Oktober 2011 11:52 WIB |
Bogor (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan menargetkan rehabilitasi sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang rusak akan dilakukan dan diselesaikan pada 2013.”Dengan bergulirnya program rehabilitasi sekolah ini, diharapkan pada 2013 yang akan datang tidak ada lagi sekolah yang tidak layak bagi anak-anak kita,” kata Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, dalam acara peletakan batu pertama Gerakan Nasional Penuntasan Rehabilitasi Gedung Sekolah, di SDN 1 Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin.Menteri mengatakan, Kementerian Pendidikan menggeberkan program Gerekan Nasional Penuntasan Rehabilitasi Gedung Sekolah guna menyelesaikan persoalan sekolah rusak yang banyak terjadi.Kegiatan tersebut menyedot Dana Alokasi Khusus dan APBN sebesar 2,8 triliun. Dan jumlah sekolah yang akan direhabilitasi sebanyak 21.500 ruang kelas.Jumlah tersebut masing-masing terbagi untuk jenjang SD sebanyak 18 ribu ruang kelas, dan SMP sebanyak 3.500 ruang kelas.

…dst

14 ) Tak Ada Diskriminasi Sekolah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/10/04/161438/Tak-Ada-Diskriminasi-Sekolah

04 Oktober 2011
JAKARTA – Pemerintah menegaskan tidak ada diskriminasi terhadap sekolah-sekolah, baik negeri maupun swasta terkait dengan pemberian bantuan pembiayaan teknis pendidikan oleh pemerintah pusat dan daerah. Namun, hal tersebut hanya berlaku pada jenjang pendidikan dasar (dikdas). Kebijakan ini menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan uji materi terhadap Pasal 55 Ayat (4) Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Tahun 2003. Gugatan tersebut diajukan oleh Machmudi Masjkur (Perguruan Salafiyah Pekalongan) dan Suster Maria Bernardine (Perguruan Santa Maria Pekalongan).Pasal tersebut berbunyi ”Lembaga pendidikan berbasis masyarakat dapat memperoleh bantuan teknis, subsidi dana, dan sumber daya lain secara adil dan merata dari pemerintah dan/atau pemerintah daerah”. Kata ”dapat” dalam pasal tersebut menimbulkan penilaian adanya perlakuan diskriminatif, di mana pemerintah pusat dan daerah tidak wajib memberikan bantuan kepada sekolah swasta.Padahal, dalam UUD 1945 pemerintah wajib memberikan bantuan jenjang pendidikan dasar. MK memutuskan mengubah kata ”dapat” menjadi ”wajib” dalam pasal tersebut.Dengan adanya putusan tersebut, pemerintah wajib memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah swasta, khususnya untuk jenjang pendidikan dasar.

…dst

15 ) Gerakan Rehabilitasi Sekolah
Kemdiknas Harapkan Bantuan Swasta
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/15542368/Kemdiknas.Harapkan.Bantuan.Swasta

Senin, 3 Oktober 2011 | 15:54 WIB
JAKARTA,KOMPAS.com – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, kementerian akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta untuk merehabilitasi sekolah yang masuk dalam kategori rusak ringan dan rusak sedang. Nuh juga meminta BUMN dan pihak swasta untuk membangun sarana pendukung infastruktur sekolah, misalnya seperti laboratorium ataupun perpustakaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang pendidikan.Nuh menjelaskan, meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya menjadi tangggung jawab pemerintah tetapi juga semua pihak. Ia juga berharap, pengusaha ikut andil meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program CSR.

…dst

16 ) Ratusan Mahasiswa Ikuti ILC UI 2011
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/10/03/lshafg-ratusan-mahasiswa-ikuti-ilc-ui-2011

Senin, 03 Oktober 2011 14:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menggelar acara Indonesia Leadership Camp (ILC) 2011. Pembukaan ILC dilakukan pada Senin (3/10) pagi di Balai Sidang, Kampus UI, Depok. Acara dibuka oleh rektor UI, DR Gumilar Rusliwa Soemantri. Acara ini akan berlangsung pada 3-6 Oktober mendatang dan akan diikuti oleh 100 mahasiswa dari 30 universitas se-Indonesia. Mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto), UPI (Bandung), Universitas Sam Ratulangi (Manado), Universitas Tanjung Pura (Pontianak), Universitas Malang (Malang) dipastikan hadir dalam acara ini.ILC akan diisi dengan kemah di lingkungan kampus UI. Selama 4 hari peserta akan diberikan berbagai kegiatan seperti media visit, outbond, konferensi, kunjungan ke lembaga, training kepemimpinan, diskusi kepemimpinan, dan launching buku.

…dst

17 ) Siapa Mau Ikut Program Fellowship dari Fujitsu?
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/368/510180/siapa-mau-ikut-program-fellowship-dari-fujitsu

Senin, 03 Oktober 2011 17:30 wib
JAKARTA – Ikut program fellowship di Honolulu, Hawaii, secara cuma-cuma siapa yang enggak mau ya? Atmosfer pantai dan udara tropis yang mungkin membuatmu merasa seperti di nirwana dengan deburan ombak yang berkejaran, pastinya asyik. Jika kamu sudah lulus kuliah S-1 dan memiliki pengalaman kerja minimal sekira tiga tahun, kamu bisa mengikuti program ini loh. Beasiswa fellowship yang ditawarkan yakni fellowship program kepemimpinan (leadership) yang difasilitasi oleh JAIMS Honolulu.Beasiswa termasuk biaya selama program berlangsung, biaya hidup, biaya tiket, ansuransi kesehatan, tempat tinggal, dan biaya visa.Kamu juga mendapatkan kurikulum dan diajarkan beragam material mengenai organisasi. Tanpa panjang lebar, berikut syarat dan ketentuan seperti yang dikutip situs Informasi Beasiswa, Senin (3/10/2011):

…dst

18 ) Rayakan Dies Emas, FK Undip Pecahkan Rekor Muri
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/65/509874/rayakan-dies-emas-fk-undip-pecahkan-rekor-muri

Senin, 03 Oktober 2011 11:21 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memecahkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam kategori paduan suara guru besar terbanyak dan membatik dengan media topi kamar operasi oleh dokter dan guru besar terbanyak.Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Dies ke-50 (Emas) FK Undip, paduan suara The GB’s tersebut terdiri dari 26 guru besar. Mereka memukau penonton dengan membawakan tiga buah lagu, yaitu Jembatan Merah, Gambang Semarang, dan Medley lagu Nusantara.Sementara rekor kedua dalam bidang membatik dengan media topi kamar operasi dilakukan oleh sebanyak 386 dokter dan guru besar.

…dst

19 ) Universitas Taiwan Lirik Mahasiswa Yogyakarta
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/04/brk,20111004-359715,id.html
Selasa, 04 Oktober 2011 | 04:33 WIB

TEMPO Interaktif-YOGYAKARTA — Universitas-universitas swasta maupun negeri di Taiwan mulai melirik mahasiswa asal Yogyakarta. Sudah dua tahun Kementerian Pendidikan Taiwan menggelar acara Taiwan Higher Education Fair, bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Tahun ini acara digelar di Graha Sabha Pramana, UGM.
“Pada edufair tahun lalu ada penambahan mahasiswa asal Indonesia sebanyak 300 orang. Dari Yogyakarta cukup banyak,” kata Direktur Taipei Economic and Cultural Office in Malaysia, Chu To Ming, Senin 3 Oktober 2011.. Dia menyebutkan saat ini ada 2.300 mahasiswa asal Indonesia yang tersebar di kampus-kampus Taiwan.

…dst

20 ) Kampanye Damai Calon Ketua Umum IA-ITB
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/22224583/Kampanye.Damai.Calon.Ketua.Umum.IA-ITB

Senin, 3 Oktober 2011 | 22:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Para calon kandidat ketua umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menandatangani deklarasi kampanye bersih di sekretariat IA-ITB, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2011) malam. Deklarasi kampanye bersih tersebut juga menandakan dimulainya masa kampanye calon ketua umum IA-ITB sebelum kongres pada 3 Desember 2011. Ketua Bidang Organisasi IA-ITB, Jetti Rosila Hadi mengatakan, kongres IA-ITB merupakan wujud kelangsungan organisasi IA-ITB. Ia menjelaskan, setelah pendaftaran dan verifikasi, kini saatnya kongres IA-ITB memasuki tahapan kampanye dan seterusnya sebelum memasuki tahap pemungutan suara. Para calon yang mendaftar harus memenuhi beberapa kriteria, salah satunya adalah minimal harus mendapat dukungan dari tiga pengurus daerah dan mempunyai 100 orang pendukung.

…dst

21 ) PROGRAM INTERNASIONAL
“Gula-gula” Impian Studi di Belanda
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/10094490/.Gula-gula.Impian.Studi.di.Belanda

Senin, 3 Oktober 2011 | 10:09 WIB
DEVENTER, KOMPAS.com – Awalnya, Mochammad Yusni Aziz mengaku tidak punya rencana menempuh studi gelar Master-nya hingga ke Belanda. Memasuki tahun keempat kuliah di jurusan arsitektur Intitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Jawa Timur, tawaran beasiswa double degree dari Saxion University, Belanda, disambarnya. Pekan lalu,KOMPAS.com menemui Aziz dan beberapa pelajar Indonesia lain yang menuntut ilmu di salah satu kampus di Kota Deventer, untuk mengetahui alasan mereka memilih studi di negeri Kincir Angin ini.”Awalnya, cuma kepengin lulus dan cari kerja, sudah itu saja. Untunglah ada tawaran beasiswa ini, dan saya memang sangat tertarik mendalami urban planning di sini, karena Belanda memang ahlinya.Urban planning sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini dan ke depannya,” ujar mahasiswa programdouble degree jurusan Urban and Regional Planning, Saxion University, ini.

…dst

22 ) Magang Internasional, Bonus Studi di Negeri Kincir Angin
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/09512690/Magang.Internasional.Bonus.Studi.di.Negeri.Kincir.Angin

Senin, 3 Oktober 2011 | 09:51 WIB
DEVENTER, KOMPAS.com – Memiliki tiga kampus di tiga kota di Belanda, yaitu Deventer, Entschede, dan Apeldoorn, Saxion University saat ini merupakan salah satu kampus terbesar di negeri Kincir Angin tersebut. Tahun ini, dari 22.000 pelajar yang terdaftar di dalamnya, ada sekitar 30 pelajar Indonesia tengah menimba ilmu di sana bersama 1000 pelajar internasional lainnya. KOMPAS.commengunjungi kampus utamanya di Deventer, sebuah kota kecil namun sangat nyaman pekan lalu.Sebagai perguruan tinggi yang memberi diri dengan label university of applied science, Saxion University tampak cukup padat dengan pelajar-pelajar internasional. Bukan saja datang dari Eropa dan benua Amerika, karena kampus ini juga dijejali mahasiswa dari Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan lainnya seperti dari Afrika.

…dst

23 ) TIPS BEASISWA
Jangan Salah, Pilih Perekomendasi yang Tepat!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/03/13454476/Jangan.Salah.Pilih.Perekomendasi.yang.Tepat

Senin, 3 Oktober 2011 | 13:45 WIB
KOMPAS.com — Dalam berburu beasiswa, mempersiapkan sejumlah strategi merupakan hal penting untuk menentukan kesuksesan Anda. Salah satu syarat yang menentukan adalah surat rekomendasi. Tak hanya teknis penulisan dan isi surat, siapa yang memberikan rekomendasi juga menjadi faktor penentu. Jadi, jangan pernah salah memilih, siapa orang yang Anda minta memberikan rekomendasi! Perlu diketahui, pemberi beasiswa akan menaruh perhatian terhadap siapa yang memberikan rekomendasi dan testimoni tentang Anda. Surat rekomendasi dari orang yang sudah mengenal Anda akan membuat pemberi beasiswa percaya dibandingkan dengan tulisan Anda sendiri. Hal ini akan membentuk opini pihak tersebut tentang bagaimana Anda bisa diterima di lingkungan, tentang hasil kerja Anda di tempat kuliah atau sekolah, untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak menerima beasiswa tersebut.

…dst

24 ) LIPI Gelar 4 Kompetisi Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/373/510033/lipi-gelar-4-kompetisi-ilmiah

Senin, 03 Oktober 2011 13:31 wib

JAKARTA – Perkembangan Ilmu Pengetauan dan Teknologi (Iptek) di kalangan masyarakat dinilai meningkat, hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah karya ilmiah yang dijaring Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk empat kompetisi ilmiah yang diselenggarakan pada Juni lalu.Hal itu diungkapkan oleh ketua panitia empat kompetisi ilmiah LIPI, Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono saat memberikan sambutan pembukaan kompetisi yang diikuti sekira 1.800 peserta tersebut.”Kompetisi ini diselenggarakan untuk mewadahi karya ilmiah yang diajukan,” kata Bogie pada audiens,  Senin (3/10/2011). Ada pun keempat lomba yang digelar, kata Bogie, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-43, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) ke-19, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-10, dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-4.”Bersamaan dengan itu, diadakan Pameran Kompetisi Ilmiah yang menampilkan 89 karya ilmiah dari para finalis yang akan dilaksanakan pada 3-4 Oktober 2011 di Widya Graha LIPI,” lanjutnya.

…dst

25 )Waspadai Oknum Panitia Minta Uang Janjikan Lolos Sertifikasi
http://www.jpnn.com/read/2011/10/04/104659/Waspadai-Oknum-Panitia-Minta-Uang-Janjikan-Lolos-Sertifikasi

Selasa, 04 Oktober 2011 , 07:38:00
MALANG – Menjelang pengumuman kelulusan hasil sertifikasi guru, para guru harus waspada. Pasalnya disinyalir ada oknum yang memanfaatkan momen ini untuk mengeruk keuntungan. Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 15 Universitas Negeri Malang (UM) menerima laporan adanya oknum yang meminta sejumlah uang kepada guru peserta sertifikasi tahun ini.“Pengumuman hasil sertifikasi guru masih dalam proses, dan rupanya ada oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menipu guru,” ungkap Ketua PSG Rayon 15 UM, Dr H Kusmintardjo kepada Malang Post (Grup JPNN).Pembantu Rektor Bidang Akademik UM ini menuturkan beberapa waktu lalu ada laporan peserta dari luar kota yang hampir menjadi korban. Ia mengisahkan, ada oknum yang mengaku panitia sertifikasi guru (PSG) UM mengabarkan bahwa yang bersangkutan tidak lolos pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG).

…dst

26 ) Gaji 67 Ribu CPNS dari Honorer Sudah Dianggarkan
PP Pengangkatan Dikebut Bulan Ini
http://www.jpnn.com/read/2011/10/04/104650/Gaji-67-Ribu-CPNS-dari-Honorer-Sudah-Dianggarkan

Selasa, 04 Oktober 2011 , 05:36:00
JAKARTA – Masyarakat peminat bekerja sebagai PNS siap-siap tesenyum kecut. Pasalnya, tahun ini pemerintah memastikan tidak akan menggelar seleksi CPNS pusat maupun daerah. Termasuk untuk tenaga medis dan pendidik. Pemerintah bakal mengoptimalkan kerja tenaga honorer kategori I sejumlah 67 ribu yang bakal diangkat langsung CPNS bulan ini.Kepastian tidak ada penerimaan CPNS baru diseluruh sektor baik di pusat maupun daerah ini disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat. Ditemui di kantor BKN di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Tumpak menjelaskan tidak adanya rekrutmen CPNS baru tahun ini disebabkan karena moratorium. Lalu diperkuat lagi dengan adanya pengangkatan tenaga honorer kategori I sejumlah 67 ribu.

…dst

27 ) NOBEL KEDOKTERAN
Peneliti Kekebalan Tubuh Raih Nobel Kesehatan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/04/265167/293/14/-Peneliti-Kekebalan-Tubuh-Raih-Nobel-Kesehatan

Selasa, 04 Oktober 2011 03:44 WIB
LONDON–MICOM: Tiga orang ilmuwan berhasil meraih penghargaan Nobel bidang kesehatan 2011 setelah berhasil mengungkap fakta baru mengenai sistem imun manusia. Penelitian ini dianggap dapat membuka kemungkinan baru untuk penemuan vaksin dan pengobatan kanker. Bruce Beutler,53, asal Amerika dan Jules Hoffmann,70, dari Prancis yang terlebih dahulu meneliti tentang mekanisme respon imun terhadap serangan penyakit, membagi hadiah US$1,5 juta tersebut dengan peneliti asal Kanada Ralph Steinman,68. Peneliti yang disebut terakhir ini berhasil menemukan sel dendritik pada 1970-an, yang menjadi kunci pemahaman akan sistem pertahanan tubuh manusia tahap lanjutan.Pemimpin majelis hadiah Nobel Lars Klareskog mengatakan bahwa dirinya merasa sangat antusias tentang penemuan mereka. “Saya rasa, kita akan mendaptkan vaksin yang baru dan lebih baik untuk berperang melawan mikroba. Penemuan ini sangat penting karena kini terjadi peningkatan resistensi terhadap antibiotik.”

…dst

28 ) Usai Menjiplak Disertasi, Pejabat Jerman Jadi Pemikir Terkemuka
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/03/373/510103/usai-menjiplak-disertasi-pejabat-jerman-jadi-pemikir-terkemuka

JERMAN – Mantan Menteri Pertahanan Jerman, Karl Theodor zu Guttenberg, yang mengundurkan diri atas jabatannya karena tuduhan hasil disertasi doktoral adalah hasil jiplakan, kini telah mengisi jabatan kehormatan di lembaga pemikir terkemuka di Amerika Serikat (AS). Lembaga think tank yang berbasis di Washington, Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) menyatakan, Guttenberg bergabung dengan lembaga ini sebagai negarawan terkemuka. Guttenberg diyakini bisa menjadi pemimpin dialog baru transatlantik di CSIS, yang menghubungkan pemikir, praktisi, dan pejabat Eropa dan AS. Hal ini memungkinkan CSIS untuk mengembangkan visi baru yang berani untuk menghidupkan kembali hubungan transatlantik dan mencegah pergeseran strategis. Presiden CSIS, John Hamre menyambut Guttenberg dan menyebutnya sebagai pria dengan energi, antuasiasme, dan komitmen mendalam terhadap kemitraan transatlantik. Demikian seperti The Australian, Senin (3/10/2011).

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
Gerakan Rehabilitasi Sekolah
Awas, Mafia Proyek Incar Program Rehab Sekolah
Mendiknas: 153.000 Ruang Kelas Rusak
Kemdiknas Harapkan Bantuan Swasta
Infrastruktur dan Budaya Sekolah Harus Dibangun
Gerakan Rehabilitasi Sekolah Dimulai di 4 Daerah
Mendiknas Minta CSR untuk Perbaikan Sekolah
CSR Diarahkan ke Perbaikan Sekolah
Wah 36% ?
36 Persen Remaja Indonesia Telah Berhubungan Seks
Aliran Dana Century
KPK Telusuri Aliran Dana Eks Bos Century ke Pejabat BI
Menkeu dipanggil/Suap Kemenakertrans
KPK Panggil Menteri Keuangan Pagi Ini
Menkeu Siap Blak-blakan di KPK
Soal Dana Rp 500 Miliar, Kubu Muhaimin Mulai Tunjuk Menkeu
Tamsil Cs Lempar Tudingan ke Menteri Agus 
Kata Tamsil, Dirjen Marwanto Setujui Dana Rp 500 Miliar 
Bocoran BAP
Chandra Hamzah Bantah Ada Kebocoran BAP di KPK
Konflik DPR-KPK
Konflik DPR-KPK Makin Panas
Rapat Konsultasi DPR – KPK Antiklimaks  
Busyro: Silakan Kalau PKS Mau Membubarkan KPK
Pernyataan Fahri Soal Pembubaran KPK Lukai Hati Rakyat
FPKS: Pernyataan Fahri Soal Pembubaran KPK Statement Pribadi
Gara-gara Banggar, KPK-DPR Perang
Pimpinan DPR Pertanyakan Proses Pengusutan Kasus Korupsi
Teror Hentikan Pos Pengaduan
Mafia Banggar DPR
Busyro: Pimpinan Banggar DPR Dipanggil Sebagai Saksi
KPK Diminta Perjelas Status Pemanggilan Terhadap Pimpinan Banggar DPR
Rapat Tegang, DPR Hanya Cecar Pertanyaan pada Pimpinan KPK
Libya hari ini
NATO serang desa kelahiran Gaddafi
NTC: Mutassim Gaddafi bersembunyi di rumah sakit Sirte
Pertempuran terus berlangsung di Sirte