1 ) Kejaksaan Terus Usut Penjualan Aset UGM

Minggu, 06 April 2014 | 16:24 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Meski Universitas Gadjah Mada tidak mengakui lahan yang dijual adalah asetnya, tapi Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta yakin bahwa lahan itu milik universitas. UGM menyatakan lahan di Plumbon, Banguntapan, Bantul, itu milik Yayasan Pembina Fakultas Pertanian. Bahkan menuding Kejaksaan Tinggi DIY tergesa-gesa menetapkan status penyelidikan menjadi penyidikan. “Kasus penjualan lahan UGM jalan terus,” kata Suyadi, Kepala Kejaksaan Tinggi DI Yogyakarta Suyadi, Minggu, 6 April 2014. Para penyidik akan segera menyita barang bukti dari Fakultas Pertania ,dan Yayasan Pembina Fakultas Pertanian dalam waktu dekat. Saksi-saksi dari desa dan UGM telah dipanggil untuk dimintai keterangan. Barang bukti itu, di antaranya, berupa buku bukti kepemilikan lahan, kuitansi penjualan lahan, dan lain-lain. Saat ini lahan itu ditempati warga. Sebab, lahan seluas 4.000 meter persegi tersebut sudah dibeli pengembang perumahan. Menurut Suyadi, jika tidak mengakui lahan itu asetnya, UGM bisa jadi belum mengetahui. Sebab, lahan itu memang secara administrasi masuk dalam asetnya. Namun, jika ditelusuri, lahan yang dulu untuk praktek mahasiswa Fakultas Pertanian dan Kehutanan itu milik UGM. Saat UGM menelusuri aset-aset yang belum jelas pada 2000, justru lahan itu diklaim masuk aset yayasan, yang pengurusnya para dosen.

…dst

2 ) Penegerian PTS Berbuntut Masalah Gaji dan Status Kepegawaian

Minggu, 06 April 2014 , 07:24:00
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru saja meresmikan penegerian tujuh kampus swasta. Entah kebetulan atau tidak, jumlahnya cocok dengan nomor Partai Demokrat. Upaya penegerian PTS itu ternyata diiringi persoalan baru, yaitu status kepegawaian dosen dan karyawan lainnya. Ketujuh PTS yang telah dinegerikan itu adalah Universitas Teuku Umar di Aceh; Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah; Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat; Universitas 19 November, Kolaka, Sulawesi Tenggara; Politeknik Negeri Subang, Jawa Barat; Politeknik Negeri Ketapang, Kalimantan Barat; dan Politeknik Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Selama ini proses penegerian PTS menjadi domain dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) untuk status kepegawaiannya. Adakalanya status penegerian secara kelembagaan di Kemendikbud beres. Tetapi urusan kepegawaian di Kemen PAN-RB belum.

…dst

3 ) Ketua KPK: Korupsi di Indonesia Alami Evolusi

Minggu, 06 April 2014 08:10
Liputan6.com, Jakarta- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan kasus korupsi di Indonesia telah mengalami evolusi dan metamorfosa dengan para pelaku yang berasal dari kalangan generasi muda. “Zaman dulu yang melakukan korupsi adalah orang-orang di atas 40 tahun, sekarang para pelakunya dari kalangan generasi muda. Jadi korupsi di Indonesia telah mengalami evolusi,” katanya pada seminar “Masa Depan Pemberantasan Korupsi Perspektif Hukum dan Politik” di Universitas Muhamadiyah Magelang di Magelang, Sabtu. Ia mencontohkan terpidana kasus korupsi Hambalang Nazarudin masih relatif muda, usianya 32 tahun, dan pelaku korupsi di pegawai pajak yang ditangkap KPK malah berusia lebih muda lagi, yakni 29 tahun. Menurut dia, korupsi juga mengalami metamorfosa. Pada masa lalu, korupsi dilakukan dengan cara sederhana dan tradisional, seperti pungutan liar terhadap pembuatan KTP. Saat ini, katanya, berubah wujud menjadi kejahatan yang canggih, dilakukan orang-orang berpendidikan tinggi, dan sulit terdeteksi hukum biasa, seperti tindak pidana pencucian uang. Oleh karena itu, katanya, harus menggunakan metode yang tidak biasa untuk menangani kasus korupsi di Indonesia. Ia mengemukakan jika masih dengan metode biasa maka penegak hukum tidak mungkin bisa memberantas kasus korupsi di Indonesia. Pada 2011-2015, KPK telah menyusun “roadmap” pemberantasan korupsi agar tidak bekerja serampangan.

…dst

4 ) Indonesia Resmi Gabung Open Government Partnership

Dibuat pada 04 April 2014
JAKARTA – Indonesia secara resmi menjadi anggota pada Open Government Partnership, yaitu suatu kemitraan untuk mendukung kemajuan dan keterbukaan pemerintah. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan transparansi, partisipasi publik, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan sistem pemerintah sebagai konsekuensi dari suatu negara demokrasi. Open Government Partnership merupakan suatu kemitraan yang dibentuk pada bulan September 2011, dan bertujuan untuk mendukung kemajuan keterbukaan pemerintah sesuai dengan aspirasi dan komitmen nyata sebagaimana dicanangkan oleh setiap negara anggota. Penetapan Indonesia sebagai bagian dari Open Government Partnership tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2014 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 Maret 2014.

…dst

5 ) Unpad Bantu Petani “Pikul” Hasil Panen

Minggu, 06 April 2014 09:09 wib
JAKARTA – Selama ini, warga Kampung Gandok, Desa Suntenjaya, Lembang menggunakan cara tradisional untuk mengangkut hasil tani mereka, yakni dipanggul. Padahal, mereka harus menempuh jarak sejauh 500 meter dengan medan yang sangat terjal. Melihat kondisi tersebut pun mengilhami Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung untuk membantu dengan menghasilkan transportasi angkut modern. Alat angkut berupa smart cable car itu diharapkan dapat memudahkan para petani Cigandok untuk mengangkut hasil tani mereka.Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpad Wawan Hermawan mengungkapkan, pembuatan alat itu merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Unpad. Berdasarkan observasi, selama ini petani harus menempuh jarak sekira 500 meter dengan kondisi jalan tanah dan berbukit untuk mengangkut hasil sayurnya dengan cara ditanggung.

…dst

6 )  Akademi Perkeretaapian Madiun Dapat Izin Kemendikbud

06 Apr 2014 09:39:00
Jakarta (Antara) – Kementerian Perhubungan menyatakan Akademi Perkeretaapian Indonesia di Madiun, Jawa Timur, telah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Izin dari Dikti Kemendikbud sudah kita kantongi,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub Santoso Eddy Wibowo dalam keterangan resmi Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima Antara di Jakarta, Minggu. Menurut dia, pihaknya tinggal menunggu penyelesaian izin dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara untuk masalah kelembagaan dan struktur organisasi. Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun dibangun dengan dana sekitar Rp300 miliar. Selain itu, kampus itu diharapkan bakal menjadi pusat pengembangan para tenaga ahli bidang perkeretaapian yang akan memberikan kontribusi terhadap industri perkeretaapian nasional. (*)

…dst

7 ) Indonesia ingin pertukaran pemuda dengan Tiongkok ditingkatkan

Sabtu, 5 April 2014 10:24 WIB
Beijing (ANTARA News) – Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo menginginkan pertukaran pemuda, pelajar dan mahasiswa antara Indonesia dan Tiongkok dapat ditingkatkan di masa datang untuk lebih mempererat hubungan kedua bangsa. Pertukaran pemuda antara kedua negara, kedua bangsa sangat penting untuk mendukung hubungan yang semakin baik di masa datang, katanya, saat bertemu dengan Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Ma Miqiang Jumat malam. Direktur Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Pusat ASEAN-Tiongkok Tri Purnajaya menambahkan selain pertukaran pemuda, pelajar dan mahasiswa Indonesia juga berharap agar fasilitas bea siswa juga ditingkatkan.  “Sehingga makin banyak pelajar Indonesia yang belajar ke Tiongkok begitu pun sebaliknya, sehingga saling pemahaman kedua negara, kedua bangsa akan terjalin semakin baik pula,” katanya.

…dst

8 ) Himpunan Alumni IPB Dorong Lahirnya Petani Muda

Minggu, 06 April 2014, 23:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG — Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) mendorong lahirnya petani muda mengingat adanya kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian di pedesaan. “Penurunan jumlah tenaga kerja produktif di sektor pertanian selama 10 tahun terakhir bukanlah satu kenyataan menggembirakan, karena tenaga kerja yang hilang itu bukannya terserap ke sektor industri pengolahan hasil pertanian, tetapi justru berpindah ke sektor-sektor lain yang tidak ada urusannya dengan persoalan pertanian,” kata Ketua Umum HA IPB Bambang Hendroyono, pada Musyawarah Daerah DPD HA-IPB Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Minggu. Ia menegaskan pentingnya alumni IPB untuk berperan dalam melahirkan generasi baru petani Indonesia, langkah itu merupakan salah satu konsentrasi utama dari organisasi HA IPB.

…dst

9 ) Lokakarya Unika-De La Salle University
Daur Ulang Menghemat Biaya Perbaikan Rumah

07 April 2014
SEMARANG – Lima rumah sederhana di Kalialang, Keca­matan Gunungpati, Semarang, dengan kondisi sangat memprihatinkan dan jauh dari layak huni, baru-baru ini dijadikan kasus studi lokakarya kolaboratif mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata dan College of Engineering Architec­ture and Technology De La Salle Univer­sity, Dasmarinas, Filipina. Implementasi dari lokakarya berbasis ekoarsitektur selama lima hari tersebut melibatkan delapan mahasiswa College of Enginee­ring Architecture and Technology De La Salle Univer­sity Dasma­rinas Filipina, dan 15 mahasiswa Prodi Arsitektur dan Desain serta Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegija­pranata.
‘’Kami mengusung konsep reuse and recycle building materials, sehingga perbaikan rumah itu menghemat biaya dan energi, serta menyesuaikan kemampuan ekonomi penghuninya,’’ kata  Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain Ir  IM Tri Hesti Mulyani MT, Minggu (6/4).

…dst

10 ) Lahan 40 Ha untuk Politeknik Negeri, Pendaftaran Calon Mahasiswa Dibuka

Kamis, 03/04/2014 – 19:09
SUBANG, (PRLM).- Pemerintah Kabupaten Subang telah menyediakan lahan seluas 40 hektare di Kecamatan Cibogo bagi pembangunan Kampus Politeknik Negeri. Rencananya proses pembangun fisik kampusnya akan berlangsung selama tiga tahun ke depan. Namun demikian penerimaan calon mahasiswa angkatan pertama akan mulai tahun 2014 ini, sementara perkuliahannya akan menggunakan dua sekolah SMA. Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurakhman membenarkan pendirian politeknik negeri di Subang sudah ada kepastian, dan Pemkab Subang telah menyediakan lahan seluas 40 hektar di Blok Kalenbanteng, Padaasih Kecamatan Cibogo. Malahan penerimaan calon mahasiswa angkatan pertama akan dimulai tahun 2014. Selain itu direkturnya juga sudah ditetapkan oleh pusat, yaitu Ridwan mantan Direktur Politeknik Negeri Lampung.”Pembangunan kampus, pengelolaannya menjadi kewenangan pusat. Kami hanya menyiapkan lahan, dan akan mendapat manfaat besar dengan adanya politeknik itu. Apalagi program studi yang dibuka sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Subang,” ujarnya.

…dst