DIKTIS MENG-APPROVE LEBIH DARI 3000 PENGAJUAN NIDN
Tanggal : 07/04/2013 14:27:00   Sumber : Kelembagaan Diktis

Jakarta, 7/4/2013. Pemrosesan dokumen Nomor Induk Dosen Nasional atau yang dikenal dengan sebutan NIDN di lingkungan Kementerian Agama telah diproses hingga berita ini diturunkan telah mencapai lebih dari tiga ribu dokumen. Jika digabungkan dengan data sebelumnya, maka Dosen di lingkungan Kementerian Agama yang telah mempunyai NIDN telah mencapai lebih dari 5000 orang. “Secara keseluruhan data pengajuan NIDN baru hingga tanggal 28 Maret 2013, berkas yang sudah masuk ke database Kementerian sebanyak 5346,” lapor Anis Masykhur di hadapan tim pemrosesan dokumen NIDN (5/4).

Komitmen Direktorat Pendidikan Tinggi Islam untuk menerbitkan NIDN betul-betul direalisasikan dan menjadi target utama tahun ini. “Pemrosesan dokumen ini melibatkan tim PDPT Kemendikbud dan Tim PDPT Diktis,” kata Mastuki, Kasubdit Kelembagaan yang menjadi leading sector PDPT ini. Tidak semua dokumen yang telah di-upload akan disetujui. Hanya dokumen yang lengkap yang disetujui dan akan diterbitkan Nomor Induk Dosen Nasional-nya. “Makin lengkap makin bagus,” jelas Mastuki. Dokumen dinyatakan lengkap jika melampirkan identitas diri (KTP), Surat Keputusan sebagai CPNS, PNS dan tenaga fungsional, Surat Keputusan Mutasi (jika mutasi dari instansi lain), surat pernyataan sebagai dosen tetap yang bermaterai, ijazah S-1, S-2 dan S-3 (jika ada). “Tim memelototi satu persatu dokumen yang ada,” jelasnya dengan semangat. Jadi jika ada ketidaksesuaian data antara data pada display profil dosen, data KTP, Ijazah, SK, nama berbeda dengan yang ada di ijazah, juga berpeluang untuk ditolak. Misalkan saja perbedaan tanggal lahir atau cara pengisian yang tidak mengikuti panduan yang ditentukan. Bakan, ada juga berkas lengkap, namun karena ia belum mencabut status dosen swastanya (masih mempunyai Nomor Urut Pendidik Negara—NUPN), juga akan ditolak. “Yang seperti itu, dia harus mengajukan pencabutan NUPN dan mengajukan NIDN,” jelas Drs. Mulyono, Tim PDPT  Kemdikbud.

Berdasarkan info dari Anis Masykhur ‘korlap’ approving ini, bahwa tim approvement telah di-camp-kan di Hotel Bumi Wiyata Depok selama tiga hari. “Bahkan dimungkinkan harinya akan ditambah, biar target tercapai.” Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Direktur Pendidikan TInggi Islam dalam beberapa kesempatan rapat pimpinan senantiasa menekankan hal itu. “Awal bulan April, NIDN harus sudah dipublikasikan ke masyarakat,” begitu instruksinya. Sejak saat ini, para Dosen pada PTAIN bisa melihat apakah pengajuan NIDN disetujui atau tidak. ***4n15***

Prof. Dr. Dede Rosyada, MA: “PDPT PTAIN Tuntas Bulan April.”
Tanggal : 3/5/2013 4:11:00 PM   Sumber : Kelembagaan Diktis

Jakarta, 5/3/2013. Mulai hari Senin (4/3) operator PDPT pada PTAIN diundang untuk mengikuti finalisasi data PTAIN pada Sistem Pangkalan Data Perguruan TInggi (PDPT). Sebanyak 53 PTAIN diminta untuk mengirimkan utusannya, sehingga pertemuan selama 3 (hari) ini bisa menuntaskan kekurangan selama ini.

Hal ini berkenaan dengan target Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam agar permasalahan PDPT PTAIN bisa selesai pada bulan April. ““PDPT PTAIN Tuntas Bulan April,” tegas Dede Rosyada, Direktur Pendidikan Tinggi Islam, pada saat memberikan sambutan.

Ketuntasan PDPT ini berimbas kepada yang lain. Dalam rancangan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, mulai April 2013 semua pelayanan akan berbasis data pada PDPT, seperti perpanjangan program studi, pengajuan prodi baru, akreditasi, pemberian beasiswa, bantuan penelitian dan pengabdian, bantuan sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Dengan demikian, diharapkan akan terjadi efisiensi dalam proses pelayanan penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, Direktorat tidak kebanjiran proposal atau tumpukan kertas. “Dengan PDPT, maka paperless akan betul-betul terealisasi,” dukung Mastuki, Kasubdit Kelembagaan.

Bersamaan dengan PDPT ini adalah permasalahan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Karena NIDN merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari system ini. Untuk itu, Direktur juga meminta kepada para pimpinan PTAIN agar para dosennya segera melengkapi dokumen pendukung persyaratan untuk mendapatkan NIDN. “Kami menunggu agar sekembalinya anda dari sini, beritahukan kepada pimpinan agar data dosen segera diupload untuk mendapatkan NIDN. Kami akan menunggu paling lambat 28 Maret 2013, sudah diterima,” tegas Ahmad Syahid, Tim Taskforce PDPT Diktis.

Sementara itu, untuk PTAIS, Sistem PDPT baru akan dimulai pada tahun ini. Sebagai persiapan, mulai saat ini bagi PTAIS yang belum mempunyai infrastruktur teknologi agar mempersiapkan operator yang memahami dan menguasai  penggunaan IT serta menyediakan fasilitasnya** (anis).

Produk Hukum Terkait NIDN:

Edaran tanggal 25 April 2013 tentang Pemrosesan NIDN pada PTAIN

Edaran tanggal 5 Maret 2013 tentang Percepatan Entry Data Pendukung NIDN

Edaran tanggal 9 April 2013 tentang Penyelenggaraan PDPT untuk PTAIN dan PTAIS di SINI dan di SINI

Edaran tanggal 28 September 2012 tentang Panduan Pengisian Form PDPT

Produk Hukum Lainnya :

Edaran Sekjen Kemenag tentang  Juklak PembayaranTunjangan Profesi Dosen

Pedoman PAK Kemenag (masih pergunakan aturan lama, juklak baru belum ada)

Surat Edaran Kemenag tanggal 26 Mei 2011 tentang usulan kenaikan pangkat

Mekanisme Pengurusan Ijin Pendirian PTAI

Portal Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah

Sertifikasi Dosen PTAI dan portal serdosn online

Beasiswa Diktis

Beban Kerja Dosen

Peraturan Perundangan lain terkait PTAI  bisa kunjungi:
Web Direktorat Peraturan Perundang-undangan PTAI

Informasi Penting :

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

3 Comments

  1. Thanx Bu Fitri atas info yg super lengkap dan sangat membantu memahami proses pengusulan NIDN bagi para Dosen di PTAIN dan PTAIS serta saya acungkan super jempol buat inisiatif dan kebijakan Kementerian Agama khususnya Direktorat Pendidikan Tinggi Islam. Maaf nih cuman tanya aja nih beberapa hal yg kemungkinan Bu Fitri tahu info dan perkembangannya, yaitu :
    1). Gimana apa sdh ada inisiatif yg sama juga dari Bapak/Ibu para Pejabat di Kemenag khususnya pada Direktorat Pendidikan Tinggi Kristen (jika ada) untuk membuat kebijakan berkaitan dengan sinkronisasi pembuatan NIDN bagi para Dosen PTAKN dan PTAKS ??? jika sdh ada inisiatif dan kebijakan itu, kira2 dah sampai mana perkembangannya ? apa bisa di share disini juga ya ???
    2). Jika mereka (PTAIS maupun PTAKS) tsb, suatu saat dengan berbagai alasan dan pertimbangan, mereka mau bergabung dengan Dikti Kemendikbud dan atau Kopertis (tidak lagi dibawah Kemenag), apa bisa dilakukan dan bagaimana nasib dosennya yg sdh memiliki NIDN dari Kemenag tsb ??? Terima kasih Bu Fitri atas respon dan jawabannya….maaf apabila topik dan pertanyaan saya ini sdh pernah dibahas sebelumnya.

    Salam,
    MAP

    • Fitri says:

      Dik Marthen Pentury yang baik,
      Direktorat Bimas Kristen sebelumnya memakai Pak Wartono (mantan team leader epsbed Dikti 2002-2010) mengelola database DBK (2010-2012), portalnya http://dbk.evaluasi.net
      Para dosen dbk waktu itu (2010-2012) dihimbau mendaftar NIDN melalui website ini.
      Dengan pengalaman 9 tahun kelola program evaluasi (epsbed) Dikti seharusnya portal DBK dan NIDN terkelola baik. Kalo ingin tahu kabar tentang portal ini, Pak Wartono orangnya sangat baik dan berilmu, selalu siap berbagi informasi dan pengetahuan tentang program epsbed, program evaluasi Dikti bersumber dari hasil rancangannya. Ini email beliau : sta@wartono.com
      Kalo tak bisa hubungi melalui email, baru saya berikan nomor kontak.

      Ini berita tentang NIDN DBK Kemenag terkait NIDN.

      Rapat Koordinasi PDPT dengan Diktid dan DBK Kemenag
      http://lpjm.uinjkt.ac.id/index.php/component/content/article/269-rapat-koordinasi-pdpt-dengan-diktid-dan-dbk-kemenag

      Sunday, 13 January 2013 16:17
      Bertempat Ruang Sidang LPJM Gedung Rektorat Lantai 3 Kampus I, Kamis 10 Januari 2013 berlangsung rapat koordinasi Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) antara Dikti dengan Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama. Dari Dikti hadir Mulyono, S.H., M.M., Franova Herdiyanto, M. Nur Rochim, dan Tato Setiyarto. Sementara dari DBK Kemenag hadir Levina Nahumury, M.Th, Rosliana Sihotang,M.Si, Evendy Hutabarat, M.Pd.K, Riyani Putriardi, Yaniar Eka P, dan Tri Prasetyo Nugroho. Sedangkan dari LPJM hadir Dr. Achmad Syahid, Awalia Rahma, MA., Salamah Agung, MA., M. Adian Firnas, M.Si., Dr. Nurul Hiedayati, Lisma Dyawati Fuaida, MA., dan Tri Warseto.

      Beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain:

      Pertama, kemungkinan sistem PDPT untuk PT di bawah Kemenag yang terbuka sepanjang tahun untuk mengunggah persyaratan NIDN. Hal ini untuk percepatan penerbitan NIDN dan homebasing dosen.

      Kedua, tentang kelengkapan persyaratan NIDN bagi dosen yang sudah harus dipastikan validitas dan legalistasnya, khususnya persoalan ijazah, aturan homebasing dosen yang harus ditetapkan melalui SK DBK; kedua, maupun persoalan NIDN dosen di bawah DBK Kemenag yang selama ini sebagaian sudah terdaftar ke dikti dan sebagian lagi terdaftar melalui DBK Kemenag. Untuk persoalan dosen ini rapat memutuskan seluruh Program Studi yang berada di bawah DBK Kemenag maka NIDN dosen harus berada di bawah DBK Kemenag;

      Ketiga, sistem PDPT yang kerap off-line karena perbaikan sistem.

      Terkait persoalan-persoalan tersebut, saran dari tim dikti adalah agar tim DBK Kemenag dan Tim LPJM UIN Jakarta melakukan langkah-langkah pembenahan. Pembenahan ini terbuka lebar karena pembukaan NIDN berlangsung sepanjang waktu. Sebagai informasi juga laporan PDPT semester gasal dan genap 2012 sudah harus masuk paling lama tanggal 13 April 2013. Program studi yang tidak melaporkan PDPTnya pada waktu tersebut akan berakibat tidak diprosesnya ijin operasional Program Studi tersebut. Rapat koordinasi yang dimulai pada pukul 09.00 WIB berakhir pada pukul 12.30 WIB.

      ***

      Koordinasi Penerbitan NIDN Bimas Kristen
      http://lpjm.uinjkt.ac.id/index.php/component/content/article/228-koordinasi-penerbitan-nidn-bimas-kristen

      Minggu, 11 November 2012, jam 15.00-19.30 WIB dilangsungkan koordinasi antara LPJM UIN Jakarta dengan Direkotar Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, dan Direktorat Jenderal Bimas Kristen. Koordinasi dilangsungkan di Ruang Rapat LPJM Gedung Rektorat Lantai 3 Kampus I UIN Jakarta. Koordinasi tiga pihak ini penting untuk menyamakan persepsi dan sekaligus menyamakan persepsi untuk melakukan akselerasi penerbitan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) khusus bagi dosen di lingkungan Ditjen Bimas Kristen. Penyusunan SK Dirjen Bimas Kristen tentang Pedoman Beban Kerja Dosen pada Ditjen Bimas Kristen dan perangkat pelaporan BKD secara online telah selesai, pedoman tersebut akan disosialisasikan di Makassar, 22-24 November 2012. Direncanakan, sosialisasi BKD di Makassar akan mengundang 130 dosen pada Ditjen Bimas Kristen yang telah lulus sertifikasi dosen pada 2010 dan 2011. Pada kesempatan tersebut juga akan dilatih 20 dosen di Ditjen Bimas Kristen yang telah lulus sertifikasi dosen dan memenuhi syarat untuk dilatih dan disamakan persepsinya untuk ditunjuk sebagai asesor monev BKD dengan diterbitkan Nomor Induk Regristrasi Asesor (NIRA). Koordinasi tiga pihak untuk penerbitan NIDN ini penting karena NIDN sebagai bagian dari laporan BKD yang telah lulus serdos pada 2010 dan 2011 karena laporan itu merupakan alat kelengkapan akuntabilitas pencairan dana sertifikasi dosen.

      Hadir dalam koordinasi tersebut dari Ditjen Dikti, Mulyono, SH., MM., (Kepala Bagian Informasi dan Pelaporan, Ditjen Dikti), Dr. Wahyu Catur Wibowo, Franova Setianto, dan Moh. Rohim. Dari Ditjen Bimas Kristen hadir, Levina Nahumury, M.Th. (Kasi pada Subdit Perguruan Tinggi, Ditjen Bimas Kristen), Rosliana, M.Th., Effendy Hutabarat, Tri Prasetyo Nugroho, dan Niar Situmorang. Hadir pula tim monitoring dari STT Baptis Bandung. Rapat koordinasi dipimpin Ketua LPJM UIN Jakarta, Dr. Achmad Syahid, dengam dihadiri Awalia Rahma, MA (Sekretaris), M. Adian Firnas, M.Si. (Koordinator Bidang Pengembangan Mutu), Dr. dr. Nurul Hiedayati (Koordinator Bidang Evaluasi dan Audit), Salamah Agung, M.A.Apt. (Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pembelajaran), Lisma Dyawati Fuaida, M.Si. (Koordinator Bidang Kerjasama dan Publikasi), Triwarseto, AMD., Rivo Agusta STT.Par., dan Luki Yunita, S.Pd.

      >>>

      SEMOGA adik selalu berhasil dan lancar dalam segala urusan, salam, Fitri

  2. Terima kasih Bu Fitri atas respon dan jawabannya….sukses selalu Bu Fitri dalam tugas dan kerja…..mohon izin untuk share ke teman2 Bu Fitri !!!

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.