Pak MenRistekDikti Muhammad Nasir yang kami hormati:

Merujuk ke komentar Bapak di media Repulika online dengan judul :
Menristekdikti: Hanya 239 Kampus dinonaktifkan

Ijinkan kami menanggapi sbb:
1. Website kopertis 12 adalah salah satu Website Pemerintah yang didanai DIPA Kopertis.
2. Semua isi web kopertis 12 bisa dipertanggung jawabkan dunia akhirat
3. Benar pengelola di website pemerintah ini tidak semuanya PNS, ada juga yang berstatus non PNS seperti saya contohnya
4. Kami tidak pernah tampilkan Data tidak resmi yang belum dipublikasi oleh yang berwenang publikasi.
5. Adapun Daftar Perguruan Tinggi Non Aktif Per 29 September 2015 sebanyak 243 kampus bukan data abal-abal atau data karangan masyarakat, itu kami ambil dari portal resmi PDDikti pada tangggal 29 September 2015 pukul 16:00 wib tanpa tambah atau kurang data apapun, dan perlu bapak ketahui data itu diambil tanpa login dan merupakan data yang sudah dipublikasi untuk diteruskan ke publik, jadi bukan kami yang rilis atau umumkan. Begitu juga penjelasan dan solusi yang diberikan tak lain juga bersumber dari Panduan yang terdapat di PDDikti yang memang diedarkan untuk publik.
6. Di postingan tersebut kami tegaskan bahwa angka 243 itu adalah angka dinamis yang posisi berada di tanggal 29 September 2015 pukul 16:00 wib, kami bahkan sertakan cara melihat langsung di website resmi agar masyarakat bisa mengikuti update informasi di PDdikti, penjelasan ada di postingan tersebut di bawah daftar nama.
7. Kami bukan ambil data tanpa detil, malah telah melengkapi dengan penjelasan dan panduan, publik sudah banyak yang ucapkan terima kasih ke kami termasuk kampus non aktf.
8. Kami tegaskan tak ada kami publikasi data yang belum dipublikasikan, data yang kami ambil adalah yang telah dipublikasi PDDikti di forlap.dikti.go.id
9. Sebelum tanggal 29 September 2015 sudah banyak beredar data kampus non aktif yang tak akurat yang tak jelas rujukannya. Tujuan kami post artikel 243  adalah untuk arahkan publik pergunakan data resmi di PDDikti dengan alamat website forlap dikti.go.id
10. Mohon Pak Menteri luangkan 5 menit baca postingan 243 di web kopertis 12, dan angka 239 yang bapak ambil adalah data semalam (sorry bapak lupa cantumkan waktu bapak mengambil data), hari ini tanggal 06 oktober 2015 kampus non aktif sudah berkurang satu lagi pak, bukan 239 lagi, melainkan 238.
11. Sekali lagi kami tegaskan semua data yang kami post di tanggal 29 September 2015 baik angka maupun penjelasan dan panduan bukanlah karangan masyarakat, melainkan diambil dari sumber resmi pemerintah yang bernama PDDikti yang alamat websitenya http://forlap.dikti.go.id/
Kami tempatkan di web ini yang tak lain juga website kopertis milik KemRistekDikti, bukan milik masyarakat.
12. Sekian klarifikasi kami, tak lupa kami ucapkan banyak terima atas perhatian bapak Menteri pada data kampus non aktif. Mohon maaf bila terdapat kekeliruan atau kesalahan kata dalam menyampaikan klarifikasi ini.

Salam dari Pengelola Website Kopertis 12