Peringkat UI Melesat ke Posisi 277 Dunia

Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia

Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia (Foto:Instagram/@universitasindonesia)

Kamis 08 Juni 2017 – 10.58 wib

Peringkat Universitas Indonesia (UI) di level dunia melesat ke posisi 277, atau naik 48 poin dari peringkat pada tahun 2016 yang ada di level 325 dunia.

Screenshot_2017-06-08-12-15-31-1

Pemeringkatan dilakukan oleh Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pengumuman pemeringkatan itu dirilis pada Kamis (8/6) di www.topuniversities.com,.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Dalam siaran pers UI yang diterima kumparan (kumparan.com), UI menyebut bahwa pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia dan mampu bersaing dengan pergurun tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia, dan Eropa.

“Kami bangga bahwa UI telah berhasil masuk ke dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dalam peta pendidikan dunia internasional,” ujar Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis.

“Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi,” imbuhnya.

Anis mengatakan pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UI. Tahun 2017, UI tetap menggencarkan pelaksanaan konferensi internasional guna memacu pengembangan budaya riset dan inovasi serta meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional.

Anis menyebut, UI fokus pada pengembangan riset dan inovasi yang berbasis pada pemberian solusi atas permasalahan bangsa. Pada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS, tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa ‘International Faculty’.
“Dalam upaya internasionalisasi, UI menambah jumlah dosen asing dan peneliti asing untuk dapat memberikan ajaran kepada mahasiswa UI serta memberikan pengalaman kepada dosen UI untuk mengajar di universitas asing mitra UI di luar negeri,” jelasnya.

Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator ‘Academic Reputation’ dan ‘Employer Reputation’. Berdasarkan survei yang telah dilakukan tim intellegence unit QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI berkompeten, inovatif serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

Sembilan universitas di Indonesia masuk peringkat QS World. Di tingkat Indonesia, UI nomor 1, ITB nomor 2, UGM nomor 3.

Sumber: kumparan.com

SIARAN PERS UI 

Screenshot_2017-06-08-12-22-19

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.