Status Kemahasiswaan di Forlap/PDPT

10671204_656602931101894_3756651515302010964_n

Ini peringatan untuk dosen studi lanjut (baik tugas belajar maupun ijin belajar/biaya sendiri ) dalam negeri, bagi yang telah selesai perlu perhatikan apakah data aktivitas mahasiswa yang tercantum di status kemahasiswaan kampus tugas belajar sudah update ke SUDAH LULUS ? perlu diketahui bila status aktivitas mahasiswa masih tercantum AKTIF di Profil Mahasiswa yang terdapat di http://forlap.dikti.go.id/ boleh dikatakan akan menjadi penyebab/kendala tidak bisa jadi peserta serdos, kenaikan jabatan/pangkat, melamar beasiswa jenjang selanjutnya, karena dianggap belum lulus. Begitu juga untuk adik-adik penerima beasiswa bidikmisi perlu jadi perhatian karena kalo status masih aktif tak bisa apply beasiswa S2 pemerintah.

Cara mengeceknya:

1 ) Di menu horizontal http://forlap.dikti.go.id/ ada Pencari data, kalo kita klik profil mahasiswa http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa akan keluar tampilan format pengisian, isilah nama Peruguan tinggi (boleh tak isi) dan isi nama mahasiswa atau NIM (wajib isi) terus klik cari mahasiswa.

2 ) Bila kita klik nama mahasiswa, maka akan muncul laman “Biodata Mahasiswa” yang terdiri dari submenu Biodata dan Riwayat Kuliah. Pada Biodata akan muncul informasi dasar tentang mahasiswa. Bila “Riwayat Kuliah” kita klik maka akan muncul informasi tentang jumlah sks yang diambil pada semester tersebut. Seharusnya, semua nama matakuliah yang diambil pada setiap semester itu juga ditampilkan tetapi pada banyak kasus, perguruan tinggi tidak mengisi dengan lengkap. Informasi ini sangat penting bagi mahasiswa, yaitu untuk melihat legalitas status mahasiswa dan riwayat pengambilan matakuliah per semester sejak awal diterima sebagai mahasiswa sampai lulus dari program studi yang dipilihnya.

Penting diperhatikan:

Bila adik-adik sudah lulus namun ternyata status aktivitas mahasiswa masih tertera AKTIF, segera hubungi kampus tempat peroleh ijazah, minta bantuan operatornya ajukan perubahan status mahasiswa.

Di dalam sistem, bila operator kampus sudah login akan nampak menu kemahasiswaan yang terdiri dari submenu Data Mahasiswa dan Perubahan Data Mahasiswa.
Tahapan ajukan perubahan status mahasiswa dilaksanakan (oleh operator forlap/PDPT kampu karena harus login dengan pergunakan username dan password forlap kampus yang hanya dimiliki operator kampus) sbb:

1. Klik menu data mahasiswa, Setelah kita masukkan nama mahasiswa atau NIMnya akan muncul Hasil Pencarian Mahasiswa yang saya SS di bawah ini.

 

2. Klik di nama mahasiswa akan tampil biodata dan riwayat kuliah, klik di kotak edit akan muncul format perubahan data mahasiswa ybb, semua data sudah terisi terkecuali tanggal lahir, silakan update tanggal lahirnya dan klik ajukan, perhatikan SS Perubahan Data Mahasiswa yang saya SS di bawah ini:


3. Kembali ke laman dan klik submenu horizontal Perubahan Data Mahasiswa, akan nampak Manajemen PDM (Perubahan Data Mahasiswa), kalo ada ajuan di nomor 2, akan nampak kotak di kolom aksi untuk upload berkas yaitu ijazah dan transkrip mahasisa ybs.


4. Menanti untuk divalidasi dan disetujui Tim Dikti, kalo mau cepat setelah ajukan segera email ke pdbelmawa@dikti.go.id terkait Ajuan Kemahasiswaan (Perubahan Nama Mahasiswa)

Semoga bermanfaat, salam sayang, Fitri.

Update 07 Desember 2014 (format isian ada sedikit perubahan):

Apakah Status Kemahasiswaan Anda SUDAH UPDATE di Forlap Dikti