1 ) Penerima Beasiswa Bidikmisi Ditambah
Alokasikan 20 Persen untuk Mahasiswa Miskin
http://cetak.kompas.com/read/2013/06/03/02440513/penerima.beasiswa.bidikmisi.ditambah

3 Juni 2013
JAKARTA, KOMPAS – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menambah jumlah penerima beasiswa pendidikan mahasiswa tidak mampu dalam program Bidikmisi dari 50.000 jadi 58.000 orang. Itu terkait dampak rencana kenaikan harga BBM. “Tekanan masyarakat miskin akan lebih berat jika harga BBM naik. Karena itu, Kemdikbud menambah jumlah penerima bantuan Bidikmisi,” kata Sekretaris Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud Patdono Suwignjo di sela peluncuran Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) di Jakarta, Sabtu (1/6). Bidikmisi ialah program beasiswa Kemdikbud sejak 2010. Program itu membantu biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa tak mampu di PTN. Bantuan Rp 600.000 (biaya hidup) dan Rp 400.000 (biaya kuliah). Periode 2010-2012 terdapat 94.000 mahasiswa penerima bantuan. Menurut Patdono, penambahan 8.000 penerima Bidikmisi tahun ini telah masuk rancangan APBN Perubahan 2013. Pada awal penyusunan APBN 2013, jumlahnya 50.000 penerima. “Besaran bantuan untuk tiap mahasiswa tetap sama,” katanya. Selain Bidikmisi, Kemdikbud terus mengawal penerapan ketentuan kuota minimal 20 persen kepada perguruan tinggi negeri untuk menerima siswa miskin. “Yang tak memenuhi ketentuan itu akan dikenai sanksi pengurangan bantuan operasional dari pemerintah,” katanya. Patdono berharap kebijakan menerima 20 persen siswa miskin itu juga bisa diterapkan perguruan tinggi swasta agar memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat miskin. “Kami masih mencari instrumen yang bisa meningkatkan penerimaan siswa miskin di PTS,” katanya.

…dst

2 ) Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN Harus Verifikasi Data
http://edukasi.kompas.com/read/2013/06/02/23562023/Calon.Mahasiswa.Lulus.SNMPTN.Harus.Verifikasi.Data

Minggu, 2 Juni 2013
PALEMBANG, KOMPAS.com – Calon mahasiswa Universitas Sriwijaya yang dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diharuskan melakukan verifikasi data terhadap panitia penerimaan di Palembang, 3-4 Juni 2013. “Para lulusan diharuskan datang ke Graha Unsri Jalan Srijaya Negara Bukit Besar pukul 07.30 – 16.00 WIB untuk membuktikan data yang dilaporkan siswa ketika melakukan pendaftaran,” kata Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Unsri, Zulkifli Dahlan, di Palembang, Minggu (2/6/2013). Ia mengemukakan, proses verifikasi itu merupakan prosedur dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN sebelum melakukan pendaftaran ulang pada 18-19 Juni 2013. Siswa diharuskan membawa sejumlah dokumen dalam proses verifikasi itu yakni raport asli SMA/MA/MTS dari semester I hingga semester V, beserta fotokopinya dalam rangkap dua berkas.”Selain itu, siswa juga diharuskan membawa surat keterangan lulus dari kepala sekolah beserta fotokopi yang telah dilegalisir dalam dua rangkap, kartu tanda peserta SNMPTN asli, kartu identitas diri (KTP atau SIM), serta pasfoto ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar,” ujarnya.

…dst

3 ) Kompetisi Komurindo 2013
Graksa Ganesha ITB Juara Pertama
http://www.pikiran-rakyat.com/node/237208

Minggu, 02/06/2013 – 16:37
GARUT,(PRLM).-Tim Graksa Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara pertama Kompetisi Muatan dan Roket Indonesia (Komurindo) kategori muatan roket. (payload). Kemenangan ITB sebagai juara pertama kali ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali ITB meraih juara pertama pada perhelatan Komurindo pertama di Bantul, DIY Yogyakarta enam tahun lalu. Tim Graksa Ganesha ITB terdiri atas Ricky Saputra dari Teknik Elektro 2010, Nadifa dari Teknik Elektro 2010 dan Firly dari Penerbangan 2010. Ricky menuturkan tidak menyangka timnya dapat keluar sebagai juara. Terlebih saat peluncuran, roket dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang membawa muatan timnya tidak meluncur hingga lima kali. “Jadi ada yang salah di roket Lapan. Kami dari deg-degan menunggu roket meluncur hingga hilang deg-degan. Kami terus mencoba terus hingga percobaan kelima dan terkahir baru bisa meluncur,” kata Ricky dalam Penutupan Komurindo 2013 di Balai Produksi & Pengujian Roket Lapan , Jln. Cilauteureun, Pamengpeuk, Kupaten Bandung, Minggu (1/6/2013). Menurut Ricky, muatan roket yang dibuat timnya memiliki keunggulan paling cepat untuk memotret ukuran 200×200 pixel dalam 25 detik.

…dst

4 ) Mahasiswa Ubaya Raih Emas Olimpiade MIPA 2013
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/03/mnt95i-mahasiswa-ubaya-raih-emas-olimpiade-mipa-2013

Senin, 03 Juni 2013, 16:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) Januar Ishak meraih medali emas kategori Biologi dalam ajang bergengsi Olimpiade Nasional MIPA 2013 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Prosesnya berliku-liku, karena saya harus melalui seleksi di tingkat Ubaya, lalu seleksi di tingkat Kopertis VII/Jatim dan akhirnya ke seleksi tingkat nasional dengan puluhan mahasiswa se-Indonesia,” kata alumni SMA Kristen Petra 2 Surabaya itu di Surabaya, Senin. Dalam seleksi oleh Kopertis VII/Jatim, katanya, ada 11 mahasiswa Ubaya yang bergabung. “Saya tetap bersemangat dalam seleksi tingkat Kopertis VII itu di Jambu Luwuk Kota Batu, karena ada dosen yang mendampingi. Beda dengan tahun lalu,” katanya. Kegiatan yang digelar pada minggu pertama bulan Mei itu tergolong singkat dalam persiapan, karena seluruh mahasiswa Ubaya yang lolos dalam tahap itu baru saja menjalankan UTS (Ujian Tengah Semester). “Dari 11 mahasiswa yang lolos hanya saya yang melaju ke seleksi tingkat nasional. Jelas, saya kesepian, padahal kampus lain kebanyakan lebih dari satu perwakilan. Belum lagi beban mental dalam ajang yang sama pada tahun 2012 hanya meraih medali perunggu,” katanya.

…dst

5 ) Wakil Menteri Pendidikan Wiendu Diduga Korupsi
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/03/063485279/Wakil-Menteri-Pendidikan-Wiendu-Diduga-Korupsi

Senin, 03 Juni 2013 | 09:05 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Hasil investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti diduga kuat terlibat kasus korupsi di Direktorat Jenderal Kebudayaan. Inspektorat dalam tujuh halaman laporan kesimpulan menyebutkan dengan jelas peran Wiendu. “Wiendu Nuryanti diduga kuat membawa gerbong bisnisnya untuk melakukan berbagai kegiatan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” bunyi laporan yang ditandatangani Inspektur Jenderal Kementerian Haryono Umar itu. Menurut laporan itu—seperti tertulis dalam majalah Tempo edisi pekan ini—setidaknya ada empat perusahaan yang ditunjuk melaksanakan kegiatan promosi budaya dengan nilai proyek Rp 27,31 miliar. Kegiatan pertama adalah konferensi Federasi Promosi Budaya Asia di Surakarta, September 2012. Lelang proyek ini dimenangi PT Fokus Konvesindo dengan nilai kontrak Rp 910 juta, menyisihkan dua perusahaan lain dengan tawaran harga lebih rendah. Hasil investigasi oleh Inspektorat, PT Fokus berafiliasi dengan Yayasan Stuppa Indonesia, organisasi pengelola pertunjukan dan budaya milik Wiendu. Dua karyawan Fokus, yaitu Ilham Derajat dan Dwi Kusumaningsih, membenarkan afiliasi itu. Sedangkan karyawan Divisi Riset Stuppa, Wayan Suweta, mengakui Dwi bekerja di Stuppa sebagai tenaga ahli untuk PT Karma Wi Bangga, perusahaan yang beralamat sama dengan Stuppa di Yogyakarta. “Kami satu angkatan di arsitektur Universitas Gadjah Mada,” kata Wayan.

…dst

6 ) Mobil semar UGM siap berkompetisi di Malaysia
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/03/15/745733/mobil-semar-ugm-siap-berkompetisi-di-malaysia

Senin, 3 Juni 2013 ? 18:32 WIB
Sindonews.com – Tim semar Universitas Gajah Mada (UGM) kembali mengikuti lomba kendaraan hemat bahan bakar, Shell Eco-marathon Asia di Sepang Malaysia pada 4-7 Juli. Keikutsertaan untuk keempat kalinya tim semar dalam ajang regional ini, rencananya mengirimkan dua mobil untuk kategori urban concept dengan bahan bakar diesel dan kategori prototype car dengan bahan bakar gasoline. Ketua Tim Semar Agung Prasetya mengatakan, tim semar beranggotakan 14 orang mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Dua mobil semar dikontruksi body monocoque dengan menggunakan material carbon fiber composite agar bisa meringankan dan meningkatkan presisi semar. Bahkan semua komponen menggunakan bahan aluminium. “Semakin ringan semar maka akan semakin hemat bahan bakar,” kata mahasiswa jurusan teknik mesin dan industri Fakultas Teknik UGM ini ditemui di sela-sela pelepasan tim semar oleh Rektor UGM di Balairung, Yogyakarta, Senin (3/6/2013). Pada kompetisi kali ini, mobil semar urban menggunakan mesin diesel berkapasitas 220 cc yang mengadopsi teknologi near adiabatic diesel engine (NADE). Sedangkan mobil Semar proto menggunakan teknologi Pedal Steering System, dimana pengendalian mobil tidak lagi menggunakan tangan melainkan dengan menggunakan kaki.

…dst

7 ) Sultan Apresiasi Mobil Semar Karya Mahasiswa UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/03/mntlqa-sultan-apresiasi-mobil-semar-karya-mahasiswa-ugm

Senin, 03 Juni 2013, 21:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Mobil listrik Semar merupakan bukti mahasiswa dalam menjalankan kuliah tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga melakukan praktik ilmu secara aplikatif, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Karya itu menunjukkan ilmu betul-betul dipraktikkan. Mobil listrik itu dasarnya riset, tetapi tidak pernah ada yang mengatur untuk mendapatkan poin dalam kuliah,” katanya saat melihat mobil listrik Semar karya mahasiswa UGM, di Yogyakarta, Senin. Oleh karena itu, kata dia, karya mahasiswa tersebut bisa mendapatkan penghargaan portofolio berupa sertifikat agar mereka kalau masuk kerja mempunyai bukti kelebihan selain teori. “Saya minta pada dekan agar mahasiswa yang mengembangkan mobil listrik itu diberi sertifikat sebagai bentuk penghargaan atas karya mereka,” katanya. Ketua Tim Semar UGM Agung Prasetya mengatakan mobil listrik itu akan mengikuti kompetisi kendaraan hemat energi Shell Eco Marathon Asia di Sepang International Circuit Malaysia, 4-7 Juli 2013.

…dst

8 ) Peraih UN Terbaik di Kalsel Dapat Beasiswa Rp 50 Juta
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/06/03/mntfym-peraih-un-terbaik-di-kalsel-dapat-beasiswa-rp-50-juta

Senin, 03 Juni 2013, 18:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN–Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan memberikan beasiswa kepada siswa terbaik se kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan Rp 50 juta per siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan total dana Rp 666 juta untuk masing-masing daerah. Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Ngadimun di Banjarmasin, Senin mengatakan, para siswa yang berprestasi dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini dipastikan akan mendapat beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel. “Beasiswa ini kita berikan kepada siswa peringkat 1, 2, dan 3 di tiap kabupaten dan kota untuk semua jenjang,” katanya. Peringkat tersebut tambah Ngadimun, dihitung berdasarkan nilai akhir (NA) yakni nilai UN ditambah nilai sekolah. Para siswa, yang berhak mendapatkan beasiswa prestasi adalah siswa terbaik di tiap kabupaten dan kota yakni peringkat 1, 2, dan 3 jenjang SD dan MI, peringkat 1, 2,dan 3 jenjang SMP dan MTs, dan peringkat 1, 2,dan 3 jenjang SMA, MA, dan SMK. “Jadi, setiap kabupaten dan kota ada 21 siswa peraih beasiswa prestasi tersebut,” katanya.

…dst

9 ) SBMPTN dibuka, hati-hati dengan penipuan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/03/15/745644/sbmptn-dibuka-hati-hati-dengan-penipuan

Senin, 3 Juni 2013 ? 16:02 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan pembukaan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).Calon mahasiswa diharap mewaspadai berbagai cara penipuan dalam proses SBMPTN. Sebagaimana diumumkan dalam laman resmi yang dibuat pemerintah yakni www.sbmptn.or.id, panitia SBMPTN memiliki akun resmi di jejaring media sosial Twitter melalui akses @PanitiaSBMPTN, di Facebook melalui akses http://facebook.com/PanitiaSBMPTN , di layanan telepon langsung melalui akses 0804-1-456-456, atau melalui laman internet resmi ini. Selain akun media sosial yang disebutkan di atas, adalah akun ilegal atau tidak resmi dari pemerintah yang berpotensi melakukan penipuan terhadap calon mahasiswa perguruan tinggi negeri.”Hati-hati terhadap penipuan! Panitia SBMPTN tidak memiliki akun di Facebook atau Twitter selain yang tertera di bawah. Semua akun yang mengatasnamakan panitia SBMPTN selain yang tertera di bawah adalah palsu,” sebagaimana dikutip laman sbmptn.or.id. Sebagaimana diberitakan, Kemendikbud mengumumkan pembukaan pendaftaran SBMPTN secara daring (online) mulai 13 Mei-7 Juni 2013. Setelah pendaftaran SBMPTN secara daring ditutup, panitia akan menggelar Ujian tertulis SBMPTN pada 18-19 Juni 2013, dan mengumumkan hasil SBMPTN pada 12 Juli 2013. SBMPTN tahun ini diikuti oleh 61 perguruan tinggi negeri, ditambah IAIN Wali Songo Semarang.

…dst

10 ) Unpad Meluncurkan Try Out Online SBMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/373/816944/unpad-meluncurkan-try-out-online-sbmptn

Senin, 03 Juni 2013 19:29 wib
JAKARTA – Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Salah satunya adalah berkembangnya cyber teaching atau pengajaran maya alias menggunakan internet, serta e-learning yaitu model pembelajaran menggunakan internet. Setelah sukses melaksanakan program Bimbingan Belajar Super Motivasi bagi pelajar SMA di sekitar kampus Unpad Bandung dan Jatinangor, kali ini Unpad menyelenggarakan program Try Out Online “Super Motivasi”, Latihan Menghadapi SBMPTN 2013 yang ditujukan bagi pelajar SMA/sederajat dan diselenggarakan secara gratis. Ketua Panitia kegiatan Ace Tatang Hidayat, M.Si., MM. mengatakan, bahwa sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial di bidang pendidikan, Unpad secara rutin menyelenggarakan kegiatan pengayaan materi bagi pelajar SMA. “Try out online merupakan awal dari kegiatan Unpad memberikan pengayaan materi bagi pelajar SMA melalui pembelajaran online,” ucap Ace, seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Senin (3/6/2013).

…dst

11 ) Cara mengikuti SMBPTN dengan pilihan ITS Surabaya
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/03/15/745693/cara-mengikuti-smbptn-dengan-pilihan-its-surabaya

Senin, 3 Juni 2013 ? 17:13 WIB
Sindonews.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka secara daring (online). Ada 61 perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa, salah satunya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur. SBMPTN 2013 merupakan satu cara bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK yang berasal dari seluruh Indonesia dan lulus tahun 2011, 2012, atau 2013, untuk masuk ke perguruan tinggi negeri termasuk ITS. Seleksi SBMPTN menggunakan pola seleksi ujian tertulis atau ketrampilan. Jalur SBMPTN di ITS menerima semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali calon peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri. Sebagai institut teknologi, ITS hanya menerima calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK dari jalur eksakta. Kecuali untuk empat program studi yaitu Desain Produk dan Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistim Informasi, dan Managemen Bisnis, bisa menerima calon mahasiswa dari jalur non-eksakta dengan memilih Kelompok Ujian Saintek atau Campuran.

…dst

12 ) Ujian Cukup Berat, ITB Hanya Luluskan 39 Apoteker
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/373/816869/ujian-cukup-berat-itb-hanya-luluskan-39-apoteker

Senin, 03 Juni 2013 17:49 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) melantik 39 apoteker baru. Tapi, dari 47 orang peserta ujian apoteker, hanya 39 yang dinyatakan lulus. Program Studi (Prodi) Profesi Apoteker melantik 39 apoteker baru untuk periode Semester I 2012/2013, prosesi Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker diselenggarakan di Aula Barat ITB. Sidang terbuka ini dihadiri oleh tamu-tamu undangan dari Komite Farmasi Nasional, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PDIAI), dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat serta tentunya para orangtua wisudawan. Diawali dengan laporan ketua panitia ujian apoteker, Sekan Sekolah Farmasi Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc dan laporan sekretaris ujian, ketua program studi profesi apoteker, dan Dr. Tri Suciati, M.Si. “Ujian Apoteker memang ujian yang cukup berat dirasakan bagi para mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker,” ujar Tri yang disitat dari situs resmi ITB, Senin (3/6/2013).

…dst.

13 ) RI-Vet, Robot Andalan ITS Siap Beraksi di Semarang
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/373/816744/ri-vet-robot-andalan-its-siap-beraksi-di-semarang

Senin, 03 Juni 2013 16:12 wib
JAKARTA – Agar robot kreasi mereka dapat berlaga dengan baik, para finalis Kontes Robot Nasional (KRN) 2013 pun tidak henti terus berinovasi. Tidak terkecuali sang jawara KRN 2012, yakni Tim Robot Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tahun ini, mereka tidak lagi menggunakan nama RI-NHO tapi menggantinya menjadi RI-Vet. Selain itu, salah seorang anggota tim RI-Vet ITS Moch Wahyu Kurniawan mengakui jika tahun ini mereka melakukan banyak perubahan. Baik dari segi personil maupun sang robot andalan. Wahyu menyebut, perbaikan pertama yang mereka lakukan ialah menambah jumlah personil tim. Sebab, lima tim inti yang memperkuat RI-NHO sangat keteteran. “Ketika pembentukan tim RI-Vet, 10 anggota baru dimasukkan sebagai pelengkap tim inti. Jadi, ada 15 anggota tim RI-Vet saat ini yang berasal dari berbagai jurusan,” ujar Wahyu, seperti disitat dari ITS Online, Senin (3/6/2013).

…dst

14 ) Unpas Luncurkan Mobil Balap Pangrango Go Green
http://www.pikiran-rakyat.com/node/237312

Senin, 03/06/2013 – 14:08
BANDUNG,(PRLM).- Dunia otomotif Indonesia tengah digairahkan dengan semangat memproduksi mobil listrik. Mulai dari tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi. Universitas Pasundan pun tak mau ketinggalan setelah berhasil membuat mobil balap Kujang 193 dan berlaga di Kompetisi Mobil Listrik IV di Politeknik Negeri Bandung (Polban) tahun lalu. Tahun ini, mahasiswa Teknik Mesin Unpas kembali membuat mobil listrik. Pangrango Go Green dipilih sebagai nama mobil balap dengan dominasi warna orange. Pangrango Go Green pun dipersiapkan untuk berlaga dalam Indonesia Electric Vehicle Competition (IEVC) di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 7 hingga 9 Juni 2013 mendatang. Sebagai mobil listrik, konsep mobil Pangranggo Go Green tidak hanya dikhususkan sebagai mobil balap tapi juga dapat sebagai mobil rekreasi. Pemilihan nama juga selalu digunakan nama-nama yang menjadi identitas dari Unpas sebagai bagian dari Jawa Barat. Jika bicara Gunung Gede Pangrango yang terkenal sekaligus menjadi identitas di Jawa Barat maka filosofi itupula yang ingin dibawa sebagai identitas oleh tim Unpas.

…dst

15 ) Tembus UI Bakal “Dijejali” Kurikulum Rumpun
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/373/816916/tembus-ui-bakal-dijejali-kurikulum-rumpun

Senin, 03 Juni 2013 18:41 wib
JAKARTA – Peserta yang jebol masuk Universitas Indonesia (UI), utamanya semua fakultas yang berhubungan dengan ilmu kesehatan, akan diberikan kurikulum Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI. Penanggung Jawab Kurikulum Fakultas Rumpun Ilmu Kesehatan dan RSUI dr. Diantha Soemantri M.Med.Ed. mengatakan kurikulum ini menyambut mahasiswa baru yang masuk melalui SNMPTN 2013. Kurikulum ini diberikan kepada seluruh mahasiswa rumpun ilmu kesehatan yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK). Para calon mahasiswa baru ini pun wajib mengikuti kurikulum tersebut, khususnya bagi mahasiswa RIK tahun pertama dan kedua. Mata kuliah wajib Rumpun Ilmu Kesehatan terdiri dari Biodemik Dasar, Etika Hukum Kedokteran, Kolaborasi Tim Kesehatan 1, Kolaborasi Tim Kesehatan 2, Komunikasi Efektif, Pengelolaan Bencana serta Metodologi Penelitian.

…dst

16 ) Wah, D4 Fisioterapi UMS Ditutup
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/373/816523/wah-d4-fisioterapi-ums-ditutup

Senin, 03 Juni 2013 10:55 wib
SOLO – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta mengumumkan bahwa tahun akademi 2013/2014 ini tidak lagi menerima calom mahasiswa baru program studi (prodi) Diploma Empat (D4) Fisioterapi. “D4 Fisioterapi sebetulnya cukup diminati. Selama ini rata-rata setiap tahun dibuka dua kelas,” ungkap Dekan FIK UMS, Arif Widodo, MKes kepada wartawan, di Kampus UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (3/6/2013). Penutupan D4 Fisioterapi, menurut Dekan FIK UMS, karena adanya masukan dari organisasi profesi Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) supaya jenjang D4 dialihkan ke jenjang strata satu atau sarjana. Apalagi ke depan, IFI mensyaratkan adanya pendidikan profesi seperti dokter, apoteker dan sebagainya. “Ditutupnya prodi D4 Fisioterapi UMS menjadikan prodi Fisioterapi lebih simpel dan keberadaannya di UMS cukup D3 dan S1 saja,” jelasnya.

…dst

17 ) UMM segera Berubah jadi Kampus Wisata
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/111407/umm-segera-berubah-jadi-kampus-wisata

03 Jun 2013 08:01:03
Malang (Antara Jatim) – Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini segera berubah menjadi kampus wisata yang ditandai dengan pengambilalihan Taman Rekreasi Sengkaling yang berlokasi tidak jauh dari kampus tersebut. Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Muhajjir Effendi di Malang, Senin, mengakui jika Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) yang sebelumnya dikelola oleh PT Bentoel itu sudah diambilalih (take over) oleh UMM. “Desain jangka panjang kita memang ingin mewujudkan UMM menjadi kampus wisata. Pengambilalihan TRS ini juga kami jadikan sebagai modal dasar untuk menjadi kampus wisata yang tetap berbasis pada pendidikan,” tegas Muhajjir. Menurut dia, untuk saat ini manajemen masih ditangani sepenuhnya oleh manajemen TRS yang lama, namun secara perlahan dan bertahap juga akan dikelola secara mandiri tanpa mengabaikan manajemen lama. Ke depan, lanjutnya, TRS tersebut juga akan menjadi salah satu penopang keuangan (pendapatan) bagi UMM, disamping University Inn UMM, Book Store, UMM Dome, bengkel Yamaha, UMM Press, Poliklinik serta SPBU yang berlokasi di depan kampus III.

…dst

18 ) UKT Unair Relatif Lebih Murah Dibanding PTN Lain
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/02/373/816359/ukt-unair-relatif-lebih-murah-dibanding-ptn-lain

Senin, 03 Juni 2013 07:10 wib
JAKARTA – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya siap memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru 2013/2014. Penerapan sistem UKT berlaku untuk mahasiswa reguler, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Demikian disampaikan Wakil Rektor II Unair M Nasih. Dia menyebut, besaran biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa bervariasi dan terbagi atas enam kelompok. Paling rendah, yakni Kelompok I, memiliki rentang Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) yang dibayarkan mahasiswa Rp0-Rp500 ribu. Artinya mahasiswa dari Kelompok I bisa kuliah secara gratis. “Pengelompokan ini didasarkan pada penghasilan orangtua, dengan yang paling besar di kelompok V dan VI. Tapi bukan hanya penghasilan saja yang menjadi pertimbangan, ada variabel lain yang perlu di-cross check. Misalnya, jenis pekerjaan orangtua, berapa tagihan listrik tiap bulan, berapa jumlah kendaraan bermotor yang dimiliki, dan lain-lain,” kata Nasih, seperti dinukil dari laman Unair, Senin (3/6/2013).

…dst

19 ) Kader Dianiaya, HMI Makassar Razia Anggota TNI/Polri
http://regional.kompas.com/read/2013/06/03/18480210/Kader.Dianiaya..HMI.Makassar.Razia.Anggota.TNIPolri.

Senin, 3 Juni 2013 | 18:48 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com — Pascapenganiayaan terhadap kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat berunjuk rasa di kantor PT Pertamina Region VII di Jalan Garuda, Makassar; mahasiswa melakukan razia terhadap anggota TNI/Polri di Bontolempangan, Senin (3/6/2013) dari sore hingga malam. Puluhan kader menutup Jalan Bontolempangan dengan memasang bambu dan balok kayu serta melakukan pembakaran di tengah jalan. Mereka merazia aparat kepolisian dan anggota TNI yang melintas di sekitar Sekretariat HMI di Jalan Bontolempangan. Sebelumnya, mahasiswa terlibat bentrok di halaman kantor PT Pertamina. Empat mahasiswa mengalami luka, setelah dikeroyok oleh anggota TNI/Polri. Bahkan, bentrokan fisik berlanjut hingga di Jalan Bontolempangan, depan sekretariat HMI.

…dst

20 ) 3 Menteri Terbaik Ini Bukan dari Parpol
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/03/078485288/3-Menteri-Terbaik-Ini-Bukan-dari-Parpol

Senin, 03 Juni 2013 | 10:08 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga Survei Nasional menyatakan, tiga menteri yang mendapat penilaian terbaik dalam kinerjanya di mata masyarakat bukan berasal dari partai politik. Para menteri tersebut dinilai dapat bekerja lebih baik dan total karena fokus dalam tanggung jawab dan pekerjaan. Tiga nama yang mendapat nilai tinggi dalam kinerja secara berurutan adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan dengan nilai 20,4 persen, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dengan 14,2 persen, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dengan 11,8 persen. “Menteri dari partai yang dinilai baik hanya Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di peringkat keempat dengan 11,5 persen. Hatta punya nilai tinggi karena seluruh kebijakan ekonomi pemerintah disampaikan dia dengan argumentasi yang baik. Banyak diberitakan media,” kata peneliti utama LSN, Dipa Pradipta, dalam konferensi pers, Ahad, 2 Juni 2013.

…dst

21 ) Menkeu: Bukan Melemahkan KPK
http://regional.kompas.com/read/2013/06/03/02133146/Menkeu.Bukan.Melemahkan.KPK

Senin, 3 Juni 2013 | 02:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS – Menteri Keuangan M Chatib Basri di Jakarta, Minggu (2/6), menegaskan, pemotongan anggaran belanja tidak dimaksudkan untuk melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ataupun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Kebijakan pemotongan anggaran berlaku untuk semua kementerian dan lembaga negara dan dilakukan oleh instansi yang bersangkutan. “Pertama kali saya dilantik (sebagai Menkeu), saya bilang, jangkar kebijakan fiskal adalah tata kelola yang baik. Dan itu salah satunya adalah menghilangkan korupsi. Jadi, usaha pemberantasan korupsi termasuk prioritas (yang tidak akan dikurangi anggarannya). Itulah sebabnya, pemotongan anggaran dilakukan sendiri oleh kementerian dan lembaga masing-masing karena mereka sendiri yang tahu mana yang bisa dipotong dan mana yang tidak,” kata Chatib.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.