Sejumlah Proyek PTN Mangkrak

17 Juni 2016

JAKARTA, KOMPAS — Menyusul pemangkasan anggaran pendidikan tinggi, sejumlah proyek sarana dan prasarana di perguruan tinggi negeri mangkrak. Tersendatnya pembangunan gedung kuliah berpotensi mengganggu rencana penerimaan mahasiswa baru tahun 2017. Sebagian mahasiswa saat ini terpaksa belajar di ruang belajar yang belum rampung.

Paling tidak, kondisi ini dialami Universitas Tanjungpura di Pontianak, Kalimantan Barat, dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Provinsi Lampung.

Rektor Universitas Tanjungpura Thamrin Usman, saat dihubungi, Kamis (16/6), menyatakan, proyek lanjutan pembangunan ruang kuliah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, laboratorium ilmu dasar, ruang kuliah ilmu keperawatan, serta bangunan delapan lantai rawat inap Rumah Sakit Pendidikan semuanya mangkrak.

”Yang mau didanai tahun ini Rp 15 miliar untuk ruang kuliah fakultas ekonomi dan bisnis tidak jadi karena dananya self blocking,” katanya.

Rektor Itera Ofyar Zainuddin Tamin mengatakan, kampusnya terancam tak bisa menerima mahasiswa baru angkatan 2017 karena anggaran untuk pembangunan gedung perkuliahan tidak tersedia.

Ia menguraikan, anggaran pembangunan sarana dan prasarana di Itera yang dipangkas oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Rp 36,8 miliar.

Menurut rencana, Rp 8 miliar dari dana tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan pembangunan Gedung LPPM Barat. Gedung yang dibangun sejak tahun 2015 itu difungsikan sebagai ruang belajar bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2016.

”Sebanyak 1.200 mahasiswa baru akan memulai kegiatan belajar pada Agustus 2016. Untuk sementara, kami dengan berat hati terpaksa menerima mahasiswa di ruang belajar yang belum selesai dibangun sampai menunggu bantuan dana dari pihak lain,” kata Ofyar.

Thamrin mengatakan, sarana dan prasarana dibutuhkam untuk menunjang pembelajaran.

Secara terpisah, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, pemotongan anggaran sarana prasarana untuk PTN sekitar Rp 1,8 triliun sebagai dampak efisiensi. Proyek sarana dan prasarana di PTN baru pun terpaksa ditunda tahun ini.

”Secara nasional dengan ditundanya pembangunan gedung tidak berdampak pada tahun 2016 ini. Kami minta PTN untuk menerima mahasiswa baru sesuai dengan kapasitas yang ada, jangan menambah dahulu,” kata Nasir.

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 17 Juni 2016, di halaman 11 dengan judul “Sejumlah Proyek Mangkrak”.