Re: Steroid Induced Cushing’s Syndrome
Dear All,
Ada pengalaman pahit di luar pendidikan tinggi yang ingin saya sharing agar bisa menjadi perhatian bersama.

Saya ini memiliki riwayat alergi kulit terlebih di masa kanak-kanak. Masa remaja alergi kulit ini tiba-tiba sembuh menghilang. Muncul kembali pada saat saya melepaskan anak-anak studi lanjut tahun 2003. Karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari saya berobat pada seorang dokter umum di kota kami, beliau berikan saya lameson 4 mg sebanyak 10 tablet tanpa ada peringatan apa-apa, saya konsumsi dan ternyata berbulan tak dihinggapi alergi. Begitu seterusnya setiap muncul alergi saya datangi dokter tersebut tetap diberi obat sejenis, kalo pilek ditambah celestamin, sama sekali saya tak tahu kedua macam obat ini mengandung STEROID yang bila kelebihan konsumsi sangat membahayakan kesehatan. Mungkin sebelumnya saya konsumsi tak berterusan sehingga side effects tak gitu kelihatan. Mulai tahun lalu berhubung agak rapat dikunjungi alergi kulit dan saya juga memilik keterbatasan waktu untuk rutin kunjungi dokter, dokter di sini hampir semua buka praktek di sore hari, kalo pulang kerja ke sana saya akan kelewatan waktu Magrib, saya tidak bisa mengemudi dan tak biasa keluar malam sendirian sehingga belakangan saya beli sendiri lameson 4mg dan konsumsi terus hampir 6 bulan lamanya tanpa sadar ada bahaya yang sedang mengintai kesehatanku.

Desember 2010 saya mulai sering terasa keletihan yang luar biasa, anehnya mulai bermunculan jerawat di muka, berat badan mendadak dari 62 kg naik menjadi 69 kg hanya dalam tempo satu bulan. Januari 2011 muka saya (terutama di pipi terasa sangat berat) bengkak seperti Moon face, kaki dan tangan kadang sulit digerakkan, kepala sering sakit sehingga 3 x dalam seminggu harus langganan bibi urut datang ke kantor pijat saya, dan agak terrible muncul benjolan di tyroid dan tumbuh kumis tipis di atas bibir.

Awal 2011 saya terbang ke Penang, waktu itu dokter lebih fokus ke biopsy tyroid dan buang (laser) kumis aneh. Mereka sebelumnya tak pernah jumpa saya maka tak rasa pipiku bengkak, disangkanya memang lahir dengan pipi agak montok, kumis mereka anggap kelainan homon. Rabu lalu saya ke sana lagi dengan niat mau operasi benjolan tyroid yang menurut hasil biopsy tidak ganas sekalian ingin operasi daun telinga yang hilang pada kecelakaan maut 1994. Satu hari sebelum operasi dilaksanakan ( yang direncanakan Jumat lalu ) saya konsultasi ke Dokter Endocrin ( tyroid ) dan beritahukan dokter tersebut pipiku semakin bengkak dan kaki berserta tangan terasa semakin hari semakin kaku dan kaki dekat betis sudah mulai bengkak ( hari ini tgl 22 Feb 2011, bengkaknya menjalar dari kedua tangan mulai dari siku ke bawah dan kaki dari lutut ke bawah ). Mendengar penuturanku Dokter sangat terkejut karena hasil pemeriksaan full blood test di Jan 2011 menunjukkan saya sehat. Lantas dia tanya apakah ada konsumsi obat tertentu, saya perlihatkan lameson, melihat itu dokter langsung geleng kepala dan suruh saya segera ulangi chek renal function test (walaupun hasil test Jan 2011 bagus) ditambah serum cortisol test. Syukur sore hari keluar hasil fungsi ginjal tidak terganggu namun serum cortisol menunjukkan saya positif kena STEROID INDUCED CUSHING’S SYNDROME, steroid sudah menguasai pusat mengatur homon (ACTH sangat rendah) membuat daya tahan tubuh hampir tak ada sehingga mudah dihinggapi bermacam penyakit.

Dokter Malik mengingatkan saya agar hati-hati konsumsi obat yang mengandung steroid, katanya itu banyak terdapat di obat flu, alergi bahkan di salep dan kosmetik juga ada. Yang agak lazim diberikan dokter Indonesia adalah  DEXAMETHASONE. Obat yang mengandung steroid pemakaiannya harus dibawah pengawasan dokter, di Malaysia maksimum hanya diberi dokter 3 hari. Kalo ada case yang mengharuskan lebih dari 3 hari dan tak ada alternatif lain baru diberikan namun dosisnya diatur dari tinggi sampai rendah ( karena lewat 7 hari tak boleh dihentikan secara mendadak). Efek jangka pendek adalah menyebabkan naik berat badan secara berlebihan, moon face, berjerawat, irregular bleeding, sleep problembs, hair loss, depresi, tekanan darah tinggi, sakit tulang. Efek jangka panjang menyebabkan bone loss, catarect, glaucoma, atrophia ( berhenti pertumbuhan), premature menopause dll. Walaupun moonface dan gangguan fisik bisa hilang dalam waktu 2-3 bulan ( menurut dokter ) namun bagaimana kerugian akibat efek jangka panjang sulit diprediksi, dan seandainya pada saat sistem dalam tubuh sedang kacau balau ini sangat berbahaya bila melakukan operasi ( operasi saya dibatalkan) bagaimana kalo ada operasi yang tak bisa dicancel ? tentu jadi high risk.

Untuk itu saya menghimbau teman-teman agar be careful dalam konsumsi obat, jangan konsumsi suatu obat tanpa pengawasan dokter. Semalam saya sempat tanya sahabat karib yang berprofesi dokter, kenapa dokter yang memberi saya Lameson tak pernah jelaskan obat tersebut tak boleh diulang tanpa resep, mengingat di Indonesia obat kan bebas dijual-belikan di apotik.  Jawab teman itu, paling salah pasien kenapa beli obat berulang tanpa resep, no 2 salah adalah pemerintah kenapa tak control peredaran obat, no 3 salah katanya adalah apotik yang mau cari untung dengan menjual obat tanpa resep. Teman itu sama sekali TIDAK MERASA DOKTER WAJI MEMBERI WARNING KE PASIEN, katanya tak boleh beli obat tanpa resep dokter itu adalah ketentuan yang harus dipegang pasien, dokter hanya berkewajiban memberi resep tanpa harus menjelaskan. Saya kurang setuju karena seorang dokter yang memahami kebebasan peredaran obat di sini dan minimnya pengetahuan pasien adalah wajib memberi warning ( itu merupakan kode etik dokter), seandainaya sudah beri warning pasien tetap bandel baru pasien tersebut bisa disalahkan 100%. Walaupun tak ada peraturan yang menyalahkan dokter namun apakah hati dokter akan tenang melihat pasiennya jadi korban hanya karena minim informasi steroid ?

Di bawah ini adalah yang saya search dari internet tekait ” STEROID INDUCED CUSHING’S SYNDROME ” semoga bisa jadi warning bagi yang belum mengetahui bahaya kelebihan pemakain steroid. Salam, Fitri

Information
Home 10 Warning Signs to Switch Doctors
Leslie’s Bio Physical Therapy Exercise
What Are Steriods? More Links (Medical Articles & Resources)
Problems and Solutions F A Q
Products With Steroids Current Message Board
Non-Steroidal Products Old Message Board
Steroid Side Effects Inspirational Poetry
Photos

http://communitylink.reviewjournal.com/servlet/lvrj_ProcServ/dbpage=page&mode=display&gid=00027000000960304812692687
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000389.htm

PS: Don’t worry, saya masih masuk kerja dan beraktivitas seperti biasa, hanya gerakan jadi agak lamban mungin pengaruh bengkak sana sini dan malam tak tahan kerja sampai larut malam. Yang lain-lain alhamdulillah tetap lancar.