Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2013

1. LOGO:
 hut_ri_68.jpg
2. TEMA : MARI KITA JAGA STABILITAS POLITIK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KITA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT
3. PEDOMAN PERINGATAN HUT KE-68 KEMERDEKAANREPUBLIK INDONESIA 2013:  [download ]
4. DOA PERINGATAN HUT KE-68 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 2013:[download ]

Pawai Budaya Meriahkan HUR RI Ke-68 Di Istana
Oleh : desk informasi SETKAB
Sabtu, 10 Agustus 2013 – 12:51 WIB

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Kemerdekaan RI akan dimeriahkan Gelar Seni dan Pawai Budaya Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Minggu 18 Agustus pukul 16.00 WIB.

Gelar seni dan pawai budaya yang akan diikuti para seniman dari 33 provinsi dengan menampilkan karya unggulan daerah, yang berciri pembauran budaya lokal dan budaya luar yang sudah mentradisi di Indonesia.

Gelar seni dan pawai budaya tahun ini akan lebih menarik karena didesain dengan konsep karnaval oleh kareografer Denny Malik dan Hartati. Mereka akan berkarnaval dari panggung kehormatan Presiden di depan Istana Merdeka menuju Medan Merdeka Barat dan Monas pada 18 Agustus 2013 pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya pada 16 Agustus dan Istana Merdeka pada 17 Agustus akan digelar orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di Gedung DPR. Sebanyak 200 orang terdiri dari 66 anggota tim orkestra, 132 anggota tim paduan suara, dan 2 vokalis yang dipilih melalui audisi di 33 provinsi di Indonesia akan tampil di acara kenegaraan tersebut.

Meriah Tapi Hemat

Pemerintah mengimbau kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan perwakilan di luar negeri, untuk menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Kemerdekaan RI secara meriah dan khidmat, namun dengan biaya sehemat mungkin.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi dalam pedoman peringatan menyebutkan penyelenggaraan acara tersebut juga memperhatikan situasi dan kondisi setempat.

Dalam menyelenggarakan hiburan, Mensesneg mengimbau kepada penyelenggara untuk menjadikan momentum HUT RI sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi rakyat. “Acara hiburan juga diadakan di wilayah kecamatan hingga kelurahan dan desa-desa, sehingga masyarakat menikmati dan berpartisipasi,” kata Mensesneg dalam pedoman itu.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, serta kelancaran, Mensesneg mengingatkan, agar pihak penyelenggaran wajib berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Hiburan, kata Sudi Silalahi, mengutamakan kekhasan atau tradisi daerah masing-masing.

Kepada seluruh masyarakat, , instansi pemerintah maupun lembaga swasta dowajibkan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama lima hari berturut-turut mulai 14 Agustus 2013 sampai dengan 18 Agustus 2013.

Pemerintah menetapkan tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2013 adalah: “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.”

Adapun kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tingkat pusat sebagai berikut:

* Selasa 13 Agustus pukul 14.30 WIB Presiden Menganugerahi Tanda Kehormatan RI di Istana Merdeka.

* Kamis 15 Agustus pukul 16.00 WIB Presiden mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara.

* Jumat 16 Agustus pukul 09.00 Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Ruang Nusantara Gedung MPR,DPR,DPD.  Di ruang sama pukul 14.00 Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan Pengantar / Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2014 beserta nota keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang DPR RI Tahun Sidang 2013 – 2014. Pada pukul 17.00 Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta.

* Sabtu 17 Agustus, pukul 10.00 WIB Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka. Pada 12.00 WIB Ramah Tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, pahlawan nasional, dan Angkatan 45 di Istana Negara. Pukul 17.00 WIB Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka, diawali pertunjukan marching band dan kesenian pukul 15.30 WIB. Pukul 20.00 resepsi kenegaraan di halaman tengah Istana Merdeka dan Istana Negara.

* Minggu 18 Agustus  Pukul 20.00 WIB silaturahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Pasukan Kehormatan Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi, Orchestra Gita Bahana Nusantara, Para Teladan Nasional, serta Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013 di JI-Expo Kemayoran. (WID/ES)

Presiden SBY Pimpin Upacara Penaikan Bendera HUT ke-68 Kemerdekaan RI

Atraksi Kesenian dan Marching Band Ramaikan Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka

Di Beijing, Ratusan Warga Indonesia dan Warga Tiongkok Ikuti Upacara HUT ke-68 Kemerdekaan RI

400 Warga Negara Indonesia Hadiri Peringatan HUT ke-68 RI ke 68 KBRI Moskow

Buku perdana “Greening of Indonesia” diluncurkan di Inggris

dan Ikuti perkembangan berita HUT RI ke-68 yang terhimpun di Media Kompas:
HUT ke-68 RI