1 ) Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un
Isak Tangis Warnai Pemakaman Anak Guru Besar Undip
http://news.detik.com/read/2013/07/28/114429/2316522/10/isak-tangis-warnai-pemakaman-anak-guru-besar-undip?nd771104bcj

Minggu, 28/07/2013 11:50 WIB
Semarang – Isak tangis mewarnai upacara pemakaman Yulanda Rifan (dosen Arsitektur D-3 Undip ), putra dari guru besar Undip Profesor Barda Nawawi (dosen Ilmu Hukum S1) yang ditemukan tewas terkubur di lereng Gunung Sumbing, Magelang. Selain keluarga, dosen dan mahasiswa yang ikut melayat tidak kuasa menahan tangis. Jenazah Yulanda tiba di rumah duka di rumah Profesor Barda sekitar pukul 09.20 WIB. Jenazah tidak diturunkan dari mobil ambulans Polda Jateng, pihak keluarga menginginkan agar jenazah langsung dislatkan di masjid dan segera dimakamkan. “Tidak usah diturunkan, nanti langsung disalatkan saja,” kata paman Yulanda, Fardan Nawawi Arif, di rumah duka, perumahan Undip, Jalan Sukun, Semarang, Minggu (28/7/2013). Usai disalatkan di Masjid Al Muhajirin Bima tidak jauh dari rumah duka, jenazah yang berada di dalam peti dibawa ke pemakaman Keluarga Undip. Di sana isak tangis kembali mewarnai prosesi pemakaman …cut…Yulanda meninggalkan dua putra, Raihan (9) dan Atar (7) sedangkan istrinya, Rohita Sari meninggal enam bulan lalu. Tidak hanya dimata keluarga dan rekannya, Yulanda juga dikenal baik dan suka menolong di kalangan tetangga. “Dia baik, ramah dan suka membantu warga yang kurang,” kata Setya.

…dst

2 ) Isak tangis keluarga iringi pemakaman Yulanda Rifan
http://daerah.sindonews.com/read/2013/07/28/22/766287/isak-tangis-keluarga-iringi-pemakaman-yulanda-rifan

Minggu, 28 Juli 2013 ? 14:30 WIB
Sindonews.com – Jenazah Yulanda Rifan (36), akhirnya dimakamkan di Makam Keluarga Undip, Tembalang, Kota Semarang, Minggu (27/7/2013) sekira pukul 11.00 WIB. Jenazah sebelumnya tiba di RS Bhayangkara Sabtu (26/7) malam, usai diangkat dari Desa Petung, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Rifan diketahui merupakan dosen Arsitektur Undip. Rifan adalah putra dari Prof Barda Nawawi Arief, Guru Besar Hukum Pidana Undip. Pemakaman itu dihadiri ratusan pelayat, baik kerabat keluarga maupun teman – teman almarhum. Beberapa dari mereka menangis saat jenazah almarhum yang disimpan dalam peti mati diturunkan ke liang kubur. Penemuan tiga mayat di Dusun Petung diduga merupakan korban pembunuhan Muhyaroh (45). Tersangka yang akhirnya tewas usai menarik AKP Yahya R Lihur ke jurang di dekat rumahnya, saat hendak dibawa menunjukkan lokasi diduga penguburan mayat. AKP Yahya sendiri, akhirnya tewas karena insiden itu.

…dst

3 ) Diduga Korupsi, Rektorat UPI Dikirimi Mahasiswa Kain Kafan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/22/mqc8up-diduga-korupsi-rektorat-upi-dikirimi-mahasiswa-kain-kafan

Senin, 22 Juli 2013, 19:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Koalisi Aksi Mahasiswa Pemberantas Korupsi (KAMPAK) berdemo di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Setiabudi Bandung, Senin (22/7). Mereka menuntut pihak rektorat untuk membersihkan UPI dari praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). Kordinator Lapangan Aksi KAMPAK Taufik Sugih Sudjana mengatakan, dugaan praktik KKN yang melibatkan pihak rektorat harus diusut tuntas. “Jika tidak ditindaklanjuti, kami akan melakukan aksi besar-besaran dan melaporkan dugaan korupsi ini ke ICW,” ujar dia. Sebelumnya, Inspektorat Jenderal dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan datang ke Kampus UPI untuk menindaklanjuti laporan tim investigasi Gerakan Penyelamatan UPI terhadap pihak rektorat UPI.

…dst

4 ) Pembangunan Kampus NU Dimulai
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/07/27/mqloa2-pembangunan-kampus-nu-dimulai

Sabtu, 27 Juli 2013, 21:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Pembangunan Universitas Nahdatul Ulama Surabaya (Unusa) dimulai sore tadi, Sabtu (27/7). Dengan ditandai pemasangan tiang pertama oleh Mendikbud Muhammad Nuh, kampus yang awalnya STIKES Yarsis, resmi berganti nama. Selain Nuh, beberapa tokoh yang hadir di antaranya Menteri BUMN Dahlan Iskan, Ketua Dewan Ekonomi Nasional Chairul Tanjung dan Ketua PB NU Said Aqil Siraj. Kampus tersebut rencananya dibangun di komplek Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya. Selaku Ketua Yayasan RSI, Nuh mengatakan, nama NU digunakan sebagai hak cipta agar tidak berpindah tangan. Sebab, pengalaman sebelumnya, pengelolaannya bisa saja menjadi milik perseorangan bila hanya mengatasnamakan yayasan. “Jangan sampai ini terulang kembali, karena kampus ini memang didedikasikan untuk warga NU,” kata Nuh.

…dst

5 ) Mendikbud: Lulusan UNUSA Harus Memiliki Karakter yang Kuat
http://www.dikti.go.id/?p=10831&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 27 July 2013
Surabaya, 27 Juli 2013 ” Ada tiga kekhasan yang harus dimiliki lulusan UNUSA,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam acara peresmian Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) di RS. Islam Surabaya, Jawa Timur (27/7).Yang pertama, Mendikbud menyatakan bahwa lulusan UNUSA harus memiliki karakter yang kuat, baik karakter keagamaan maupun kewirausahaan. “Bukan semata urusan ekonomi, tapi kemampuan kewirausahaan juga membuktikan seseorang untuk mencari terobosan dan mengembangkan kreatifitas,” ujar Mendikbud. Hal ini selaras dengan gagasan PBNU yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sejalan dengan penguasaan terhadap ekonomi.

…dst

6 ) Nuh, Dahlan Iskan, Chaerul Tanjung Dukung Unusa
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114854/nuh-dahlan-iskan-chaerul-tanjung-dukung-unusa

27 Jul 2013 21:27:15
Nuh, Dahlan Iskan, Chaerul Tanjung Dukung Unusa
Surabaya (AntaraJatim) – Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Ketua Komite Ekonomi Nasional Chaerul Tanjung mendukung berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) saat peresmian universitas di kompleks Rumah Sakit Islam Surabaya (RSIS) itu, Sabtu petang. Dalam peresmian yang ditandai dengan penyerahan SK pendirian dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Joko Santoso kepada Rektor Unusa Prof Rochmad Romdoni dan “ground breaking” kampus itu, Mendikbud M Nuh mengapresiasi atas terobosan Yayasan RSIS dengan mendirikan Unusa. “Unusa haru memiliki kekhasan, bukan sembarang lulusan yang dicetak yakni lulusan yang memiliki karakter yang kuat berbasis dalam bidang keagamaan maupun kewirausahaan, lulusan yang memiliki tradisi kesantunan sosial, dan lulusan dengan jiwa pengabdian dengan kepekaan sosial dan keramahan sosial,” katanya.

…dst

7 ) Telkom University beroperasi akhir Agustus
http://www.antaranews.com/berita/387812/telkom-university-beroperasi-akhir-agustus

Minggu, 28 Juli 2013 14:08 WIB
Bandung (ANTARA News) – Sejumlah lembaga pendidikan tinggi milik PT Telkom (Persero) di Bandung akan bergabung menjadi Telkom University dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2013, bersamaan dengan awal tahun kuliah baru. “Telkom University resmi beroperasi pada akhir Agustus 2013. Peresmian akan dilakukan Mendikbud Mohammad Nuh,” kata Vice-Chairman III Djoko Murdowo yang ditemui di Kampus Stisi Telkom di kawasan Pendidikan Telkom, Dayeuh Kolot, Bandung, Minggu. Djoko Murdowo mengatakan pada saat diresmikan M. Nuh itu nanti, maka lembaga-lembaga pendidikan Telkom akan beroperasi sebagai universitas. Masing-masing bidang pendidikan sebelumnya, selanjutnya menjadi fakultas-fakultas. Ia menyebutkan, sebelumnya ada Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom (Politel), Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Juga ada Telkom Profesional Development Center (Telkom PDC), Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom (di Purwokerto), Akademi Telkom Jakarta, Akademi Pariwisata Sandhy Putra Bandung. Djoko Murdowo menambahkan, ke depan Telkom University akan berwawasan internasional, di mana selain akan bekerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di dunia, termasuk RMIT (Royal Melbourne Institute of Technology), juga menerima mahasiswa asing. “Saat ini ada 19 mahasiswa asing sudah belajar di sini, dengan perkuliahan yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris,” kata Djoko Murdowo, yang memperoleh MBA-nya dari Wollongong University, Australia.

…dst

8 ) Rektor: RS UMM Utamakan Misi Sosial
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114824/rektor-rs-umm-utamakan-misi-sosial

27 Jul 2013 09:48:16
Malang (Antara Jatim) – Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang memastikan tidak akan berorientasi pada profit semata, namun akan lebih mengutamakan aspek sosial sekaligus sebagai rumah sakit pendidikan, tegas Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Muhadjir Effendi di Malang, Sabtu. “Rumah Sakit (RS) UMM ini tidak akan mengutamakan profit semata. Namun, jangan dikira kalau tidak berorientasi pada keuntungan layanannya tidak bagus, bahkan kami sudah mematok target layanan akan diberika setingkat lebih baik di atas kelasnya,” kata Muhadjir Effendi berkaitan dengan segera dioperasikannya rumah sakit tersebut. Menurut Muhadjir, RS UMM ini merupakan bagian integral dari penyelenggaraan pendidikan kedokteran, keperawatan farmasi, fisioterapi, psikologi, hingga kesejahteraan sosial yang ada di kampus tersebut. Oleh karena itu, lanjutnya, misi RS ini tetap pada misi sosial dan misi pendidikan, setidaknya memberikan contoh kepada mahasiswa bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk itu, semua proses sebelum beroperasinya RS ini sudah dituntaskan, termasuk dukungan dari masyarakat sekitar. RS UMM dibangun di atas lahan seluas 9 hektar di Jalan Raya Tlogomas Kota Malang atau sekitar 200 meter dari gerbang kampus III UMM. RS tersebut menyediakan 123 kamar dengan 203 bed. Saat ini separuh dari lahan tersebut telah dibangun gedung utama yang terdiri dari gedung 6 lantai, dua buah gedung pendukung 5 lantai, sanatorium kelas III 3 lantai, gedung special ambulatory 3 lantai, ruang medis 3 lantai, serta gedung riset dan pengembangan, pengelola limbah dan rumah dokter.

…dst

9 ) Game Pertolongan Pertama Serangan Jantung dari UB
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/27/372/843511/game-pertolongan-pertama-serangan-jantung-dari-ub

Minggu, 28 Juli 2013 08:06 wib
JAKARTA – Kolaborasi antara teknologi informasi (IT) dan kedokteran menghasilkan sebuah inovasi baru di bidang medis. Salah satunya seperti yang dihasilkan mahasiswa UB Malang dengan inovasi EMOSCA. EMOSCA merupakan kepanjangan dari E-Learning Management of Sudden Cardiac Arrest. Karya tersebut lahir dari tangan lima mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) dengan Fakultas Kedokteran (FK) UB, yakni Afiqie Fadhihansah, Billy Novanta Yudistira, Andriawan Hendra Susila, Durrotul Ikrimah, dan Nofi Nurina Ramadhani. Pengerjaan Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) di bawah bimbingan Tony Suharsono itu berupa edukasi untuk mengenalkan pada masyarakat awam tentang cara pertolongan pertama terhadap orang yang tidak sadar karena serangan jantung atau tidak ada nadi. Selain untuk masyarakat awam, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan. Billy menjelaskan, jantung merupakan inti kehidupan. “Ketika terjadi serangan dan tidak segera ditangani dalam lima menit maka akan terjadi kematian otak,” kata Billy, seperti disitat dari laman resmi UB, Prasetya Online, Minggu (28/7/2013).

…dst

10 ) Mendikbud Buka Puasa Bersama Mahasiswa Bidikmisi ITB
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1597

07/28/2013
Bandung — Kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di bumi parahyangan turut mengagendakan berbuka puasa bersama mahasiswa penerima Bidikmisi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Usai berkunjung ke kampus Universitas Padjadjaran dan meresmikan kampus baru ITB di Jatinangor, Mendikbud menuju kampus Ganesha ITB di Bandung untuk berbuka puasa dan berdialog dengan mahasiswa Bidikmisi ITB. Ratusan mahasiswa sudah menunggu kedatangan Mendikbud di Aula Timur ITB. Dalam sambutannya Mendikbud menjelaskan mengapa pemerintah mengeluarkan kebijakan program Bidikmisi. “Karena kita punya keyakinan setiap anak yang dilahirkan memiliki potensi yang luar biasa,” katanya di depan mahasiswa Bidikmisi ITB, pada Jumat sore, (26/7). Potensi tersebut, lanjut Mendikbud, dimiliki setiap anak tanpa melihat status sosial dan ekonominya. Ia menambahkan, sebelum program Bidikmisi dijalankan, hanya 1,3% anak dari keluarga golongan ekonomi menengah ke bawah yang mampu meneruskan pendidikan hingga perguruan tinggi. “Tidak fair hanya karena masalah ekonomi dia tidak bisa menerima layanan pendidikan,” tutur Menteri Nuh.

…dst

11 ) Bangun Kampus Baru, ITB Habiskan Rp600 Miliar
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/28/373/843695/bangun-kampus-baru-itb-habiskan-rp600-miliar

Minggu, 28 Juli 2013 13:26 wib
JAKARTA – Pembangunan gedung baru Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat menelan biaya mencapai Rp600 miliar. Kampus ITB Jatinangor diketahui memiliki luas 47 hektare (ha). “Anggaran yang digunakan untuk pembangunan kampus diperoleh dari bantuan berbagai institusi atau lembaga. Pembangunan kampus ITB Jatinangor ini menghabiskan dana sekira Rp600 miliar baik dari lembaga dalam negeri maupun luar negeri,” kata Rektor ITB Prof. Akhmaloka, seperti dikutip dari laman Setkab, Minggu (28/7/2013). Di sisi lain, tambah Akhmaloka, ITB juga menerima bantuan 300 hektare lahan untuk hutan pendidikan dari Kementerian Kehutanan. “Letaknya di Gunung Geulis,” ujarnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan kampus Institut Teknologi Bandung baru di Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Nuh menilai, kampus ini sudah sangat dinanti oleh masyarakat luas. Dengan diperluasnya kampus ITB, menurut Nuh, kesempatan masyarakat mengenyam pendidikan tinggi semakin besar.

…dst

12 ) Mahasiswa UNY Sulap Lidah Buaya-Kemangi Jadi Pembersih Tangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/28/mqlz4s-mahasiswa-uny-sulap-lidah-buayakemangi-jadi-pembersih-tangan

Minggu, 28 Juli 2013, 02:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kelompok mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan formulasi gel lidah buaya dan ekstrak kemangi sebagai pembersih tangan organik. “Tanaman lidah buaya (Aloe vera) mengandung senyawa antibakteri, lignin, dan saponin. Kemangi (Ocimum sanctum L) memiliki kandungan senyawa antibakteri seperti saponin, flavonoida, dan tannin yang dapat meminimalisasi dan membunuh bakteri dan kuman,” kata koordinator kelompok Abdul Aji di Yogyakarta, Sabtu.
Menurut dia, pada uji bakteri digunakan variabel kontrol dengan menggunakan produk “hand sanitizer” atau pembersih tangan yang telah beredar di pasaran. “Metode yang digunakan untuk membuat ‘hand sanitizer’ alami adalah metode ekstraksi, sedangkan metode uji hasil menggunakan metode pembiakan bakteri Staphylococcus aureus dan Eschericia coli,” katanya. Ia mengatakan, produk “hand sanitizer” itu telah dilakukan uji organoleptik kepada masyarakat. Berdasarkan hasil uji organoleptik diperoleh bahwa produk itu mayoritas diminati oleh masyarakat dan nyaman digunakan di tangan.

…dst

13 ) Mahasiswa UGM beraksi di ajang GSVC
http://daerah.sindonews.com/read/2013/07/28/22/766293/mahasiswa-ugm-beraksi-di-ajang-gsvc

Minggu, 28 Juli 2013 ? 18:15 WIB
Sindonews.com – Mahasiswa MM UGM kembali mengukirkan nama dalam kompetisi bisnis internasional yakni Global Social Venture Competition–South East Asia Final (GSVC). Meski gagal menjadi juara dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh IMBA Program, Thammasat Business School, Bangkok, Thailand ini, tim UGM menamai dirinya Bamboo Team berhasil jadi tim terbaik. Bamboo Team sendiri beranggotakan lima mahasiswa yakni Yodhi Kharismanto, Luh Putu Rina Maharani, Mega Aisyah Nirmala, Putu Ngurah Indra Perdana dan Yosep Andy. Perjuangan kelimanya ternyata harus terhenti di babak final yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 8-10 Maret 2013 lalu. “Meskipun mendapatkan apresiasi positif dari juri dan tim lain, kami kali ini belum berhasil lolos sebagai tim yang mewakili wilayah Asia Tenggara ke GSVC Global Finals di Berkeley Amerika Serikat. Namun kami berhasil memperoleh penghargaan sebagai The Best Video Performance berdasarkan jumlah “like” paling banyak atas video presentasi yang diunggah di Youtube yakni yakni 3200 atau yang paling banyak di tonton dan dari penilaian dewan juri,” ujar Yodhi Kharismanto, Minggu (28/7/2013).

…dst

14 ) Belajar Bahasa Indonesia, Mahasiswa Korea Berguru di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/27/373/843476/belajar-bahasa-indonesia-mahasiswa-korea-berguru-di-ugm

Sabtu, 27 Juli 2013 18:05 wib
JAKARTA – Dua mahasiswa Korea belajar bahasa Indonesia di Pusat Studi Korea (Puskor), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Selain bahasa, dua mahasiswa dari Busan University itu juga akan berkenalan dengan budaya Nusantara. Rencananya, pelatihan tersebut akan digelar sekira tiga minggu. “Mereka sengaja dikirim dari Busan University untuk belajar bahasa Indonesia,” ujar Kepala Puskor UGM, Yuda Heru Fibrianto, seperti disitat dari situs UGM, Sabtu (27/7/2013). Kedua mahasiswa itu adalah Hwang Gyu Rim dan Lee Chan Youl. Tidak hanya belajar teori, mereka juga akan mempraktekkan bahasa Indonesia tersebut dalam kehidupan sehari-hari selama berada di sini. Selain itu, mereka juga bisa mencicipi merasakan langsung kehidupan di Yogyakarta, seperti makanan, transportasi, dan tempat tinggal.

…dst

15 ) Cokelat Bisa Digunakan untuk Mendeteksi Kanker
http://www.jpnn.com/read/2013/07/28/183966/Cokelat-Bisa-Digunakan-untuk-Mendeteksi-Kanker-

Minggu, 28 Juli 2013 , 18:15:00
COKELAT, minuman bersoda, dan makanan kaya gula lainnya, ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi kanker. Para ilmuwan baru-baru ini telah mengembangkan sebuah teknik yang dapat mengidentifikasi kanker, dengan cara melacak bagaimana gula/glukosa diserap oleh tubuh dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Dengan menyesuaikan pemindai MRI untuk mencari penyerapan glukosa, para peneliti di University College London menemukan bahwa tumor ternyata bersinar selama pencitraan, setelah pasien mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Terobosan ini memberikan alternatif yang lebih aman dan sederhan untuk teknik radioaktif standar, dan dapat meningkatkan harapan hidup pasien kanker. “Saya sudah bisa menduga akan hal ini. Teknik ini hanya bisa dilakukan jika pasien telah mengkonsumsi minuman atau makanan manis, seperti cola, jus buah, atau cake,” kata direktur pusat UCL for Advanced Biomedical Imaging, Profesor Mark Lythgoe, seperti yang dilansir laman Business Standard, Sabtu (27/7).

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :