AKSES INFORMASI TENTANG PTS DI KOPERTIS WILAYAH XII

MALUKU DAN MALUKU UTARA

Di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara terdapat 40 perguruan tinggi swasta (PTS) yang terdiri dari 24 PTS yang berada di Provinsi Maluku dengan 86 Program Studi sedangkan 16 PTS dengan 98 Program Studi yang berada di Provinsi Maluku Utara, dan 4 perguruan tinggi negeri (PTN). Informasi mengenai perguruan tinggi ini dapat diperoleh dari situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan alamat www.forlap.dikti.go.id.

Di samping itu, informasi penting lainnya mengenai perguruan tinggi adalah akreditasi masing-masing program studi, yang dapat diperoleh dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dengan alamat www.ban-pt.kemdikbud.go.id. Selain dari situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dan BANPT tersebut, khusus informasi mengenai PTS di lingkungan Kopertis Wilayah XII (Provinsi Maluku dan Maluku Utara) dapat diperoleh dari situs direktori www.kopertis12.or.id. Informasi ini mencakup profil PTS, nama yayasan, sebaran PTS di setiap kota, dan lokasi PTS.

Di wilayah XII Ada sejumlah PTS yang sedang berada dalam kondisi konflik internal, baik antar anggota yayasan, antara yayasan dengan pimpinan perguruan tinggi, ataupun antar civitas akademika; dan konflik ini seringkali sangat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar. Untuk itu dalam menghadapi PTS  yang sedang berada dalam kondisi konflik, maka Kopertis Wilayah XII tidak akan memberikan pelayanan dalam bentuk apapun; dan apabila konflik itu berkepanjangan maka Kopertis Wilayah XII akan mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencabut izin perguruan tinggi tersebut.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar masyarakat luas dan calon mahasiwa dapat memanfaatkan akses informasi yang ada dalam rangka pemilihan program studi (perguruan tinggi) yang tepat, begitupun dengan masyarakat pengguna lulusan dapat mempertimbangkan informasi tersebut dalam proses penerimaan pegawai baru atau peningkatan jenjang karir.

Ambon, 17 Maret 2014

Koordinator,

ttd

DR. Zainuddin Notanubun, M.Pd

NIP. 19560504 198003 1 004

 

IMG_20140319_082006