Sinta Awards 2018: Dosen Unimal Masuk Kategori Score Tertinggi Kolaborasi Riset Terbanyak 

 MEDIAACEH.CO    05/07/2018 – 09:00 WIB

MEDIAACEH.CO Jakarta – Sinta wahana pendataan, pemetaan dan pengukuran kinerja publikasi, sitasi, kekayaan intelektual hasil penelitian dan pengabdian masyarakat untuk diseminasi, rekognisi kinerja penelitian di Indonesia.SINTA Awards 2018 ini dibuka langsung oleh Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Auditorium Gedung D Lantai 2 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Jakarta Pusat, Rabu (4/7/2018) dengan memukul gong.“M. Nasir dalam sambutannya mengatakan bahwa Penghargaan Sinta (Sinta Awards) 2018 ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap penulis, dan institusi untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah,” katanya.

Publikasi ilmiah Indonesia ditingkat ASEAN sampai pada tanggal 3 Juni 2018 berdasarkan data di Scopus Indonesia menduduki posisi kedua, sedangkan Malaysia pada posisi pertama yaitu 10.910 dan Singapura pada urutan ketiga dengan 8.429.

“Diakhir sambutannya, M. Nasir mengucapkan selamat kepada para penerima bantuan dan hibah serta penerima penghargaan sinta, semoga ini menjadi pemacu dan pemicu bagi dosen, peneliti, institusi dan pengelola jurnal,” tandasnya

Dimana sebelumnya Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati dalam sambutannya mengatakan publikasi khususnya di jurnal ilmiah merupakan salah satu wahana dalam mendiseminasikan hasil penelitian.

“Dengan hadirnya SINTA (Science and Technology Index) maka keterbatasan terhadap akses data, kinerja publikasi dan jurnal ilmiah karya dosen dan peneliti terjawab sudah,” ucapnya.

Sinta pertama kali diluncurkan di UGM Yogyakarta pada tanggal 29 Januari 2017 oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan data awal adalah 2000 dosen dan peneliti dan diinput secara manual oleh Tim Sinta.

“Kini terhitung sampai 4 Juni 2018 Sinta mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas,” kata Dimyati.

Ini dapat dilihat dengan terdaftarnya 107.000 dosen dan peneliti dan jurnal sebanyak 2000, dan hingga saat ini Ditjen Risbang Kemenristekdikti terus melakukan upaya untuk mendorong Peningkatan Publikasi Ilmiah.

Salah satu dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) Dahlan Abdullah adalah termasuk yang mendapatkan Score Tertinggi Untuk Kategori Penulis Dengan Kolaborasi Riset Terbanyak pada data publikasi terdaftar Sinta periode 2016-2018.

“Dahlan Abdullah yang juga Kepala UPT Perpustakaan Unimal ini mengucapkan terima kasih bisa masuk kedalam kategori ini,” imbuhnya.

Ini juga tidak terlepas dari dukungan teman-teman dosen dan Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI).

“Dengan capaian ini, Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof. Dr. Apridar melalui komunikasi WhatsApp juga telah menyampaikan selamat kepada saya,” kata Dahlan yang juga sebagai salah satu Admin Sinta Korwil 13 untuk Provinsi Aceh..

Acara pemberian penghargaan Sinta Awards 2018 ini juga dirangkai  dengan Relaunching 4 Program Unggulan yaitu RUJUKAN (Rumah Jurnal Keilmuan), GARUDA (Garda Rujukan Digital), ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional), SINTA (Science and Technology Index) dan Hibah & Bantuan (Pemberian Hibah dan Insentif Publikasi dan Jurnal).[]

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.