Mencari Jurnal untuk Publikasi Ilmiah di Elsevier

Pratondo

Bagi dosen (yang juga peneliti), menulis karya ilmiah merupakan salah bagian dari  tugasnya. Berbagai pertimbangan sering digunakan untuk menjatuhkan pilihan jurnal mana yang akan dipilih untuk menjadi tempat publikasi. Melalui blog ini, saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan journal finder untuk jurnal-jurnal dari penerbit Elsevier. Tahapan-tahapan untuk pencarian jurnal tersebut adalah:

  1. Siapkan teks judul dan abstrak. Teks ini akan digunakan mesin pencari yang akan meberikan Anda alternatif jurnal  yang cocok.
  2.  Akses halaman berikut: journal finder
  3. Masukkan judul dan abstrak pada tempat yang tersedia. Di bawah abstrak, beri tanda cek bidang ilmu yang sesuai dengan penelitian Anda.
  4. Pada bagian akhir terdapat check box untuk pilihan
    .
     Jika Anda memilih jurnal yang menyediakan layanan Open Access (isi jurnal dapat di akses gratis, tetapi author disyaratkan membayar sejumlah biaya tertentu) , maka beri tanda cek pada kotak tersebut.
  5. Akhiri form dengan mengklik “Find Journal”.

Anda akan mendapatkan daftar alternatif jurnal dalam sekejap.  Dari hasil pencarian ini, Anda dapat memilih berdasarkan prioritas pilihan dengan men-sorting hasil pencarian berdasarkan:

  1. Kesesuaian teks dengan jurnal (match)
  2. Impact factor (dalam Bahasa Indonesia sering disebut “faktor dampak”, cukup penting untuk mengukur kredibilitas jurnal)
  3. Open access (apakah menyediakan open access atau tidak
  4. Editorial times (ET, waktu untuk me-reviewpaper yang di-submit). Bagi saya sendiri, ET ini cukup penting mengingat menunggu adalah hal yang membosankan, sementara hasilnya belum dijamin, he he…
  5. Acceptance rate (seberapa banyak paper yang telah di-submit akan diterima di jurnal ini)
  6. Production time.

Contoh hasil pencarian ada di gambar berikut.

result

Kalau saya sendiri lebih sering menimbang nomor 2, 4, dan 5. Bagaimana dengan Anda? Selamat mencoba…

Sumber: Pratondo’s blog

Baca juga :

Mencari Jurnal untuk Publikasi Ilmiah di Springer