Status Dosen Tamu

Ada pertanyaan dari seorang dosen:

Menurut permen yg pernah saya baca dosen ada tiga jenis, di antaranya adalah dosen tamu. Pengertian dlm permen tsb sbb : seseorg yg diundang utk mengajar dlm jangka waktu tertentu. Apakah dosen tamu ini memiliki NIDN? Jika tdk yg dimaksud mengajar di sana apakah sama dgn dosen biasa dan luar biasa? Jika sama bagaimana pelaporannya di epsbed (krn pengampu mk hrs ada nidn nya)? Terima kasih.

Tanggapan saya:

Pembagian dosen menjadi dosen biasa, dosen luar biasa, dan dosen tamu adalah produk lama PP no. 60 tahun 1999, setelah pengesahkan UU guru dan dosen yang diundangkan pada tgl 30 Des 2005, produk hukum hanya mengenal dosen tetap dan tidak tetap, kemudian oleh PDdikti dikembangkan jadi dosen tetap, dosen tidak tetap dan dosen honorer, yang perlu dilapor ke PDdikti hanyalah dosen tetap (NIDN) dan dosen tidak tetap (NUPN) oleh PT pemiliknya, sedangkan dosen honorer tak ada ikatan kerja maka tidak perlu dilaporkan.

Mari baca dasar hukum terkait:
– Menurut PP no. 60 tahun 1999 pasal 101 dosen Dosen dapat merupakan dosen biasa, dosen luar biasa, dan dosen tamu.

– Menurut UU no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 48 butir 1, Status Dosen terdiri dari Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap (ini yang jadi rujukan lapor forlap).

– Menurut PP no. 37 tahun 2009 tentang Dosen pasal 1 butir 2, Dosen Tetap adalah dosen yang bekerja penuh waktu (bekerja penuh waktu 40 jam perminggu, rujukan: permendikbud no. 84 tahun 2013 pasal 9 butir 2) yang berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu.

– Menurut Permendikbud no. 84 tahun 2013 pasal 10 butir 3, dosen tetap bisa dikontrak dengan masa kontrak minimal 2 tahun.

Mari maknai dulu pengertian dosen tamu:
1. Dosen tamu adalah seseorang yang berasal dari luar lingkungan PT dan ahli di bidang tertentu untuk kemudian diundang dalam rangka transformasi ilmu kepada mahasiswa.

2. Dosen tamu adalah tenaga pengajar dari perguruan tinggi lain yg diundang oleh suatu perguruan tinggi untuk mengajar dl jangka waktu tertentu.

Sebagaimana kita ketahui dosen tamu yang berasal dari PT lain bisa jadi merupakan dosen tetap yang sudah ada homebase di PT lain (pemilik NIDN) atau dosen tidak tetap (pemilik NUPN yang berhomebase) atau dosen honorer (belum memiliki ikatan kerja dengan PT manapun).

Dari sini penuturan di atas bisa tarik kesimpulan:
– Seorang dosen tamu yang diundang untuk memberi kuliah umum di kampus, hanya diundang untuk beri kuliah umum beberapa jam tapa ada ikatan kontrak, kedatangan mereka karena diundang, maka dia adalah dosen honorer di kampus pengundang sehingga tak perlu lapor di forlap.

– Seorang dosen tamu diundang mengajar di kampus tidak penuh waktu tapi berjadwal, untuk mengampu mata kuliah minimal satu semester, apabila dia sudah berhomebase, tetap berstatus dosen honorer yang ditugaskan PT asalnya, sehingga tidak perlu dimasukkan ke forlap tempat dia diundang. Sebaliknya bila dia belum memiliki homebase di PT lain namun tak bia mengajar penuh waktu, maka dia boleh diajukan NUPN sebagai dosen tidak tetap dan wajib lapor forlap.

– Seorang dosen tamu diundang mengajar di kampus secara penuh waktu, dengan masa kontrak minimal 2 tahun, apabila ybs belum memiliki homebase maka dia boleh mengajukan NIDN sebagai dosen tetap yang tentunya harus lapor forlap. Seandainya berhomebase kan tak mungkin mengajar penuh waktu kan.

Salam, Fitri.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

2 Comments

  1. Sulfianto Ilyas says:

    Adakah aturan yang membahas tentang sistem/prosedur untuk mengundang dosen tamu…Setelah dosen tamu membawakan kuliah, penghargaan apa saja yang dapat diberikan?adakah kisaran honorarium yang akan diberikan kepada dosen tamu?Dana honorarium dapat alokasikan dari sumber dana apa yah?

    Mohon pencerahannya…terima kasih

    • Fitri says:

      Ada dijelaskan di Surat Menkeu No. S-168/MK.02/2014 tentang Standar Biaya Masukan Lainnya di Lingkup Perguruan Tinggi Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (silakan baca kelompok LAIN-LAIN), ya mereka dapat honorer yang tidak boleh melebihi yang ditetapkan dalam Standar Biaya Masukan yang berlaku di Lingkup PTN, besarannya ada di sebutkan dalam edaran ini, ya dana Standar Biaya Masukan ya dari DIPA PTN. Itu untuk dosen tamu PTN. Kalo honor untuk dosen tamu PTS jelas tergantung pada kesepakatan sesuai kemampuan PTS yang mengundangnya.
      http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2014/03/Surat-Sekretaris-III2.pdf

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.