Penyamaan Persepsi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi bagi Fasilitator Wilayah

Pelaksanaan Bimbingan Teknis untuk mengurai Bottleneck Permasalahan Mutu Prodi, oleh Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa

Acara tersebut diselenggarakan di Jakarta tanggal 7-8 Maret 2016. Acara ini dihadiri Direktur Penjaminan Mutu, Aris Junaidi; para Kasubdit; dan Kasi di lingkungan Direktorat Penjaminan Mutu. Kegiatan dengan agenda utama paparan dan diskusi fasilitator pusat dan wilayah barat dilaksanakan kepada 1.800 prodi pada tahun 2016. Acara ini dihadiri 51 fasilitator wilayah barat yang nantinya akan diterjunkan dalam bimtek di lapangan.

Direktur Penjaminan Mutu Aris Junaidi menayangkan peta prodi yang akan di-bimtek yaitu prodi yang terakreditasi C+ dan B+ sesuai dengan hasil analisa data dari BAN-PT. Guru Besar FKH UGM ini juga menyampaikan bahwa selain persiapan secara teknis, penting pula diketahui bahwa prodi yang akan di-bimtek harus memiliki komitmen untuk melaksanakan SPMI agar target 12.000 prodi unggul pada tahun 2016 dapat tercapai.

Silakan unduh:

Materi Bimteks dari Tim Pengembangan SPMI Kemristekdikti Feb-Maret 2016, bersama Panduan SPME Ban-PT Maret 2016 dan Lessons Learnt dari Kelompok 1 Fasilitator.

  1. Peta Masalah Dalam Akreditasi Prrsaodi Berdasarkan Hasil Penilaian Akreditasi – Feb 2016
  2. Lessons learnt kelompok 1 Fasilitator SPMI- Maret 2016
  3. Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi – Feb 2016
  4. Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)- Feb 2016
  5. Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau Akreditasi- Feb 2016
  6. Panduan Sistem Penjaminan Mutu/Akreditasi Pendidikan Tinggi -Maret 2016 oleh BAN-PT atau di SINI

Materi-Materi sebelumnya bisa unduh di :