1 ) Kisruh UN, Kabalitbang Kemendikud Mundur
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/10/3/152734/Kisruh-UN-Kabalitbang-Kemendikud-Mundur

Jum’at, 10 Mei 2013 | 19:18 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro memastikan mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kisruh penundaan Ujian Nasional (UN) di 11 provinsi. “Ya saya memilih mundur sebagai Kabalitbang sebagai pertanggungjawaban kepada publik,” kata Khairil Anwar kepada Media Indonesia di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (11/5).Guru Besar IPB itu mengemukakan tiga hal alasan pengunduran diri yang telah disampaikan secara tertulis kepada Mendikbud M Nuh pada Jumat (3/5). Pertama, ia mengaku sudah minta maaf menjelaskan duduk persoalan masalah tertundanya UN SMA sederajat di 11 provinsi. Kedua, ia mengaku telah mengawal UN hingga selama sembilan hari sembilan malam berada di percetakan agar UN berikutnya seperti UN SMP dan UN SD berjalan lancar. Ketiga, dia memilih mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban. Dikatakan sejak kasus terjadinya pemunduran jadwal UN SMA sederajat di 11 Provinsi akibat kegagalan pihak percetakan PT Ghalia Indonesia Printing, ia sudah berniat mengajukan mundur. “Namun saya tunda dan akhirnya saya nyatakan secara lisan terlebih dulu kepada pak Mendikbud untuk mundur usai UN SMP pada 2 Mei. Secara resmi tertulis saya sampaikan mundur pada Jumat 3 Mei,” ungkapnya.

…dst

2 ) Pemerintah buka lowongan 169 ribu CPNS
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/10/15/747275/pemerintah-buka-lowongan-169-ribu-cpns

Jum’at, 10 Mei 2013 ? 15:59 WIB
Sindonews.com – Pemerintah berencana membuka pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru sebanyak 169 ribu orang tahun ini. Jumlah itu juga termasuk penyelesaian pengangkatan pegawai honorer yang masih tersisa. Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, untuk penerimaan pegawai dari pelamar umum, dibagi untuk pemerintah pusat dan daerah. Dari sini, lanjut Eko, pemerintah bisa benar-benar mencari pegawai yang sesuai kebutuhan. Eko menargetkan perekrutan pegawai tahun 2014 kurang lebih sama dengan penerimaan tahun ini. “Kalau enggak ada yang macam-macam, Insya Allah 2014 masalah pegawai honorer rampung,” kata Eko, seperti dikutip Sekertariat Kabinet RI. Menurut Eko, adanya pegawai honor yang masih tersisa membuat penerimaan pegawai masih harus memprioritaskan pegawa honorer. Setidaknya, penerimaan CPNS yang leluasa baru bisa dilaksanakan pada 2015 mendatang. Tes penerimaan CPNS akan dimulai pada Agustus 2013. Ada pun jumlah PNS yang memasuki masa pensiun tahun ini mencapai sekitar 110 ribu dan yang akan diterima sekitar 60 ribu CPNS. Kemenpan-RB masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah. Setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkannya.

…dst

3 ) Nasib Pemilihan Rektor UI di Tangan Presiden
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/09/3/152429/Nasib-Pemilihan-Rektor-UI-di-Tangan-Presiden

Kamis, 09 Mei 2013 | 18:44 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Nasib pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Indonesia (UI) sepenuhnya ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Kami enggak bisa memastikan atau kasih target ya. Masak Presiden mau kami paksa dan targetkan,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Pilrek UI Endriartono Sutarto saat dihubungi, Kamis (9/5). Karena terkendala kepastian tersebut, menurut Endriartono, pihaknya memutuskan agar Wakil Rektor 1 UI Muhammad Anis untuk menjabat sebagai pelaksana harian (PLH) Rektor UI dengan wewenang yang bersifat definitif. “Jadi UI sementara ini dipimpin oleh Pak Anis yang selama ini menjabat sebagai Wakil Rektor 1 selagi menunggu sampai statuta pilrek ditandatangani Presiden,” ujar Endriartono. PLH Rektor UI Muhammad Anis menyatakan, pihaknya juga belum bisa memastikan waktu pilrek UI. Menurutnya hingga saat ini statuta sebagai syarat utama pilrek belum rampung. Saat ini, menurutnya, kemungkinan besar statuta tersebut sudah selesai digodok di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan sudah sampai di Sekertaris Negara (Sesneg).

…dst

4 ) Waduh, Tidak Lulus UN Berarti Gagal SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/10/373/804881/waduh-tidak-lulus-un-berarti-gagal-snmptn

Jum’at, 10 Mei 2013 11:29 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Ravik Karsidi mengungkapkan, peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dinyatakan gugur jika tidak lulus Ujian Nasional (UN) 2013. “Meski dalam SNMPTN telah dinyatakan diterima, tetapi ternyata hasil UN tidak lulus, maka statusnya sebagai calon mahasiswa yang telah diterimanya dibatalkan,” kata Ravik saat bertemu Okezone, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/5/2013). Ravik menjelaskan, kelulusan UN menjadi harga mati dalam persyaratan penerimaan mahasiswa baru khususnya jalur SNMPTN di samping nilai rapor dan rekomendasi sekolah. Hal senada juga dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS Sutarno. Dia menyebut, penerimaan calon mahasiswa ditentukan oleh kelulusan UN dan nilai rapor. Hal itu sesuai Prosedur Operasi Baku (POB).Layaknya perguruan tinggi negeri lain, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UNS membuka tiga jalur. Pertama jalur SNMPTN, Kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

…dst

5 ) PTS Dituntut Tingkatkan Kualitas Dosen
http://m.koran-sindo.com/node/314066

10 Mei 2013
SEMARANG– Perguruan tinggi swasta (PTS) diminta meningkatkan kualitas dosennya. Hal tersebut guna meningkatkan daya saing PTS di tengah ketatnya persaingan antarperguruan tinggi. Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Sugiarto mengatakan, upaya peningkatan kualitas dosen itu sekaligus untuk meningkatkan akreditasi prodi tersebut. Kualitas dosen dengan akreditasi sudah menjadi paket yang saling mendukung guna kesuksesan menghasilkan lulusan yang baik dan memiliki daya saing tinggi. Khusus untuk peningkatan kualitas dosen, masing-masing PTS harus mendorong dosennya sekolah lagi ke luar negeri. Peningkatan pendidikan dosen juga meningkatkan kompetensinya mengajar mahasiswanya. Diketahui, masih banyak dosen PTS yang kompetensinya masih kurang.” Upaya mendorong dosen PTS untuk melanjutkan studi, baik S- 2 maupun S-3 semata-mata untuk meningkatkan kualitas PTS. Begitu juga dengan mahasiswamahasiswa PTS yang dihasilkannya,” papar Sugiarto kemarin. Untuk menjembatani para dosen PTS yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, Kopertis siap memberikan bantuan untuk mendapatkan beasiswabeasiswa.

…dst

6 ) 100 Mahasiswa Sainstek Se-Indonesia Bertemu di Surabaya
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110040/100-mahasiswa-sainstek-se-indonesia-bertemu-di-surabaya

10 Mei 2013 14:09:51
Surabaya (Antara Jatim) – Sebanyak 100 mahasiswa sains dan teknologi dari berbagai universitas se-Indonesia bertemu dalam forum bertajuk “Young Engineers and Scientist (YES) Summit 2013″ di Grha Sepuluh November, ITS Surabaya, 9-12 Mei.”Ini pertemuan pertama tapi mahasiswa yang berminat ada 700-an orang, lalu kami minta sejumlah dosen bidang penalaran ITS untuk menyeleksi paper mereka hingga terpilih 100 paper,” kata ketua panitia YESS-2013 Andhanu Surya Ismail kepada Antara di Surabaya, Jumat. Mahasiswa semester 4 Jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI (Fakultas Teknik Industri) ITS itu menjelaskan 100 paker yang terpilih itu mewakili tiga kluster yakni energi, lingkungan, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK). “Target kami membuat jejaring dengan PII (Persatuan Insinyur Indonesia) dan putra mantan Presiden BJ Habibie yakni Dr Ing Ilham Habibie (CEO Ilthabi Rekatama) untuk membentuk semacam PII tapi di tingkat mahasiswa sains dan teknologi untuk skala nasional,” katanya.

…dst

7 ) Mahasiswa UGM gelar festival kota gajah mada
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/10/15/747294/mahasiswa-ugm-gelar-festival-kota-gajah-mada

Jum’at, 10 Mei 2013 ? 16:27 WIB
Sindonews.com – Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) angkatan 2010, akan mengelar Festival Kota Gajah Mada (Festagama).Kegiatan bertema “Reiventing The City: Towards Sustainable Jogja” tersebut akan dilaksanakan pada 11-12 Mei 2013 di Taman Budaya Yogyakarta dan bersifat terbuka untuk umum. Ketua Panitia Acara Festival Kota Gajah Mada Andreas Deny Christanto menyampaikan, Festagama merupakan salah satu bentuk kegiatan pertanggungjawaban usai kuliah kerja perencanaan (KKP) yang dilakukan di Surabaya 8-12 Juli 2012 dan Hongkong-Shen Zhen pada 3-10 September 2012 silam.Adapun rangkaian acara Festagama meliputi pameran hasil karya mahasiswa PWK berupa foto, karikatur, maket, poster terkait ilmu perencanaan wilayah dan kota (11-12/5), talkshow dengan tema “Wajah Baru Untuk Jogja” (11/5), lomba menggambar bertema Kota Impianku bagi siswa SD (12/5), dan presentasi pemenang lomba esai tentang Peremajaan Kawasan Berkelanjutan (12/5). Andreas menambahkan, dalam rangkaian acara Festagama juga akan dilakukan aksi sosial pemberian 200 bibit pohon pada warga Yogyakarta. Pembagian bibit pohon akan dilakukan di sepanjang ruang pejalan kaki di Km 0 pada hari Minggu (12/5) mulai pukul 15.30-17.30 WIB.

…dst

8 ) Mahasiswa Indonesia dan Cina Ikuti Seminar Pendidikan di KBRI Beijing
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1316

05/10/2013
Beijing — Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing bekerja sama dengan Universitas Pasundan Bandung menyelenggarakan seminar pendidikan di KBRI Beijing, pada 6 Mei 2013. Seminar yang mengusung tema `Improve Education in the Changing World Economy’ tersebut dibuka oleh Atase Pendidikan KBRI Beijing, Chaerun Anwar. Seminar menghadirkan 16 pemakalah yang berasal dari Universitas Pasundan Bandung dan Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung dan dihadiri sekitar 70 peserta dari Indonesia maupun dari Republik Rakyat Cina. Mereka berasal dari Universitas Pasundan Bandung, Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung, STIE Pasundan Bandung, Pemerintah kota (Pemkot) Bandung, para guru dari SMAN 2 Bandung, SMAN 24 Bandung, SMAN 22 Bandung serta para mahasiswa dari Beijing Foreign Studies University (BFSU), Beijing Normal University (BNU), Tsinghua University, University of International Business and Economic (UIBE), dan Capital Medical University (CMU).

…dst

9 ) Ranking Berdasarkan Jurusan
IPB dan UGM Masuk Daftar 200 Kampus Terbaik Dunia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/10/11315752/IPB.dan.UGM.Masuk.Daftar.200.Kampus.Terbaik.Dunia

Penulis : Caroline Damanik | Jumat, 10 Mei 2013 | 11:31 WIB
KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk ke dalam 200 perguruan tinggi terbaik di dunia menurut QS World University Rankings by Subject 2013. IPB duduk di peringkat 151-200 berdasarkan penilaian terhadap jurusan Pertanian dan Kehutanan, sedangkan UGM berada di peringkat yang sama, tetapi untuk jurusan Modern Languages. Kategori bidang Pertanian dan Kehutanan memang baru dimasukkan dalam QS World Ranking pada tahun ini. Untuk bidang ini, IPB sejajar dengan sejumlah perguruan tinggi ternama lainnya di dunia, seperti Murdoch University Australia, Università Cattolica del Sacro Cuore Italia, dan University of Tasmania Australia. Meski duduk di peringkat yang sama dengan 49 kampus lainnya, IPB menerima dua QS Stars yang menunjukkan sejauh mana universitas tersebut bisa dipercaya. Secara rata-rata, IPB meraih lima bintang untuk sepak terjangnya secara internasional, empat bintang untuk fasilitas dan inovasi, tiga bintang untuk keterlibatan, dua bintang untuk pengajaran dan sumber daya manusianya, serta satu bintang untuk kriteria spesialis.

…dst

10 ) 5 Kampus dengan Jurusan Sastra Inggris Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/10/17131258/5.Kampus.dengan.Jurusan.Sastra.Inggris.Terbaik.di.Indonesia

Jumat, 10 Mei 2013 | 17:13 WIB
KOMPAS.com — Pengen kuliah di jurusan Sastra Inggris, tetapi masih bingung di universitas mana? Hasil pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings by Subject 2013 ini bisa jadi pertimbangan. UI duduk di peringkat pertama. Namun demikian, meski masih terbaik di Indonesia, UI telah terdepak dari daftar 200 kampus terbaik di dunia untuk jurusan Sastra Inggris. Padahal tahun sebelumnya, UI masuk dalam jajaran ranking 101-150 terbaik dengan reputasi akademik dan sumber daya manusianya, masing-masing 44,3 dan 92,4 dari skala 100.

…dst

11 ) 100 Rektor PTN & PTS Meeting di UNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/10/373/804998/100-rektor-ptn-pts-meeting-di-uns

Jum’at, 10 Mei 2013 17:01 wib
SOLO – Sebanyak 100 pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Jawa akan melakukan Meeting Regional Forum Rektor Indonesia (FRI) di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu, 11 Mei 2013. “Untuk membangun komunikasi antara pimpinan perguruan tinggi Indonesia, dan mengumpulkan masukan dan saran, sumbangan pemikiran dalam merumuskan kriteria calon pemimpin yang terbaik di Pemilu 2014,” ungkap Ketua Forum Rektor Indonesia 2013 Laode M Kamaluddin didampingi Rektor UNS Ravik Karsidi kepada wartawan, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/5/2013). Laode Kamaluddin yang juga Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) itu mengatakan, Forum Rektor Indonesia sebagai tempat berhimpunnya pada pimpinan perguruan tinggi se Indonesia baik swasta maupun negeri, merupakan simbol intelektual dari kampus. Dia menilai, untuk melakukan perubahan butuh aksi bukan sekadar seruan moral.

…dst

12 ) Forum Rektor: Capres 2014 Jangan Pro-Amerika
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/10/078479463/Forum-Rektor-Capres-2014-Jangan-Pro-Amerika

Jum’at, 10 Mei 2013 | 19:22 WIB
TEMPO.CO, Surakarta- Forum Rektor Indonesia menilai saat ini masyarakat terjebak hanya memilih calon pemimpin berdasarkan popularitas, elektabilitas, dan kekuatan uangnya. “Sama sekali tak memperhatikan program,” ujar Ketua Forum Rektor Indonesia Laode Kamaluddin kepada wartawan saat penjelasan pelaksanaan Regional Meeting Forum Rektor Indonesia Wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Jumat 10 Mei 2013. Laode mengatakan, saat ini Indonesia sudah hampir 10 tahun dipimpin seorang Presiden yang dinilai santun dan berpenampilan baik. “Nyatanya toh tidak bisa menyelesaikan persoalan kita,” katanya. Mantan staf Wakil Presiden yang dekat dengan BJ Habibie ini menunjuk angka kemiskinan yang masih 28,59 juta orang sebagai buktinya. Untuk itu Forum Rektor menyodorkan usulan enam kriteria calon pemimpin bangsa. “Pertama punya jejak kepemimpinan di berbagai organisasi maupun lembaga dan tidak pernah melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, atau cacat moral lainnya,” kata La Ode.

…dst

13 ) Forum Rektor Gandeng KPU Berantas Golput
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/10/058479448/Forum-Rektor-Gandeng-KPU-Berantas-Golput

Jum’at, 10 Mei 2013 | 18:54 WIB
TEMPO.CO, Surakarta- Forum Rektor Indonesia bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar  pendidikan demokrasi untuk memberantas golput di kalangan generasi muda.“Kami ingin ikut andil dalam melakukan advokasi dan menyadarkan masyarakat agar tidak golput,” ujar Ketua Forum Rektor Indonesia 2013 Laode Kamaluddin kepada wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Jumat 10 Mei 2013. Program ini didasari penilaian bahwa generasi muda makin tak peduli pada kondisi bangsa. “Kami tidak sekadar menggelar ceramah, tapi juga langsung terjun ke masyarakat,” katanya. Menurut Laode, generasi muda sudah tidak peduli apakah negeri ini akan tetap bersatu atau dibubarkan saja. “Kaum muda sudah kehilangan kesadaran kebangsaan dan semakin acuh dengan polemik bangsa.Indikasinya, banyak pemilih golput yang didominasi generasi muda. “Angka golput makin meningkat,” ujar Laode. Dia menunjuk kasus pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua, angka golput mencapai 37,78 persen atau lebih besar dari suara yang didapat pemenang.

…dst

14 ) Rektor UBH jadi pembicara di “The University President Forum”
http://www.antaranews.com/berita/373898/rektor-ubh-jadi-pembicara-di-the-university-president-forum

Jumat, 10 Mei 2013 04:27 WIB |
Padang (ANTARA News) – Rektor Universitas Bung Hatta (UBH) Padang Prof Dr Niki Lukviarman, SE Akt MBA tampil sebagai pembicara dalam “The University President Forum” (UPF) 2013. UPF 2013 dilaksanakan pada 5 hingga 8 Mei 2013 di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru, Malaysia, kata Rektor UBH, Prof Lukviarman di Padang, Jumat. Forum tersebut dihadiri sebanyak 50 orang rektor dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka di dunia, tambahnya.Menurut dia, The University President Forum merupakan forum diskusi dan membahas tentang joint research dan kerjasama antar universitas di dunia yang tergabung dalam kegiatan ini. Dalam pertemuan di UTM, rektor UBH Padang membawakan materi “Pengurangan CO2, Inovasi dan Kelestarian” . Rektor UBH sebagai pembicara ditempatkan bersamaan dengan delegasi Massachusetts Institute of Technology-USA, University of Cambridge-United Kingdom, Lund University-Sweden.

…dst

14 ) ITS dan PT Solusi-247 kembangkan radar maritim
http://www.antaranews.com/berita/373727/its-dan-pt-solusi-247-kembangkan-radar-maritim

Rabu, 8 Mei 2013 23:59 WIB
Surabaya (ANTARA Newsa) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan perusahaan penyedia layanan teknologi komunikasi PT Solusi-247 menjalin kerja sama untuk mengembangkan “marine radar” (radar maritim). Kerja sama itu ditandatangani oleh Direktur Utama PT Solusi-247, Beno Pradekso, bersama Pembantu Rektor IV ITS Prof Dr Darminto di Gedung Rektorat ITS Surabaya, Rabu. Beno Pradekso mengatakan pihaknya kini sedang gencar melakukan riset untuk pengembangan produk perusahaannya, karena itu pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti ITS. “Beberapa bidang riset yang akan kami lakukan dengan ITS antara lain Marine Radar, Electric Support Measure (ESM), Radio Direction Finding (RDF) Receiver , Electronic Chart Display and Information System (ECDIS), dan Integrated Surveillance framework,” katanya.

…dst

15 ) Asyik, UGM Perluas Kesempatan Mahasiswa dari Daerah Tertinggal
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/10/373/804985/asyik-ugm-perluas-kesempatan-mahasiswa-dari-daerah-tertinggal

Jum’at, 10 Mei 2013 18:03 wib
JAKARTA – Pendidikan ialah hak segala bangsa. Maka sudah seharusnya kesempatan untuk memperoleh pendidikan berkualitas bagi seluruh anak Indonesia, termasuk mereka yang berada di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) sama besarnya dengan para pelajar yang ada di kota besar.Untuk itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) pun berupaya memperbesar alokasi penerimaan mahasiswa untuk daerah 3T. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto menyebut, kebijakan afirmatif itu didorong untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa dari daerah agar setelah lulus bisa memperkuat pemerintah daerah.”Kebijakan afirmatif dibutuhkan, karena kita pahami ada keragaman pendidikan di daerah. Akses kuliah di perguruan tinggi harus kita buka agar mereka yang dari daerah bisa tingkatkan kualitas pendidikan,” ujar Iwan, seperti dinukil dari laman UGM, Jumat (10/5/2013).

…dst

16 ) Kantor Publikasi Berdiri di UGM
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/10/3/152705/Kantor-Publikasi-Berdiri-di-UGM

Jum’at, 10 Mei 2013 | 15:48 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dalam lima tahun terakhir ini kualitas dan kuantitas publikasi di kalangan dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNiversitas Gadjah Mada, mengalami kemerosotan.Untuk membantu peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi itu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, mendirikan Kantor Publikasi.”Selain untuk mengenjot jumlah publikasi ilmiah, Kantor ini juga mengumpulkan dan mengelola publikasi ilmiah para dosen agar dapat diakses oleh masyarakat,” kata Kepala Kantor Publikasi FEB UGM, Prof Dr Mudradjat Kuncoro, Jumat (10/5). Lebih lanjut dia mengatakan sepanjang tahun 2008 hingga 2012, dari 135 dosen di lingkungan FEB UGM menghasilkan 995 karya ilmiah, yang antara lain berupa buku (121 judul), 112 makalah seminar dan konferensi, 243 publikasi jurnal, 70 proceeding, dan enam paper. “Untuk di jurnal internasional sebanyak 133 publikasi dan 110 publikasi di jurnal nasional,” kata Mudrajat. Dari ketiga jurusan di FEB, Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Eknomi, Mudrajad mengatakan jurusan Akuntansi yang paling banyak menerbitkan publikasi di jurnal internasional yakni 56 publikasi, diikuti jurusan manajemen 40 publikasi dan ilmu ekonomi sebanyak 37 publikasi.

…dst

17 ) 2 Robot Unnes Lolos Seleksi ke Tingkat Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/10/373/804929/2-robot-unnes-lolos-seleksi-ke-tingkat-nasional

Jum’at, 10 Mei 2013 13:05 wib
JAKARTA – Ajang tahunan bergengsi yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) telah memasuki tingkat nasional. Para jawara di tingkat regional akan adu kebolehan untuk dinobatkan sebagai yang terbaik dalam KRI 2013. Perwakilan Universitas Negeri Semarang (Unnes), yakni Robot Sutera dan Robot Semut Ijo berhasil melaju ke tingkat nasional dalam Kontes Robot Regional III. Kabar membanggakan tersebut datang dari tim robotik Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Riptek) Unnes. KRI diikuti oleh 71 tim dari berbagai universitas. Mereka beradu dalam beberapa kategori, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot pemadam Api Indonesia (KRPAI) beroda dan berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Demikian, seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (10/5/2013).

…dst

18 ) Penangkal Plagiat Coba Dirumuskan Perguruan Tinggi
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/09/373/804684/penangkal-plagiat-coba-dirumuskan-perguruan-tinggi

Kamis, 09 Mei 2013 17:19 wib
JAKARTA – Pencegahan plagiat adalah tindakan preventif yang dilakukan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi yang bertujuan agar tidak terjadi plagiat di lingkungan perguruan tingginya. DP2M DIKTI Prof. Ir. Wasmen Manalu, Ph.D mengatakan, bahwa plagiarisme merupakan perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai. “Ini adalah contoh disadari, masalah penyalin ini contoh yang sering terjadi. Kita sebagai ujung tombak mengayomi mahasiswa kita, jangan sampai mahasiswa kita menciplak karya orang lain, ini merupakan perbuatan yang tercela,” ujarnya dalam seminar & diskusi Nasional ‘penanganan plagiarisme dalam lingkup lembaga pendidikan tinggi di Indonesia’ di The Joseph Wibowo (JWC) Kampus Binus University International, Senayan, Jakarta, Kemarin.

…dst

19 ) Bahas Uang Kuliah Tunggal, UB Ajak Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/10/373/804961/bahas-uang-kuliah-tunggal-ub-ajak-mahasiswa

Jum’at, 10 Mei 2013 15:07 wib
JAKARTA – Penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan mulai diberlakukan pada tahun akademik mendatang. Untuk itu, diperlukan sosialisasi secara terus-menerus mengenai seluk-beluk UKT di kalangan civitas academica demi meminimalisasi kebingungan atas sistem tersebut. Demikian pula yang dilakukan Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan mengadakan pertemuan untuk membahas UKT. Pihak rektorat, maupun tingkat fakultas, hingga mahasiswa pun hadir dalam acara tersebut. Pada kesempatan itu, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UB H R B Ainurrasyid menyatakan, kegiatan ini sebagai ajang diskusi dengan mahasiswa mengenai cara penentuan besaran komponen UKT serta menjawab berbagai pertanyaan terkait penentuan pelaksanaan UKT di UB. Dia berharap, pertemuan tersebut menjadi sarana untuk menyamakan persepsi segenap civitas academica UB mengenai pemberlakuan UKT. “Melalui pertemuan ini, diharapkan ada keadilan bagi mahasiswa dan universitas untuk mencari jalan tengah dari masalah ini,” kata Ainurrasyid, seperti disitat dari laman resmi UB, Prasetya Online, Jumat (10/5/2013).

…dst

20 ) Universitas Paramadina Gelar Seminar Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/10/18140414/Universitas.Paramadina.Gelar.Seminar.Pendidikan.

Jumat, 10 Mei 2013 | 18:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Universitas Paramadina menggelar seminar bertajuk “Sukses Belajar dan Bekerja dengan Passion” di Jakarta, Sabtu (11/5/2013) besok. Acara yang digelar di Kampus Universitas Paramadina ini terbuka untuk umum, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum secara gratis. Tampil sebagai pembicara yakni Anies Baswedan, Rektor Univeritas Paramadina dan Rene Suhardono, Founder CareerCoach Indonesia.Acara dimulai pukul 09.30. Pendaftaran bisa dilakukan kepada Humas Universitas Paramadina. Daftarkan nama Anda di no hp 08159181188.

…dst

21 ) Pendaftaran Seleksi Masuk UI Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/10/17031953/Pendaftaran.Seleksi.Masuk.UI.Dibuka

Jumat, 10 Mei 2013 | 17:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi yang berminat untuk masuk ke Universitas Indonesia (UI) dari jenjang vokasi, sarjana sampai kelas internasional, pendaftaran Seleksi Masuk UI (Simak UI) telah dibuka sejak 6 Mei. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuka situs resmi di alamat penerimaan.ui.ac.id. Melalui jalur SIMAK UI, lulusan SMA/SMK/MA dapat memilih delapan program studi sekaligus dengan ketentuan maksimal tiga pilihan program studi vokasi, maksimal tiga pilihan program studi S-1 reguler dan maksimal tiga pilihan program studi S-1 paralel. Sementara untuk kelas internasional, pendaftar hanya bisa memilih satu program studi saja.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :