Screenshot_263

Pembukaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2017

Pemilihan mahasiswa berprestasi-web

10 Juli 2017

Surabaya – Belmawa. Penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional 2017 yang dimulai pada tanggal 10 s/d 13 Juli 2017 bertempat di Hotel Swiss-bellinn Tunjungan, Surabaya.

Pemilihan Siswa Berprestasi  adalah pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang telah berhasil mencapai prestasi terbaik, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi setiap tahun  sebagai upaya pemberian penghargaan atas prestasi tertinggi mahasiswa dan sekaligus cerminan kualitas pembinaan kemahasiswaan di perguruan tingginya.

Adapun persyaratan umum untuk mengikuti Pilmapres : merupakan Warga Negara Republik Indonesia, Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Diploma maksimal semester VI dan pada saat Pilmapres di tingkat nasional belum dinyatakan lulus yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi bahwa yang bersangkutan masih berstatus mahasiswa dan belum dinyatakan lulus, Peserta berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2017 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) , Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00, Surat Pengantar dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan, apabila pemenang pertama berhalangan dapat digantikan pemenang berikutnya, belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat nasional pada tahun- tahun sebelumnya.

Selain itu ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh peserta Pilmapres, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi calon Mapres, yaitu : Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester, karya tulis yang ditulis dalam Bahasa Indonesia baku. ringkasan karya tulis(bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasaI nggris, video presentasi oral dalam bahasa Inggris berdurasi maksimal 5 (lima) menit terkait karya ilmiah, dan menyampaikan maksimum 10 (sepuluh) pencapaian/prestasi yang diunggulkan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

Tujuan Pilmapres

Tujuan pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah  memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa, dan mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Mahasiswa berprestasi tingkat nasional akan mendapat Piagam Penghargaan dan penghargaan lainnya dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Selain penghargaan tersebut, Mapres terpilih juga mendapat prioritas untuk difasilitasi di berbagai program kemahasiswaan seperti beasiswa, seminar di luar negeri dan sejenis.

Daftar Peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

a. Program Sarjana

Program sarjana Terdiri dari 17 (tujuh belas) orang peserta yaitu : A. A. Sagung Mirah Prabandari dari Universitas Udayana, Ahmad Fajri dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Andra Fakhrian dari Universitas Islam Sultan Agung, Ferry Fitriya Ayu Andika dari Universitas Jember, Gianina Dinda Pamungkas dari Universitas Diponegoro, Iin Fadhilah Utami Tammasse  dari Universitas Hasanuddin, Ilhamsyah Maulana dari Universitas Pendidikan Indonesia, Imamatul Khair dari Universitas Airlangga, Kurniaji Wahid Solihin dari Universitas Dian Nuswantoro, Laila Syifa Rahmi dari Universitas Malikussaleh, Moh Indra Bangsawan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Muhammad Al Kahfi dari Institut Teknologi Bandung, Muhammad Murtadha Ramadhan dari Institut Pertanian Bogor

b. Program Diploma

Program Diploma terdiri dari 9 (Sembilan) orang peserta yaitu : M Wildan F S dari Institut Pertanian Bogor, M. Syaifuddin Zuhri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, M. Irfan Mas’udi dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Muhammad Jamalludin  dari Politeknik Negeri Semarang, Muhammad Saiful Islam dari Politeknik Negeri Bandung, Ni Komang Alit Ary Sumartini dari Politeknik Negeri Bali, Pralampita Kori Mufidah dari Universitas Gadjah Mada, Satrio Maulana Tsubasa dari Politeknik Manufaktur Bandung, Tubagus Akbar Ikhwandi dari Universitas Indonesia.

Pelaksanaan Kegiatan

Hasil pemenang akan dimumkan pada tanggal 12 Juli 2017 pelaksanaan kegiatan meliputi : pemberian bekal wawasan, motivasi dan atau ice breaking, penilaian kepribadian/psikotest, presentasi karya ilmiah, Penilaian Kemampuan berbahasa asing (Bahasa Inggris), dan penilaian kemampuan yang diunggulkan (Ko- Ekstrakurikuler).

Ketua :

Widyo Winarso

Lampiran :

Pedoman Pilmapres Sarjana 2017
Pedoman Pilmapres Diploma 2017

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.