1 ) Guru Besar Undip Menangi Biovision The World Life Science 2013
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/03/220484/Guru-Besar-Undip-Menangi-Biovision-The-World-Life-Science-2013

03 April 2013
SEMARANG – Guru besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Prof Dr Ocky Karna Rajasa MSc memenangi ajang penelitian bergengsi tingkat internasional Biovision the World Life Science 2013. Ajang itu merupakan forum IPA sedunia yang dikelola organisasi nirlaba Biovision serta dikendalikan University of Lyon Prancis. Pakar oceanografi itu masuk kategori pemenang proposal paling inovatif dan memiliki benefit besar bagi masyarakat luas. “Saya sangat berterima kasih penelitian berjudul “Discovery of Therapeutic Leads from Marine Microbial Symbiont for Multi Drug Resistent (MDR)-TB: An Environmentally Friendly Source of Novel Marine Natural Products” diakui di ajang internasional. Dalam ajang tersebut proposal saya masuk kategori Focus III,” katanya kemarin. Intinya, Ocky ingin mengembangkan obat antibiotik baru untuk menangani penyakit Mutli drug resistant (MDR), yaitu kuman Tuberculosis (TB) yang sudah tahan terhadap obat standar TB, isoniazid, atau rifampicin. Dia membeberkan fakta di dunia terdapat sekitar 9 juta penderita TB dan sekitar 500.000 ada di Indonesia.

…dst

2 ) Kuli Bangunan Ber-IPK Cumlaude
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786165/kuli-bangunan-ber-ipk-cumlaude

Kamis, 04 April 2013 12:50 wib
JAKARTA – Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Peribahasa itu rasanya tepat untuk menggambarkan perjalanan seorang Muhamad Al Amin untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Berasal dari anak seorang kuli bangunan, mahasiswa Jurusan Matematika itu tidak pernah berani bermimpi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Dia hanya berencana untuk bekerja selepas SMA. Namun, Amin menyadari, label lulusan SMA akan membuatnya kesulitan untuk meraih pekerjaan. Akhirnya, karena ajakan seorang teman, Amin mau melanjutkan kuliah. “Saya diberitahu teman kalau ada beasiswa Bidikmisi. Jadi saya coba-coba untuk ikut. Ya mungkin kalau bukan karena informasi itu, saya harus kerja keras lagi untuk kuliah,” kata Amin, seperti dinukil dari laman Unesa, Kamis (4/4/2013). Tidak ingin membuang kesempatan, Amin pun belajar dengan giat selama perkuliahan. Terbukti, meski harus membagi waktu dengan bekerja sebagai kuli bangunan guna membantu orangtua, Amin mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cumlaude, yakni 3,64.

…dst

3 ) Bidikmisi Belum Cair
“Biar Saja Mahasiswa Demo”
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786367/biar-saja-mahasiswa-demo

Kamis, 04 April 2013 17:07 wib
DEPOK – Kegelisahan para mahasiswa dalam menanti pencairan dana program beasiswa Bidikmisi nampaknya masih harus berlanjut. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bisa memastikan kapan dana tersebut cair. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, pencairan dana Bidikmisi dilakukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal itu terkait dengan pemblokiran dana di tiga kementerian yakni Kemendikbud, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Agama. “Gini lho, kami mengusahakan supaya segera dicairkan. Tapi itu di Kemenkeu. Kami bisanya kejar-kejar Kemenkeu saja. Iya ini terkait masalah rekening diblokir itu. Saya juga bingung kok ruwet gitu. Bidikmisi mestinya sudah,” ungkapnya kepada wartawan di Balairung UI, Kamis (4/4/2013). Djoko pun menanggapi santai terkait ancaman mahasiswa yang akan berunjuk rasa jika sampai Mei dana tersebut belum juga keluar. Namun, kata dia, jika berunjuk rasa ke Kemendikbud maka salah alamat. “Biar saja mahasiswa demo. Logikanya bayar di awal, ini di akhir jadinya dagelan. Ya pasti mahasiswa berutang-utang. Keuangan bukan urusan Kemendikbud, tanya kemenkeu, kalau demo ke Kemendikbud ya kami kasih tahu, ‘Mestinya enggak ke sini (Kemendikbud), Dek,’” ungkapnya.

…dst

4 ) Wah, UMS Gratiskan Kuliah Kedokteran Siswa Papua!
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786217/wah-ums-gratiskan-kuliah-kedokteran-siswa-papua

Kamis, 04 April 2013 13:41 wib
SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggratiskan biaya studi calon mahasiswa dari Papua untuk menempuh program studi (prodi) Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Kebijakan ini diterapkan kampus tersebut mulai tahun akademik 2013/2014. Rektor UMS Prof Dr. Bambang Setiaji menjelaskan, pihak kampus akan menanggung uang masuk dan biaya kuliah selama 12 semester, hingga lulus. Bahkan, saat ini, UMS sedang mengupayakan biaya hidup bagi para calon mahasiswa Papua tersebut. “Kuota kami ada dua mahasiswa yang akan ditempatkan pada prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Mereka harus lolos seleksi,” ujar Bambang kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2013). Selain harus lolos seleksi, kata Bambang, mahasiswa asal Papua tersebut harus menandatangani komitmen, yang berisi di antaranya setelah lulus harus kembali ke daerahnya yakni Papua. Kemudian saat mereka sudah bekerja, wajib membiayai adik tingkatnya yang juga berasal dari Papua pada prodi serupa.

…dst

5 ) Karya Tulis ITB Tembus ke Negeri Ratu Elizabeth
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786414/karya-tulis-itb-tembus-ke-negeri-ratu-elizabeth

Kamis, 04 April 2013 19:11 wib
JAKARTA – Apa jadinya jika kita bisa bertukar berbagai data hingga transaksi keuangan hanya dengan menyentuhkan smartphone milik kita? Hebat bukan? Kita dapat menghemat waktu untuk tiap transaksi. Standar teknologi komunikasi yang memungkinkan ponsel pintar dan alat serupa untuk saling berkomunikasi cukup hanya dengan sentuhan atau berada dalam jarak dekat itu disebut Near Field Communication (NFC). Aplikasi teknologi dapat diterapkan di semua bidang, mulai dari pertukaran data hingga transaksi finansial. Aplikasi ini yang coba dikenalkan mahasiswa S-2 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Firman Azhari dalam kompetisi dalam Kaspersky Academy Conference 2013. Ide tersebut ternyata mampu memukau dewan juri dan mengalahkan 14 pesaingnya. Dengan paper berjudul “Detection of Security Vulnerability in Indonesian Near Field Communication (NFC) Applications,” Firman memenangkan penghargaan best paper. Oleh karena itu, dia pun didapuk untuk melaju ke tahap final konferensi yang akan diadakan pada Juni 2013 di Royal Holloway, University of London, Inggris.

…dst

6 ) Korban Ijazah Palsu FH Unas Mengadu ke Jokowi
http://news.detik.com/read/2013/04/04/121543/2211362/10/korban-ijazah-palsu-fh-unas-mengadu-ke-jokowi

Kamis, 04/04/2013 12:15 WIB
Jakarta – Belasan alumnus Fakultas Hukum Universitas Nasional (Unas) Jakarta mendatangi gedung Balai Kota DKI. Para alumnus meminta bantuan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong pihak kampus agar mengeluarkan ijazah yang asli untuk mereka, bukan yang palsu. Pantauan detikcom di depan gedung Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2013), para alumnus ini datang membawakan spanduk ukuran 3 x 1 meter bertuliskan ‘Berikan Kami Ijazah Asli, Bukan Bodong’. Mereka juga sempat melakukan aksi teatrikal inaugurasi wisuda di depan pagar Balai Kota DKI sambil mengenakan baju toga. Menurut salah satu peserta aksi, Mustari, mereka merasa dibohongi oleh universitas tempat mereka mencari ilmu, sebab ijazah yang diterima bodong alias ilegal karena tidak memiliki akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dia menambahkan, akreditasi Fakultas Hukum kampusnya telah kadaluarsa sejak 2011 lalu. Namun pihak universitas tidak pernah membertitahuka hal itu kepada mahasiswa.

…dst

7 ) Hatta: Studi ITB Usulkan Pusat Pemerintahan Pindah ke Kalimantan Tengah
http://finance.detik.com/read/2013/04/04/

Kamis, 04/04/2013 10:51 WIB
Yangon – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyambut positif wacana pemisahan pusat pemerintahan dan pusat bisnis di Indonesia, yang saat ini masih berada di Jakarta. Hatta menjelaskan, sudah ada usulan dan studi yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) soal pemindahan pusat pemerintahan. Ke mana usulan ITB?
ITB, ujar Hatta, mengusulkan pusat pemerintahan Indonesia dipindah ke Kalimantan Tengah bagian barat, tepatnya di dekat Kabupaten Sampit. Wilayah ini dinilai tepat untuk dirancang dan dikembangkan menjadi sebuah pusat pemerintahan baru Indonesia seperti yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar atau Malaysia. “Dari studinya ITB. Wilayah yang tepat ada di Kalimantan Tengah bagian barat atau dekat Sampit,” tutur Hatta di Yangon, Myanmar, Rabu Malam (3/4/2013).

…dst

8  ) Otonomi Perguruan Tinggi
Tujuh Pemimpin PTN Nyatakan Sikap
http://cetak.kompas.com/read/2013/04/04/04012277/tujuh.pemimpin.ptn.nyatakan.sikap

Kamis,04 April 2013
Jakarta, Kompas – Tujuh pemimpin eks perguruan tinggi negeri badan hukum milik negara atau PTN BHMN membuat pernyataan sikap yang meminta masyarakat tidak keliru memahami konsep otonomi perguruan tinggi yang diakui dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Meskipun otonomi akademik dan nonakademik diberikan kepada setiap perguruan tinggi negeri, peran negara dalam pendanaan tetap ada. Pernyataan itu dibuat pemimpin tujuh PTN, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Airlangga. Pernyataan sikap itu juga terkait adanya uji materi UU PT terhadap UUD 1945 yang diajukan masyarakat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pernyataan sikap bersama tersebut merupakan hasil dari pertemuan tujuh pemimpin PTN bekas BHMN pada akhir pekan lalu di Jakarta. Uji materi ke MK terutama menyorot soal PTN badan hukum yang memiliki otonomi akademik dan nonakademik. “Ada kekeliruan pemahaman sebagian masyarakat yang memaknai konsep otonomi perguruan tinggi sebagai bentuk komersialisasi pendidikan tinggi,” ujar Rektor UGM Pratikno, Rabu (3/4), di laman resmi UGM.

…dst

Pernyataan sikap ini juga bisa dibaca di media antara bogor:
http://antarabogor.com/index.php/detail/4571/pernyataan-sikap-7-ptn-terkait-otonomi-pt#.UVz_0DfdYuS

…dst

9 ) UU PT Akan Seleksi Ketat PT Asing
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/04/mkqeiy-uu-pt-akan-seleksi-ketat-pt-asing

Kamis, 04 April 2013, 19:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Tujuh Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum membantah bahwa substansi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi akan mendorong komersialisasi dan liberalisasi pendidikan tinggi. Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Universitas Airlangga (Unair) Dra Tjitjik Sri Tjahjandarie PhD di Surabaya, Kamis, mengingatkan bahwa kehadiran UU ini juga mampu menyeleksi secara ketat masuknya perguruan tinggi asing (PTA). ”Karena persyaratannya sangat berat. Ini yang diinterpretasikan salah oleh masyarakat, sehingga dikhawatirkan akan menghadirkan liberalisasi pendidikan,” katanya. Ia menyesalkan masyarakat tidak pernah membaca isi UU Dikti secara cermat dan utuh. UU Dikti mensyaratkan PTA yang hendak membuka cabang di Indonesia harus berpartner dengan perguruan tinggi Indonesia dengan posisi setara (prinsip kesetaraan).

…dst

10 ) UU Pendidikan Tinggi Untungkan Mesyarakat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/04/mkqe6q-uu-pendidikan-tinggi-untungkan-mesyarakat

Kamis, 04 April 2013, 19:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Tujuh Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum membantah bahwa substansi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi akan mendorong komersialisasi dan liberalisasi pendidikan tinggi. “Kami prihatin dengan keterbatasan informasi secara utuh di masyarakat mengenai substansi UU Dikti,” kata Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Universitas Airlangga (Unair) Dra Tjitjik Sri Tjahjandarie PhD di Surabaya, Kamis. Oleh karena itu, kata dosen Fakultas Sains dan Teknologi Unair itu, tujuh PTN-BH dalam pertemuan di Jakarta pada 29 Maret 2013 sepakat untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai UU itu. Tujuh PTN-BH adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Airlangga (Unair).

…dst

11 ) Biaya Pendaftaran Seleksi PTN Naik
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/04/14442377/Biaya.Pendaftaran.Seleksi.PTN.Naik

Kamis, 4 April 2013 | 14:44 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Biaya pendaftaran ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013 ini dipastikan naik sekitar Rp 25.000 dari tahun sebelumnya. Informasi ini diungkapkan Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Bandung, Asep Gana Suganda, Kamis (4/4/2013). Untuk kelompok ujian Saintek (IPA) dan Sosial Humaniora (IPS) naik menjadi Rp 175.000 dari tahun sebelumnya Rp 150.000. Sementara itu, untuk kelompok ujian campuran naik menjadi Rp 200.000 dari biaya tahun sebelumnya Rp 175.000. “Untuk tahun ini tidak ada subsidi dari pemerintah, makanya ada kenaikan,” kata Asep saat ditemui seusai sosialisasi SBMPTN di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Kamis (4/4/2013). Meski ada kenaikan biaya pendaftaran, lanjut Asep, ada keuntungan untuk calon peserta ujian dari perubahan sistem pemilihan program studi (Prodi). Jika tahun lalu ujian seleksi peserta hanya dapat memilih dua prodi dalam satu kelompok ujian, tahun ini calon peserta dapat memilih tiga program studi dalam satu kelompok ujian.

…dst

12 ) Empat PTN di Bandung Siapkan 40.000 Kursi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/04/13560999/Empat.PTN.di.Bandung.Siapkan.40.000.Kursi

Kamis, 4 April 2013 | 13:56 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Empat Perguruan Tinggi Negeri di Bandung, yaitu Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Unversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati siap menerima 40.000 mahasiswa melalui ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Bandung Asep Gana Suganda di saat melakukan sosialisasi di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur Kota Bandung, Kamis (4/4/2013). “Untuk kuota, Panlok Bandung menyediakan 40.000 kursi untuk empat PTN,” kata Asep ditemui seusai sosialisasi. Dijelaskan Asep, 40.000 kursi tersebut dibagi dalam tiga kategori pilihan yang tahun ini disesuaikan dengan kelompok studi di perguruan tinggi, yaitu 14.500 kursi untuk kelompok Saintek (IPA), 15.000 untuk kelompok Sosial Humaniora (IPS), dan 10.500 kursi untuk kelompok campuran (IPC).

…dst

13 ) Ini Jurusan Terfavorit 4 Universitas di Bandung
http://www.tempo.co/read/news/2013/04/04/079471225/Ini-Jurusan-Terfavorit–4-Universitas-di-Bandung

Kamis, 04 April 2013 | 17:11 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Program studi manajemen masih jadi pilihan favorit calon mahasiswa baru di sejumlah kampus negeri di Bandung. Di tiga dari empat kampus negeri yang memakai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, program studi manajemen bercokol pada lima pilihan favorit. Di Universitas Padjadjaran (Unpad), menurut Wakil Rektor Engkus Kuswarno, fakultas dengan peminat terbanyak yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM). “Jumlahnya berkisar 5.000-6.000 orang,” ujarnya, Kamis, 4 April 2013. Pada urutan kedua, Program Studi Manajemen di Fakultas Ekonomi, selanjutnya Akuntansi, yang kali ini menggeser jumlah pemilih Fakultas Kedokteran.

…dst

14 ) Dari Keripik Ubi, Mahasiswa IPB Bisa Beli Rumah
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/03/373/785774/dari-keripik-ubi-mahasiswa-ipb-bisa-beli-rumah

Kamis, 04 April 2013 06:05 wib
JAKARTA – Rasa bangga tentu menyelimuti hati seorang anak ketika mampu memberikan sesuatu dari hasil kerja keras kepada orangtua. Baik secara materi maupun prestasi. Kebanggaan itu yang kini dirasakan Isnurdiansyah ketika mampu membelikan sebuah rumah bagi orangtuanya dari berbisnis camilan. Berawal dari pemberian modal Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM), mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) itu telah melebarkan usaha keripik ubi jalar aneka rasa. Bahkan, dari bisnis tersebut, dia mampu membeli rumah untuk keluarganya. Di sela-sela kegiatan Seleksi Calon Peserta dan Sosialisasi Program Incubie, belum lama ini, ibu Isnurdiansyah, yakni Dwi Supiyana berbagi cerita atas keberhasilan usaha anaknya. Beruntung, bisnis yang dilakoni anaknya itu mendapat suntikan dana dari Inkubator Bisnis IPB, bernama Incubie.

…dst

15 ) Rektor ITB Mimpi Ciptakan Produk Seperti Apple
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/417/786305/rektor-itb-mimpi-ciptakan-produk-seperti-apple

Kamis, 04 April 2013 15:33 wib
BANDUNG – Peran sains dan teknologi sangat besar bagi kemajuan suatu bangsa. Ini dibuktikan dengan Jepang, China, atau Korea Selatan, yang berhasil melakukan lompatan dari negara agraris menjadi negara industri berteknologi tinggi. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka menyebut penguasaan sains dan teknologi sebagai keniscayaan jika ingin Indonesia maju. “Banyak fakta sejarah yang menegaskan bahwa negara tak mungkin bisa maju kalau tidak mengembangkan sumber daya manusia (SDM)-nya di bidang sains dan engineering,” kata Akhmaloka, saat berbincang dengan Okezone, di Gedung Rektorat ITB, belum lama ini. Namun untuk menjadi negara yang unggul di bidang sains dan teknologi, Indonesia masih memiliki banyak kendala. Saat ini kegiatan sains dan teknologi sangat sedikit. Berbeda dengan ilmu-ilmu sosial yang jumlahnya jauh lebih banyak. Padahal pengembangan ilmu sosial dan ilmu sains sama pentingnya. Dua displin ilmu ini memerlukan porsi yang sama banyaknya. Indonesia, kata Akhmaloka, harus lebih banyak lagi bergerak di bidang sains dan teknologi.

…dst

16 ) IPB Kembangkan Wisata Posdaya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/04/mkq27c-ipb-kembangkan-wisata-posdaya

Kamis, 04 April 2013, 15:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Kunjungan berbagai delegasi daerah untuk studi observasi mengenai Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) binaan membuat Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkannya menjadi “Wisata Posdaya”. “Posdaya di desa lingkar kampus kian banyak dikunjungi, sehingga dicoba untuk sinergi dengan pengembangan wisata,” kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MS.i di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Ia menjelaskan pada Rabu (3/4) sombongan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dari Kabupaten Grobogan dan Wonogiri, Jawa Tengah dan Tulungagung, Jawa Timur mengunjungi desa lingkar kampus IPB. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, di mana masing-masing kelompok mengunjungi desa-desa di lingkar kampus IPB dengan menonjolkan kiprah Posdaya. Posdaya yang dikunjungi adalah Harapan Maju di Desa Sukadamai, dan Posdaya Fajar Harapan di Desa Purwasari. Ia menjelaskan bahwa Posdaya di kedua desa tersebut mendapatkan pembinaan dari Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) LPPM IPB.

…dst

17 ) Ini Alasan UGM Raih Akreditasi A
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/03/373/785835/ini-alasan-ugm-raih-akreditasi-a

Kamis, 04 April 2013 08:01 wib
JAKARTA – Mendapatkan akreditasi A menjadi impian bagi segenap institansi pendidikan, tidak terkecuali perguruan tinggi. Sebab, akreditasi tersebut menjadi bentuk pengakuan sah yang dilakukan badan independen terhadap kualitas perguruan tinggi itu. Berdasarkan hasil akreditasi Program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Februari lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapat akreditasi A bersama tujuh universitas lainnya. Penasaran apa yang membuat BAN-PT memberikan nilai A dalam akreditasi itu? Ini alasannya. Penilaian akreditasi meliputi berbagai aspek penting, yakni ketercapaian visi-misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, pengelolaan dan penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, sumberdaya manusia, kurikulum, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, kerjasama, serta pengabdian kepada masyarakat.

…dst

18 ) 5 Kampus Berguru ke Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786278/5-kampus-berguru-ke-unnes

Kamis, 04 April 2013 16:00 wib
JAKARTA – Kepiawaian Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo dalam memimpin Kampus Konservasi ternyata menjadi panutan bagi sejumlah kampus lain. Bahkan, mereka rela datang langsung untuk melakukan kerjasama lebih lanjut. Demikian yang dilakukan lima perguruan tinggi di Jawa Tengah, yakni Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin), Universitas Muhamadiyah Magelang (UMM), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Wahid hasyim (Unwahas), dan Universitas Muhammadiyah Purworejo (Unmuh Purworejo) yang menyambangi Unnes guna mencuri ilmu.

…dst

19 ) Akpol Gandeng Udinus, Perkuat Jaringan IT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/03/220482/Akpol-Gandeng-Udinus-Perkuat-Jaringan-IT

03 April 2013
SEMARANG – Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang menggandeng Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk memperkuat jaringan informasi teknologi (IT). Kerja sama ini untuk mengembangkan institusi Akpol menuju world class police academy. Kerja sama ini merupakan langkah keberlanjutan dari kemitraan sebelumnya. Beberapa waktu lalu Akpol bekerja sama dengan Udinus untuk meningkatkan kurikulum IT dalam pengembangan sumber daya mahasiswa dan dosen. Gubernur Akpol melalui Wagub Brigjen Pol Drs Srijono MSi mengatakan, upaya yang dilakukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat. “Polri sebagai pelayan masyarakat harus cepat dalam menyikapi berbagai hal yang terjadi. Termasuk dalam merespons perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya teknologi informasi yang mendukung tugas kepolisian,” katanya, belum lama ini. Karena itu, lanjut dia, perlu bagi Akpol untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi seperti Udinus yang fokus di bidang IT.

…dst

20 ) Unissula-Komipo Korea Rintis Kerja Sama
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/03/220485/Unissula-Komipo-Korea-Rintis-Kerja-Sama

03 April 2013
SEMARANG – CEO perusahaan pembangkit listrik ternama di Asia yang berpusat di Korea Komipo (Korea Minland Power), Choi Pyeong Rak PhD beserta beberapa pejabat dari Komipo yang beroperasi di PLTU Tanjung Jati B unit 3 dan 4 Jepara, beberapa hari lalu, mengunjungi Unissula. Mereka diterima Rektor Prof Laode M Kamaluddin PhD, Wakil Rektor I Dr Widiyanto, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Trimanah MSi, dan Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr Sri Arttini Dwi P. Pada kesempatan tersebut kedua belah pihak merintis kerja sama di bidang teknologi industri. Langkah awal yang akan dijajaki adalah pemagangan mahasiswa Unissula di PLTU Tanjungjati B unit 3 dan 4 serta membuka ruang untuk magang pada bidang yang sama di Korea, terutama dari Fakultas Teknologi Industri. “Untuk melangkah ke arah tersebut tentu membutuhkan kerja sama dengan pihak lain, termasuk PLN, dan hal ini sedang kami kaji. Magang dan mempelajari tenologi industri di lapangan merupakan hal penting untuk mempersempit gap antara teori yang diperoleh selama di kampus dan praktik di lapangan,” ungkap Sri Arttini.

…dst

21 ) Sarjana Kenotariatan Terkendala Sertifikasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/03/220486/Sarjana-Kenotariatan-Terkendala-Sertifikasi

03 April 2013
SEMARANG – Mahasiswa ilmu hukum yang merampungkan program studi notaris pada umumnya terkendala memperoleh sertifikasi profesi. Padahal, sertifikasi itu diperlukan untuk mendukung sarjana kenotariatan menekuni profesi. Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua Alumni Kenotariatan (Aknot) Undip Dr Widhi Handoko SH SPN di sela-sela Seminar Fidusia On Line Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) dan Diklat Pasar Modal dan Koperasi di Patra Semarang Convention Hotel, kemarin. Acara kerja sama Aknot dan Prodi Magister Kenotariatan (MKN) Undip itu mengundang Asisten Ahli Menteri Koperasi dan UKM Soetarto, Dekan Fakultas Hukum Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum dan Ketua MKN Undip Prof Dr Budi Santoso SH MS. “Syarat terjun di dunia notaris itu tidak mudah. Selain harus lulus kuliah ilmu hukum, mahasiswa atau calon notaris butuh mendapatkan sertifikasi sebelum menjalani profesi,” tutur dia didampingi pengurus Aknot Syamsul Arifin SH SPN.

…dst

22 ) Puluhan mahasiswa Unhas dukung KPK & Wiwin
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/04/13/734605/puluhan-mahasiswa-unhas-dukung-kpk-wiwin

Kamis, 4 April 2013 − 21:02 WIB
Sindonews.com – Puluhan mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar aksi dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait bocornya sprindik Anas Urbaningrum. Bahkan, mereka juga memberikan dukungan moril terhadap Wiwin Suwandi selaku Sekretaris Ketua KPK Abraham Samad itu yang telah ditetapkan sebagai oknum yang membocorkan sprindik tersebut. Akasi itu digelar di depan kampus Unhas, Makassar, Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Kamis (4/4/2013). Aksi ini sebagai bentuk dukungan mereka terhadap upaya pelemahan KPK melalui kasus bocornya srindik Anas Urbaningrum. Para demonstrans menganggap Wiwin hanya menjadi korban kriminalisasi untuk melemahkan KPK yang selama ini dikenal getol membongkar sejumlah kasus korupsi.Menurut demonstrans, kasus bocornya sprindik tersebut sengaja dibesar-besarkan oleh kelompok tertentu yang anti KPK. Kasus tersebut juga hanya sebatas pelanggaran administrasi yang cukup ditangani oleh Komite Etik KPK.

…dst

23 ) Auditor BPKP: Ada Penggelembungan Rp 5,1 M dalam Proyek Lab UNJ
http://news.detik.com/read/2013/04/04/113712/2211292/10/auditor-bpkp-ada-penggelembungan-rp-51-m-dalam-proyek-lab-unj?n991102605

Kamis, 04/04/2013 11:37 WIB
Jakarta – Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Nasrul Wathon, membeberkan temuan dugaan penggelembungan anggaran dalam proyek pengadaan peralatan laboratorium tahun 2010 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Akibatnya terjadi kerugian keuangan negara sebesar Rp 5,175 miliar. “Kerugiannya Rp 5,175 miliar, karena mark-up,” kata Nasrul yang dihadirkan sebagai ahli dalam sidang lanjutan perkara dugaan korupsi proyek laboratorium UNJ di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (4/4/2013). Nasrul menjelaskan, berdasarkan penghitungan tim auditor proses, ada pengeluaraan pengadaan alat laboratorium tidak dapat dipertanggung jawabkan. UNJ membayar barang dengan harga yang belum dipotong diskon. “HPS (harga perkiraan sendiri, red) tidak didasarkan pada data yang dapat dipertanggungjawabkan. HPS yang digunakan adalah harga yang diberikan supplier yang tanpa termasuk diskon,” terangnya. Penyimpangan lainnya dalam proyek ini terkait proses lelang yang diikuti sejumlah perusahaan kelompok Grup Permai.”Proses lelang dikendalikan dengan cara meminjam perusahaan. Pada saat menawar itu sudah bisa diatur supaya mendekati harga HPS yang sudah dipastikan. Itu melanggar, tutur Nasrul.

…dst

24 ) Saksi Ahli: Panitia Proyek Lab UNJ Melakukan Penyimpangan
http://news.detik.com/read/2013/04/04/

Kamis, 04/04/2013 14:14 WIB
Jakarta – Tri Mulyono disebut melakukan penyimpangan ketika memimpin proyek pengadaan laboratorium di Universitas Negeri Jakarta. Penyimpangan yang dilakukan ketua panitia pengadaan tersebut adalah tidak melakukan survei harga sesuai ketentuan. “Kenyataan nampaknya panitia pengadaan tidak melakukan survei yang benar. Harga-harga itu jauh dari harga pabrikan,” kata Kepala Bagian Hukum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa (LKPP), Raden Ari Widianto saat dihadirkan sebagai ahli sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (4/4/2013). Menurut Ari, panitia pengadaan tidak mengecek harga barang berdasarkan harga yang dikeluarkan pabrikan atau agen tunggal. “Kami dapatkan untuk merek sama, tapi harga berbeda,” sebutnya. Sementara itu auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Nasrul Wathon juga menyebut panitia pengadaan tidak menyusun harga perkiraan sendiri (HPS) sesuai ketentuan yakni Kepres 80/2003. “Sumber-sumber harga dari rekanan yang menang,” ujarnya.

…dst

25 ) Nilai Moral Bangsa Indonesia Kian Merosot
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/04/373/786369/nilai-moral-bangsa-indonesia-kian-merosot

Kamis, 04 April 2013 18:01 wib
DEPOK – Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) membuat suatu indikator pengukuran terkait nilai moral dan pengaruh sosial budaya yang sudah mengendur. Hal itu disampaikan Gubernur Lemhanas Budi Susilo Soepandji saat menjadi pembicara dalam sarasehan Wayang Goes To Campus di Balairung Universitas Indonesia (UI), hari ini. Menurut Budi, budaya erat kaitannya dengan persatuan bangsa. Saat ini, kata dia, indeks ketahanan nasional terkait pengaruh sosial budaya nilainya semakin mengendur. Pola gaya hidup merupakan yang paling besar memberikan kontribusi terhadap penurunan nilai tersebut. Hal itu menyebabkan banyaknya terjadi perpecahan dan kerusuhan di negara ini.

…dst

26 ) Kejagung Periksa Saksi PNS dari Kemenag Terkait Dugaan Korupsi Rp 71.5 M
http://news.detik.com/read/2013/04/03/193210/2210878/10/kejagung-periksa-saksi-pns-dari-kemenag-terkait-dugaan-korupsi-rp-715-m?nd771104bcj

Rabu, 03/04/2013 19:32 WIB
Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa saksi dalam dugaan korupsi di Kementerian Agama (Kemenag). Dugaan tersebut terkait proyek pengadaan alat Laboratorim IPA MTs Tahun 2010 senilai RP 71, 5 Miliar. “Tim penyidik telah mengadakan pemeriksaan terhadap M. Sidik Sisyanto, PNS pada kantor Kementerian Agama RI,” kata Kapuspenkum Kejagung, Setia Untung Arimuladi di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta, Rabu (3/4/2013). Untung mengatakan pemeriksaan ini terkait peran saksi sebagai anggota tim teknis yang menyiapkan bahan-bahan lelang dan membuat harga perkiraan.”Juga membantu panitia pengadaan barang dan jasa pengadaan alat laboratorium IPA MA dan IPA Mts,” ujar Untung. Untung menambahkan nilai dugaan tindak pidana korupsi dibagi berdasarkan 2 kegiatan. Pertama pengadaan alat laboratorium IPA MTs tahun 2010 dengan nilai kegiatan Rp 27.5 miliar dan laboratorium IPA MA dengan nilai kegiatan Rp 44 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBNP Dirjen Pendidikan Islam tahun 2010.

…dst

27 ) Pengawas UN Wajib Jelaskan Soal dan LJUN Satu Kesatuan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1185

04/03/2013
Jakarta — Pengawas Ujian Nasional (UN) 2012/2013 sebelum dimulainya ujian wajib memberikan penjelasan kepada peserta UN bahwa naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. “Keduanya bersatu dan merupakan pasangan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengambangan (Balitbang) Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, saat memberikan pembekalan petugas posko UN Pusat Informasi dan Humas (PIH), di Jakarta, hari ini Rabu (3/4/2013). Jika siswa mengerjakan naskah soal UN dengan LJUN yang bukan pasangannya, maka akan menjadi masalah bagi siswa tersebut, dan kemungkinan besar nilainya akan rendah. Oleh karena itu, kata Khairil, para peserta UN agar benar-benar memperhatiakn naskah soal dan LJUN adalah pasangannya dan jangan sampai tertukar.

…dst

28 ) Soal UN Dilengkapi Barcode Untuk Cegah Kebocoran Soal
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1188

04/04/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menerapkan sistem barcode pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013. Sistem ini merupakan langkah preventif untuk mengantisipasi kebocoran soal UN 2013, menggantikan sistem kode pengaman di UN tahun lalu. Dalam rapat persiapan Posko UN 2013 dengan Tim Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemdikbud, Rabu (3/4), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Khairil Anwar Notodiputro menjelaskan panitia persiapan akan menyatukan naskah soal dan LJUN. Kemudian, barcode akan ditempatkan di sisi kedua lembaran yang disatukan tersebut. Khairil menyatakan para siswa diharapkan dapat mengisi nama, dan nomor ujian sebelum kedua lembar itu sebelum dipisahkan oleh pengawas ruang ujian. Khairil mencontohkan apabila terdapat siswa yang ingin mencontek, atau bahkan menyobek, dan menukar LJUN yang dimiliki dengan LJUN temannya, maka hal itu dapat terhindari. “LJUN, dan naskah adalah satu kesatuan, apalagi terdapat barcode, maka kemungkinan untuk bocor juga tidak mungkin,” jelas Khairil.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.