1 ) Irjen: Investigasi Dugaan Korupsi Sudah Final
Klarifikasi Bisa Disampaikan ke KPK
http://www.kopertis12.or.id/2013/05/20/nuh-dugaan-korupsi-ditjen-kebudayaan-kemdikbud-masih-diklarifikasi.html

Selasa, 21 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Investigasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud terhadap dugaan korupsi di tubuh Direktorat Jenderal Kebudayaan sudah final. Pihak-pihak yang ingin memberikan klarifikasi terhadap hasil investigasi itu bisa menyampaikannya secara hukum ke Komisi Pemberantasan Korupsi. “Semua pihak yang terkait dengan dugaan korupsi sudah kami periksa. Hasil pemeriksaan sudah disampaikan kepada menteri. Karena itu, jika masih ada yang mau memberikan klarifikasi, silakan disampaikan secara hukum ke KPK,” kata Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar, di Jakarta, Senin (20/5). Meski demikian, Haryono menegaskan, laporan dugaan korupsi ke KPK bukan wewenangnya, melainkan wewenang menteri. Pernyataan Haryono ini terkait dugaan korupsi penggunaan APBN Perubahan 2012 di Ditjen Kebudayaan Kemdikbud. Auditor menemukan dugaan penggelembungan dana pada beberapa kegiatan. Mereka juga menemukan adanya dugaan intervensi pejabat pada tender kegiatan yang melibatkan event organizer (EO). Semua pejabat yang terkait, kata Haryono, sudah diperiksa, antara lain Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, jajaran direktur, dan panitia lelang yang ada di Ditjen Kebudayaan.

…dst

2 ) Dugaan Korupsi Rp 700 Miliar, Menteri Nuh: Saya Pelajari
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/21/079481928/Dugaan-Korupsi-Rp-700-Miliar-Menteri-Nuh-Saya-Pelajari

Selasa, 21 Mei 2013 | 07:31 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan belum akan melaporkan dugaan korupsi di kementeriannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Nuh menyatakan masih mempelajari terlebih dahulu dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Kebudayaan. “Kami pelajari dan klarifikasi dulu,” kata Nuh seusai rapat kerja dengan Komisi Pendidikan DPR di kompleks parlemen, Senayan, Senin, 20 Mei 2013 malam. Dia menuturkan, klarifikasi diperlukan untuk mendengarkan penjelasan mereka yang terkait dengan dugaan korupsi ini. Dia menyatakan, pihak terkait perlu diberi kesempatan untuk membantah apa yang dituduhkan. Jika memang dugaan korupsi itu benar, M Nuh berjanji akan mengantarkan langsung perkara korupsi ini ke penegak hukum. Namun M Nuh tidak menegaskan butuh waktu berapa lama untuk menelisik dugaan korupsi di kementeriannya. “(Waktunya) tidak sampai sebulan,” kata dia.

…dst

3 ) Kasus korupsi 17 Universitas
Purek III UNJ Dituntut 1,5 Tahun
http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2013/05/Purek-III-UNJ-Dituntut-15-Tahun-KOMPAS.htm

Selasa, 21 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Pembantu Rektor III Universitas Negeri Jakarta Fakhruddin Arbah dan dosen Fakultas Teknik UNJ, Tri Mulyono, dituntut pidana penjara satu tahun enam bulan dan denda Rp 250 juta subsider kurungan tiga bulan. Mereka dianggap bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi pengadaan laboratorium dan peralatan penunjang pendidikan UNJ tahun anggaran 2010 dengan total kerugian negara Rp 5,1 miliar. Sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (20/5), dipimpin Ketua Majelis Hakim Pangeran Napitupulu. Fakhruddin saat itu menjadi pejabat pembuat komitmen, sementara Tri sebagai ketua panitia pengadaan lelang. Kasus ini erat kaitannya dengan penggiringan anggaran yang dilakukan Grup Permai yang diduga bersama Angelina Sondakh di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ke 17 universitas. Kasus ini bermula ketika Grup Permai dengan tim pemasaran yang dipimpin Mindo Rosalina Manulang melobi UNJ untuk bisa menjalankan proyek pengadaan laboratorium. Mei atau Juni 2010, para terdakwa hadir dalam sebuah rapat dengan Grup Permai yang dihadiri Melia Rike. Saat itu, Grup Permai melobi untuk menang lelang. Terdakwa dianggap tidak lagi menjalankan tugasnya dalam penentuan harga perkiraan sendiri (HPS) karena HPS disusun hanya berdasarkan brosur para vendor tanpa ada harga diskon. Para vendor sudah dikontak tim Grup Permai dan sudah ada komitmen untuk memberi diskon 30 persen sampai 40 persen plus 3 persen.

…dst

4 ) Nasib Dua Dosen Hukum Unpad yang Diduga Plagiat Ditentukan Senin Depan
http://news.detik.com/bandung/read/2013/05/21/200609/2252295/486/nasib-dua-dosen-hukum-unpad-yang-diduga-plagiat-ditentukan-senin-depan?n991103605

Selasa, 21/05/2013 20:06 WIB
Bandung – Nasib dua pejabat struktural yang juga dosen di Fakultas Hukum Unpad yang diduga menjiplak tesis milik mahasiswanya untuk dijadikan buku, akan ditentukan Senin depan (27/5/2013). Untuk sementara keduanya telah dinonaktifkan dari jabatannya dan juga mengajar. Hari ini, Selasa (21/5/2013), Komite Etika Akademik Fakultas Hukum Unpad menggelar rapat membahas soal kasus ini. Tujuh anggota majelis komite etik memeriksa pelapor, dua terlapor, editor buku, dan juga melakukan verifikasi terhadap isi buku tersebut. Ketujuh anggota komite etika adalah Etty Agoes (ketua), Gde Pantja Astawa, Huala Adolf, Veronica komalawati, Miranda Nisang Ayu, Sigit Suseno, dan Adrian Rompis. Sementara untuk pelapor yaitu Helen Ryanita Nainggolan diwakilkan kuasa hukumnya Agus Sihombing, yang juga suaminya. Sementara dua dosen terlapor yaitu LA dan IM hadir. Dari pihak editor buku datang dua orang yaitu Chlorynh Tri Isanadewi dan Andri Febrian Benjamin. “Kami sudah terima klarifikasi dari pelapor dan juga mendengar klarifikasi dari terlapor. Kami juga memeriksa dari tim editor. Sidang ini akan dilanjutkan Senin depan untuk menyampaikan hasil verifikasi dan pemeriksaan,” ujar Ketua Majelis Komite Etika Fakultas Hukum Unpad Etty Agoes kepada wartawan usai rapat di Ruang Rapat Dekan Fakultas Hukum Unpad, Jalan Dipatiukur No 35.

…dst

Baca juga : Unpad Periksa Dosen Penjiplak Tesis Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/21

Tuesday, 21 May 2013, 20:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Majelis Etika Akademik Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melakukan pemeriksaan terhadap LA dan M yakni dua orang dosen yang diduga telah menjiplak tesis salah satu mahasiswa S2 Unpad. Ketua Majelis Etika Akademik Fakultas Hukum Unpad, Etty Agoes, di Bandung, Selasa, mengatakan dalam pemeriksaan yang pertama kalinya itu timnya telah meminta keterangan dari berbagai sumber. Salah satunya ialah dari pelapor yakni mahasiswa Program Magister Program Studi Kenotarian Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung bernama Helen Ryanti Nainggolan. “Kami juga meminta keterangan dan memberi kesempatan kepada terlapor yakni LA dan IM untuk melakukan pembelaan diri di hadapan Majelis Etika Akademik,” kata Etty. Selain itu, kata dia, Majelis Etik Akademik juga akan meminta keterangan dari tim editor dari buku karya LA dan M berjudul “Cybernatory (Dalam Aktivitas Notaris di Indonesia)” yang diduga menjiplak tesis Helen yakni Chloryne Tri Isana Dewi dan Andri Febrian Benjamin.

…dst

5 ) Dualisme Pendidikan Akan Terus Berjalan
http://cetak.kompas.com/read/2013/05/21/02435531/dualisme.pendidikan.akan.terus.berjalan

Selasa, 21 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Dualisme sistem pendidikan antara Kementerian Agama serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih akan terus berjalan hingga beberapa dekade mendatang. Begitu juga penyelenggaraan pendidikan kedinasan yang saat ini diselenggarakan sekitar 17 kementerian masih akan sulit dihapuskan. “Belum ada kesepahaman di kalangan elite politik,” kata Rizal Z Tamin, anggota Majelis Pendidikan di Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (20/5). Guru Besar Institut Teknologi Bandung itu mengatakan hal tersebut dalam diskusi pendidikan tinggi yang diselenggarakan Radio KBR 68H di Jakarta. Persoalan dualisme sistem pendidikan, kata Rizal, sudah beberapa kali dibawa ke DPR. Namun, mengingat faktor kesejarahan, arah pendidikan, anggaran yang sangat besar, serta sumber daya manusia, kompromi untuk mengatasi persoalan ini masih sulit menemukan titik temu. Oleh karena itulah, sejumlah program studi yang sama di pendidikan tinggi, seperti psikologi, kedokteran, sains dan teknologi, serta ilmu sosial dan ilmu politik, masih akan tetap memiliki dua induk, yakni Kementerian Agama serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang juga anggota Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sofian Effendi, mengatakan, persoalan lain yang harus segera ditangani adalah disparitas mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN). Sebagian besar mahasiswa PTN berasal dari Jawa dan dari keluarga ekonomi mampu. (THY)

***

6 ) Ini Dia Perguruan Tinggi yang Terakreditasi Tahun 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/21/08332649/Ini.Dia.Perguruan.Tinggi.yang.Terakreditasi.Tahun.2013

Selasa, 21 Mei 2013 | 08:33 WIB
KOMPAS.com – Badan Akreditasi-Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merilis daftar perguruan tinggi yang diakreditasi untuk tahun 2013. Ada 30 perguruan tinggi yang masuk daftar akreditasi untuk institusi dalam daftar yang dirilis akhir Maret lalu di situs resminya.Dari 30 perguruan tinggi tersebut, 8 perguruan tinggi yang meraih akreditasi A, 20 dengan akreditasi B dan 2 perguruan tinggi mendapat akreditasi C. Dari delapan perguruan tinggi yang mencapai akreditasi A, tiga di antaranya adalah perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang. Kedudukannya setara dengan perguruan tinggi negeri ternama, seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin. Berikut daftar lengkap 30 perguruan tinggi tersebut bersama dengan akreditasi dan surat keputusannya:

…dst

7 ) Unair Kembangkan Vaksin Flu Burung Berbahan Teh
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/20/3/155142/Unair-Kembangkan-Vaksin-Flu-Burung-Berbahan-Teh

Senin, 20 Mei 2013 | 22:37 WIB
Metrotvnews.com, Surabaya: Hasil penelitian vaksin antivirus flu burung yang Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan segera diperbanyak dan bahkan jenis vaksinnya akan terus dikembangkan dengan berbagai varian yang lain. Pengembangan tersebut dilakukan melalui kerja sama (MoU) dengan sebuah BUMN, yakni PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN), Senin (20/5). “Vaksin hasil penelitian yang dulu akan diproduksi secara massal agar mudah diperoleh masyarakat. Selain itu juga terus dikembangkan penelitian untuk vaksin yang lain,” tandas Ketua Avian Influenza-Zoonosis Research Center (AIRC) Unair Dr A Chaerul Nidhom di Surabaya, Senin (20/5). Dalam penelitian yang akan dikembangkan nanti, akan dilakukan alih transfer pada tanaman. Salah satu media yang digunakan adalah pisang. Selain itu pengembangan vaksin yang lain juga dilakukan pada tanaman teh putih dan coklat. “Karena pengembangan vaksin melalui tanaman itulah, kami bekerja sama dengan PT RPN. Bahan produk kakao serta teh perusahaan tersebut akan dimanfaatkan untuk vaksin manusia, sedangkan teknologi vaksin itu akan diambil untuk keperluan tanaman,” imbuh Nidhom.

…dst

8 ) PPNS Menangkan Kontes Robot Nasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/20/mn3tvz-ppns-menangkan-kontes-robot-nasional

Monday, 20 May 2013, 23:02 WIB
SURABAYA — Robot mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berhasil mencetak rekor tercepat dalam menanam pohon. Kompetisi lomba Robot Nasional 2013 yang memperebutkan piala wali kota tersebut, belum lama ini berlangsung di ITS dengan tema penghijauan hutan. Hasil cipta karya para mahasiswa jurusan Teknik Otomasi Kelistrikan PPNS dinilai membanggakan. Karena, tiga mekanik pembuat robot itu, mampu mengalahkan tim-tim robot dari kampus-kampus ternama, seperti ITB, UGM, ITS, Unibraw, bahkan PENS yang dianggap jawara robot. Tim tersebut beranggotakan, Syamsiar Kautsar (angkatan 2009), Soni Senjaya (2011) dan Zindhu Maulana Ahmad Putra (2012). Menurut Syamsiar, dia sengaja memilih patner dari berbagai angkatan agar tercipta regenerasi baru di tahun berikutnya. “Alhamdulillah, untuk tingkat mahasiswa, Robot Ruci menang,” kata Samsiar di Gedung Robotika ITS belum lama ini

…dst

9 ) Kemendikbud ambil alih pengelolaan RS Pendidikan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/20/15/751001/kemendikbud-ambil-alih-pengelolaan-rs-pendidikan

Senin, 20 Mei 2013 ? 20:38 WIB
Sindonews.com – Rumah sakit pendidikan (RSP) akan ditangani dua kementerian. Hal ini akan memudahkan jenjang karir para dokter, perawat dan bidan di RSP ini. Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan, antara Kemendikbud dan juga Kementerian Kesehatan sudah menyepakati pengelolaan RSP ini. Terkait kesepakatan ini, ujarnya, harus diadakan karena keberadaan RSP menjadi penting sebagai persyaratan adanya fakultas kedokteran di suatu PTN. Sedangkan, ada dua pelayanan berbeda yang mesti dilakukan Kemendikbud dan Kemenkes sehingga operasional RSP menjadi terganggu. Maka dari itu, kesepakatan yang terjalin antara dua kementerian tidak hanya mengurus tentang operasional RSP. Namun Kemndikbud sebagai pengembang karir tenaga pendidik di RSP. “Dokter-dokter itu sekarang dapat memiliki karir yang ekuivalen dengan dunia pendidikan. Standar karir pendidikan mereka kami tentukan,” katanya usai meresmikan RSP Universitas Tanjung Pura dan Dies Natalis ke 54 Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Senin (20/5/2013). Terkait status RSP Untan, Mendikbud menjelaskan, RSP berada di bawah pengelolaan perguruan tinggi negeri. Sementara perguruan tinggi negeri berada di bawah naungan Kemendikbud. Sehingga status RSP pun berada di bawah Kemendikbud, bukan di Kementerian Kesehatan.

…dst

10 ) Rp3,9 Triliun Anggaran Kemendikbud Terancam Dibintangi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/21/3/155381/Rp39-Triliun-Anggaran-Kemendikbud-Terancam-Dibintangi

Selasa, 21 Mei 2013 | 15:30 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Ada anggaran institusinya senilai Rp3,9 triliun yang terancam dibintangi Kementerian Keuangan. Diharapkan di bawah menteri keuangan baru, anggaran itu bisa segera dicairkan.”Ada, tinggal yang sarpras atau sarana dan prasarana. Itu sebesar Rp3,9 triliun. Anggaran kita kan Rp73 triliun ya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Kompleks Istana Presiden, Selasa (21/5).Nuh mengharapkan di bawah menteri baru bisa segera dicairkan anggaran yang digunakan sebagai sarana dan prasarana perguruan tinggi. “Mudah-mudahan dengan menkeu baru semakin lancar, insya Allah selesai ya,” kata Nuh lagi. Informasi saja, Kemendikbud awalnya mengajukan anggaran bagi sarana dan prasarana sebesar Rp15 triliun dalam RAPBN-P 2013. Tapi, yang disetujui hanya Rp3,9 triliun karena dananya tidak mencukupi. (Fidel Ali Permana)

***

11 ) Kementerian PU Siapkan Regulasi Green Building
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/21/3/155410/Kementerian-PU-Siapkan-Regulasi-Green-Building

Selasa, 21 Mei 2013 | 16:58 WIB
Metrotvnews.com, Sukoharjo: Kementerian Pekerjaan Umum (PU) semakin gencar mendorong masyarakat untuk menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan (green building). Kementerian tersebut bahkan mulai menyiapkan regulasi mengenai pedoman teknis. Peraturan tersebut ditargetkan bisa selesai dan diterbitkan pada tahun ini. Hal itu diungkapkan Menteri Menteri PU Djoko Kirmanto seusai menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional Meningkatkan Rekayasa Teknik Sipil Ramah Lingkungan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (21/5). “Kami sekarang sedang menyiapkan konsep dan bahan, termasuk petunjuk-petunjuknya,” katanya. Djoko mengakui green building saat ini belum banyak diterapkan. Jangankan di daerah, di Jakarta saja masih sedikit yang menerapkannya. Padahal, ujarnya, itu penting untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Oleh sebab itu, kata Djoko, penerbitan pedoman teknis tersebut dipandang penting dan berharap peraturan itu nantinya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dengan menerbitkan peraturan daerah (perda).

…dst

12 ) 5 Kampus dengan Jurusan Fisika Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/21/13094989/5.Kampus.dengan.Jurusan.Fisika.Terbaik.di.Indonesia

Selasa, 21 Mei 2013 | 13:09 WIB
KOMPAS.com — Ada ungkapan berbunyi, “Fisika adalah Raja dari Segala Ilmu Pengetahuan”. Seluas apa jagat raya ini, seluas itulah ilmu fisika. Oleh karena itu, studi fisika tidak pernah berhenti, termasuk yang terkait dengan studi astronomi. Setiap tahun, di berbagai negara, jurusan ini tetap diminati oleh generasi mudanya, termasuk Indonesia. Kini, simak hasil pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2013 untuk kampus dengan jurusan Fisika dan juga Astronomi yang terbaik di Indonesia. Nama Institut Teknologi Bandung sudah dapat ditebak akan duduk di tempat pertama. Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1920 itu memang sudah menelurkan ilmuwan dan sarjana mumpuni di bidang eksakta. Di tempat kedua, duduk Universitas Indonesia. Jurusan Fisika di UI sudah berusia lebih dari 50 tahun. Ada enam peminatan di dalam jurusan ini, yaitu Fisika Nuklir dan Partikel Teoretiss, Fisika Material, Fisika Materi Terkondensasi, Sistem dan Instrumentasi Fisika, Geofisika, dan Fisika Medis.

…dst

13 ) 17 Universitas Dunia Bahas Eksistensi Bahasa Melayu
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/21/373/810142/17-universitas-dunia-bahas-eksistensi-bahasa-melayu

Selasa, 21 Mei 2013 11:16 wib
PADANG – Sebanyak 17 perguruan tinggi dari tujuh Negara (IndonesIa, Malayasia, Jerman, Amerika, Jepang, Denmark, dan Australia) akan membahas eksistensi bahasa Melayu dalam International Symposium on Malay/Indonesian Linguistics (ISML) yang ke-17, pada 6-10 Juni, di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus I Universitas Bung Hatta, Ulak Karang, Padang, Sumatera Barat. Dekan Fakultas Ilmu Budaya Puspawati mengatakan dipercaya menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan simposium internasional lantaran bekerjasama dengan Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Departement of Linguistics and Cognittive Science, Universitiy of Delawere dan Departemnt Linguistic, Max Planck Institiute for Evolutionary Anthoropology, Jerman. “Dalam simposium ini akan mempresentasikan makalah hasil kajian bahasa yang bersifat mikro dan makro dalam hubungan masyarakat, pendidikan variasi bahasa dan budaya Melayu dan Indonesia serta mengkaji ilmu linguistik dan ilmu yang berhubungan dengan linguistik,” kata Puspa, Selasa (21/5/2013).

…dst

14 ) 11 Tim Diadu Debat Ekonomi
http://m.koran-sindo.com/node/315993

21 Mei 2013
PALEMBANG – Sebanyak 11 tim utusan dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, akan mengikuti lomba debat ekonomi gelaran Himpunan Mahasiswa Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) di Kampus MM Unsri Bukit Palembang. Adapun ke-11 tim itu di antaranya utusan dari Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Bengkulu, Universitas Jambi, Unsri, serta Polsri. Dalam lomba ini, tiap tim akan diberikan 7 pilihan tema. Di antaranya soal kebocoran pajak, pertumbuhan ekonomi inklusif menjamin pertumbuhan lapangan kerja, penerapan modal asing, peningkatan tarif bea masuk barang, dan implementasi sistem ekonomi syariah. Debat bertajuk “We Dare to Speak Up and be the part of Economiy Development” rencananya akan diadakan hari ini, Selasa (21/5). “Mengapa kami gelar lomba debat. Biar ide dan opini mahasiswa benar-benar keluar. Kalau hanya seminar dan karya tulis itu kanterbatas,” ujar ketua pelaksana lomba debat Ocha Paramitha, kemarin. Menurut Ocha, debat bertujuan membangkitkan sisi kritis mahasiswa, khususnya fakultas ekonomi terhadap perkembangan ekonomi secara global. Melalui debat ini, diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan pemikirannya secara lebih luas dan lengkap.

…dst

15 ) 238 Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia Ikuti Debat Inggris
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110733/238-mahasiswa-politeknik-se-indonesia-ikuti-debat-inggris

21 Mei 2013 16:35:12
Surabaya (Antara Jatim) – Sebanyak 238 mahasiswa politeknik se-Indonesia mengikuti “National Polytechnic English Olympic” (NPEO) atau kompetisi debat Bahasa Inggris antar-politeknik tingkat nasional yang ke-13 di Surabaya pada 21-23 Mei. “Kali ini, PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) menjadi tuan rumah. Ada 50 dari 90 politeknik negeri dan swasta yang mengikuti kompetisi tahunan itu,” kata Direktur PPNS Ir Muhammad Mahfud M.MT FRINA di Surabaya, Selasa. Didampingi sejumlah panitia NPEO yang dulunya dikenal sebagai “Polytechnic English Debate Competition” (PEDC) itu, ia menjelaskan 49 politeknik yang mengikuti kompetisi itu terdiri dari 38 politeknik negeri dan 12 politeknik swasta.”Setiap politeknik mengirimkan satu grup yang setiap grup ada sembilan mahasiswa, namun tidak semua politeknik mengirimkan sembilan mahasiswa, terutama politeknik yang tergolong baru, karena itu total peserta yang datang ke Surabaya mencapai 238 mahasiswa,” katanya.

…dst

16 ) Biaya Kuliah di Unsoed Maksimal Rp 15 Juta
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/05/21/225346/Biaya-Kuliah-di-Unsoed-Maksimal-Rp-15-Juta-

21 Mei 2013
PURWOKERTO – Meski masih ditentang mahasiswa, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) tetap meluncurkan uang kuliah tunggal (UKT) untuk angkatan 2013. Unsoed mengklaim biaya kuliah tersebut merupakan yang paling murah dibandingkan dengan universitas lain. “Unsoed masih lebih murah dibandingkan dengan UNS dan Universitas Mataram,” kata Pembantu Rektor II Unsoed Dr Eko Hariyanto SE MSi Ak saat menggelar jumpa pers terkait UKT, Senin (20/5). Dia menjelaskan, nominal UKT Unsoed sudah disetujui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 3 Mei lalu, berkisar Rp 500.000 hingga paling mahal Rp 15 juta per semester. Biaya kuliah yang berlaku di seluruh universitas negeri di Indonesia ini dibagi menjadi lima level nominal. Level satu besarnya mencapai Rp 500.000, level II Rp 1 juta, level III hingga level V besarnya berbeda di masing-masing fakultas. UKT level III sampai V untuk mahasiswa angkatan 2013 ditentukan berdasarkan UKT angkatan 2012 yang disahkan oleh Dirjen Dikti. “Paling besar UKT Jurusan Kedokteran Umum FKIK dengan nominal Rp 15 juta. Ini lebih mahal sedikit dibandingkan Kedokteran UGM yang mematok Rp 14,5 juta,” katanya.

…dst

17 ) Dipo Alam Serahkan Perpres Universitas Sulawesi Barat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/05/21/mn55qe-dipo-alam-serahkan-perpres-universitas-sulawesi-barat

Selasa, 21 Mei 2013, 16:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU–Menteri Sekertaris Kabinet, Dipo Alam, selaku perwakilan pemerintah pusat secara resmi menyerahkan peraturan presiden tentang penegerian Unsulbar ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Yayasan Pendidikan Indonesia Sulbar . Hal ini disampaikan pejabat Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin yang dihubungi melalui telepon selularnya dari Jakarta, Selasa. Menurutnya, penyerahan Perpres Penegrian Unsulbar dilaksanakan Selasa (21/5) di Jakarta yang dihadiri Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh bersama ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan, Bupati Majene Kalma Katta, pejuang pembentukan Provinsi Sulbar, Makmun Hasanuddin serta sejumlah pengurus Yayasan Pendidikan Indonesia Sulbar (Yapisbar). Penyerahan Peraturan Presiden tentang Penegerian Unsulbar No 36/ 2013 itu, kata Akhsan, berlangsung di kantor Kementerian Sekretaris Kabinet di Jakarta.

…dst

18 ) UPI Bangun Museum Nasional Pendidikan Indonesia
http://m.koran-sindo.com/node/315842

21 Mei 2013
BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung siap mendirikan Museum Nasional Pendidikan Indonesia dengan anggaran Rp45 miliar. Pembangunan itu dilakukan agar perguruan tinggi ini menjadi lembaga pendidikan terdepan dan menjadi universitas pelopor dan unggul. Rektor UPI Sunaryo Kartadinata mengatakan, Museum Nasional Pendidikan Indonesia menjadi lembaga nirlaba yang leading andoutstanding dalam upaya konservasi, edukasi, dan riset tentang perkembangan pendidikan Indonesia serta pusat edutainment. Jika kita berbicara museum, kesan yang timbul ialah kumpulan benda-benda tempo dulu. Itu berbeda dengan Museum Nasional Pendidikan Indonesia. Di sini, kontenutamanya pendidikan, sebuah proses yang tidak akan berhenti sampai manusia itu mati. “Karena pendidikan ini tidak akan pernah terhenti sampai kapan pun, jadi pemikiran untuk pendidikan di masa depan harus menjadi informasi yang bisa disajikan di museum ini. Sumber informasi ya, pusat belajar ya, tapi juga sebagai pusat inspirasi, pusat inovasi, dan pusat kreativitas,” kata Sunaryo di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan Museum Nasional Pendidikan Indonesia kemarin.

…dst

19 ) ITS Buka D4 Teknik Sipil
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/20/mn3s0r-its-buka-d4-teknik-sipil

Senin, 20 Mei 2013, 22:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka Diploma-4 (sarjana terapan) Teknik Sipil untuk menyikapi “booming” infrastruktur yang membutuhkan sumber daya manusia dalam kuantitas dan kualitas memadai. “Sebanyak 140-145 lulusan D3 yang ada selama ini selalu dipesan sejumlah perusahaan kontraktor sebelum lulus, karena itu kami membuka D4 Teknik Sipil,” kata Kepala Prodi Diploma ITS Ir M sigit Darmawan M.Eng.Sc PhD di Surabaya, Senin. Didampingi Sekretaris Prodi Diploma I Dr Ridho Bayuaji ST MT, ia menjelaskan pembukaan D4 Teknik Sipil itu untuk melayani kebutuhan pasar yang cukup besar itu, sekaligus menjawab ‘booming’ infrastruktur di Tanah Air akhir-akhir ini.”Tapi, persiapan kami mendadak, sehingga tidak sempat menerima D4 Teknik Sipil dari jalur nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, karena itu angkatan pertama kami seleksi dengan ujian lokal pada 27 Juni mendatang dengan pendaftaran pada 13 Mei-21 Juni,” katanya.

…dst

20 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Lagu Daerah Sebagai Metoda Pembelajaran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/20/mn3ruc-mahasiswa-uny-kembangkan-lagu-daerah-sebagai-metoda-pembelajaran

Senin, 20 Mei 2013, 22:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Miftahudin Nur Ihsan memanfaatkan lagu daerah dalam pembelajaran, dengan nama Indonesian Folksong Inlearning.”Indonesian Folksong Inlearning (IFL) dilakukan dengan cara menyelipkan lagu daerah ke dalam pembelajaran. Jadi, dalam suatu pembelajaran, materi yang diajarkan dijadikan sebagai lirik lagu-lagu daerah,” kata Ihsan di Yogyakarta, Senin. Misalnya, dalam pelajaran Kimia, ketika mempelajari sifat koligatif larutan, dapat dimasukkan dalam lirik lagu Gundul-gundul Pacul. Menurut dia, penerapan IFL itu memiliki beberapa keunggulan, di antaranya mengenal dan melestarikan lagu-lagu daerah. Peserta didik dan pendidik secara tidak langsung akan mengetahui beberapa lagu-lagu daerah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan semua lagu-lagu daerah di Indonesia, karena peserta didik belajar sambil menyanyikan lagu-lagu daerah yang telah diganti liriknya.

…dst

21 ) Arab Saudi Tawarkan Beasiswa pada IAIN Walisongo
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/05/18/225098/Arab-Saudi-Tawarkan-Beasiswa-pada-IAIN-Walisongo

21 Mei 2013
SEMARANG – Arab Saudi me­nawarkan beasiswa studi di 20 uni­versitas kepada alumni IAIN Wali­songo. Beasiswa itu untuk studi lanjut di program magister. Calon Atase Pendidikan KBRI Riyadh, Basuni mengatakan, di negara Saudi Arabia terdapat universitas yang peringkatnya di posisi 70 besar dunia, yakni King Abdulaziz University. ”Unive­r­sitas tersebut memiliki mutu pendidikan yang baik, karena semua dosennya peraih nobel dunia. Mahasiswanya berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia,” ungkapnya saat berkunjung ke IAIN Walisongo, baru-baru ini. Karena itu, pihaknya membuka kesempatan kepada alumni IAIN Walisongo untuk memanfaatkan beasiswa tersebut. KBRI akan memberikan fasilitas kepada calon mahasiswa yang me­manfaatkan beasiswa itu. Hing­­ga sekarang yang sudah meng­gunakan kesempatan itu adalah ITS Surabaya dan UGM Yogyakarta. Rektor IAIN Walisongo Se­marang Prof Muhibbin Noor meng­ungkapkan, pihaknya me­nyambut baik tawaran beasiswa tersebut. ”IAIN Wali­songo telah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, seperti Boston University, McGill University, Universitas Al-Azhar, dan UTM Malaysia,” katanya.

…dst

22 ) FE Unissula Gandeng IIU Malaysia
http://m.koran-sindo.com/node/315917

21 Mei 2013
SEMARANG– Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (FE Unissula) Semarang melakukan penguatan kerja sama internasional dengan menggandeng International Islamic University (IIU) Malaysia. Kerja sama difokuskan terhadap pengembangan keilmuan ekonomi akuntansi dan peradaban islam. Kerja sama tersebut dimulai dengan menggelar seminar internasional bertemakan `The Current Monetary and The FinancialWorld Problems’ di lantai 3 Fakultas Ekonomi Unissula Semarang, kemarin. Guna menandai dimulainya kerja sama kedua belah pihak, kemarin juga ditandatangani MoU antara FE Unissula dan IIU Malaysia. “Selain seminar internasional, bersamaan dengan kegiataninijugadiadakan workshop tentang cara atau strategi menembus penulisan jurnal internasional,” papar Dekan FE Unissula Semarang Indri Kartika. Setelah kegiatan tersebut, ke depan, kerja sama yang akan dijalin digencarkan dengan melakukan pertukaran dosen dan mahasiswa. “Nanti kita mengirimkan dosen dan mahasiswa ke Malaysia, mereka juga begitu mengirim dosen dan mahasiswanya ke sini untuk melakukan studi,” ungkapnya.

…dst

23 ) Pesan Pak Menteri untuk Para Sarjana Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/21/11243766/Pesan.Pak.Menteri.untuk.Para.Sarjana.Baru

Selasa, 21 Mei 2013 | 11:24 WIB
KOMPAS.com – Kaum intelektual muda memegang peranan penting dalam perjalanan suatu bangsa. Untuk itu, kaum muda diminta berperan aktif dalam pembangunan suatu bangsa. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Djoko Suyanto, mengingatkan para sarjana baru mendukung pemerintah melalui perannya masing-masing dalam mengatasi berbagai persoalan yang tengah dialami bangsa Indonesia pada saat ini. Dukungan dapat dilakukan melalui inovasi di berbagai bidang. “Sebagai kaum intelektual, sudah sepatutnya kalian semua dapat membantu kami di pemerintahan dalam mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi. Kami berharap dengan munculnya pemuda-pemuda yang inovatif dapat berperan serta dalam membangun negeri ini di masa depan. Buatlah Indonesia menjadi disegani di dunia Internasional,” ungkapnya dalam acara wisuda Universitas Nasional periode I Tahun Akademik 2012/2013 di Jakarta Convention Center (JCC), 7 April lalu.

…dst

24 ) Kemdikbud Gelar ISPrO 2013
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1346

05/21/2013
Jakarta–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan The 1st International Science Project Olympiad (ISPrO) 2013 di Jakarta pada 19-24 Mei 2013 sebagai salah satu upaya menumbuhkembangkan budaya meneliti sejak usia muda. Sebagaimana yang dilaporkan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kemdikbud Hamid Muhammad selaku President of ISPrO, pada acara pembukaan ISPrO 2013 yang bertempat di Gedung Teater Pewayangan Kautama, Taman Mini Indonesia Indah pada Senin (20/05), kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan. Adapun bidang yang dikompetisikan adalah sains terapan yang berhubungan dengan isu-isu lingkungan, diantaranya: Environmental Biology, Environmental Chemistry dan Environmental Physics.Peserta ISPrO 2013 berasal dari 22 negara, yaitu: Afghanistan, Albania, Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bosnia and Herzegovina, Cambodia, Germany, Indonesia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Macedonia, Madagascar, Malaysia, Moldova, Myanmar, Pakistan, Philippines, Tajikistan, Thailand, Turkey, dan Turkmenistan. Para dewan juri berasal dari perguruan tinggi dan institusi penelitian di Indonesia, seperti dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

…dst

25 ) Kemendikbud Diminta Kaji Ulang Kebijakan
http://m.koran-sindo.com/node/316025

21 Mei 2013
GUNUNGKIDUL – Para guru yang mengajar di daerah terpencil mengeluhkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menghapus tunjangannya. Mereka berharap kebijakan yang sudah dalam bentuk Surat Edaran (SE) Nomor 4389/c.c4/KU/2012 tersebut dapat dikaji ulang. Salah satu guru SDN Wonolagi, Desa Ngleri, Playen yang termasuk daerah terpencil di Gunungkidul Bagong Kriswanto mengungkapkan, tidak semua guru berani dan siap ditempatkan mengajar di daerah terpencil atau perbatasan. Jadi sangat disayangkan apabila pemerintah menghapus tunjangan bagi guru yang mengajar di daerah terpencil. “Perjuangan para guru sangat berat, baik dari sisi jarak maupun medan dengan kondisi geografis yang kurang layak. Kalau mau dihapus, kasihan para guru tersebut, termasuk kami,” ungkapnya kepada KORAN SINDO YOGYA kemarin.Menurut dia, untuk menentukan wilayah terpencil atau bukan, tidak bisa dilakukan dengan melihat kabupaten saja. Argumentasinya, dalam sebuah kabupaten yang tidak masuk terpencil kenyataannya masih ada daerah terisolirnya. “Silakan datang di wilayah perbatasan dan pedalaman di Gunungkidul ini. Masih banyak kekurangan di sana-sini, termasuk infrastruktur jalan. Jadi kalau disamaratakan tidak bisa,” katanya.

…dst

26 ) Rektor Setuju UN SD Dihapus
http://m.koran-sindo.com/node/315844

21 Mei 2013
BANDUNG– Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sunaryo Kartadinata setuju dengan penghapusan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD). Sebab, kurikulum SD masuk sistem wajib belajar sembilan tahun. Diketahui, pelaksanaan UN tingkat SD mulai tahun ajaran 2013-2014 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dihapuskan. Penghapusan ini muncul karena konsekuensi penerapan kurikulum baru berbasis tematik integratif. Mulai tahun ajaran 2013- 2014, siswa SD atau sederajat yang akan naik ke jenjang SMP tidak perlu direpotkan mengikuti UN. “Melanjutkan pendidikan SMP ke SMA mungkin saja bisa dihapuskan kalau sistem belajar 12 tahun belum menjadi sebuah kewajiban, tapi apabila sudah ada kewajiban maka otomatis juga,” ujar Sunaryo, kemarin. Penghapusan UN SD tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 terkait tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sudah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 7 Mei 2013. Dalam pengganti PP Nomor 19 Tahun 2005 tetap memberi tugas kepada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menggelar UN setiap tahun untuk jenjang SMP dan SMA. Meski demikian, dia menilai saat ini tinggal bagaimana membuka akses SD ke SMP agar memberikan kepastian para murid bisa masuk sekolah.

…dst

27 ) Kurikulum 2013 Diterapkan di RSBI
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/21/079481916/Kurikulum-2013-Diterapkan-di-RSBI

Selasa, 21 Mei 2013 | 06:23 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakin kurikulum 2013 akan bisa dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada 15 Juli 2013. Namun pelaksanaan Kurikulum 2013 tidak langsung diimplementasikan ke semua sekolah. Rencananya, kurikulum ini akan dilaksanakan di sekolah eks Rintisan Sekolah Berstandar Internasional atau yang berakreditasi A. “Kami ambil sekolah yang mudah dijangkau,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh saat rapat kerja dengan Komisi Pendidikan di kompleks parlemen, Senayan, Senin, 20 Mei 2013 malam. Dalam pemaparannya, M Nuh menjelaskan total sekolah yang akan melaksanakan kurikulum ini sebanyak 6.325 sekolah.Rincian sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut yakni 2.598 SD, 1.436 SMP, 1.270 SMA dan 1.021 SMK. Nuh menyatakan, pelaksanaan kurikulum baru ini diturunkan yang awalnya berbasis kabupaten kota menjadi berbasis provinsi. Dia mempertimbangkan kesiapan distribusi buku. Awalnya, Kementerian berencana menerapkan pelaksanaan kurikulum ini di 102.453 sekolah.

…dst

28 ) KESEHATAN JIWA
Mobil Pelayanan bagi Masyarakat Diluncurkan
http://cetak.kompas.com/read/2013/05/21/02451961/mobil.pelayanan.bagi.masyarakat.diluncurkan

21 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Metaforma yang bergerak di bidang kesehatan jiwa meluncurkan mobil pelayanan kesehatan jiwa. Wakil Ketua Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf, di acara peluncuran mobil pelayanan kesehatan jiwa (mobile mental health service/MMHS), Senin (20/5), di Jakarta, mengatakan, kasus gangguan jiwa saat ini makin banyak terjadi di Indonesia. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007, angka gangguan jiwa berat di Indonesia 0,46 persen (1 juta penduduk). Di Jakarta, angkanya mencapai 2,03 persen. Faktor psikososial yang makin kompleks, menurut Nova, menjadi pemicu tawuran pelajar, mutilasi, dan bunuh diri. “MMHS merupakan langkah preventif untuk menekan angka kejadian gangguan jiwa. Kita tak lagi menunggu orang dengan gangguan jiwa pergi ke dokter, tetapi melayani orang-orang yang enggan ke dokter karena malu atau alasan lain,” katanya. Di MMHS, masyarakat bisa mendapatkan layanan konseling bagi gangguan yang mereka rasakan. Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkait berbagai gangguan jiwa dari brosur yang disediakan. Tim konseling terdiri dari perawat, dokter, psikolog, dan psikiater. MMHS deirencanakan akan beroperasi di berbagai lokasi keramaian, fasilitas pendidikan, dan tempat lain yang dibutuhkan masyarakat.

…dst

29 ) Kendalikan mutu & biaya, Askes rangkul organisasi dokter
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/21/15/751372/kendalikan-mutu-biaya-askes-rangkul-organisasi-dokter

Selasa, 21 Mei 2013 ? 17:38 WIB
Sindonews.com – Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Kesehatan (Askes) Fahmi Idris mengatakan, sebagai pelaksana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), kami harus terus meningkatkan koordinasi, khususnya dengan organisasi profesi kedokteran, karena ke depannya di era BPJS, peran organisasi profesi kedokteran sangat besar. Untuk itu mereka sepakat untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU), untuk meningkatkan komitmen tersebut. “Tujuan dijalinnya kerjasama ini adalah untuk menyamakan persepsi antara Askes dengan organisasi profesi kedokteran, mengenai kendali mutu dan biaya di antara keempat institusi ini,” tandasnya saat ditemui di Gedung Askes Jakarta, Selasa (21/5/2013). Lanjut dia, organisasi dokter yang bekerjasama dengan Askes adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

…dst

30 ) Yusril Ihza Mahendra : KPK Sita Aset LHI seperti Cara Perampok
http://www.metrojambi.com/v1/hukum/18361–yusril-ihza-mahendra-kpk-sita-aset-lhi-seperti-cara-perampok.html

Sabtu, 18 Mei 2013 12:15
JAMBI – Pengacara kondang dan Mantan Menteri Kehakiman dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, menyebut perilaku KPK dalam menyita aset di kantor DPP PKS seperti perilaku perampok. Menurut dia, perilaku KPK tak mencerminkan sebagai lembaga hukum yang profesional. Itu ditegaskanya saat menjadi pembicara dalam dialog bersama mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Jambi (UNja), Sabtu (18/5) lalu. “KPK dalam bertindak harus sesuai dengan proses hukum. Dalam hukum, ada yang namanya hukum acara. Setiap proses hukum harus benar dulu hukum acaranya. Jika tidak , maka hukum itu tidak sah dan batal dengan sendirinya,” jelasnya. Menurut Yusril, tindakan KPK yang masuk ke kantor PKS tanpa membawa surat perintah penyitaan, batal demi hukum. Alasannya, prosedur yang ditempuh penyidik tidak memenuhi syarat dalam hukum acara. Dia menilai, tindakan KPK bias dikategorikan sebagai pemaksaan dan perampokan. “Itu sama saja dengan perampokan. Hukum acara harus ditaati dan dijalankan. Tidak bisa seenaknya,” katanya.

…dst

31 ) 15 Tahun Reformasi
Curhat Soeharto pada Cak Nun: Kalau Rakyat Menjarah, Saya Ketakutan
http://news.detik.com/read/2013/05/21/110744/2251519/10/curhat-soeharto-pada-cak-nun-kalau-rakyat-menjarah-saya-ketakutan?nd772204btr

Selasa, 21/05/2013 11:07 WIB
Jakarta – Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi masih menduduki gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Tapi bukan itu yang membuat ketegangan menjalar di Istana Presiden, tempat Presiden Soeharto sedang menjamu sembilan tamunya pagi itu, Selasa, 19 Mei 1998. “Cak, kalau gerakan mahasiswa mungkin tidak menakutkan, tapi kalau rakyat menjarah, saya menggigil dan ketakutan,” kata Soeharto kepada budayawan Emha Ainun Nadjib hari itu. Kekuasaan Presiden Soeharto sedang berada di ujung tanduk. Kepemimpinannya rontok bersamaan dengan mundurnya 14 menteri Kabinet Pembangunan VII. Desakan supaya Presiden mundur bermunculan, termasuk dari lima tokoh nasional yang disampaikan dalam sepucuk surat pada 16 Mei 1998, yaitu Nurcholish Madjid, Malik Fajar, Utomo Dananjaya, S. Drajat, dan Can Nun?panggilan akrab Emha.

…dst

32 ) Mahasiswa Unpad dan IPB Demo di Depan KPK, Jalur Lambat Kuningan Ditutup
http://news.detik.com/read/2013/05/21/144238/2251883/10/mahasiswa-unpad-dan-ipb-demo-di-depan-kpk-jalur-lambat-kuningan-ditutup

Selasa, 21/05/2013 14:48 WIB
Jakarta – Mahasiswa dari berbagai universitas berunjuk rasa di depan KPK di Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Mereka antara lain berasal dari IPB, Unpad, STT PLN, dan Manajemen Informatika Telkom. Para mahasiswa menuntut penuntasan kasus korupsi.Berdasarkan pantauan, Selasa (21/5/2013) ada sekitar 300-an mahasiswa yang berunjuk rasa. Mereka memakai seragam kampus masing-masing. Ada juga puluhan mahasiswi berjilbab yang ikut dalam aksi ini. Para mahasiswa ini sempat mengusung pocong ke tangga KPK. Mereka meneriakkan pengusutan kasus Century, dan menuding kasus Korlantas dan suap sapi impor sebagai pengalihan isu.”Kita menuntut KPK menuntaskan kasus Century seperti janji Abraham Samad,” terang Sigit seorang mahasiswa yang berorasi. Para mahasiswa ini meneriakkan yel yel meminta KPK mengusut Century dan hanya kasus Century saja yang mereka tuntut. Para mahasiswa ini membawa bendera masing-masing universitas.

…dst

33 ) Plato Tidak Bohong, Atlantis Pernah Ada di Indonesia
Dari sisi demografi, Atlantis sangat mirip dengan Indonesia.
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/414386-plato-tidak-bohong–atlantis-pernah-ada-di-indonesia

Senin, 20 Mei 2013, 19:41
VIVAnews – Atlantis adalah misteri yang menggoda para ilmuwan, dan kaum spritualis untuk menelisik kembali peradaban maju manusia yang, konon, hilang ditelan bumi. Sampai saat ini, setidaknya ada ribuan buku telah ditulis ihwal legenda itu. Pada mulanya adalah Plato (427-347 SM), filsuf Yunani, mencatat cerita soal benua hilang itu dalam dua karyanya, Timaeus dan Critias. Keduanya adalah karya terakhir Plato, yang ditulis pada 347 SM. Berdasarkan dua karya Plato itu, DR Danny Hilman Natawidjaja, menelurkan sebuah buku yang berjudul “Plato Tidak Bohong, Atlantis Pernah Ada di Indonesia.” “Konsep utama unsur pembentukan alam terdiri dari air, api, tanah, dan udara. Semua itu tertuang dalam dua karya Plato Timaeus dan Critias, jadi tidak mungkin Plato berbohong dan berkhayal,” kata Danny Hilman, di sela acara Diskusi Bencana dan Peradaban dan Peluncuran Buku “Plato Tidak Bohong, Atlantis Pernah Ada di Indonesia,” di Jakarta, 20 Mei 2013.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :