Pengertian Kelompok PT Binaan

Sering terbaca ada beberapa dosen beranggapan bahwa yang termasuk PT binaan oleh Direktorat Litabmas Ditjen Dikti adalah PTS, semua PTN non binaan, ini adalah kekeliruan yang perlu diklarifikasi, adapun pengelompokan PT adalah menurut hasil dari Penilaian kinerja penelitian PT yang berlaku untuk periode 3 tahun ke depan, tak semua PTS masuk PT binaan. Saya tampilkan diskusi yang kebetulan ada menyinggung PT binaan di sini biar bisa dibaca oleh adik-adik dosen pemula yang mungkin juga membutuhkan informasi ini:

Pertanyaan dari seorang adik di GDI:

Bpk/Ibu anggota GDI,

Mohon informasi apakah dosen dgn jabatan asisten ahli dari politeknik bisa mengusulkan Penelitian Dosen Muda? Saya mencoba mencari informasi tentang politeknik mana saja yang termasuk politeknik binaan dan non binaan tetapi belum mendapatkan link yang tepat. Mohon bantuan informasinya. Terima kasih.
XXXX

Tanggapan saya:

Penelitian Dosen Pemula diperuntukkan bagi dosen pemula yang belum mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala dan belum bergelar doktor dari perguruan tinggi dengan status perguruan tinggi BINAAN. Dengan kata lain seandainya adik berstatus dosen tetap belum S3 dan memiliki jafung AA atau Lektor bertugas di PTN/PTS/Politeknik BINAAN berhak mengusulkan proposal program Dosen Pemula (sebelum tahun 2011 program ini bernama program Dosen Muda dan Kajian Wanita).

Penilaian kinerja penelitian PT dilakukan setiap 3 (tiga) tahun sekali berdasar indikator-indikator capaian yang ditetapkan. Penilaian kinerja penelitia tahun 2010 menghasilkan 4 (empat) kelompok perguruan tinggi (diluar politeknik), yaitu 10 PTN kelompok mandiri, 17 PTN dan 5 PTS kelompok utama, 15 PTN dan 44 PTS kelompok madya, dan SISAnya (yang tak disebut) adalah PTN/ PTS kelompok binaan. ( penjelasan lengkap bisa baca Panduan Penilaian Kinerja Penelitian 2013 halaman 4 )

Kelompok politeknik terbagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu kelompok politeknik non-binaan (12) dan sisanya masuk kelompok politeknik binaan.

Kelompok Politeknik Non Binaan ada 12 yaitu:
Politeknik Manufaktur Bandung
Politeknik Negeri Jakarta
Politeknik Negeri Bandung
Politeknik Negeri Semarang
Politeknik Negeri Sriwijaya
Politeknik Negeri Bali
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Politeknik Negeri Lhokseumawe
Politeknik Negeri Kupang
Politeknik Negeri Jember
Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Politeknik Negeri Malang

Lengkapnya nama kelompok PT menurut Kinerja Penelitian untuk periode 2010-2013 (semua 103 PT) bisa dibaca di SINI

Kelompok PT Mandiri terdiri dari 10 PTN
Kelompok PT Utama terdiri dari 17 PTN + 5 PTS
Kelompok PT Madya terdiri dari 15 PTN + 44 PTS
Kelompok PT Politeknik Non Binaan terdiri dari 12 Politeknik
Kelompok PT Binaan terdiri dari 15 PTN + 245 PTS yang ikut pemetaan ditambah seluruh PTN/PTS/Politeknik di luar Pemetaan

Alokasi Dana Desentralisasi untuk :
PT Mandiri : 100 % penelitian unggulan berbasis RIP
PT Utama : 60 % penelitian unggulan berbasis RIP, 40 % penelitian multi tahun
PT Madya : 35 % penelitian unggulan berbasis RIP, 65 % penelitian multi tahun
PTN Binaan : 25 % penelitian unggulan berbasis RIP, 75 % penelitian multi tahun
Politeknik Negeri dan Non-Binaan : 50 % penelitian unggulan berbasis RIP, 50 % penelitian multi tahun

Bagi perguruan tinggi kelompok Mandiri, Utama, Madya, PTN Binaan, dan Politeknik Non-Binaan, pengumuman hasil seleksi proposal penelitian dilakukan oleh perguruan tinggi dengan Surat Keputusan Pimpinan Perguruan Tinggi setelah ada kepastian pagu dana dan persetujuan dari Dit. Litabmas Dikti.

Kelompok PT hasil pemetaan Kinerja Penelitian untuk periode 2014-2017 belum diumumkan.

Kesimpulan:

tidak semua PTS termasuk PT binaan, dan tidak semua PTN termasuk PT Non Binaan. PTS/PTN yang namanya tidak termasuk dalam daftar nama 103 PT yang saya berikan di atas adalah PT binaan (berlaku sampai ada penerbitan daftar Kinerja Penelitian PT yang baru 2014), itu yang dosen tetapnya (belum S3 dan LK) boleh ikut program Dosen Pemula.

Adik bertugas di Politeknik Padang, Politeknik ini termasuk Politeknik Binaan, jadi bila adik adalah dosen tetap di Politeknik Padang lulusan S2 dan belum LK boleh ikut program dosen pemula.

Silakan baca persyaratan program Penelitian Dosen Pemula di SINI , ada di halaman 100.

Bagi yang ingin baca edaran tentang Pemberitahuan Evaluasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi tanggal 24 May 2013 bisa baca di SINI.

OK ya, salam, Fitri

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.