Selamat Hari Kartini tanggal 21 April 2013 …

1 ) Yang Harus Diperjuangkan ‘Kartini’ Masa Kini
http://nasional.kompas.com/read/2013/04/19/14594044/Yang.Harus.Diselamatkan.Kartini.Masa.Kini

Jumat, 19 April 2013 | 14:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tantangan “Kartini” masa kini tak hanya lagi pendidikan bagi perempuan. Peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Mangestuti Agil berpendapat bahwa perjuangan “Kartini” masa kini mengarah pada pendidikan yang menyelamatkan generasi muda Indonesia. “Tiga penyelamatan anak-anak muda yang perlu menjadi ‘gerakan’ bagi kaum ibu dan wanita adalah masalah narkoba, masalah pelecehan seksual, dan masalah korupsi,” kata Prof.Dr. Mangestuti Agil, Apt., M.S., Kepala Perpustakaan Unair Surabaya, kepada Antara di Surabaya, Jumat (19/4/2013). Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, para perempuan diharapkan bisa memerhatikan ketiga masalah itu sudah dengan serius. Dengan demikian, jalan keluar dapat segera ditemukan sebelum menggerogoti dan merusak ketahanan mental dan fisik generasi muda.”Secara langsung maupun tidak langsung, ketiga masalah itu memberikan pengaruh tidak baik dan membahayakan bagi proses pendidikan anak muda,” ujar Guru Besar dalam Bidang Ilmu Botani Farmasi dan Farmakognosi Unair itu.

…dst

2 ) Unikom Raih Emas Pertama di Kompetisi Robot Robogames 2013 di Amerika Serikat
http://www.kopertis12.or.id/2013/04/21/unikom-raih-emas-pertama-di-kompetisi-robot-robogames-2013-di-amerika-serikat.html

Minggu,21 April 2013
BANDUNG, KOMPAS – Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia meraih medali emas pertama dalam hari pertama kompetisi robot Robogames 2013 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Tim dari Unikom bersama Universitas Gadjah Mada menjadi perwakilan Indonesia. Informasi tersebut didapatkan dari pembina robotika dari Unikom, Yusrila Kerlooza, Sabtu (20/4). Robogames 2013 berlangsung pada 19-21 April. “Kami berhasil mempertahankan gelar tahun lalu di kategori shooting gallery. Medali perak dan perunggu juga diraih dari kategori table top nav,” kata Yusrila. Robot yang memenangi medali emas adalah DU116SGR-V13 buatan Muhammad Yazid Al-Qahar. Versi sebelumnya, yakni DU116SGR-V12, berhasil memenangi kategori serupa pada Robogames 2012, mengungguli peserta dari Amerika Serikat. Sementara itu, peraih medali perak adalah Xerok-V13 karya Anton Ade Purnama dan medali perunggu diraih robot Capit-V-13 buatan Giri Laya Bahari. Kategori yang diikuti tim Unikom untuk hari kedua Robogames 2013 adalah robo magellan dan ribbon cyber. Pada hari terakhir, mereka juga berpartisipasi dalam kategori walker challenge.

…dst

3 ) KASUS KORUPSI-Tragedi dunia pendidikan tinggi
Doktor Hukum Akhirnya Masuk Penjara
http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2013/04/Doktor-Hukum-Akhirnya-Masuk-Penjara-KOMPAS.htm

Minggu, 21 April 2013
Baru sehari Elizabeth Winokan (56) “menikmati” hotel prodeo, Lembaga Pemasyarakatan Sumompo, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (13/4). Namun bagi Elizabeth, menjalani kehidupan di penjara adalah tragedi luar biasa. Ruang tahanan yang panas tanpa AC dan nyamuk bertebaran menggigit tubuh, membuat ia kelelahan tidak dapat tidur nyenyak. Wajah cantik wanita berusia paruh baya itu pun berubah kusut. “Binaut (panas), banyak nyamuk,” katanya lirih. Doktor ilmu hukum yang baru diwisuda di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, pada Maret 2013, itu mengejutkan banyak pihak ketika Jumat (12/4) tiba-tiba datang ke kantor Kejaksaan Negeri Manado dan menyerahkan diri setelah hampir dua tahun menghilang. Ia divonis Mahkamah Agung Agustus 2011 dengan hukuman empat tahun penjara terkait kasus penjualan Manado Beach Hotel tahun 2002. Saat itu, Elizabeth selaku anggota DPRD Sulut menjadi panitia penjualan Manado Beach Hotel.

…dst

4 ) UI: Penemuan Benda Mencurigakan Bukan Aksi Iseng Mahasiswa
http://news.detik.com/read/2013/04/20/060724/2225655/10/ui-penemuan-benda-mencurigakan-bukan-aksi-iseng-mahasiswa?nd771104bcj

Sabtu, 20/04/2013 06:07 WIB
Jakarta – Universitas Indonesia (UI) memberikan penjelasan terkait penemuan benda mencurigakan di dalam mobil mahasiswa di lapangan parkir kampus. Reaksi mahasiswa yang mengetahui paket tersebut hanyalah spontanitas. UI membantah penemuan tersebut merupakan aksi iseng para mahasiswa. “Mereka bukan main-main, jadi memang ada benda yang mencurigakan di dalam mobil mahasiswa tersebut, kemudian satuan keamanaan yang melaporkan ke petugas polisi setempat karena khawatir benda tersebut berbahaya,” ujar Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, saat dihubungi detikcom, Jumat (19/4/2013). Arman mengatakan sesuai dengan prosedur yang ada, jika ada benda yang mencurigakan makan satuan gegana atau tim penjinak bom datang untuk memeriksanya. Setelah diperiksa, ternyata isi benda tersebut bukanlah sebuah benda yang membahayakan. “Setelah diperiksa tidak berbahaya kardus tersebut dibuka kemudian isinya merupakan printer, sehingga mahasiwa saat itu surprise,” kata Arman.Arman membantah jika dikatakan bahwa para mahasiswa ‘mengerjai’ polisi dengan benda mencurigakan tersebut. Arman mengatakan pihaknya telah berkordinasi dengan pembina kemahasiswaan FMIPA untuk mengecek kejadian sebenarnya.

…dst

5 ) Dekan UI: kelambatan UN jangan dianggap biasa
http://www.antaranews.com/berita/370338/dekan-ui-kelambatan-un-jangan-dianggap-biasa

Minggu, 21 April 2013 04:35 WIB
Cipanas, Cianjur (ANTARA News) – Masalah kelambatan distribusi soal ujian nasional SLTA baru-baru ini jangan dianggap biasa, namun bisa disebut sebagai keadaan darurat pendidikan Indonesia, kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Prof Dr Bambang Wibawarta. Dalam seminar bertemu “Etnisitas dan Identitas Bangsa” di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, Bambang mengatakan semua pihak layak prihatin terhadap masalah tersebut. “Ini hal yang luar biasa dalam dunia pendidikan kita. Negara kita sekarang sedang dalam situasi darurat pendidikan,” katanya. Kemendiknas terbukti tidak bisa mengatasi masalah tersebut sendirian. “Syukur ada bantuan berbagai pihak, termasuk dari TNI Angkatan Laut yang ikut membantu mendistribusikan soal-soal UN itu ke daerah-daerah pelosok,” ujar Bambang. Kasus ujian nasional yang kacau saat ini, menurut dia, juga merupakan salah satu masalah budaya. Pendidikan adalah bagian dari budaya. “Seringkali terjadi salah kaprah. Budaya hanya dikaitkan dengan kesenian dan tari-tarian.Buku-buku ajar kebudayaan yang dipakai di sekolah-sekolah saat ini sebagian besar isinya soal kesenian. Padahal budaya bukan hanya kesenian,” ujarnya.Bambang juga menyoroti bidang kebudayaan yang setelah dua tahun kembali digabung dengan pendidikan di kabinet oleh pemerintah, belum terlihat kemajuan yang berarti.

…dst

6 ) UJIAN NASIONAL
Boediono: Mungkin Lebih Baik Desentralisasi
http://cetak.kompas.com/read/2013/04/21/06094789/boediono.mungkin.lebih.baik.desentralisasi

Minggu, 21 April 2013
Palangkaraya, Kompas – Wakil Presiden Boediono menyatakan, pemerintah sangat terbuka terhadap kritik ataupun evaluasi pelaksanaan ujian nasional. “Kita akan mempelajari plus minusnya. Kita harus terbuka. Mungkin saja sistem yang lebih baik adalah sistem yang terdesentralisasi,” ujar Boediono saat berdialog dengan siswa SMA/SMK/MA dan guru di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (20/4). Dialog dipandu Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang. Mendikbud Mohammad Nuh dan Menko Kesra Agung Laksono hadir pada acara itu. Kalteng merupakan provinsi yang tidak bermasalah dalam pelaksanaan UN. Boediono mengatakan, penyelenggaraan UN mendatang harus lebih baik. UN, dengan berbagai macam bentuknya, tetap diperlukan sebagai alat uji proses pendidikan. “Penilaian pada hasil pendidikan harus ada agar kita mengetahui apakah proses pendidikan yang kita lakukan berhasil atau tidak,” ujarnya. Nuh menyadari, sebagian besar siswa tak menginginkan UN. Apabila memungkinkan, mereka menginginkan lulus dari satu jenjang sekolah ke jenjang berikutnya tanpa ujian. Namun, sama seperti Boediono, Nuh menegaskan, UN mutlak diperlukan dalam proses pendidikan. “Kalau ditanya, 90 persen siswa pasti menyatakan tidak ingin ada UN. Enggak ada ceritanya tidak ada UN,” ujar Nuh.

…dst

7 ) Ijazah ditahan, puluhan pelajar dapat bantuan
http://daerah.sindonews.com/read/2013/04/20/22/740184/ijazah-ditahan-puluhan-pelajar-dapat-bantuan

Sabtu, 20 April 2013 − 18:08 WIB
Sindonews.com – Puluhan siswa miskin kelas III yang ijazahnya ditahan karena tidak mampu melunasi biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), mendapat bantuan dari alumni SMA Islam Sultan Agung II Kalinyamatan Jepara yang tergabung dalam wadah IASSA. IASSA menyerahkan langsung bantuan kepada 40 pelajar swasta miskin yang menempuh pendidikan di almameternya, Sabtu (20/4/2013). Rinciannya, 24 siswa penerima beasiswa merupakan pelajar kelas XII yang baru saja mengerjakan Ujian Nasional (UN). Sedang sisanya merupakan siswa kela X dan XI. Pengurus IASSA Abdul Wachid berharap bantuan beasiswa ini bisa meringankan beban yang harus ditanggung para puluhan siswa tersebut, terlebih yang saat ini duduk di kelas XII. Sebab setelah mengerjakan UN, mereka masih harus dihadapkan dengan berbagai biaya lain hingga bisa lulus dari sekolahnya. Berdasar catatannya, 24 siswa kelas III SMA Sultan Agung II Kalinyamatan yang mendapat beasiswa ini, mempunyai tunggakan pembayaran SPP di sekolahnya. Padahal jika mereka menunggak pembayaran SPP, ijazah mereka terancam tidak diberikan oleh pihak sekolah.

…dst

8 ) Beasiswa Itu Mudah Diraih Kok…
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/15/22380565/Beasiswa.Itu.Mudah.Diraih.Kok.

Senin, 15 April 2013 | 22:38 WIB
KOMPAS.com — Beasiswa itu mudah. Wah, kelihatannya enteng sekali mengatakannya. Namun, ini justru menjadi keyakinan Ratnasari Dewi setelah perjalanan panjang meraih beasiswa. Kuncinya, meski sudah berkali-kali menerima penolakan dari berbagai penyelenggara beasiswa, Dewi tak kunjung menyerah. Lulusan Universitas Padjajaran Bandung ini justru makin giat mengejar impiannya untuk sekolah ke luar negeri dengan beasiswa, seperti dituturkannya di Indonesia Mengglobal. Dia pun akhirnya berhasil melanjutkan studi ke Amerika Serikat dengan beasiswa Fulbright. Beasiswa itu mudah bagi Anda yang memang menaruh komitmen besar untuk melanjutkan studi dengan beasiswa di luar negeri dan di dalam negeri. Pasalnya, menurut Dewi, hanya mereka yang berkomitmen besar yang akan mencurahkan fokus dan energinya untuk menemukan jalan menuju cita-cita yang diimpikan.

…dst

9 ) Indonesia Mengajar
Jumat Selalu Istimewa bagi Kami…
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/20/09222134/Jumat.Selalu.Istimewa.bagi.Kami.

Sabtu, 20 April 2013 | 09:22 WIB
KOMPAS.com — Adji Prakoso tidak ingin mengecilkan hari-hari lain. Namun, bagi pengajar muda di angkatan IV ini dan jagoan-jagoan kecilnya di SDN Kepayang Musi Banyuasin, hari Jumat selalu terasa istimewa. Mengapa terasa istimewa? Yuk simak pengalaman lulusan Fakultas Hukum Universitas Udayana ini.
“Jumat, Belajar Lebih Di Hari Istimewa”
Ketika matahari dan kicauan burung menjemput pagi, di hari spesial itu. Aku selalu memanjatkan doa khusus dibandingkan hari lainnya. Haturan permohonan sederhana agar langit terus berkilau cerah hingga tiga kali bunyi kentongan, pertanda waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah berakhir. Hari Istimewa itu adalah Jumat, hari yang dikhiasi warna warni persahabatan, gotong royong dan kepedulian menjaga kesehatan pribadi maupun sosial. Semua elemen sekolah menunggu datangnya matahari di hari Jumat, agar tidak ada halangan melaksanakan aktivitas “Jumat Berseri (Bersih, Sehat, Rapih, dan Indah)”.

…dst

10 ) Prioritas Formasi CPNS 2013, dari Guru Hingga Penyuluh KB
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1148-prioritas-formasi-cpns-2013-dari-guru-hingga-penyuluh-kb

Dibuat pada 19 April 2013
MANADO – Pemerintah menetapkan empat kelompok jabatan untuk instansi pusat, dan enam kelompok jabatan untuk instansi daerah sebagai prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013. Pegawai pada kelompok jabatan dimaksud dinilai kekurangan, berdasarkan hasil perhitungan beban kerja. Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Sumber Daya Manusia Aparatur, di Manado Kamis (18/04). Acara yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik kementerian PANRB, Rusdianto itu dibuka oleh 175 peserta antara lain Sekda dan jajarannya, Kepala BKD di wilayah Propinsi/Kab./Kota se Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara. Berikut ini daftar prioritasnya:

…dst

11 ) Sebanyak 39 Instansi Pemerintah Segera Gelar Lelang Jabatan
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1108-sebanyak-39-instansi-pemerintah-segera-gelar-lelang-jabatan

Dibuat pada 11 April 2013
JAKARTA – Instansi pemerintah yang akan melakukan promosi jabatan secara terbuka (lelang jabatan) dalam pengisian jabatan yang lowong semakin besar. “Sudah ada tiga puluh Sembilan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang lapor ke Kementerian PANRB akan melakukan promosi jabatan secara terbuka,” ujar Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo di kantornya, Kamis (11/04). Menurut Wamen, perkembangan itu sangat menggembirakan karena hal itu merupakan salah satu pengungkit penting dalam reformasi birokrasi, yang kini tengah menggelinding di berbagai instansi pemerintah. Promosi jabatan secara terbuka akan mendekatkan pada merit system, sehingga karir PNS lebih terjamin.Lebih dari itu, promosi terbuka itu juga menghindarkan terjadinya politisasi birokrasi, yang selama ini banyak terjadi di daerah. “Yang paling rawan adalah pejabat-pejabat eselon II di kabupaten/kota, dan eselon I di provinsi,” ujar Wamen. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pegawai eselon III ke bawah.

…dst

 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.