1 ) Kemendikbud Pamerkan Produk Unggulan Perguruan Tinggi

Rabu, 15 Oktober 2014 – 18:23 wib
JAKARTA – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memberikan dukungan terhadap inovasi karya segenap civitas akademika perguruan tinggi. Sejumlah hasil karya yang mendapat pendanaan tersebut ditampilkan dalam pameran produk unggulan di Kemendikbud. Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim menyatakan, pameran tersebut menjadi satu acara besar untuk menampilkan berbagai hasil karya civitas akademika perguruan tinggi. Semua karya tersebut, lanjutnya, berasal dari berbagai bidang dan sudah memiliki hak paten. “Semua ini hasil penelitian dari berbagai bidang. Dari pangan, kesehatan, energi, IT juga ada. Dipilih dari yang menang kompetisi dan sudah terima hak paten,” papar Ainun di Gedung A Kemendikbud Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (15/10/2014).

…dst

2 ) Kuliah Online via Satelit pada 2016

Rabu, 15 Oktober 2014 – 21:05 wib
JAKARTA – Salah satu tantangan utama dalam menyelenggarakan kuliah online atau daring ialah kesiapan infrastruktur, dalam hal ini koneksi internet. Karena sebagian besar perkuliahan dilaksanakan dalam sistem online. Lantas, bagaimana kesiapan konektivitas jaringan internet di Indonesia sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berani meluncurkan kuliah daring? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, pada umumnya koneksi internet di wilayah Indonesia susah cukup baik. “Saat ini koneksi jaringan internet di berbagai wilayah sudah cukup baik. Walaupun memang di sejumlah daerah masih ada yang belum bisa terkoneksi dengan internet,” ujar M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (15/10/2014).

…dst

3 ) Wapres Luncurkan Kuliah Online

Wednesday, 15 October 2014, 18:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Presiden Boediono meluncurkan kuliah dalam jaringan atau “online” yang diselenggarakan enam universitas di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud), Jakarta, Rabu (15/10). “Kuliah dalam jaringan (daring) atau “online” itu bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bangsa Indonesia menjadi insan cerdas dan komprehensif, melalui belajar tanpa batas ruang dan waktu,” ujar Wapres. Selain kuliah online, Wapres juga meluncurkan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang juga berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Wapres Boediono menyambut baik kehadiran Dapodik dan kuliah daring tersebut. “Saya melihat adanya Dapodik, peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk fasilitas pendidikan kini dapat ditelusuri dengan mudah,” katanya.

…dst

4 ) Mahasiswa dari Merauke Jadi Peserta Kuliah Daring Terbanyak di ITS

Wed, 10/15/2014 – 18:28
Jakarta, Kemdikbud – Hampir tiga ribu mahasiswa telah tergabung dalam Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka Terpadu (PDITT). Peserta dari pulau paling timur Indonesia pun tak mau ketinggalan. Diakui Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Triyogi Yuwono, dari 700 peserta kuliah daring yang terdaftar di ITS, paling banyak berasal dari Merauke, Papua. “Dari Musamus, Merauke yang paling banyak,” katanya saat melakukan dialog interaktif dengan Wakil Presiden Boediono pada peluncuran PDITT dan Dapodik, Rabu (15/10/2014). Ada lima mata kuliah yang difasilitasi oleh ITS bagi para mahasiswa kuliah daring di kampus tersebut. Kelimanya adalah, sistem pengendalian otomatis, probabilitas dan proses stokastik, ilmu ukur tanah, metode kuantitatif untuk bisnis, dan struktur beton dasar. Dalam hal penilaian, sama seperti lima perguruan tinggi lainnya, ITS juga menggunakan penilaian tugas kelompok, individu, membuat produk, dan kuis.

…dst

5 ) UI Luncurkan Kapal Pendidikan dan Riset Maritim

Selasa, 14 Oktober 2014 | 04:51 WIB
TEMPO.CO, Depok – Universitas Indonesia (UI) meluncurkan sebuah kapal yang disebut Kapal Pendidikan dan Riset Triwitono di Dermaga Danau Kenanga UI, Depok, Senin, 13 Oktober 2014. Kapal ini merupakan karya dosen Program Studi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UI (FTUI) Hadi Tresno Wibowo yang menerapkan inovasi lambung kapal pelat datar. “Diharapkan dengan hadirnya kapal pelat datar ini mampu mengatasi masalah di bidang pelayaran rakyat dan memicu perkembangan pulau-pulau,” kata Hadi dalam acara peluncuran tersebut, Senin, 13 Oktober 2014. Menurut Hadi, nelayan tradisional Indonesia yang hidup di pulau atau pesisir kerap dihadapkan pada sulitnya aksesibilitas sehingga harga kebutuhan masyarakat menjadi mahal. Saat ini, transportasi di pulau-pulau di Indonesia masih minim.

…dst

6 ) Mendikbud Lantik 14 Rektor, 3 Sekretaris Pelaksana Kopertis dan 2 Direktur Politeknik

Wed, 10/15/2014 – 10:37
Jakarta, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melantik 14 rektor, dua sekretaris pelaksana Kopertis, dan dua Direktur Politeknik. Pelantikan dilakukan di kantor Kemdikbud, Jakarta, pada hari Selasa (14/10/2014). 11 rektor diantaranya berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada hari Senin (06/10/2014) di Surabaya, Jawa Timur. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim tanggal 14 bulan Oktober 2014, saya Mendikbud dengan resmi melantik Saudara-saudara untuk memangku jabatan sesuai dengan keputusan yang telah dibacakan,” disampaikan Mendikbud saat melantik para pejabat tersebut. 11 rektor yang berasal dari PTN yang baru saja diresmikan Presiden adalah Eddy Sumarno Siradj sebagai Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Sari Bahagiarti K sebagai Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Teguh Soedarto sebagai Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur,  Ahmad Akmal sebagai Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Aceh. Een Herdiani sebagai Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Bandung.

…dst

7 ) Kesepakatan Kerjasama Penanganan PPL UPI di Sekolah Indonesia Singapura Ditandatangani

Wed, 10/15/2014 – 11:01
Singapura, Kemdikbud — Duta besar RI untuk Singapura, Andri Hadi, dan Rektor Universitas Pembangunan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata, menandatangani memorandum kesepakatan yang memayungi kerjasama penanganan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah hampir tiga tahun berlangsung di KBRI dan Sekolah Indonesia Singapura (SIS), Senin 13/10/2014. Melalui kerjasama ini setiap semester UPI menempatkan empat mahasiswanya di SIS untuk menjalankan PPL. Dubes Andri Hadi menyatakan bahwa mahasiswa PPL tersebut berkontribusi besar pada pembelajaran di SIS, bahkan juga turut membantu kegiatan pelatihan untuk para PLRT (penata laksana rumah tangga) asal Indonesia, dan kegiatan Rumah Budaya Indonesia. Kedua kegiatan terakhir dilaksanakan juga di SIS. Rektor UPI berharap kerjasama ini dapat diperluas juga ke KBRI lain yang juga mengelola Sekolah Indonesia. Turut menyaksikan penandatanganan ini anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan.

…dst

8 ) Robot Telkom University Raih Penghargaan Kontes Robot Terbang

Wednesday, 15 October 2014, 08:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Robot terbang karya Tim Ababil APTRG dan Tim Bangau dari Telkom University (Tel-U) meraih juara pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014 di Lapangan Udara TNI AU Raci Pasuruan, Jawa Timur. “Tel-U menurunkan empat tim, dua jadi juara dan dua robot lainnya juara kedua dan ketiga,” kata Ketua Tim Pterodrone APTRG Tel-U Yusfi Florianto di Bandung, Rabu (15/10). Pada ajang lomba yang berlangsung 9–12 Oktober 2014 itu empat tim dari Tel-U menyabet juara pada tiap kategori yang dipertandingkan.

…dst

9 ) Akhirnya, 109 Orang Terima Beasiswa Presiden SBY

Wednesday, 15 October 2014, 14:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SENTUL–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu negara Ani Yudhoyono melepas 109 peserta Beasiswa Presiden RI angkatan pertama yang akan segera menempuh pendidikan di sejumlah universitas terbaik di seluruh dunia, “Dari 109 peserta tersebut, 68 orang berasal dari kalangan sipil dan 41 orang berasal dari perwira militer,” kata Menteri Keuangan Chatib Basri, Rabu (15/10). Mereka terpilih dari 3.700 pelamar. Hingga seleksi tahap keempat tersisa 136 orang yang kemudian setelah menempuh tes tahap akhir berikutnya tersisa 109 orang.Ia menambahkan 68 orang tersebut akan melanjutkan pendidikan ke jenjang magister sebanyak 51 orang sementara 17 orang lainnya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang doktor. “Dari kalangan sipil, 29 dari unsur swasta BUMN, 25 dari fresh graduate, 11 akademisi dan tiga PNS,” paparnya. Chatib mengungkapkan, Reini, salah satu lulusan Universitas Diponegoro dengan IPK 3,96 juga merupakan salah satu penerima beasiswa tersebut. Sementara dari unsur militer, 30 orang menempuh jenjang pendidikan sekolah staf dan komando, tujuh orang jenjang magister dan empat orang jenjang doktoral.

…dst

10 ) Unas Dilaporkan Mahasiswa, Komnas HAM Konfirmasi Kopertis

Rabu, 15 Oktober 2014, 09:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) kembali memperdalam informasi terkait penanganan kasus Universitas Nasional (UNAS) yang dilaporkan sekelompok mahasiswa yang merasa dirugikan dengan kebijakan baru. Kali ini Komnas HAM memanggil Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta Prof Ilza Mayuni, untuk mendengarkan penjelasan tentang kebijakan-kebijakan pemerintah khsususnya dibidang pendidikan. “Kami harus mendengarkan penjelasan-penjelasan dari berbagai pihak sebelum menentukan rekomendasi tehadap kasus atau aduan yang kami terima untuk mengetahui secara rinci peraturan pemerintah di bidang pendidikan sebagai bahan untuk mengeluarkan rekomendasi,’’ ungkap Komisioner Komnas HAM Manajer Nasution,Rabu (15/10).

…dst