1 ) 2025, Indonesia Bakal Krisis Insinyur
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/813944/2025-indonesia-bakal-krisis-insinyur

Selasa, 28 Mei 2013 16:10 wib
DEPOK – Indonesia memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk menyukseskan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Salah satunya yakni dengan mencetak banyak lulusan sarjana. Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia akan krisis insinyur hingga berakhirnya MP3EI pada 2025. Saat ini mahasiswa justru lebih senang mengambil jurusan politik. “Indonesia sedang krisis insinyur. Senangnya politik, mungkin di Senayan dinilai sebagai jalan pintas yang sukses. Itu kenapa peminat fakultas teknik menurun,” papar Hatta, dalam Seminar MP3EI, di Kampus UI, Depok, Selasa (28/5/2013). Hatta menambahkan, Indonesia hanya menghasilkan lulusan insinyur 100 anak per satu juta penduduk per tahun. Sementara Malaysia sudah berada di atas 300 lulusan insinyur. “Ini mengapa terjadi? Karena ada terjadi industrialisasi di Indonesia. Karena bahan mentah diekspor semua. Kalau skenario MP3EI berhasil, maka kita kekurangan sarjana teknik pada 2025,” ungkapnya. Hatta menyebutkan, bahwa pada 2015 Indonesia harus memiliki insinyur profesional untuk bersaing di ASEAN. Kualitas tentu sangat penting dalam persaingan.

…dst

2 ) Kemdikbud Gelar Rakornas Arsiparis 2013
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1373

05/28/2013
Jakarta–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Arsiparis 2013. Tema rakornas ini adalah “Revitalisasi Manajemen Arsip dan Dokumentasi Sebagai Informasi Publik” Melalui Pengembangan Jaringan Informasi Kearsipaan Dalam Rangka Percepatan Reformasi Birokrasi. Sebanyak 110 peserta menghadiri rakor ini. Mereka berasal dari Sekretaris Unit Utama, Kepala Biro, Kepala Pusat, Pembantu Rektor II Perguruan Tinggi Negeri, Direktur Politeknik Negeri, Koordinator Kopertis, arsiparis, pengurus, dan anggota forum pengelola arsip di lingkungan Kemdikbud. Saat memberikan sambutan, Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Ibnu Hamad, menghimbau untuk lebih memanfaatkan keberadaan arsip.”Saat ini kearsipan menjadi bagian dalam PIH, sehingga diharapkan bukan hanya sebagai informasi yang disimpan, tapi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memenuhi permintaaan masyarakat akan informasi,” terang Ibnu, saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakor, di Hotel Sahid Jaya, hari ini (27/5). Sehingga, hal itu sesuai dengan implementasi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

…dst

3 ) Peguruan Tinggi Juga Berperan Dukung MP3EI
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/28/20405790/Peguruan.Tinggi.Juga.Berperan.Dukung.MP3EI

Selasa, 28 Mei 2013 | 20:40 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Perguruan tinggi dapat berperan menopang terwujudnya Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Perguruan tinggi berperan untuk mewujdukan percepatan kemampuan sumber daya manusia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi nasional. Karena itu, perguruan tinggi sebagai pembentuk masyarakat berbasis pengetahuan, diharapkan dapat mencetak calon pemimpin yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan bangsa, hingga mampu membawa Indonesia menjadi negara maju. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa, dalam kuliah umum di Kampus UI, Depok, Selasa (28/5/2013), dengan tema ” Peranan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas SDM dan pengembangan IPTEK sebagai salah satu strategi utama MP3EI”. Hatta menyampaikan, strategi MP3EI berfokus pada tiga pilar strategi yaitu pengembangan koridor ekonomi, perkuatan konektivitas nasional, dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional.

…dst

4 ) Kelulusan SNMPTN Dibatalkan Jika Ikut SBMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/28/11040364/Kelulusan.SNMPTN.Dibatalkan.Jika.Ikut.SBMPTN

Selasa, 28 Mei 2013 | 11:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Panitia Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memberlakukan peraturan ketat pada para peserta yang dinyatakan lolos seleksi ini. Mereka harus mempertaruhkan kelulusan di jalur seleksi nilai rapor ini jika memutuskan mengikuti seleksi jalur tertulis atau yang dikenal dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), bulan depan. Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengakui bahwa setiap peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2013 tetap memiliki hak untuk mengikuti tes lainnya. Apalagi, jika ada siswa yang masih merasa kurang puas karena tidak lulus di pilihan pertamanya di SNMPTN 2013. “Tapi kalau ikut tes SBMPTN, keterterimaannya di SNMPTN itu digugurkan. Kami coret dari keterterimaannya di SNMPTN,” ungkapnya dalam keterangan pers di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (27/5/2013) sore. Rektor ITB ini mengatakan, sebenarnya dirinya tidak menganjurkan mereka yang sudah lolos SNMPTN untuk ikut lagi dalam seleksi tertulis. Ini semata-mata agar tidak mengurangi peluang siswa-siswa lainnya yang memang tidak lulus seleksi nilai rapor sebelumnya.

…dst

5 ) PENS Gratiskan Peraih UN Tertinggi asal Lamongan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/111064/pens-gratiskan-peraih-un-tertinggi-asal-lamongan

28 Mei 2013 19:46:24
Surabaya (Antara Jatim) – Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Dr Zainal Arief ST MT memberikan kesempatan untuk kuliah gratis kepada peraih nilai ujian nasional tertinggi tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Timur asal SMK Nahdlatul Ulama 1 Karanggeneng, Lamongan, yakni Ardi Pranata. “Setelah mengetahui berita itu, kami dari PENS langsung menemui Ardi di sekolahnya dan langsung menawarkan rekomendasi baginya untuk melanjutkan kuliah di PENS lewat Bidik Misi,” katanya setelah menghadiri penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan Akademi Komunitas Negeri Lamongan bersama Bupati Lamongan H Fadeli SH MM di Lamongan, Selasa. Dalam informasi tertulis yang diterima Antara dari Humas PENS, Direktur PENS itu mengunjungi Ardi setelah acara penandatanganan nota kesepahaman yang melibatkan Dinas Pendidikan setempat di SMKN 1 Lamongan itu usai. “Alhamdulillah, Pak Bupati sangat mendukung pengembangan program ini sehingga acara berjalan lancar dan kami dapat segera melanjutkan perjalanan menemui Ardi,” kata pimpinan PENS yang baru itu.

…dst

6 ) Program Studi dengan Persaingan Paling Ketat di SNMPTN 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/28/12505679/Program.Studi.dengan.Persaingan.Paling.Ketat.di.SNMPTN.2013

Selasa, 28 Mei 2013 | 12:50 WIB
KOMPAS.com — Sebanyak 133.604 siswa dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 di 61 PTN di seluruh nusantara (baca: Cek Hasil SNMPTN 2013 di “Kompas.com”!). Panitia SNMPTN mencatat program studi yang menunjukkan persaingan paling ketat di setiap perguruan tinggi negeri. Catatan persaingan paling ketat tercatat dalam contoh tabel rasio keketatan yang disampaikan Panitia SNMPTN 2013, Senin (27/5/2013). Dalam keterangan pers tersebut, Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, catatan ini menunjukkan fakultas-fakultas yang memiliki banyak peminat. Berikut catatan keketatan persaingan di program studi di sejumlah PTN dengan format “nama universitas: program studi sainstek (tingkat keketatan dalam persen)/program studi soshum (tingkat keketatan dalam persen)”.

…dst

7 ) Kuliah Kedokteran UI dan UGM Hanya Rp 5 Juta
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=174031

Selasa, 28 Mei 2013 , 00:38:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) yang masuk lewat jalur seleksi nasional maupun seleksi bersama masuk PTN mulai tahun ini. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, prinsip penetapan bantuan operasional PTN, biaya kuliah tunggal (BKT) maupun UKT dilakukan dengan memperhatikan masyarakat yang tidak mampu (afirmasi), subsidi silang (yang kaya mensubsidi yang miskin), dan pengendalian biaya yang tepat. “Ada prinsip afirmasi, subsidi silang, dan pengendalian. Tidak boleh serta merta perguruan tinggi menaikkan biaya,” ujar Mendikbud Mohammad Nuh di Jakarta, Senin (27/5). Menurutnya pengaruh bantuan operasional PTN terhadap biaya pendidikan tinggi yang ditanggung mahasiswa menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Dia mencontohkan, dengan sistem saat ini, kuliah reguler sampai selesai di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM) rata-rata menghabiskan biaya Rp 105,5 juta, yang terdiri dari SPP Rp 2,150.000 per semester, sumbangan pembangunan institusi (SPI) Rp 75 juta dan SPP lain Rp 900 ribu. Nah, dengan sistem UKT, angkanya bisa ditekan hingga Rp 98,625.000 atau selisih sekitar Rp 7 juta. Angka ini dengan perhitungan BKT jenjang S1 di FK UGM sebesar Rp 15.232.803. Sedangkan UKT-nya bervariasi yang dikelompokkan ke dalam lima kelompok mahasiswa.

…dst

8 ) Uang Kuliah FK Unair Rp 25 Juta Per Semester
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/28/mnigd0-uang-kuliah-fk-unair-rp-25-juta-per-semester

Selasa, 28 Mei 2013, 20:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Uang kuliah tunggal (UKT) yang diberlakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mulai tahun ajaran 2013/2014, tertinggi di fakultas kedokteran (FK) Rp 25 juta/semester, padahal sebelumnya di atas Rp 100 juta. “UKT Rp 25 juta untuk FK itu merupakan UKT kelompok terakhir atau kelompok VI, namun mahasiswa FK yang miskin juga masih bisa ditarik biaya dengan UKT kelompok I yang hanya Rp0 hingga Rp 500 ribu,” kata Wakil Rektor II Unair Dr M Nasih MT.Ak didampingi Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Dr MG Bagus Ani Putra di Surabaya, Selasa. Ia menjelaskan UKT kelompok I berkisar Rp0 hingga Rp500 ribu, UKT kelompok II berkisar Rp1 juta hingga Rp1,250 juta, UKT kelompok III berkisar Rp1 juta hingga Rp7,5 juta, UKT kelompok IV berkisar Rp4 juta hingga Rp15 juta, UKT kelompok V berkisar Rp6 juta hingga Rp20 juta, dan UKT kelompok VI berkisar Rp7,5 juta hingga Rp25 juta.”UKT yang diberlakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2012 itu untuk mahasiswa reguler di jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) dan SBMPTN (seleksi bersama masuk PTN),” kata wakil rektor bidang keuangan itu.

…dst

9 ) ITS Tetapkan Total UKT Rp28,6 Juta
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/813854/its-tetapkan-total-ukt-rp28-6-juta

Selasa, 28 Mei 2013 14:26 wib
JAKARTA – Polemik mengenai penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) terus bermunculan. Terutama di kalangan mahasiswa yang akan merasakan langsung penerapan UKT tersebut. Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa PTN tahun akademis 2013/2014 sudah ditentukan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 55 tahun 2013, tanggal 23 Mei 2013 yang mengatur tentang besaran penyusunan UKT di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mengenai biaya perkuliahan, ITS akan menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp7,5 juta, namun angka itu sudah diputuskan secara resmi dengan Permendikbud. Dikutip dari laman ITS Online, Selasa (28/5/2013), ITS juga menerima mahasiswa miskin lewat program Bidikmisi sebesar 10 persen dengan UKT mulai Rp500 ribu per semester.Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS sistem yang sekarang atau tahun sipil angkatan 2012/2013 dengan tarif SPP senilai Rp2,5 juta, SPI Rp7,5 juta, dan SPP lain Rp2,4 juta. Jadi, rata-rata sampai selesai mahasiswa membayar Rp46,7 juta.

…dst

10 ) Uang Kuliah Tunggal ITB Mulai Rp 400 Ribu
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/28/079483930/Uang-Kuliah-Tunggal-ITB-Mulai-Rp-400-Ribu

Selasa, 28 Mei 2013 | 19:17 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Institut Teknologi Bandung menerapkan enam jenis uang kuliah tunggal untuk mahasiswa baru 2013. Sistem tersebut merupakan bentuk pembayaran baru yang membebaskan mahasiswa dari berbagai iuran seperti uang pangkal sampai pungutan wisuda. Menurut Rektor ITB Akhmaloka, uang semesteran tiap mahasiswa dibedakan menjadi Rp 10 juta, Rp 8 juta, Rp 4 juta, Rp 800 ribu, dan Rp 400 ribu. Pengecualian berlaku bagi mahasiswa non-reguler di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, yaitu Rp 20 juta per semester. Akhmaloka mengatakan, sepuluh persen mahasiswa baru yang masuk golongan satu dan dua atau uang semesternya Rp 400 ribu dan Rp 800 ribu, akan mendapat pengembalian dalam bentuk beasiswa. ITB, dia melanjutkan, tidak bisa serta merta menggratiskan mahasiswa kalangan kurang mampu itu seperti penerima beasiswa Bidik Misi. “Peraturan Menterinya seperti itu, jadi nanti akan kita kembalikan seperti cash back berbentuk beasiswa,” ujarnya kepada Tempo, Selasa, 28 Mei 2013. Adapun 90 persen mahasiswa baru yang bukan pendaftar Bidik Misi, akan dikenai antara Rp 4 juta, sampai Rp 10 juta per semester.

…dst

11 ) Ini Dia Besaran UKT Program Sarjana Undip
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/814061/ini-dia-besaran-ukt-program-sarjana-undip

Selasa, 28 Mei 2013 18:39 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) telah menetapkan besaran uang kuliah tunggal (UKT) untuk program sarjana di 2013. Besaran UKT itu berdasarkan ketentuan pasal 76 ayat (3) Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Fakultas Teknik Undip, untuk program studi Teknik Sipil dengan tarif SPP senilai Rp2 juta, PRKP Rp500 ribu, SPI Rp5 juta, SPMP Rp17,5 juta, Atribut Rp561 ribu, KKL Rp1,250 juta, KKN Rp300 ribu, dan wisuda Rp1 juta. Jadi, rata-rata sampai selesai kuliah, mahasiswa membayar Rp45,611 juta. Dengan sistem UKT, kelompok I dimulai nol rupiah alias gratis hingga Rp500 ribu per semester, kelompok II Rp500 ribu hingga Rp1 juta, kelompok III Rp4,5 juta, dan kelompok V Rp7,5 juta. “Jadi, rata-rata sampai selesai mahasiswa membayar Rp43.800.000, ada lima persen mahasiswa sampai selesai membayar Rp4 juta, dan ada lima persen mahasiswa sampai selesai membayar Rp8 juta,” demikian seperti dikutip dari laman Undip Online, Selasa (28/5/2013).

…dst

12 ) Wah, Cuma 7% Masyarakat yang Bisa Masuk Universitas
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/813711/wah-cuma-7-masyarakat-yang-bisa-masuk-universitas

Selasa, 28 Mei 2013 11:09 wib
DEPOK – Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyebutkan di Indonesia hanya tujuh persen masyarakat yang bisa mengenyam pendidikan di universitas. Oleh karena itu, pemerintah bertanggung jawab untuk mendongkrak hal tersebut serta memberikan proteksi dan mencetak lulusan sarjana lebih besar agar mampu menjalankan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). “Tujuh persen tersebut memiliki tanggung jawab besar, sebagai generasi penerus bangsa. Good is not good enough, why not the best,” tegasnya, dalam sambutannya, Selasa (28/5/2013).Hatta pun mengapresiasi peran UI dalam memajukan peradaban dan sebagai salah satu pusat pengetahuan (Center of Knowledge) dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Salah satunya untuk menyinergikan visi dan dokumen pemerintah dalam melaksanakan MP3EI untuk dilakukan oleh SDM yang sukses dan produktif.

…dst

13 ) Lulusan PT sedikit, Indonesia jangan sampai impor Sarjana
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/28/15/743455/lulusan-pt-sedikit-indonesia-jangan-sampai-impor-sarjana

Selasa, 28 Mei 2013 ? 13:33 WIB
Sindonews.com – Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa menegaskan bahwa kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) diperlukan untuk melakukan transformasi ekonomi sesuai dengan pilar-pilar dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Dalam puncak piramid pendidikan di Indonesia, hanya 7 persen penduduk yang bisa mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Sementara lebih dari 70 persen hanya tamatan SD dan SMP. “Karena itu jumlah segitu tak cukup untuk menjadikan Indonesia bangsa yang unggul. Bagaimana mendorong siswa berprestasi tak langsung bekerja tapi masuk perguruan tinggi. Bangsa ini tergantung pada SDM,” ujarnya dalam sambutannya dalam Seminar “Peranan Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Kualitas SDM dan Pengembangan IPTEK sebagai Salah Satu Strategi Utama Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)”, Selasa (28/5/2013). Karena itu, kata dia, pemerintah sedang melakukan maping kawasan Pusat Perhatian Investasi. Dimana ada kawasan tersebut, lanjut Hatta, akan didorong peningkatan kemampuan SDM-nya.

…dst

14 ) Ini 7 Jurusan Terfavorit di IPB
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/28/079483709/Ini-7-Jurusan-Terfavorit-di-IPB

Selasa, 28 Mei 2013 | 05:44 WIB
TEMPO.CO , Bandung – Institut Pertanian Bogor (IPB) punya 7 program studi favorit. Teknologi Pangan merupakan program studi yang paling diincar ribuan peminat. Berikutnya program studi Ilmu Gizi, Teknik Industri Pertanian, Agribisnis, Statistik, dan Kedokteran Hewan. Lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang mengandalkan nilai rapor sekolah, pendaftar ke program studi Teknologi Pangan mencapai sekitar 7.000 orang. Adapun kuota total yang diterima hanya 100 orang. “Sebanyak 60 kursi diisi dari jalur SNMPTN,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono kepada Tempo di Bandung, Senin, 27 Mei 2013. Adapun kuota kursi Ilmu Gizi untuk 80 orang, akan diisi 50 orang dari hasil seleksi 5000 orang peminat jalur SNMPTN. Mahasiswa baru IPB nanti akan dikenai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Aturan dari pemerintah itu menghapus uang masuk sehingga mahasiswa hanya membayar uang semester. Usulan UKT yang diajukan IPB ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berbeda-beda untuk tiap fakultas dan program studi.

…dst

15 ) UGM Ciptakan Melon Tahan Cuaca Ekstrem
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/28/3/157288/UGM-Ciptakan-Melon-Tahan-Cuaca-Ekstrem

Selasa, 28 Mei 2013 | 19:23 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Laboratorium Genetika Fakultas Biologi UGM berhasil mengembangkan melon yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Hal tersebut dibuktikan adanya panen di lahan milik Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM. Melon (Cucumis melo L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura dari familia Cucurbitaceae yang potensial untuk dikembangkan dan dapat menjadi produk unggulan hortikultura. Melon juga merupakan salah satu penghasil devisa penting Indonesia dan menempati urutan kelima dari kelompok hortikultura. Ketua Tim Peneliti Dr Budi S Daryono MAgr Sc, menjelaskan kultivar Melodi Gama 3 (MG 3) berhasil dipanen dengan baik walaupun kondisi cuaca pada akhir-akhir ini kurang kondusif bagi tanaman melon. Adanya intensitas hujan yang masih relatif tinggi menurut Budi akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman melon dan bisa mengakibatkan gagal panen karena tanaman melon seharusnya cocok ditanam pada musim kemarau.

…dst

16 ) Asrama mahasiswa UGM tempat pembelajaran budaya
http://www.antaranews.com/berita/377142/asrama-mahasiswa-ugm-tempat-pembelajaran-budaya

Selasa, 28 Mei 2013 20:14 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Asrama Mahasiswa Universitas Gadjah Mada atau “UGM Residence” tidak hanya berperan sebagai tempat hunian mahasiswa, tetapi juga untuk proses pembelajaran akademik dan budaya, kata Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi. “Mahasiswa UGM yang tinggal di asrama tidak sekadar pergi pulang kuliah untuk mendapatkan pengetahuan kognitif, tetapi juga diarahkan menambah kemampuan nonkognitif selama tinggal di asrama,” katanya di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, pemberian “softskill” itu menjadi bagian dari fungsi asrama untuk menjadi tempat mendampingi, memotivasi, melayani, memfasilitasi, dan melindungi para mahasiswa. “Kami berharap mahasiswa bisa memiliki dasar karakter pemimpin yang memiliki sikap jujur, ulet, tangguh, dan kemampuan kerja sama membangun jaringan,” katanya. Ia mengatakan, mahasiswa yang tinggal di asrama pada umumnya bisa saling mengenal dengan mahasiswa lain yang berbeda etnis yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan juga mahasiswa asing.

…dst

17 ) Universitas Brawijaya Dirikan Stasiun Televisi
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/28/079483926/Universitas-Brawijaya-Dirikan-Stasiun-Televisi

Selasa, 28 Mei 2013 | 19:14 WIB
TEMPO.CO, Malang- Universitas Brawijaya Malang mendirikan lembaga penyiaran radio dan televisi berbasis komunitas. Stasiun televisi dan radio yang diberi nama UBTV dan Radio UB itu telah mengantongi rekomendasi dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur. “Diluncurkan 1 Juni 2013 mendatang,” kata Ketua Jurusan Broadcasting Vokasi UB sekaligus pengelola UBTV dan Radio UB, Bambang Semedhi, Selasa, 28 Mei 2013. Seluruh biaya investasi dari kampus mencapai Rp 2-3 miliar. Bambang yang juga dosen komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang, ini tengah merekrut mahasiswa untuk mengelola televisi dan radio komunitas tersebut. Mahasiswa jurusan komunikasi yang telah menguasai dunia pertelevisian dan radio siaran juga dilibatkan. Nantinya, jangkauan siaran televisi dan radio Universitas Brawijaya, Malang, mencapai radius 30 kilometer. Seluruh wilayah Kota Malang, Pujon, dan Wajak, Kabupaten Malang, serta sebagian wilayah Purwosari (Pasuruan) bisa menikmati.

…dst

18 ) Peduli Perempuan, Paramadina Gandeng UBB
Selasa, 28 Mei 2013 , 01:09:00

http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=174035#
PANGKALPINANG – Peduli dengan kaum perempuan, Universitas Paramadina dengan menggandeng Universitas Bangka Belitung hari ini, Selasa (28/5) menggelar seminar dan talkshow. Seminar dan talkshow ini dengan mengusung tema Perempuan, Ruang Publik dan Islam. Acara yang dimulai pukul 08.30 wib ini dilaksanakan di Hotel Bumi Asih Perempuan.
“Kita mengajak kaum perempuan untuk dapat berpartisipasi. Karena kegiatan ini sangat baik untuk pengembanganwawasan dan pengetahuan,” kata Director Departemen of Cooperatiaon and Fellowship Universitas Paramadina, Kurniawaty Yusuf, M.Si saat bertandang ke Graha Pena Babel Pos (Jawa Pos Group), Senin (27/5). Pada sesi Seminar akan tampil sebagai nara sumber Marwah Daud, Maryati anggota DPRD Bangka Tengah, dan Devi dari UBB. Sementara untuk sesi talkshow akan menghadirkan Hartini Asisten I pemkab BAsel, Albertina Ho Ketua PN Sungailiat dan Nurmala Dewi dari LSM Perlindungan Perempuan dan Anak Babel. “Kita berharap media dapat ikut berpartisipasi dalam mengajak masyarakat Babel unutuk kegiatan ini,” imbuh Kurniawaty didampingi rekan dari Paramadina dan UBB lainnya. Selain itu, kunjungan juga dilakukan diskusi tentang perempuan Babel di ruang publik, persoalan perlindungan kaum perempuan dan sisi lainnya dalam kehidupan.

…dst

19 ) Buruan Daftar Beasiswa S2 & S3 JPP Fisipol UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/368/813960/buruan-daftar-beasiswa-s2-s3-jpp-fisipol-ugm

Selasa, 28 Mei 2013 16:35 wib
JAKARTA – Kalian sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan jenjang karir atau sekadar memperdalam ilmu untuk menambah daftar peneliti, aktivis, dan akademisi? Kalau iya, coba deh tengok beasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. Beasiswa ini bekerja sama dengan Oslo University, JPP Fisipol UGM menawarkan peluang beasiswa program Power, Welfare and Democracy untuk studi S2 dan S3 di JPP. Power, Welfare and Democracy (PWD) merupakan proyek berbasis penelitian, yang dikelola bersama oleh UGM dan Universitas Olso (UiO). Proyek ini dimaksudkan sebagai sebuah upaya strategis guna mendukung jaringan para aktivis pendorong kemajuan demokrasi di Indonesia. Dilansir dari UGM Online, Selasa (28/5/2013), ada sejumlah dana yang dialokasikan di dalam proyek ini untuk melibatkan para aktivis/peneliti/akademisi yang berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mencapai misi proyek dan pada saat yang sama memperoleh gelar master atau doktor di Universitas Gadjah Mada.

…dst

20 ) Prisca Rumokoy, Magister Hukum Termuda dari Manado
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/28/3/157293/Prisca-Rumokoy-Magister-Hukum-Termuda-dari-Manado

Selasa, 28 Mei 2013 | 19:39 WIB
Metrotvnews.com, Manado: Prisca Octavia Rumokoy layak mendapat penghargaan dari Museum Rekor Duni Indonesia (Muri). Di usia 20 tahun, wanita kelahiran Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), meraih gelar Magister (S2) pada Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Penganugerahan rekor MURI terhadap Prisca berlangsung, Selasa (28/5) di lantai empat Kantor Pusat Universitas Sam Ratulangi, Manado, diserahkan Senior Manager MURI, Paulus Pangka, dihadapan para anggota senat. “Ini pertama di Indonesia seorang mahasiswa berhasil menyelesaikan studi S2 di usia 20 tahun, karena itu pantas masuk dalam rekor Muro dengan kategori peraih S2 termuda di Indonesia,” kata Paulus Pangka. Thesis yang dipertahankan Prisca dalam sidang senat terbuka Fakultas Pasca Sarjana bidang ilmu hukum Universitas Sam Ratulangi Manado berjudul Politik Hukum Desentralisasi Fiskal Otonomi Daerah. Ia dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.”Saya bersyukur kepada Tuhan, semua yang saya peroleh atas karunia Tuhan,” ujar Prisca.

…dst

21 ) Penelitian Dosen UNS Prioritaskan UMKM & Wirausaha
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/813886/penelitian-dosen-uns-prioritaskan-umkm-wirausaha

Selasa, 28 Mei 2013 15:13 wib
SOLO – Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Dr. Wisnu Untoro menyatakan bahwa penelitian para dosen di Fakultas Ekonomi UNS diprioritaskan pada penelitian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan wirausaha. “Dialokasikan minimal sebesar 10 persen untuk bisa dipublikasikan ke masyarakat umum,” ungkap Wisnu, kepada wartawan seusai memberi keterangan pers tentang Seminar Nasional dan Call For Papers, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/5/2013). Wisnu mengungkapkan, selama ini penelitian memang terbagi menjadi tiga sasaran, yaitu ekonomi pembangunan, akuntansi, dan manajemen. Namun kecenderungan meneliti pada bidang manajemen.
Seiring dengan penelitian yang telah dilaksanakan oleh para dosen di FE UNS, menurut Dekan FE UNS tersebut, penelitian tersebut sudah saatnya dipubkikasikan bersama-sama dengan peneliti dari luar UNS melalui Call For Papers.

…dst

22 ) Mahasiswa UGM Ubah Limbah Pabrik Gula Jadi Silika Gel
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/28/3/157110/-Mahasiswa-UGM-Ubah-Limbah-Pabrik-Gula-Jadi-Silika-Gel

Selasa, 28 Mei 2013 | 12:12 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Limbah pabrik gula yang berupa ampas tebu selama ini dibiarkan teronggok dan hanya menjadi bahan bakar sebagai pengganti kayu bakar di dapur. Oleh para mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, ampas tebu itu bisa diubah menjadi silika gel. Bahan yang sangat bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Koordinator kelompok mahasiswa pengolahan ampas tebu Denok Kumalasari menjelaskan proses pembuatannya diawali dengan pembakaran ampas tebu (bagasse). Abu ampas tebu (bagasse) ternyata memiliki kandungan silika yang cukup tinggi. “Abu bagasse mengandung silika hingga 51% yang memiliki massa amorf,” ujarnya. Ia mengaku optimistis dengan mengubah bagasse menjadi silika gel ini akan memberikan keuntungan yang besar. “Kebutuhan silika gel selama ini masih banyak dipenuhi melalui impor,” katanya. Silika gel, ungkapnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada obat-obatan, barang elektronika, kulit dan lainnya.

…dst

23 ) Temuan Universitas Airlangga Dilirik Indofarma
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/28/373/813973/temuan-universitas-airlangga-dilirik-indofarma

Selasa, 28 Mei 2013 17:17 wib
JAKARTA – PT Indofarma Tbk (INAF) mengaku siap memproduksi penemuan dari tim Universitas Airlangga, yakni sebuah alat detektor yang dapat digunakan untuk test kit keamanan pangan, test kit allopurinol pada urin, serta test kit logam berat. Direktur Utama Indofarma Elfiano Rizaldi mengatakan, bentuk dari alat tersebut seperti test pack, namun nanti akan digolongkon sesuai kebutuhannya.”Ini akan jauh lebih murah, bentuknya seperti test pack, habis pakai bisa dibuang,” kata Elfiano, di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/5/2013). Elfiano menjelaskan bahwa test kit keamanan pangan, ini ditujukan kesiapan untuk menjelang APEC yang nantinya menyoroti lebih kepada keamanan pangan.

…dst

24 ) Unhas-IFI Gelar Kursus dan Beasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/28/mnibyo-unhasifi-gelar-kursus-dan-beasiswa

Selasa, 28 Mei 2013, 18:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR– Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Institut Francais Indonesia sepakat mengadakan program kursus dan beasiswa. “Program IFI yang pertama adalah pembukaan kursus bahasa Prancis bagi mahasiswa Unhas, karena itu kami tengah menyiapkan ‘France Corner’,” kata Wakil Rektor IV Prof Dr Dwia Aries Tina saat menerima Kepala Bidang Kerja sama Pendidikan dan Budaya IFI Nicolas Moreau di Unhas, Makassar, Selasa. Menurut dia kursus bahasa Prancis ini akan menjadi batu loncatan bagi mereka yang ingin mengambil program beasiswa studi di Prancis ke depan. Sedang program IFI yang kedua adalah beasiswa untuk studi ke Prancis. Beasiswa ini membuka kesempatan untuk melanjutkan studi S1, S2, dan S3 di Prancis. “Untuk program ini, biaya transportasi ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa namun selama menjalankan studi di Prancis seluruh biaya kuliah dan biaya hidup akan ditanggung oleh pemerintah Prancis,” katanya. Sedang untuk biaya transportasi, lanjut dia, pihaknya masih membicarakan dengan Kemdikbud agar dapat memberikan bantuan kepada para mahasiswa yang akan studi di Prancis.

…dst

25 ) Setujukah Denda 50 Juta untuk Mahasiswa yang Merokok di Kampus?
http://www.republika.co.id/berita/rol-to-campus

Senin, 14 Mei 2012, 23:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,Bagi mahasiswa, merokok bukanlah hal yang tabu di lingkungan sehari-hari. Kebiasaan buruk ini kerapkali terjadi justru ketika berada di lingkungan kampus. Di Kampus Yayasan Administrasi Indonesia yang berlokasi di Jl Salemba, Jakarta Pusat, kebiasaan merokok ini tidak hanya dilakukan para mahasiswa yang notabene masih meminta uang dari orangtuanya, tetapi juga beberapa dosen. Tidak hanya mahasiswa, beberapa mahasiswi pun kerap kali kepergok sedang merokok di saat selesai mengikuti perkuliahan atau sedang kongkow-kongkow dengan teman-temannya. Menyikapi hal ini, Pudek I Fakultas Ilmu Komunikasi Dr Tisna Kuswara Rustama M Hum menyatakan bahwa pihak rektorat akan mengeluarkan peraturan melarang merokok di lingkungan kampus. ”sebentar lagi kita akan mengeluarkan peraturan di kampus. Supaya mahasiswa yang merokok akan dikenakan denda Rp 50 juta, ” katanya saat perkuliahan perancangan komunikasi visual II, beberapa waktu lalu.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.