Presiden SBY Resmikan Akademi Komunitas Negeri Pacitan

10/16/2013

Pacitan, Jawa Timur — Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi ibu negara Ani Yudhoyono meresmikan Akademi Komunitas Negeri Pacitan yang merupakan akademi komunitas negeri pertama di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh turut mendampingi presiden dan ibu negara dalam peresmian tersebut.

Peresmian Akademi Komunitas Pacitan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh presiden, pada Rabu, (16/10). Selain itu, presiden juga meresmikan pembangunan beberapa PLTU dan infrastruktur. Dalam pidatonya Presiden SBY menyambut baik pendirian akademi komunitas. Ia mengatakan, akademi komunitas lebih tepat didirikan di setiap kabupaten karena akademisi komunitas mencetak lulusan yang terdidik yang siap masuk dunia kerja dan wiraswasta.

Usai peresmian, presiden dan ibu negara melakukan penanaman pohon di halaman Akademi Komunitas Negeri Pacitan. Mendikbud M. Nuh mendampingi presiden dan ibu negara serta sejumlah menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, mengunjungi fasilitas belajar dan pameran yang diadakan di Akademi Komunitas Pacitan. Pameran tersebut diikuti akademi komunitas dan SMK dari beberapa daerah.

Akademi Komunitas Negeri Pacitan adalah akademi komunitas pertama yang lahir sebagai satuan kerja tersendiri. Cikal bakal dari Akademi Komunitas Pacitan adalah Community College yang merupakan Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dari Pemerintah Kabupaten Pacitan yang didirikan tahun 2002. Kemudian pada tahun 2012 namanya berubah menjadi Pendidikan Di luar Daerah (PDD), dan akhirnya menjadi akademi komunitas di tahun 2013.

Hingga saat ini Community College telah meluluskan 10 angkatan, sedangkan PDD telah meluluskan 2 angkatan. Setelah diresmikan, akademi komunitas Pacitan berencana akan menampung 120 mahasiswa jenjang diploma 1 yang terdiri dari tiga program diploma yakni; teknik informatika, multimedia dan animasi. (PEN/DM)

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.