1 ) Mendikbud: Bidik Misi Pascasarjana Diluncurkan 2 April

Sabtu, 29 Maret 2014 21:51 WIB
Semarang (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan bahwa program beasiswa bagi penerima Bidik Misi yang akan melanjutkan pendidikan ke pascasarjana, diluncurkan 2 April 2014. “Insya Allah nanti tanggal 2 April 2014, kami akan luncurkan beasiswa bagi adik-adik penerima Bidik Misi yang sudah lulus untuk melanjutkan ke strata 2 (S-2) maupun S-3,” katanya di Semarang, Sabtu. Hal itu diungkapkannya usai menyampaikan orasi ilmiah Dies Natalis Ke-49 Universitas Negeri Semarang (Unnes) di auditorium universitas konservasi tersebut. Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu menjelaskan pemberian beasiswa Bidik Misi lanjutan itu dimaksudkan untuk mengapresiasi para penerima Bidik Misi S-1 yang berprestasi. “Sekaligus kami ingin membuktikan bahwa orang-orang yang berasal dari keluarga tidak mampu, ternyata bisa (menempuh pendidikan, red.) sampai menjadi magister, bisa sampai doktor,” katanya.

…dst

2 ) Setengah Juta Siswa Diusulkan Dapat Bidik Misi 2014

Minggu, 30 Maret 2014 , 07:21:00
JAKARTA – Program beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidik misi) ternyata benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Buktinya hingga ditutup pada 28 Maret lalu, ada setengah juta siswa yang direkomendasikan mendapatkan beasiswa untuk keluarga miskin itu. Data pasti siswa yang direkomendasikan sekolah untuk mendapatkan bidik misi di website resmi bidik misi berjumlah 561.422 orang. Sedangkan kuotanya hanya ditetapkan 60 ribu mahasiswa saja. Jika semua siswa itu melamar masuk PTN, maka tingkat persaingannya adalah 1:9. Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2014 mencatat hingga tadi malam, jumlah pemohon bidik misi yang tuntas mendaftar masih 147.491 orang. Itu artinya belum semua siswa yang direkomendasikan mendapatkan bidik misi, menuntaskan pendaftaran. Sementara pendaftar SNM PTN 2014 secara keseluruhan berjumlah 731.553 orang. Jumlah ini akan terus bertambah, hingga ditutup 31 Maret besok. Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) pantia pusat SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, rekomendasi penerima bidik misi memang ditutup lebih awal ketimbang penutupan pendaftaran SNM PTN 2014. “Pengajuan bidik misi ditutup 28 Maret, sedangkan pendaftaran SNM PTN 2014 ditutup 31 Maret,” katanya kemarin.

…dst

3 ) Beredar Surat SBY untuk Mahasiswa Bidikmisi 

Minggu, 30 Maret 2014 | 16:56 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi ikut mengubah jalannya sejarah. “Bayar dan tebuslah apa yang telah negara berikan kepada kalian semua,” kata Presiden SBY dalam surat yang dikirimkan ke mahasiswa penerima beasiswa di Bandung, Jawa Barat, Ahad, 30 Maret 2014.  SBY menyurati para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah. Surat diserahkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso di Aula Barat ITB, Ahad, 30 Maret 2014. SBY hari ini datang ke Bandung untuk berkampanye di Lapangan Tegalega. Dalam kampanyenya, SBY mengajak kadernya untuk tidak berkampanye negatif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumpulkan lebih dari 200 mahasiswa perwakilan berbagai kampus di Aula Barat ITB, Bandung, Jawa Barat. Mereka adalah penerima beasiswa Bidikmisi dari ITB, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Politeknik Negeri Bandung.

…dst

4 ) Mendag Lecehkan Petani dan IPB

Diterbitkan pada Sabtu, 29 Maret 2014 18:18
LINTAS7.COM-JAKARTA-Karena keengganannya menolak impor pangan, Menteri Perdagangan yang belum lama dilantik, M. Lutfi dianggap melecehkan petani Indonesia.Dalam pembukaan Agrinex Expo Ke-8 di JCC, Menteri Perdagangan M. Lutfi enggan menanggapi permintaan panitia untuk mengurangi impor pangan Indonesia. “Atas nama 230 juta rakyat Indonesia, impor pangan akan tetap saya jalankan di sisa akhir masa pemerintahan SBY,” ujarnya. Justru M. Lutfi menyalahkan, Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dianggapnya tidak mampu melahirkan petani, tetapi justru bankir dan wartawan. Menurutnya itu sebuah kegagalan IPB dalam memajukan pertanian Indonesia. Pernyataan Menteri Perdagangan menuai kecaman dari Himpunan Alumni IPB, Bayu A. Yulianto, selaku Humas HA IPB menyatakan, bahwa pernyataan Lutfi itu menyesatkan. “Bagaimana mungkin kebijakan impor pangan yang membuat kita tidak berdaulat di negeri  sendiri, dijalankan dengan mengatasnamakan 230 juta rakyat Indonesia. Ini pelecehan terhadap para petani Indonesia, rakyat yang mana yang diklaim oleh Lutfi?” kata Bayu.

…dst

5 ) Ciptakan Obat Luka Inovatif Tim ITB Raih Juara Pertama pada CPDC 2014

Minggu, 30 Maret 2014
BANDUNG, itb.ac.id – Setelah melewati beberapa tahap penyisihan sejak Desember 2013, tim dari Teknik Kimia ITB yang terdiri dari Hilman Prasetya, Anggi Febrina, Yohanes Rico (Teknik Kimia 2010), dan Anggoro Bintang (Teknik Industri 2010) berhasil meraih juara ke-1 dalam Chemical Product Design Competition (CPDC) 2014. Kompetisi ini merupakan kompetisi perancangan produk kimia yang telah 6 kali diselenggarakan oleh Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI) dan pada tahun sebelumnya turut dimenangkan oleh perwakilan ITB. Babak final perlombaan yang berskala Asia Tenggara ini diselenggarakan di Perpustakaan Pusat UI selama tiga hari pada Jum’at-Senin (07-09/03/14) lalu.

…dst

6 ) Bikin Bahan Bakar dari Air, Penelitian Tulus Terkendala Dana & Fasilitas

Minggu, 30 Maret 2014 15:01 wib
JAKARTA – Selama ini, mayoritas bahan bakar kendaraan bermotor berupa minyak bumi. Nah, apa jadinya jika sepeda motor ataupun mobil Anda menggunakan air sebagai bahan bakar? Tidak percaya? Inovasi tersebut lahir dari tangan staf pengajar Departemen Fisika Universitas Sumatera Utara (USU), Tulus Ikhsan. Dia membuat penemuan berupa bahan bakar air plus bioethanol. “Cadangan minyak bumi dunia khususnya di Indonesia semakin tipis sehingga menimbulkan efek gas rumah kaca dari berbagai jenis kendaraan berbahan bakar minyak,” ujar Tulus, seperti disitat dari situs USU, Minggu (30/3/2014). Dia menyebut, isu-isu strategis tersebut yang kemudian menjadi dasar penelitian itu. Tulus merasa harus ikut berperan aktif dalam mencegah peningkatan pemanasan global dengan meningkatkan pengurangan emisi sebesar 26 persen menjadi 41 persen pada 2020. Sayang, penelitian yang dilakoni Tulus sejak tujuh tahun silam terganjal dana dan keterbatasan fasilitas. Namun, semangat dari para mahasiswa Departemen Fisika USU menjadi suntikan motivasi untuk terus berjuang.

…dst

7 ) Mahasiswa Universitas Paramadina Curhat Ikut HNMUN 2014

Minggu, 30 Maret 2014 13:15 wib
JAKARTA – Ajang bergengsi Harvard National Model United Nations (HNMUN) kembali digelar. Tidak ingin berdiam diri, Universitas Paramadina mengirimkan 15 mahasiswanya untuk beradu dengan 5 ribu delegasi lain dari berbagai negara di seluruh dunia. Ke-15 mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) itu pun bertolak menuju Amerika Serikat (AS) pada 13-16 Februari lalu untuk memenuhi ajang yang tercetus dari Harvard University setiap tahunnya. Menurut salah satu delegasi, yaitu Farah Ahmeddian, tahun ini merupakan kali ke-62 pelaksanaan HNMUN dilaksanakan. Sama seperti HNMUN sebelumnya, setiap delegasi menjadi representasi suatu negara untuk isu tertentu.

…dst

8 ) NU Sudah Bangun 8 Universitas

Minggu, 30 Maret 2014, 03:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU — Organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama (NU) telah membangun delapan universitas di Tanah Air, kata Ketua Umum PBNU Dr KH Said Aqil Sirodj MA di Mamuju, Sabtu (29/3). “Selama saya menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah dibangun delapan universitas tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” katanya pada pelantikan pengurus wilayah NU Provinsi Sulbar. Secara keseluruhan, NU telah memiliki 17 universitas di Indonesia yang akan membantu percepatan meningkatnya pendidikan bangsa ini. “NU membangun universitas sebagai wujud kepedulian pentinnya pendidikan dibangun di negara ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

…dst

9 ) Gedung I Unand Habiskan Dana Rp20 Miliar

Minggu, 30 Maret 2014, 15:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Pembangunan gedung I Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), telah menghabiskan dana lebih kurang Rp20 miliar sejak mulai konstruksi 2013 lalu. “Dana Pembangunan gedung I Unand ini murni dari APBN bahkan sekitar satu milyar merupakan pendapatan sendiri Unand,” kata Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Minggu. Ia menyebutkan selain gedung perkuliahan seperti yang lain, pada bangunan ini juga ada ruang kelas atau seminar yang gayanya berbentuk tempat pertunjukkan atau bioskop. Ia mengatakan secara khusus ruangan ini memang bertujuan untuk menggelar berbagai pementasan seni atau menonton bersama seluruh civitas akademika kampus. “Diskusi, seminar hingga kuliah umum bersama juga tetap bisa diadakan di gedung I ini,” katanya.

…dst

10 ) Iluni UI desak amendemen UUD 1945 dikaji ulang

Minggu,  30 Maret 2014  ?  00:47 WIB
Sindonews.com – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) mendesak amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dikaji ulang. Pasalnya, banyak pasal yang tidak menjiwai semangat Pancasila dan UUS 1945 itu. Ketua Iluni UI Chandra Motik Yusuf mengatakan, kemerdekaan yang selama ini diperjuangkan belum bisa membuat rakyat Indonesia sejahtera. Pasalnya, dari segala spek yang ada, Indonesia masih lemah. “Kondisi negara kritis, sarat dengan persoalan, antara lain lemahnya penegakan hukum, oligarki partai, kartel ekonomi, korupsi, infrastruktur, kesehatan, keragaman, dan pendidikan,” kata Chandra di Depok, Sabtu (29/3/2014). Selain itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menilai, tidak ada yang salah dengan UUD 1945. Menurutnya, yang bertugas melakukan pengkajian ulang amendemen adalah generasi muda. “Tugas para generasi bangsa adalah sebagai leadership yang bagus, memperbaiki ketatanegaraan dan UUD yang lebih baik dengan melakukan perubahan dan penyempurnaan amendemen,” ujarnya.

…dst

11 ) Unair Miliki Sekolah Vokasi

28 Mar 2014 17:02:11
Surabaya (Antaram Jatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memiliki Sekolah Vokasi yang merupakan penggabungan dari 18 program studi diploma pada 15 fakultas yang ada dalam satu unit pengelolaan. “Tidak hanya digabungkan, tapi juga ditingkatkan,” kata Wakil Rektor I Unair Prof Dr H Achmad Syahrani MS Apt di sela-sela pelantikan dekan sekolah vokasi Unair di kampus setempat, Jumat. Didampingi Kepala Pusat Informasi Studi dan Humas Dr MG Bagus Ani Putra Psi, ia menjelaskan prodi diploma itu ditingkatkan menjadi Diploma-4 (setara S-1), Magister Terapan, dan Doktor Terapan. “Prodi D-3 yang sudah siap menjadi D-4 atau setara S-1 ada tiga prodi yakni batra (pengobat tradisional), radiologi, dan fisioterapi. Kalau D-4 sudah ada, maka alih jenjang akan ditiadakan,” tuturnya.

…dst