Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2013

Senin, 22 Juli 2013 – 09:50 WIB Oleh : desk informasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran program Beasiswa Unggulan (BU) tahun 2013 bagi pelajar berprestasi di seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), “Program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga” terbuka bagi pelajarberrestasi akademis dan non akademis terbaik yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat S1 di universitas di dalam negeri yang bekerjasama dengan Kemdikbud dan CIMB Niaga.

Pelajar yang berminat, diwajibkan  mengisi Formulir Pendaftaran yang dapat di unduh di www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id, melampirkan foto copy ijazah dan sertifikat dari prestasi akademis dan non akademis yang dicapai. Formulir yang sudah diisi lengkap,  dikirimkan kepada pengelola Beasiswa Unggulan di masing-masing perguruan tinggi.

Pendaftaran di perguruan tinggi paling lambat tanggal 26 Agustus 2013 untuk disampaikan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan tanggal 31 Agustus 2013.

Program beasiswa ini merupakan beasiswa ikatan kerja, yang mewajibkan penerimanya untuk menjalani ikatan kerja di CIMB Niaga setelah lulus dari universitas, dengan masa kerja selama 4 tahun.

Penerima Beasiswa Unggulan CIMB Niaga adalah mahasiswa yang telah diterima di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia,  antara lain:

Universitas Indonesia,Institut Teknologi Bandung (ITB),Universitas Padjajaran,Institut Pertanian Bogor (IPB),
Universitas Gadjah Mada,Universitas Diponegoro,Universitas Brawijaya,Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS),Universitas Airlangga,Universitas Sumatera Utara,dan Universitas Hasanuddin.

Selain itu, bidang ilmu yang ditempuh antara lain Ekonomi, Ilmu Komputer, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Ilmu Hukum. Berikut syarat-syarat pendaftaran:

* Pelajar tingkat SMA yang lulus tahun 2013/2014
* Memiliki prestasi akademis dengan nilai rata-rata minimum 8,00
* Memiliki prestasi non akademis tingkat nasional dan internasional
* Masuk pada 11 Universitas Negeri yaitu UI, ITB, UGM, UNPAD, IPB, UNDIP, ITS, UNAIR, UB, USU dan UNHAS di tahun akademik 2013/2014
* Seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui perguruan tinggi terkait, Sekretariat Beasiswa Unggulan tidak menerima pendaftaran program Beasiswa Unggulan – CIMB Niaga
* Berkas pendaftaran yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali, kirimkan berkas sertifikat, ijasah, dll dalam bentuk foto copy
* Mengajukan surat permohonan melalui perguruan tinggi yang ditujukan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kemdikbud.
* Melampirkan fotokopi slip gaji orang tua dan rekening listrik rumah tempat tinggal orang tua/wali.

Proses Seleksi Beasiswa

Tahap I: Seleksi administrasi (screening paper) dilaksanakan oleh Kemdikbud dengan mempertimbangkan semua kelengkapan dokumen.

Tahap II: Tes tulis, terdiri dari tes psikologi dan kemampuan bahasa Inggris,  diselenggarakan oleh CIMB Niaga dan Kemdikbud di masing-masing perguruan tinggi.

Tahap III: Wawancara, terdiri dari wawancara panel dan wawancara akhir, dilaksanakan di kantor  CIMB Niaga terdekat sesuai dengan domisili perguruan tinggi.

Tahap IV: Hasil seleksi kemudian dibahas oleh tim kelompok kerja CIMB Niaga dan Kemdikbud  Hasil seleksi diumumkan dalam bentuk surat lulus dan disampaikan kepada perguruan tinggi. Kemudian, akan diteruskan kepada yang bersangkutan.

Pendaftaran beasiswa ditutup pada 31 Agustus 2013. (Kemendikbud/WID/ES)

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :