Ikut Bangun Blok Masela, Kemristekdikti Siapkan Prodi Baru

Sabtu, 30 April 2016 | 11:36 WIB


Ikut Bangun Blok Masela, Kemristekdikti Siapkan Prodi Baru

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdiki) akan menambah program studi (prodi) di Universitas Pattimura, Ambon. Penambahan prodi itu sebagai bagian dari upaya untuk turut membangun kawasan industri migas Blok Masela.

Terkait dengan itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir membentuk tim untuk mengelola pendidikan di kawasan industri migas Blok Masela. “Kami ingin menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan di Blok Masela,” katanya di kantor Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta Selatan, Selasa, 5 April 2016 sebagaimana dikutip Tempo.com.

Bidang ilmu yang ditambah, lanjut Menristekdikti, akan lebih difokuskan pada hal ilmu pasti, seperti teknik. Menurutnya, Indonesia masih bisa menyiapkan sumber daya manusia untuk keperluan pembangunan di bidang ilmu sosial. “Kalau ilmu sosial seperti hukum, manajemen, pasti semua kampus ada. Yang masalah itu bidang teknik,” katanya.

Menteri berharap, dengan membuka program studi baru sesuai dengan kebutuhan pembangunan wilayah itu, sumber daya manusia di kawasan Blok Masela lebih diberdayakan. “Diharapkan masyarakat kita tidak hanya jadi penonton selama pembangunan itu,” katanya.

Tim ini beranggotakan akademisi Universitas Pattimura, beberapa politeknik, Persatuan Insinyur Indonesia, dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Rektor Universitas Pattimura Sapteno mendukung rencana Nasir. Dia akan ke Jakarta untuk membahas soal ini. “Selain membahas program studi, kami membahas pengembangan industri, pelaksanaan pembangunannya nanti, dan cara pendanaan program peningkatan SDM itu,” kata Sapteno.

Sapteno mengatakan,tim yang terdiri atas tim lokal dan nasional itu diharapkan bisa mendapat solusi pada Juli 2016 dalam peningkatan sumber daya manusia jelang pembangunan Blok Masela.