Beasiswa Pemerintah Jepang  (Monbukagakusho / MEXT)

Open Registration
Tahap 11 Mei 2013  s/d  24 Mei 2013

Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Jenis Program yang ditawarkan

Specialized Training College (D-2)

Program College of Technology (D-3)

Program Undergraduate (S1)

Program Penataran Guru

Program Japanese Studies

Program Research Student (S-2, S-3)

Program Research Student (U to U)

Prosedur Pendaftaran

  1. Masa pendaftaran : Pendaftaran Tahap 1 mulai tanggal 1 Mei s/d 24 Mei 2013 untuk lulusan 2012 dan Sebelumnya, dan Pendaftaran Tahap 2 mulai 27 Mei s/d 14 Juni 2013 untuk lulusan 2013 . Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
  2. Pelamar melakukan registrasi di http://www.beasiswamext.or.id . Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 program saja.
  3. Pelamar mencetak [Konfirmasi registrasi pelamar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar) dan fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang (untuk pendaftar dengan JLPT), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Dokumen bisa diantar langsung atau dikirimkan via pos ke   :Bagian Pendidikan Kedutaan Besar JepangJl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350   (Cantumkan nomor registrasi pada Kanan Amplop dan dokumen pelengkap)
  4. Dokumen harus sudah tiba maksimal tanggal 24 Mei untuk Tahap 1 dan 14 Juni 2013 untuk Tahap 2.
  5. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

Prosedur Seleksi

  1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2013.  Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (8 / 9 Juli 2013). Tidak semua pelamar akan dipanggil ujian tertulis.
  2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2014. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal april 2014.

Fasilitas

  • Bebas Biaya ujian masuk, biaya kuliah & uang pendaftaran
  • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
  • Tunjangan ¥ 117.000/Bulan (Besar tunjangan tahun 2013. Untuk tahun 2014 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  • Tanpa ikatan dinas

FAQ

Q : Saya lulusan SMK / MA, apakah bisa mendaftar juga ?.

A : Anda juga bisa mendaftar.

Q : Nilai ujian nasional saya tidak bisa dikeluarkan sebelum tanggal penutupan ?

A : Keterangan hasil ujian nasional cukup dari sekolah (dan dilegalisir). Mohon anda bernegosiasi dengan pihak sekolah. Pada umumnya sekolah akan bersedia mengeluarkan nilai ujian nasional anda jika sudah ada pengumuman hasilnya.

Bagian Pendidikan Kedutaan Jepang

  • Address :Jl. M.H. Thamrin 24, Jakarta 10350
  • Email :beasiswa@dj.mofa.go.jp
  • Website :http://id.emb-japan.go.id

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :