1 ) UGM Boyong Trofi Juara Umum Pimnas ke-27

Jum’at, 29 Agustus 2014 10:33 wib
JAKARTA – Perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 usai tadi malam. Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memboyong gelar juara umum. Pada kompetisi yang digelar di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, tersebut, ke-61 tim UGM mengoleksi 10 emas, lima perak dan lima perunggu untuk kategori presentasi. Di kategori poster, tim UGM membawa pulang tiga emas, tiga perak dan dua perunggu. Sebagai juara umum, UGM pun berhak memboyong Piala Adhikarta Kertawidya ke Yogyakarta. Di peringkat kedua dan ketiga adalah tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Brawijaya (UB).

…dst

2 ) ABP-PTSI Perjuangkan Penyelenggara PT

28 Agustus 2014
SEMARANG – Asosiasi Ba­dan Pengelola Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) akan memperjuangkan kepentingan badan penyelenggara perguruan tinggi swasta seperti yayasan dan organisasi swasta lain mislanya NU dan Muham­madiyah. Sebab, ada kecenderungan pemerintah akan menyere­gamkan tentang badan hukum tentang penyelenggara perguruan tinggi swasta. ‘’Padahal yang ada keberagaman penyelenggara perguruan tinggi swasta baik yang berupa yayasan, organisasi swasta seperti NU, Muhammadiyah, atau yang bersifat etnis adalah badan penyelengara perguruan tinggi (PT) swasta yang memiliki visi dan misi masing-masing yang tidak bisa diseragamkam,’’ kata Ketua ABP-PTSI Drs Tjuk Subhan Sulhan. Menurutnya, keberadaan asosiasi yang dia pimpin akan membantu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Ap­tisi) untuk memperjuangkan perguruan tinggi swasta agar lebih diperhatikan pemerintah. ‘’Per­temuan ini awal menjelang kongres ABP-PTSI di Solo 2015,’’ ujar Subhan yang didampingi Ketua Badan Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja.

…dst

3 ) Calon Mahasiswi Buta Warna “Ditolak” Unesa

28 Agst 2014 19:48:01
Surabaya (Antara Jatim) – Calon mahasiswi bernama Ari Wahyuning Andriyani yang sempat dinyatakan diterima di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya akhirnya dinyatakan tidak diterima (ditolak), karena buta warna parsial, namun pihak Unesa menawari beralih jurusan/fakultas. “Saya dinyatakan diterima melalui jalur SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) II (jalur mandiri) pada 20 Agustus 2014 lewat pengumuman online,” kata Ari saat ditemani ibunya, Sugihati, untuk menemui Rektor Unesa Prof Warsono di kampus setempat, Kamis. Gadis dari Margomulyo III/19, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto itu mengaku sudah transfer Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama satu semester sebesar Rp5,4 juta dan membayar sewa kamar kos di Ketintang untuk setahun ke depan.

…dst

4 ) September, Unair Banyuwangi akan Diresmikan

Jumat, 29 Agustus 2014, 02:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Universitas Airlangga (Unair) akan meresmikan kampusnya di Banyuwangi, Jawa Timur pada awal September 2014. Untuk tahun akademik 2014/2015, Unair membuka empat program studi dengan 200 mahasiswa. Seleksi mahasiswa masuk, ujar Anas, sudah berlangsung melalui mekanisme nasional beberapa waktu lalu. Jumlah pendaftarnya hampir seribu calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. “Awal September Unair Banyuwangi akan diresmikan dan langsung memulai perkuliahan. Ini akan mendorong pengembangan SDM lokal Banyuwangi,” kata Anas di Jakarta, Kamis, (28/8).

…dst

5 ) Habibie Canangkan Pembangunan Kampus ITH Parepare

Kamis, 28 Agustus 2014, 22:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie meraih penghargaan prestisius yakni Rooseeno Award di Jakarta, Sabtu malam. Penghargaan tersebut merupakan kerja sama Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Biro Oktroi Roosseno. “Pemberian penghargaan ini hasil kesepakatan Dewan Penilai yang terdiri dari Prof Bambang Hidayat, Prof Mardjono Siswosuwarno, Prof Magnis Suseno, Prof Satrio Soemantri Brodjonegoro, dan saya sendiri,” ujar Prof Toeti Heraty. Roosseno Soerjohadikoesoema merupakan BapaK Beton Bertulang Indonesia. Roosseno Menteri Pekerjaan Umum pada Kabinet Ali Sastroamidjojo. Penghargaan Roosseno ini merupakan penghargaan keempat. Program pertama pada 2011 yakni bantuan dana penelitian untuk bidang sains dan teknologi.

…dst

6 ) UMJ Teliti Alat Pemindai Otak Pertama di Dunia

Kamis, 28 Agustus 2014 21:03 wib
JAKARTA – Kerjasama antara C-Tech Labs Indonesia dengan fakultas kedokteran dan kesehatan (FKK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), menjalin riset mengenai ECVT Brain Scan alat pemindai otak pertama di dunia. Pertemuan tersebut kembali merencanakan kerjasama dalam pertemuan khusus yang keempat kalinya sejak pertama kali dilakukan untuk melakukan penelitian bersama. Penelitian tersebut membahas mengenai bidang pemindaian aktivitas otak manusia dengan menggunakan 4D Brain ECVT yang dimiliki oleh C-Tech Labs. Pertemuan berkelanjutan itu diawali dengan penjelasan cara kerja 4D Brain ECVT yang mampu memindai aktivitas otak hingga frekuensi 200 Hz dengan kecepatan 1/2000 detik. Alat ini diklaim menjadi pemindai aktivitas otak manusia tercepat di dunia.

…dst

7 ) Unand Juara 2 Debat Bahasa Inggris Nasional

Jum’at, 29 Agustus 2014 13:03 wib
JAKARTA – Satu lagi prestasi disumbangkan oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Andalas (Unand) di tingkat nasional. Dalam kategori Novice pada National University Debating Championship (NUDC), perwakilan Unand mampu keluar sebagai juara 2. Para mahasiswa yang terdiri dari Rifki Dermawan (FIB), Melati Dwianugrah dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Adjudicatornya Riska Faulina dari FIB itu melewati final bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Mualawarman di Uniba Batam. Peserta NUDC 2014 ini terdiri dari 84 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

…dst

8 ) Dosen UB Wakili Indonesia di Ajang “IFAC”

28 Agst 2014 17:47:35
Malang (Antara Jatim) – Dosen Universitas Brwaijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Yusuf Hendrawan, menjadi satu-satunya delegasi yang mewakili Indonesia sebagai pemateri di ajang Kongres Dunia “the 19th World Congress of The International Federation of Automatic Control” (IFAC). “Di ajang IFAC ini saya menjelaskan dua aplikasi ‘Intelligent Control’, yakni sistem irigasi cerdas (Intelligent irrigation system) dan sistem pencahayaan cerdas (Intelligent Lighting System),” kata Yusuf Hendrawan seperti yang disampaikan dalam rilis yang dikirim Humas UB, Kamis.

…dst

9 ) Cetak Sejarah Unsyiah, 197 Mahasiswa Lulus Cumlaude

Jum’at, 29 Agustus 2014 12:05 wib
JAKARTA – Dalam setiap upacara wisuda, pihak kampus pasti mengumumkan berapa banyak lulusan yang meraih predikat cumlade. Semakin banyak lulusan cumlaude yang dihasilkan sebuah fakultas, tentu akan mengangkat prestise fakultas tersebut di mata almamaternya. Pada upacara wisuda Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dari 1.892 lulusan, 197 di antaranya lulus dengan predikat sangat istimewa atau cumlaude. Dalam pelaksanaan upacara wisuda periode Mei-Juli 2014 itu, sebanyak 56 orang lulus dengan predikat cumlaude dari Fakultas Ekonomi (FE), dari Fakultas Hukum (FH) sebanyak 14 orang, dari Fakultas Pertanian sebanyak sembilan orang, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak tiga orang, serta dari Fakultas Keperawatan sebanyak delapan orang.

…dst

10 ) Diterima PNS, Guru 3T Tetap di Pelosok
Tidak Bisa Jadi Batu Loncatan

Jumat, 29 Agustus 2014 , 07:45:00
JAKARTA – Setelah berjalan lebih dari dua tahun, program sarjana mengajar di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (SM3T) akhirnya mendapatkan pengakuan lebih tinggi. Dalam seleksi CPNS 2014 ini, dialokasikan secara khusus 1.000 lowongan abdi negara untuk peserta program SM3T. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, SM3T adalah program Kemendikbud. Tetapi ketika sudah diangkat menjadi PNS, status kepegawaiannya bukan menginduk ke Kemendikbud. “Para PNS dari saringan SM3T tetap menjadi pegawai daerah dimana mereka ditempatkan,” katanya. Setiawan menuturkan seluruh kuota guru PNS untuk peserta SM3T diperebutkan antar sesama peserta program SM3T. Karena berstatus sebagai pegawai pemda tempat mengajar, maka PNS dari program SM3T tidak bisa memilih sekolah di daerah asal atau di kawasan perkotaan. Program SM3T ini menempatkan sarjana pendidikan yang baru lulus dari PTN seluruh Indonesia, ke daerah-daerah terpencil. Jadi tidak jarang sarjana dari pulau Jawa, mengajar di Maluku atau NTT. Kemudian sarjana pendidikan dari Makassar, banyak yang ditempatkan di pedalaman Papua dan Papua Barat.

…dst

11 ) Guru dan Dosen Tidak Harus Sarjana
Optimalisasi Program KKNI

Rabu, 27 Agustus 2014 , 04:40:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mencari solusi minimnya guru dan dosen produktif untuk SMK dan politeknik. Melalui mekanisme KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), perekrutan guru dan dosen produktif tidak terpaku dari pendidikan formal saja. Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, pemenuhan guru atau dosen produktif memang tidak bisa mengandalkan total pada pendidikan formal. “Misalnya menunggu sarjana keahlian tertentu, belum tentu ada kampus yang mencetak sarjana di bidang itu,” katanya di sela pameran Lomojari (Lomba Motivasi Belajar Mandiri) Jakarta, Selasa (26/8). Dia mencontohkan kebutuhan guru produktif bidang atau keahlian pelayaran atau perikanan. Musliar menuturkan memang ada sekolah kejuruan yang mencetak ahli dua bidang itu, tetapi jumlahnya terbatas.

…dst

12 ) Menkes: Tutup FK Abal-abal
Dituding Hanya Cari Keuntungan Bisni

Jumat, 29 Agustus 2014 , 06:25:00
JAKARTA Menjamurnya Fakultas Kedokteran (FK) di sejumlah kampus ternyata tidak diiringi dengan jaminan kualitas. Sebagian di antara mereka tidak memenuhi persyaratan undang-undang kedokteran. Bahkan, Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi memberi label FK abal-abal. Menurut Nafsiah, FK abal-abal cenderung mengejar aspek komersial dan tidak memperhatikan kualitas pendidikan. Sebab, perbandingan jumlah tenaga pengajar tidak sesuai dengan mahasiswa. Bahkan, FK tersebut tidak memiliki rumah sakit (RS) pendidikan dan labroratorium yang memadai. Saat ini ada 76 FK di tanah air. Celakanya, sebagian di antaranya adalah FK abal-abal. Nafsiah mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menutup FK abal-abal tersebut. “Saya tidak memiliki hak untuk menutup. Saya bilang, kalau memang tidak memenuhi syarat, sebaiknya ditutup saja,” katanya di Jakarta kemarin (28/8).

…dst

13 ) Sanksi Florence ‘Ratu SPBU’ di Komite Etik UGM  

29 Agustus 2014
Jakarta – Rektor Universitas Gadjah Mada, Pratikno, mengatakan sanksi yang akan diberikan kepada Florence Sihombing, mahasiswi S2 dari Fakultas Hukum UGM, akan diserahkan kepada komite etik fakultas tersebut. Menurut dia, komite FH UGM yang tahu hukuman yang paling tepat untuk Florence. “Saya telah membicarakan hal ini dengan dekan FH UGM, dan dia akan berdiskusi dengan jajaran akademisi untuk memberikan sanksi kepada Florence,” kata Pratikno saat dihubungi Tempo, Kamis malam, 28 Agustus 2014. Pratikno menambahkan Florence akan dipanggil oleh fakultasnya pekan depan untuk dimintai keterangan mengenai sikapnya yang dinilai mencela kota Yogyakarta dalam jejaring sosial miliknya. Komite etik FH UGM, kata dia, akan meminta penjelasan terkait bukti yang telah mereka kumpulkan dari cuitan maupun tulisan Florence lainnya.

…dst