1 ) Tak Terpengaruh Pemilu, Kemdikbud Tetap Salurkan BOS, BSM, dan Beasiswa Bidikmisi

Jumat, 28 Maret 2014 – 22:39
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menegaskan, tetap akan menyalurkan dana Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi), dan bantuan dana rehab sekolah, pada tahun anggaran 2014 ini tanpa terpengaruh jadwal Pemilu. “Yang tidak boleh itu kalau bantuan sosial dipakai sebagai alat politik praktis. Itu tidak boleh,” tegas Mendikbud Muhammad Nuh di Jakarta, Kamis (27/3). Penegasan itu disampaikan Mendikbud menanggapi surat yang dikirimkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang mengusulkan kepada presiden untuk menunda pencairan dana bansos kementerian sampai Pemilu 2014 usai. Mendikbud menegaskan, bansos di Kemdikbud yang antara lain berbentuk BOS, BSM, Bidikmisi, dan bantuan dana rehab sekolah sudah menjadi kebutuhan dasar bagi peserta didik, sekaligus terdapat hak anak yatim dan anak tidak mampu. Karena itu, tidak pada tempatnya menunda pencairan dana bansos itu hanya karena alasan pemilu semata.“Kita tidak boleh menyandera hak-hak orang karena pemilu. Prinsip kementerian (Kemdikbud) seperti itu,” tegasnya.

…dst

2 ) Mahasiswa UGM Bisa Kuliah Satu Semester di UI & ITB

Jum’at, 28 Maret 2014 09:09 wib
JAKARTA – Tiga perguruan tinggi terkemuka, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka peluang pertukaran mahasiswa dan dosen. Kerja sama Tripartit itu memungkinkan masing-masing mahasiswa mengambil kuliah satu semester di perguruan tinggi di luar kampus mereka.“Ide pertukaran mahasiswa S-1 sudah digagas sejak lama namun masih tertunda karena kendala di Senat Akademik masing-masing. Kami harap masalah ini bisa diselesaikan tahun ini,” kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Tripartit UGM Danang Parikesit, seperti disitat dari situs UGM, Jumat (28/3/2014). Menurut Danang, program pertukaran mahasiswa antarketiga perguruan tinggi ini bisa segera dilaksanakan apabila mendapat dukungan dari Senat Akademik untuk mengakui Satuan Kredit Semester (SKS) dari perguruan tinggi yang lain. Dia menilai, banyak manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa dengan adanya program tersebut.

…dst

3 ) IPB Gandeng Adelaide University untuk Program Double Degree

Sabtu, 29 Maret 2014 15:13 wib
JAKARTA – Program double degree bukanlah hal baru yang ada di perguruan tinggi. Program tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengikuti pendidikan di kampus berbeda, baik dalam maupun luar negeri selama kurun waktu tertentu. Sehingga ketika lulus, mereka pun akan mendapatkan dua ijazah dari kampus berbeda. Institut Pertanian Bogor (IPB), misalnya yang menggandeng Adelaide University, Australia sebagai partner untuk program double degree. Guna mengawali kelanjutan kerjasama tersebut, President of The University of Adelaide Warren Bebbington pun menyambangi IPB dan memberikan kuliah umum. Dalam kuliah umum tersebut, Bebbington mengajak peserta mahasiswa untuk bisa  kuliah di Adelaide University. “Adelaide University merupakan perguruan tinggi  kelas dunia terutama dalam bidang kedokteran dan pertanian,” tutur Bebbington, seperti dinukil dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (29/3/2014).

…dst

4 ) Mau Lolos Seleksi S-3 ke Aussie? Contek Tips Ini

Sabtu, 29 Maret 2014 18:00 wib
JAKARTA – Banyak mahasiswa Indonesia yang menunjuk Australia sebagai destinasi untuk melanjutkan pendidikan, tidak terkecuali bagi program doktoral. Namun, untuk dapat menembus seleksi masuk bukanlah hal yang mudah. Selain persyaratan administratif yang cukup ketat, calon penempuh studi juga harus mampu menawarkan nilai lebih mereka yang dituangkan dalam sebuah proposal penelitian. Nah, untuk membantu para mahasiswa Indonesia lolos dalam seleksi, University of New South Wales (UNSW) Australia pun berbagi tips jitu mereka di Universitas Islam Indonesia (UII). Associate Director International Relations UNSW Kirrille Hughes menjelaskan, program doktoral di universitas-universitas Australia memiliki perbedaan dengan program serupa yang dijalankan di Indonesia. Salah satunya kewajibkan porsi riset yang lebih besar kepada para calon mahasiswanya sehingga mereka harus menulis proposal penelitian yang diajukan kepada pengelola program sejak awal. “Proposal inilah yang menjadi kunci bagi para mahasiswa untuk menempuh studi di sana. Sebab universitas hanya akan menerima peserta yang mampu menyajikan proposal penelitiannya secara menarik dan potensial dikembangkan menjadi riset bermutu,” ujar Hughes, seperti disitat dari situs UII, Sabtu (29/3/2014).

…dst

5 ) IPB-Unud Teliti Plankton Lewat DNA

Sabtu, 29 Maret 2014 09:15 wib
JAKARTA – Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerjasama dengan Universitas Udayana (Unud) Bali dan Indonesian Biodiversity Research Center (IBRC) untuk melakukan kolaborasi riset. Bentuk kerjasama tersebut berupa eskplorasi kekayaan jenis plankton dengan menggunakan DNA barcoding. Kolaborasi penelitian tersebut dimulai dengan pengembangan dan pelaksanaan protokol sampling yang dilakukan pada 22–24 Maret 2014 di Kepulauan Seribu. Kepala Laboratorium Biodiversitas dan Biosistematika Kelautan Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB Hawis Madduppa menyambut baik kerjasama tersebut. Dia menilai, kolaborasi riset itu akan membantu para peneliti untuk memahami kekayaan plankton di perairan Indonesia. ”Penelitian DNA barcoding  sangat membantu dalam memahami biodiversitas plankton laut Indonesia,” ujar Hawis, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (29/3/2014).

…dst

6 ) Ulang Tahun ke-49, Rektor Unnes Bagikan 5 Kabar Gembira

Sabtu, 29 Maret 2014 17:09 wib
JAKARTA – Memasuki usia hampir separuh abad, banyak prestasi yang telah ditorehkan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Maka, dalam perayaan Dies Natalis Unnes ke-49, Rektor Unnes Fathur Rokhman pun berbagi lima kabar gembira kepada seluruh civitas academica Unnes. Kabar gembira pertama, kata Fathur, peminat yang telah mendaftarkan diri dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah mencapai 45.000. Jika dibandingkan perguruan tinggi negeri eks-IKIP lain, peminat Unnes adalah yang tertinggi di Indonesia. “Selain itu, Unnes cenderung menjadi pilihan pertama dengan rasioa 60:40. Para pendaftar itu berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Bahkan, tahun ini sejumlah peminat berasal dari beberapa negara di Asia,” papar Fathur, seperti dinukil dari situs Unnes, Sabtu (29/3/2014).

…dst

7 ) Jepang buka beasiswa program mahasiswa riset 2015

Jumat, 28 Maret 2014 15:11 WIB
Makassar (ANTARA News) – Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mulai 1 April 2014 membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi Indonesia melanjutkan pendidikan pada universitas di Jepang sebagai mahasiswa riset, pada tahun akademis 2015 (April 2015/Oktober 2015) dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).”Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (master/doctor/professional graduate course) atau meneruskan program doctor degree setelah menyelesaikan program master degree atau professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan,” ujar Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Shingo Higashimoto, di Makassar, Jumat.

…dst

8 ) Siap-Siap, 1 April Ngelamar Beasiswa di Negeri Matahari Terbit

Jum’at, 28 Maret 2014 10:58 wib
JAKARTA – Kedutaan Besar Jepang akan membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di universitas di Jepang sebagai research student mulai 1 April 2014. Jenjang untuk tahun akademis 2015 (April 2015/Oktober 2015) ini masuk dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho). Demikian seperti dikutip Okezone dalam siaran persnya, Jumat (28/3/2014). Peminat yang menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (master/doctor/professional graduate course) atau meneruskan program doctor degree setelah menyelesaikan program master degree atau professional graduate course. Jika lulus seleksi, tes ujian akan diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

…dst

9 ) Kenapa Ya Enggak Lolos Beasiswa Monbukagakusho?

Jum’at, 28 Maret 2014 20:26 wib
JAKARTA – Menembus seleksi beasiswa penuh dari pemerintah Jepang atau yang biasa disebut Monbukagakusho bukan hal yang mudah. Selain melewati seleksi administrasi atau berkas, para calon mahasiswa harus menempuh ujian tulis dan wawancara. Salah seorang tim seleksi beasiswa Monbukagakusho, yakni Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Subiantoro menyatakan, peminat beasiswa tersebut terus meningkat setiap tahun. Namun, lanjutnya, seleksi yang dilakukan pun semakin ketat. “Jumlah pendaftar banyak sekali, saya tidak tahu persisnya. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi (berkas) kemudian wawancara untuk melihat kemampuan bahasa Inggris, Jepang, dan akademis mereka dengan dewan juri yang berlatar belakang S-2 dan S-3 baik dari Jepang maupun Indonesia,” tutur Heri, di Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014).

…dst

10 ) Raih Beasiswa ke Jepang, 3 Mahasiswa Ini Hengkang dari PTN Favorit

Jum’at, 28 Maret 2014 18:05 wib
JAKARTA – Menjadi salah satu penerima beasiswa merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi mengingat ketatnya tingkat seleksi yang dilakukan oleh promotor. Maka, tidak salah jika Laila Nur Safitri, Asyifaa Rahma Feryanti, dan Rizka Amalia Fitri Anissa merasa bangga sebagai penerima beasiswa Monbukagakusho. Melalui beasiswa dari Pemerintah Jepang itu, ketiganya dapat menempuh S-1 Sastra Jepang di Tokyo University of Foreign Studies secara cuma-cuma. Padahal, tiga dara tersebut tengah menjalani perkuliahan di perguruan tinggi negeri (PTN) ternama sekelas Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Namun, ketika dinyatakan lolos program beasiswa tersebut ketiganya rela hengkang dari kampus favorit itu.

…dst

11 )  Awas, Situs SBMPTN Palsu

Jum’at, 28 Maret 2014 | 06:15 WIB
TEMPO.CO , Surabaya: Universitas Airlangga (Unair) meminta para calon mahasiswa untuk mengakses laman resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 melalui situs www.sbmptn.or.id.  “Selain laman itu, tidak bisa dipertanggungjawabkan akurasinya,” kata Wakil Rektor I Universitas Airlangga Surabaya, Prof Dr H Achmad Syahrani MS Apt, pada jumpa pers di Kantor Manajemen Universitas Airlangga Surabaya, Kamis, 27 Maret 2014. Selain laman situs di www.sbmptn.or.id, memang terdapat situs beralamat www.sbmptn.com. Syahrani khawatir laman tersebut memberikan informasi yang menyesatkan. Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga itu mencontohkan situs www.sbmptn.com pernah memberikan informasi bahwa Universitas Airlangga memberikan jatah kursi kepada 10 orang kepada lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surabaya. “Dia melihat mahasiswa dari SMA 5 berapa, SMA lain berapa, terus dibilang kalau Unair ngasih jatah,” kata Syahrani.

…dst

12 ) Dies Natalis Ke-49 Unnes
Dari Lembaga Kursus ke Universitas Konservasi

29 Maret 2014
Unnes kini merayakan dies natalis ke-49. Banyak agenda yang telah digelar, sejak 29 Januari lalu, baik kegiatan ilmiah, sosial, seni budaya, olahraga, maupun kegiatan konservasi. Puncaknya, hari ini (29/3), digelar upacara dies natalis. Bermula dari lembaga kursus, kini Unnes berkembang menjadi universitas yang peduli pada konservasi.  Mungkin tak ba­nyak yang tahu, Unnes pada mu­la­nya hanyalah kursus B-I dan B-II bagi calon guru. Lembaga ini kemudian diintegrasikan dengan Univer­sitas Diponegoro sebagai Fa­kultas Keguruan dan Ilmu Pen­didikan (FKIP) pada 1961. Ke­mudian pada 1964, FKIP Undip digabung menjadi IKIP Yogya­karta Cabang Semarang, yang berkampus di Mugas, tak jauh dari Stadion Trilomba Juang. Perubahan mendasar terjadi pada 8 Maret 1965. Saat itu pemerintah mengubah IKIP Yogyakarta Cabang Semarang menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Sema­rang.  Lembaga ini menaungi lima fakultas.

…dst

13 ) Unissula Tuan Rumah Kontes Robot III/2014

29 Maret 2014
SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) terpilih menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 Regional III yang akan diikuti mahasiswa sejumlah universitas se-Jateng/DIY di GOR Jatidiri, 8-10 Mei mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.Salah satunya kunjungan tim juri lomba, antara lain Dr Ir Wahidin Wahab MSc (Universitas Indonesia), dan Dr Ir Endra Pito Warno (PENS Surabaya). Mereka diterima Rektor Unissula Anis Malik Toha MA PhD dan panitia lomba di Biro Rektor, baru-baru ini. Anis menyambut baik keterpilihan Unissula sebagai tuan rumah kontes robot dan berharap kegiatan prestisius tersebut dapat menjadi media meningkatkan kreativitas anak bangsa. Pada kesempatan itu, Wahidin Wahab memaparkan standar operasional prosedur untuk menyukseskan acara tersebut. ”Persiapan dari awal yang sudah mempertimbangkan segala aspek sedetail mungkin merupakan salah satu kunci sukses penyelenggaraan, mengingat lomba robot sangat memperhatikan detail kecil,” katanya.

…dst

14 ) Rektor Unmul Wisuda Sang Istri

Sabtu, 29 Maret 2014 16:25 wib
JAKARTA – Ada yang menarik dalam wisuda periode Maret 2014 di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur, terutama bagi sang Rektor, Zamruddin Hasid. Sebab, dalam barisan wisudawan kali ini, terdapat sang istri yang menamatkan pendidikan masternya. Istri rektor, yakni Siti Umi Hanik merupakan satu dari 1.435 wisudawan Unmul yang menjalani prosesi wisuda periode Maret 2014. Dia berhasil menyelesaikan studi di Program Magister Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unmul. Dalam sambutannya, Zamruddin Hasid menyatakan, lulus kuliah bukanlah akhir perjalanan seorang mahasiswa. Sebab, lanjutnya, perjuangan sesungguhnya baru akan dimulai ketika wisudawan mengabdikan diri di masyarakat.

…dst

15 ) Kemdikbud Akan Bayar Kekurangan Tunjangan Guru 2010-2013

Sabtu, 29/03/2014 – 15:55
Jakarta, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pencairan tunjangan guru untuk guru swasta sudah memasuki proses pembayaran. Pencairan itu akan disusul pencairan tunjangan untuk guru negeri, termasuk tunggakan tunjangan pada tahun 2010-2013. Mendikbud mengatakan, pencairan untuk guru negeri sedang menunggu landasan hukum berupa peraturan menteri keuangan (PMK). “Untuk PNS hari ini sedang dibahas PMK-nya. Semoga segera selesai,” ujar Mendikbud saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, di Jakarta, (27/3/2014). Dengan adanya PMK itu, katanya, dana tunjangan guru yang sudah mengendap di pemerintah kabupaten dan kota sejak 2010 hingga 2013 bisa dicairkan kembali.

…dst