Pengumuman Pemeringkatan Perguruan Tinggi Setiap Tanggal 17 Agustus

7 Agustus 2017

Mulai tahun 2017 dan tahun-tahun berikutnya, pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia akan diumumkan oleh Kemenristekdikti setiap tanggal 17 Agustus. Demikian disampaikan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekditi Patdono Suwignjo bertempat diruang kerjanya, lantai 6, gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta (27/7/2017).

Belakangan semakin banyak pihak-pihak yang memanfaatkan perangkingan atau pemeringkatan perguruan tinggi, karena masyarakat dan perguruan tinggi sekarang sudah mengetahui manfaat dari perankingan ini. Jika ada perguruan tinggi berada pada perangkingan yang bagus, perguruan tinggi itu menyebarkan rankingnya kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mau masuk ke perguruan tingginya.

Namun, ada juga yang menyelewengkan pemeringkatan ini. Belum lama beredar di masyarakat hasil pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2017 padahal Kemenristekdikti belum melakukan pengumuman. Setelah dipelajari ternyata data tersebut merupakan data tahun 2015. Data tahun 2015 yang di upload di media sosial tersebut seolah-olah itu merupakan data tahun 2017. Tampak dalam rangking palsu tersebut beberapa perguruan tinggi swasta dan negeri masuk dalam 10 terbaik.

Menurut Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kementerian tidak memberikan sanksi atas kejadian tersebut namun membiarkan masyarakat menilainya sendiri.

firly/sn

Baca juga: