Visi

Dalam merealisasikan tugas dan fungsinya, Kopertis XII sebagai  kepanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, maka sampai pada tahun 2014 ingin mewujudkan (Visi) “Kopertis Wilayah XII menjadi institusi yang prima dalam pelayanan, pengawasan, pengendalian dan pembinaan PTS dalam membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif”.

Secara komprehensif menjadi institusi yang prima dalam pelayanan, pengawasan, pengendalaian dan pembinaan PTS dalam membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, dapat dijelaskan sebagai berikut :

a. Prima dalam Pelayanan

Kopertis Wilayah XII dengan sumber daya manusia serta fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki, secara optimal akan mengerahkan berbagai potensi untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi swasta, baik pelayanann terhadap masayarakat umum, masyarakat kampus maupun kepada staheholders.

b. Prima dalam Pengawasan

Pengawasan secara baik dan berkelanjutan akan menjadi kunci sukses terhadap tujuan yang akan dicapai. Kopertis Wilayah XII yang mengkoordinasikan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, secara optimal dalam tugasnya akan melakukan pengawasan terhadap semua aspek penyelenggaraan pendidikan tinggi swasta di wilayahnya, diantaranya penyelenggaraan kelas jauh, studi lanjut dosen baik di dalam maupun di luar negeri, kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen, beban tugas mengajar dosen dan lain-lain.

c. Prima dalam Pengendalian

Bagi PTS yang dalam pelaksanaan proses pembelajarannya tidak taat asas, tidak sesuai dengan aturan dan norma pendidikan yang berlaku, yang dimungkinkan akan berkembang tidak baik, serta dapat meresahkan dunia pendidikan, maka akan dilakukan pengendalian sesuai dengan kebijakan internal Kopertis maupun kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dengan demikian pengendalian akan memberikan arah terhadap jalannya proses pembelajaran yang benar sesuai yang diharapkan.

d. Prima dalam Pembinaan

Dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran agar PTS dapat berkembang dengan baik sesuai yang diharapkan, maka Kopertis Wilayah XII secara maksimal telah dan akan selalu melakukan pembinaan pada Perguruan Tinggi Swasta di wilayahnya, misalnya terhadap peningakatan kualitas dosen dengan memberikan pelatihan-pelatihan, mengikuti seminar, pembinaan secara langsung melalui sambutan oleh Koordinator melalui kegiatan-kegiatan akademik PTS (Wisuda, Dies natalis, Pelantikan Pejabat baru dll).

Angan-angan ingin menjadikan PTS melalui out put yang dihasilkan menjadi lokomotip kemajuan dan penggerak perubahan terhadap pembentukan masyarakat cerdas dan kompetitif, selalu diikuti oleh proses tranformasi yang menandai suatu perubahan, dengan mengaktualisasikan potensi secara optimal. Bahkan era global telah mengindikasikan, bahwa tranformasi tersebut telah berjalan dengan cepat, hal ini menuntut siapapun yang terlibat dalam penyelenggaraan PTS mau tidak mau harus beradaptasi dan berorientasi terhadap mutu.

Misi

Berdasarkan visi atau cita-cita mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif pada tahun 2010 s.d. 2014, Kopertis Wilayah XII mempunyai misi :

a.    Memperluas pemerataan akses pendidikan tinggi bermutu dan berkesetaraan gender di seluruh Propinsi, Kabupaten dan Kota

b.  Memperluas pemerataan akses pendidikan tinggi bermutu, berdaya saing internasional, berkesetaraan gender dan relevan dengan kebutuhan bangsa dan negera.

c.    Mewujudkan tatakelola, akuntabilitas dan pencitraan publik yang modern , efektif dan efisien.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan program kegiatan Kopertis Wilayah XII ditetapkan berdasarkan visi dan misi Kopertis Wilayah XII sebagai berikut :

1. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan tinggi bermutu, berkesetaraan gender pada semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan, baik di tingkat propinsi, Kota/Kabupaten.

2.  Meningkatkan mutu, daya saing internasional, berkesetaraan gender dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

3.  Meningkatakan tatakelola, akuntabilitas dan dan pencitraan publik menjadi modern, efektif dan efisien.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •