Mulai Senin Ini, Kementerian PAN-RB Minta Instansi Pemerintah Umumkan Formasi CPNS

Senin, 11 Agustus 2014 – 07:42 wib oleh DESK INFORMASI

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengharapkan seluruh  instansi pemerintah di pusat maupun daerah mengumumkan  formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mulai hari Senin (11/8)  sampai 24 Agustus 2014.

Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, rincian usulan tersebut diperlukan agar  penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS oleh Menteri PAN-RB kepada instansi dapat dilaksanakan sesuai jadwal,  yakni minggu kedua Agustus 2014. Data terbaru KemenPAN-RB menyebutkan, ada 30 kementerian, 38 lembaga, 28 provinsi, dan 372 kabupaten/kota yang akan mengadakan seleksi CPNS tahun ini,” kata Setiawan di Jakarta, kemarin.

Ia mengingatkan, formasi CPNS merupakan Hal penting yang perlu diketahui bersama untuk melihat instansi mana saja yang membuka lowongan CPNS tahun 2014 ini, dan berapa banyak formasi yang dibutuhkan.

“Memang sangat banyak yang ingin jadi PNS, oleh karena itu bagi yang berencana untuk mendaftar CPNS tahun ini, harus melihat berapa banyak formasi CPNS yang dibutuhkan, untuk bisa menyusun langkah strategis kedepan,” tutur Setiawan

Kebutuhan Formasi CPNS 2014

Menurut data Kementerian PAN-RB, kebutuhan untuk Formasi CPNS 2014 ini masih sangat besar terutama untuk menggantikan kekosongan tenaga PNS di semua daerah dan instansi karena Pensiun, pengunduran diri, dikeluarkan atau meninggal dunia. Selain itu, kebutuhan tenaga PNS masih sangat besar terutama untuk tenaga teknis, tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga penyuluh.Jumlah Instansi yang mendapatkan Alokasi Formasi CPNS 2014 adalah 30 kementerian (1.830 Formasi), 38 lembaga (6.588 Formasi), 400 Pemerintah daerah (PEMDA) (38.824 Formasi) yang terdiri dari 28 provinsi  dan 372 kabupaten/kota.

Pengumuman Formasi CPNS 2014 secara lengkap

mengingat adanya penambahan alokasi formasi CPNS 2014 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 29 Agustus 2014 jika tidak ditunda lagi. Saat ini, Daftar Instansi Pusat maupun daerah yang mendapatkan alokasi Formasi CPNS 2014 sudah bisa dilihat di SINI

Pembagian Formasi CPNS tahun 2014

Berdasarkan info terbaru, Prioritas formasi CPNS 2014 akan diberikan untuk tenaga kesahatan dan tenaga pendidik. Tahun ini Formasi juga akan dialokasikan untuk tenaga PPPK.

Daftar Formasi CPNS Guru
Daftar Formasi CPNS Umum
Daftar Formasi CPNS Tertentu
Daftar Formasi CPNS Peneliti
Daftar Formasi CPNS Instruktur
Daftar Formasi CPNS Dosen
Daftar Formasi CPNS Dokter

Tes CPNS Tahun 2014 ini dilakukan dengan menggunakan sistem CAT CPNS, hanya daerah yang bersedia melaksanakan penerimaan CPNS dengan menggunakan tes CAT yang akan diberikan formasi CPNS.

Instansi yang membuka formasi CPNS, kata Setiawan, dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 – 24 Agustus 2014.  Setiawan menambahkan, instansi wajib mengumumkan secara terbuka peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online atau media cetak.

Setiawan menyebutkan, instansi pusat maupun daerah pada penerimaan CPNS 2014 akan menerapkan ujian CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yaitu ujian yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu komputer. “Instansi pusat dan beberapa pemerintah provinsi dipastikan akan menerapkan sistem CAT CPNS ini,” kata Setiawan.

(WID/Humas Kemen PANRB/ES)

Dicatut Namanya, BKN Tegaskan Tidak Terbitkan Buku Soal Tes CPNS

Kementerian ESDM Buka Lowongan Untuk Mengisi 800 Formasi CPNS

BNN Buka Lowongan 393 CPNS Lulusan D-III dan S-1

Rincian Formasi CPNS Ditetapkan Pekan Ini

Simulasi CAT CPNS Online Mundur ke 20 Agustus

Inilah Daftar Nama Instansi Pemerintah yang Mendapatkan Alokasi Formasi CPNS Tahun 2014

Inilah Daftar Nama Instansi Pemerintah yang tidak jadi melaksanakan Tes CPNS Tahun 2014