BPP-DN untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan tahun 2014
Oleh Septien Prima – 08 April 2014
Kepada Yth.
(Daftar terlampir)
Sebagai upaya meningkatkan kualifikasi akademikpendidik dan tenaga kependidikan, Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali membuka pendaftaran beasiswapendidikan pascasarjana dalam negeri (BPP-DN) untuk alokasi tahun 2014. Program beasiswa ini diperuntukan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tenaga kependidikan tetap pada perguruan tinggi negiri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PNS kantor Kopertis, dan PNS kantor pusat Ditjen Pendidikan Tinggi.
Proses seleksi BPP-DN untuk dosen tidak diperlukan lagi penetapan status oleh perguruan negeri/Kopertis pemilik dosen. Namun demikian, dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi negeri tetap harus mendapat ijin tugas belajar dari pemimpin perguruan tinggi/Kopertis asal (format ijin terdapat dalam Pedoman BPP-DN 2014). Sementara itu, unruk PNS kantor Kopertis dan Kantor Pusat Ditjen Dikti harus mendapat ijin tugas belajar dari sekurang-kurangnya pejabat eselon2 pada institusi asal PNS yang bersangkutan.
Untuk mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015, tahun 2014 ini hanya diberikan kepada mereka yang memulai kuliahnya pada semester ganjil/bulan September 2014. Bagi dosen tetap kami mohon agar segera memastikan daftar riwayat pendidikan pada database (forlap.dikti.go.id) telah terisi dengan lengkap sebelum melakukan proses pendaftaran secara daring (online).
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk memberikan informasi ini kepada dosen tetap dan tenaga kependidikan sebagaimana dimaksud di atas untuk segera mendaftar BPP-DN tahun 2014 melalui laman http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn mulai 31 Maret sampai dengan 30 Mei 2014. Pedoman BPP-DN dapat diunduh di laman http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn dan http://studi.dikti.go.id
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.
Selengkapnya silakan unduh:
Berkaitan dengan surat Direktur Diktendik No 583/E.4.4/2014 ttg BPP-DN untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan tahun 2014 tertanggal 7 April 2014, khususnya yg berkaitan dgn instruksi untuk dosen tetap agar segera memastikan daftar riwayat pendidikan pada data base PDPT (forlap.dikti.go.id) telah terisi dengan lengkap sebelum melakukan proses pLndaftaran secara daring (on-line), maka ada beberapa hal ingin saya tanyakan sekaligus mohon petunjuk, diantaranya :
1). Sesuai data dasar pada forlap.dikti.go.id atas nama saya (Marthen Anthon Pentury), telah tertera disitu sebutan gelar M.Sc dan pendidikan tertinggi adalah S2 tetapi mengapa pada daftar riwayat pendidikan masih tetap S1. Ketika saya tanyakan ke operator epsbed, katanya semua data sdh di upload tetapi katanya juga bahwa belum bisa terinput dalam system karena datanya masih ada pesan menunggu….bingung saya, kok datanya bisa menunggu sampai sdh hampir 4 tahun lebih setelah saya selesaikan S2 ????? salah saya apa hingga bisa seperti ini !!!! info tambahan : Saya sdh lulus SERDOS sejak tahun 2011.
2). Dengan kondisi seperti dijelaskan diatas, apakah saya masih bisa punya kesempatan untuk mendaftar BPP-DN tahun 2014 ? Jika memang tidak bisa karena alasan riwayat pendidikan pada laman forlap.dikti.go.id yg belum lengkap MAKA apa yg harus saya perbuat JIKA operator epsbed punya jawaban seperti itu ???
3). Ketika saya mencari solusi melalui operator EPSBED Kopertis 12, jawabanya adalah lapor operator EPSBED PTS ybs dan saya juga sdh katakan permasalahan yg sama pada point 1 diatas TAPI ybs juga TIDAK BISA berbuat apa2. Dengan demikian, dimanakah lagi SAYA HARUS MELAPOR & MENGADU NASIB Riwayat Pendidikan saya itu ????
4). Akhirnya saya hanya menyerah pada keadaan dan pasrah atas sikap dan tindakan operator EPSBED PTS tempat saya mengabdi yg semena2 seperti itu !!!
MOHON KEBIJAKAN dari Kopertis dan Direktur DIKTENDIK beserta Staf…
Salam Hangat Dari Papua…
ttd
Marthen Pentury
Dik Marthen Pentury, saya tak yakin sudah 4 tahun masih status diajukan, karena pada saat laman http://evaluasi.dikti.go.id pindah ke http://pdpt.dikti.go.id/ kebanyakan pengajuan yang masih status diajukan terhapus dan harus diajukan kembali.
Dan setahu saya informasi di data dasar yang jadi rujukan untuk verifikasi kelayakan pemberian beasiswa atau serdos. Namun bila masih ada keraguan bisa minta operator PTS ajukan usulan kembali melalui menu PDD di http://pdpt.dikti.go.id, sekarang proses bisa lebih cepat karena validasi data dosen langsung oleh kopertis (mereka sudah difasilitas akun untuk validasi baru-baru ini oleh Diktendik), data yang sudah validasi diajukan mereka ke Dikti, bisa banyak menghemat waktu karena ajuan mereka sudah ada jadwalnya diproses petugas Diktendik Dikti, silakan hubungi Pak Doel di kopertis XII untuk dibantu usulan adik.
Sukses selalu, Fitri.
Iya Bunda Fitri, terima kasih atas komentar dan usul-saranya…akan segera di laksanakan…sukses selalu utk Bunda….