1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Mahasiswi ITB Tewas Tersetrum
http://m.koran-sindo.com/node/302003

25 Maret 2013
BANDUNG– Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) Raden Sasqia Winda Hainidar, 20, tewas akibat tersengat listrik di rumah kontrakannya Perum Sanggar Mas Lestari Blok D44 Tarajusari, Kecamatan Banjaran, sekitar pukul 04.00 WIB, Sabtu (23/3). Menurut keterangan Polsek Banjaran, korban adalah warga Kompleks Margahayu Raya Blok T II Nomor 18, Kota Bandung tersebut seperti biasa bangun subuh dan langsung mandi. Salah seorang teman korban, Husna Tiara Putri, 20, tiba-tiba terbangun karena mendengar jeritan korban. Ketika Husna menghampiri ke kamar mandi, ternyata korban sudah tergeletak di lantai kamar mandi. Melihat kejadian itu Husna bermaksud menolong namun urung karena Husna malah ikut terkena sengatan listrik. Husna bisa selamat. Sementara korban tak bisa tertolong lagi dan tewas di tempat. Husna bersama dua temannya mengontrak rumah bersama korban, sejak Jumat (22/3). Kapolres Bandung AKBP Kemas Ahmad Yamin melalui Kapolsek Banjaran Kompol Ahmad Yasin menjelaskan, dugaan sementara korban tewas akibat tersengat listrik karena korsleting listrik yang berasal dari pompa penyedot air yang ditempatkan di dalam kamar mandi. “Rumah itu baru mereka isi Jumat lalu. Kemudian Sabtu (23/3) paginya sekitar pukul 04.00 WIB korban mulai bangun dari tidurnya dan langsung menuju kamar mandi.

…dst

2 ) Daftar Uang Kuliah Tunggal Segera Dirilis
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/07361216/Daftar.Uang.Kuliah.Tunggal.Segera.Dirilis

Senin, 25 Maret 2013 | 07:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Daftar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai patokan untuk pembiayaan pendidikan tinggi akan segera dirilis pada awal pekan ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hingga saat ini, belum semua universitas menentukan nominal UKT untuk tahun akademik 2013/2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa pembahasan terkait UKT ini terus dilakukan. Namun hasilnya harus segera dapat dibagikan ke publik paling lambat pada pekan depan sehingga dapat digunakan masyarakat sebagai pedoman dalam menentukan pilihan universitas dan program studi yang diminati.”Masih terus dibahas sampai saat ini. Insya Allah, Senin sudah bisa dirilis untuk masalah UKT,” kata Nuh di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (22/3/2013). Pasalnya, daftar UKT ini dijanjikan akan terbit pada akhir bulan Februari. Namun pada kenyataannya, hingga jelang bulan April daftar tersebut masih dibahas oleh pihak kementerian dengan universitas negeri yang ada di seluruh Indonesia dan belum bisa dirilis ke publik.

…dst

3 ) 10 PTN Penerima Bantuan Operasional Terbesar
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/11240587/10.PTN.Penerima.Bantuan.Operasional.Terbesar

Senin, 25 Maret 2013 | 11:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk menjaga kelangsungan proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelontorkan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sebesar Rp 2,7 triliun pada 94 institusi pendidikan tinggi negeri, baik universitas, institut seni dan politeknik, yang tersebar di seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa BOPTN ditujukan untuk menutupi kekurangan biaya operasional di PTN sebagai akibat dari adanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang bertujuan meringankan beban mahasiswa terhadap biaya kuliah yang sebelumnya terus meningkat. “Selama ini kan mahasiswa dibebani dengan berbagai macam pembiayaan. Saat ini hanya cukup membayar UKT saja dan untuk PTN akan diberikan BOPTN,” kata Nuh di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

…dst

4 ) 60.000 Dosen Masih S-1
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/07401432/60.000.Dosen.Masih.S-1

Senin, 25 Maret 2013 | 07:40 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Meski dosen perguruan tinggi minimal harus berpendidikan S-2, kenyataannya masih sekitar 60.000 dosen yang berpendidikan S-1. Banyaknya dosen yang belum memenuhi standar kualifikasi pendidikan tersebut, menyebabkan banyak program studi di perguruan tinggi belum terakreditasi. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriadi Rustad mengatakan, setiap tahun sebenarnya tersedia sekitar 7.000 beasiswa S-2 untuk dosen. Namun, fasilitas itu tidak semuanya dimanfaatkan dosen. “Paling tinggi 90 persen. Peminatnya belum melampaui kuota yang tersedia,” ujarnya di Semarang, Sabtu (23/3). Kalaupun peminatnya melebihi jumlah beasiswa yang disediakan, kata Supriadi, Kemdikbud siap membantu, asalkan perguruan tinggi serius memberi peluang kepada dosennya untuk menempuh pendidikan lanjutan.

…dst

5 ) Kerja Sama Universitas Negeri Manado – Prancis Dihentikan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/25/3/141223/Kerja-Sama-Universitas-Negeri-Manado-Prancis-Dihentikan

Senin, 25 Maret 2013 | 11:14 WIB
Metrotvnews.com, Manado: Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), Philotheus Tuerah menegaskan, jalinan kerja sama Universitas Negeri Manado dengan Universitas Paull Cezzane Aux Marsille, Prancis, program studi pascasarjana (S2) Intellingce Economic and Competitivity Terrirorialle telah dihentikan. “Kerja sama ini berakhir sejak tahun ajaran 2009-2010. Bagi mahasiswa yang masih mendaftarkan diri diatas tahun ajaran itu bukan menjadi tangung jawab Unima lagi,” kata Rektor Tuerah dihubungi, kemarin. Tuerah juga menepis adanya tudingan bahwa Unima menipu mahasiswa. `’Itu tidak benar. Bagaimana mereka mau ujian di Unima, sedangkan tidak mendaftar di Unima, tetapi mendaftar di Universitas Prancis itu, setelah kerjasama itu sudah berakhir. Silakan kalau mau tempuh jalur hukum,” tegasnya. Rektor Tuerah dimintai komentarnya sehubungan adanya pengeluhan tiga mahasiswa yang mendaftar program studi pasca sarjana (S2) Intellingce Economic and Competitivity Terrirorialle angkatan 2010-2011 sampai saat ini tidak bisa ujian tesis, padahal mereka telah mengikuti proses perkuliahan selama hampir dua tahun di Unima. Program studi ini merupakan kerjasama Unima dengan Universitas Paull Cezzane Auxs Marsille, Prancis, sejak tahun 2002. Disentil tentang bukti cap Unima pada kuitansi pembayaran uang pendaftaran mahasiswa Pasca sarjana 2010-2011, dengan tegas Rektor Tuerah berkelit. ” Penanggung jawab program pascasarjana ini sudah pensiun,” ujarnya.

***

6 ) Bapak-Anak Wisuda Bersamaan di Unair
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/106956/bapak-anak-wisuda-bersamaan-di-unair

25 Mar 2013 19:07:40
Surabaya (Antara Jatim) – Bapak dan anak yang sama-sama ahli kedokteran gigi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr drg Soegeng Wahluyo MS Sp.KGA(K) dan Chinitra Anindya SKG akan mengikuti wisuda bersamaan di kampus itu, Selasa, 26 Maret 2013. “Saya bersyukur bisa sama-sama diwisuda dengan anak, tentu momentum yang spesial. Saya tidak menyangka, karena saya tahu saat anak saya memberitahukan bahwa dirinya sudah lulus dan diwisuda pada akhir Maret ini,” katanya di Gedung Rektorat Unair Surabaya, Senin. Saat ditemui di sela-sela persiapan wisuda, peneliti yang juga Pendamping UKM se-Unair itu menjelaskan jawaban anak nomer dua yang lulus pendidikan spesialis dokter gigi itu membuatnya kaget, karena dirinya juga diwisuda sebagai doktor ilmu kedokteran pada akhir Maret. “Mendengar hal itu, anak saya bilang kepada ibunya bahwa dirinya senang banget bisa wisuda bareng (bersama) bapaknya, lalu ibunya sendiri bilang peristiwa langka, padahal nggak janjian lho, karena saya memulai S3 pada tahun 2008 dan anak saya kuliah mulai tahun 2009,” katanya.

…dst

7 ) UNS & KIT Jerman Eksplorasi Sungai Bawah Tanah
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/25/373/781066/uns-kit-jerman-eksplorasi-sungai-bawah-tanah

Senin, 25 Maret 2013 14:36 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama dengan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) Jerman mengeksplorasi sungai bawah tanah di sepanjang kawasan Gunung Kidul Yogyakarta hingga Tulungagung, Jawa Timur. Eksplorasi sungai bawah tanah UNS-KIT, kata Sholichin, merupakan tindak lanjut MoU dari Pusat Studi Unggulan Bidang Air, Struktur, dan Energi Terbarukan. Kerjasama kedua instansi ini mewujudkan bantuan kepada masyarakat berupa teknologi yang mereka namakan Turbine Pump Water. Sistem Turbine Pump Water tidak perlu menggunakan diesel. Menurut Sholichin, turbin digerakan oleh air. Turbin yang menyedot air berputar dan tersedot ke atas. Setelah air bisa terpompa ke atas kemudian disalurkan ke dalam tandon air. Dari tendon didistribusikan ke rumah warga melalui pipa-pipa.”Air dari sungai bawah tanah tersebut dinaikkan dengan turbin, kemudian bisa dimanfaatkan oleh warga di kawasan tersebut. Biayanya cukup murah karena tanpa menggunakan diesel,” jelas Fasilitator UNS-KIT Sholichin kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/3/2013).

…dst

8 ) Akademisi UIN Malang Minta Pemerintah Setop Izin Eksploitasi Air
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/25/3/141140/Akademisi-UIN-Malang-Minta-Pemerintah-Setop-Izin-Eksploitasi-Air

Senin, 25 Maret 2013 | 03:53 WIB
Metrotvnews.com, Malang: Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Jawa Timur, mendesak pemerintah pusat dan daerah agar menghentikan izin eksploitasi air untuk kepentingan bisnis. Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malang Muhtadi Ridwan kepada Media Indonesia, Minggu (24/3), mengatakan Indonesia sedang menghadapi ancaman krisis air. Masalah itu tidak hanya di perkotaan, tapi kekurangan air bersih sudah merambah pedesaan di daerah hulu. Bahkan, warga yang bermukim di lereng gunung kerap kesulitan mendapatkan air secara cukup. Di Malang, Pasuruan, dan Batu, yang berada di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Semeru, ribuan warga setiap tahun mengalami krisis air bersih.Sebagai contoh di sumber mata air Umbulan, Pasuruan, justru masyarakat setempat krisis air bersih sementara air di sumber itu dijual Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Surabaya dan Sidoarjo.

…dst

9 ) Belasan Ribu Calon Mahasiswa Daftar SBMPTN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/25/3/141131/Belasan-Ribu-Calon-Mahasiswa-Daftar-SBMPTN

Senin, 25 Maret 2013 | 02:42 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim Menyatakan progres pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 atau jalur masuk PTN dengan ujian tertulis dan ujian keterampilan hingga saat ini masih berjalan. “Memantau ke beberapa Universitas pendaftar SBMPTN peminat dan pendaftar SBMPTN masih terus bertambah hingga saat ini,” ujar Musliar saat dihubungi di Jakarta, Minggu (24/3). SBMPTN sendiri terbuka hingga 6 Juni mendatang, menurut Musliar perpanjangan waktu ini sengaja diberikan agar tetap terbuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus saat mendaftar PTN melalui jalur undangan prestasi sekolah atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Nah untuk SNMPTN sendiri pengumumannya akan dilaksanakan setelah Ujian Nasional (UN). Ini dimaksudkan agar meminimalisir kemungkinan kecurangan dari jalur prestasi tersebut, karena kan bisa saja siswa memiliki nilai raport besar bukan semata-mata karena prestasinya tapi sekolah yang royal dalam memberikan nilai. Jadi kalau juga mengacu pada nilai UN kualitas siswa akan bisa terukur secara nasional,” papar Musliar.

…dst

10 ) 80 Mahasiswa Daftar di Sekolah Politik Bermoral
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/19161253/80.Mahasiswa.Daftar.di.Sekolah.Politik.Bermoral.

Penulis : Ester Lince Napitupulu
JAKARTA, KOMPAS.com- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM) Universitas Lampung mengajak mahasiswa untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia perpolitikan. BEM Universitas Lampung menggelar program Sekolah Politik Bermoral dengan tema Pemurnian Gerakan Mahasiswa Berbasis Politik Nilai dan Integritas di Kampus Universitas Lampung setiap Sabtu mulai 30 Maret hingga 27 April 2013. “Dengan adanya sekolah politik ini diharapkan dapat merubah paradigma dan sikap sebagian mahasiswa yang cenderung bersikap anti terhadap politik,” ungkap Rodiati, staf ahli Kementerian Kebijakan Publik BEM Universitas Lampung yang juga ketua pelaksana, Senin (25/3/2013). Sekolah politik yang berlangsung tiap Sabtu tersebut bertujuan membuka kesempatan bagi mahasiswa se-Provinsi Lampung untuk mengenyam pendidikan politik, membentuk generasi muda yang mampu menganalisis masalah-masalah politik yang sedang terjadi dan mempunyai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

…dst

11 ) UNS Juara Umum Kejurnas Karate Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/01391533/UNS.Juara.Umum.Kejurnas.Karate.Mahasiswa

Senin, 25 Maret 2013 | 01:39 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo juara umum Kejurnas Karate antar Mahasiswa UNS Cup 2013 setelah mengumpulkan enam medali emas, lima perak dan lima perunggu, demikian disampaikan dalam pernyataan pers PB Forki, Minggu. Pada Kejurnas memperebutkan Piala Menpora yang berlangsung di GOR Sritex Arena Solo 22 – 24 Maret itu, UNAS Jakarta menempati posisi kedua dengan dua emas, dua perak dan tiga perunggu, disusul urutan ketiga Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan dua emas, dua perunggu. Sedangkan peraih piala Best of the Best putri, Maya Sheva (UNAS Jakarta) difinal mengalahkan Risca Anisa Miolo (UN Jakarta) dengan skor 10-5. Best of the Best putra diraih Karateka Dhuhril Ramadhan (UNHAS Makassar) difinal mengalahkan Alin Sukma (UN Yogyakarta) dengan skor 4-1.

…dst

12 ) Bukan Sekadar Bunyi, Tapi Bisa Hasilkan listrik
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/25/372/780986/bukan-sekadar-bunyi-tapi-bisa-hasilkan-listrik

Senin, 25 Maret 2013 12:51 wib
JAKARTA – Biasanya kita akan terganggu jika berada dalam lingkungan yang sangat bising, misalnya seperti di pelabuhan. Tetapi, bunyi bising mesin kapal justru menjadi inspirasi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini untuk berinovasi. Imam Fauzi mewujudkan mimpinya sejak tahun pertama kuliah, membangun pembangkit listrik tenaga bunyi. Terdengar tidak masuk akal ya? Bagaimana mungkin bunyi diubah menjadi tenaga listrik? Mahasiswa jurusan Teknik Sistem Perkapalan itu mengubah frekuensi bunyi bising mesin kapal menjadi energi listrik. Caranya, input frekuensi bunyi disalurkan melalui mikrofon ke material piezoelektrik, yakni material yang sensitif terhadap getaran. “Dengan meningkatkan sensitivitasnya, getaran bunyi yang ditangkap dapat dikonversikan menjadi energi listrik,” kata Imam, seperti dikutip dari situs ITS Online, Senin (25/3/2013).

…dst

13 ) Mahasiswa UGM riset Arabidopsis thaliana di Jepang
http://www.antaranews.com/berita/365108/mahasiswa-ugm-riset-arabidopsis-thaliana-di-jepang

Senin, 25 Maret 2013 08:04 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Arista Handayani melakukan riset tentang biologi molekuler pada tanaman Arabidopsis thaliana di Chubu University, Jepang. “Fokus penelitian yang saya lakukan itu terkait dengan simetri pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman tersebut. Arabidopsis thaliana merupakan tanaman dari famili Brassicaceae,” kata Arista di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, penelitiannya itu di bawah bimbingan Prof Chiyoko Machida dari Chubu University dan Endang Semiarti dari Fakultas Biologi UGM Yogyakarta.”Penelitian yang saya lakukan merupakan penelitian murni tentang efek gen pada tanaman. Penelitian itu nanti bisa diterapkan pada jenis tanaman lainnya, misalnya mengenai perubahan bentuk daun dari normal menjadi daun yang berbentuk jarum atau berserabut,” katanya.

…dst

14 ) Mahasiswa NYU Ciptakan Gel Penghenti Darah
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/25/372/781179/mahasiswa-nyu-ciptakan-gel-penghenti-darah

Senin, 25 Maret 2013 18:04 wib
NEW YORK – Mahasiswa New York University Joe Landolina membuat gel yang dapat menghentikan pendarahan secara seketika. Inovasinya ini mirip dengan produk yang ada di dalam video game Mass Effect. Mahasiswa Ilmu Kimia dan Teknik Biomedis ini menjelaskan, penemuannya itu berasal dari premis yang sangat mendasar, yakni cara paling cepat menghentikan pendarahan adalah dengan memberi tekanan yang cukup kuat pada suatu luka. “Saya rasa, jika kita memberi gel pada suatu luka, ia akan mengeras dan menghentikan pendarahan,” kata Joe, seperti dilansir Huffingtonpost, Senin (25/3/2013). Joe menghabiskan banyak waktu mempelajari ilmu polimer untuk mengembangkan prototipe gelnya. Kemudian, dia mengujicobakan penemuan ini pada tikus dengan mengiris hati dan arteri karotid. Uji coba selanjutnya dilakukan pada daging babi segar, seperti yang terlihat pada video yang diunggah Joe ke You Tube. Dalam tahap pengembangan selanjutnya, Joe berencana menguji penemuannya ini pada babi, domba, dan hewan hidup lainnya di bawah pengawasan dokter bedah.

…dst

15 ) Asrama berbasis pendidikan sangat penting di PT
http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/25/15/730928/asrama-berbasis-pendidikan-sangat-penting-di-pt

Senin, 25 Maret 2013 − 14:53 WIB
Sindonews.com – Asrama mahasiswa menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh Perguruan Tinggi (PT) besar. Menyadari hal tersebut, Universitas Gajah Mada (UGM) berencana membangun sebuah asrama berkapasitas 200 mahasiswa. Rektor UGM Prof Dr Pratikno mengatakan, meski saat ini masih ada dua bangunan calon asrama mahasiswa UGM yang mangkrak. “Pembangunan asrama mahasiswa memang menjadi agenda penting bagi UGM. Tujuan asrama mahasiswa ini tentu menjadi media bagi pendidikan juga, utamanya pendidikan karakter. Selain tentu membantu mahasiswa yang kurang mampu mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan menunjang aktivitas pembelajaran mereka,” ujar Pratikno kepada wartawan, di Yogyakarta, Senin (25/3/2013). Pratikno menuturkan, pihaknya berkeinginan agar semua mahasiswa UGM tahun pertama bisa tertampung dan tinggal di asrama. Hal ini berkaitan dengan upaya membangun karakter kebangsaan para mahasiswa, agar mereka saling mengenal dan mengetahui sifat dan karakter masing-masing siswa dari berbagai daerah dan suku di Indonesia. Saat ini, UGM sendiri baru memiliki dua asrama yakni asrama Ratna Ningsih di Sagan dan Dharma Putra di Baciro dengan total daya tampung sekira 1.400 orang.

…dst

16 ) TAU Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/25/mk7jdp-tau-buka-pendaftaran-mahasiswa-baru

Senin, 25 Maret 2013, 15:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Tanri Abeng University (TAU) siap menyambut mahasiswa baru pada bulan Agustus mendatang. Sebagai kampus baru, TAU belum mempunyai banyak mahasiswa. Baru ada sembilan orang mahasiswa yang sudah memulai belajar lebih dulu. Sembilan mahasiswa ini terpilih dari ratusan peserta yang mendaftar sebagai penerima beasiswa penuh TAU. Mereka sengaja disiapkan sebagai prototype pertama kampus ini. TAU didirikan oleh Tanri Abeng. Ada enam fakultas yang disediakan dikampus ini. Yaitu Arsitektur, Administrasi bisnis, Management, Communication Science, Informatics Engineering, dan Accounting. Bukan tanpa alasan anri Abeng membangun kampus ini setelah sekian lama malang melintang di dunia bisnis. Ia ingin semuanya terencana dengan jelas. “Segala sesuatu harus dengan perencanaan. Segera setelah saya tidak lagi menjadi eksekutif saya bangun ini,” kata Abeng saat ditemui usai seminar internasional di TAU Jakarta.

…dst

17 ) Trik agar pendidikan vokasi berkembang
http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/25/15/731046/trik-agar-pendidikan-vokasi-berkembang

Senin, 25 Maret 2013 − 18:02 WIB
Sindonews.com – Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan pendidikan vokasi, baik jenjang sekolah menengah maupun Perguruan Tinggi (PT). Dalam pengembangannya, keterlibatan pihak industri menjadi kunci sukses dari pendidikan vokasi. Namun dengan keterlibatan dunia industri sebagai pihak yang membutuhkan para tenaga terdidik dan terampil, pendidikan vokasi makin berkembang tiap tahunnya, meski belum bisa mengalahkan pendidikan akademik reguler. “Pada awalnya, pendidikan vokasi di Jerman juga hanya menjadi pendidikan level dua jika dibandingkan dengan pendidikan akademik reguler, sama halnya di Indonesia saat ini,” ujar Ahli Pendidikan Terapan asal Department of Vocational Education, Leibniz University Hannover, Germany, Julia Gillen, di Yogyakarta, Senin (25/3/2013).
Ditemui saat menjadi pembicara mengenai pendidikan vokasi di Fakultas Ekonomi UNY, Gillen mengatakan, dengan adanya respon dari dunia industri untuk memajukan pendidikan vokasi, dunia industri pun akan diuntungkan, karena berarti telah tersedia tenaga kerja siap pakai tanpa perlu dilatih kembali.

…dst

18 ) Wagub Gorontalo: UNG Harus Perkuat Fakultas Pertanian
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/25/3/141283/Wagub-Gorontalo-UNG-Harus-Perkuat-Fakultas-Pertanian

Senin, 25 Maret 2013 | 14:22 WIB
Metrotvnews.com, Gorontalo: Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memperkuat fakultas pertanian di kampus tersebut. Menurut Idris, sebagai daerah yang mengandalkan pertanian, Gorontalo sangat membutuhkan tenaga profesional seperti ahli hama tanaman dan teknologi pertanian. “Sejauh ini tenaga-tenaga handal di bidang pertanian banyak yang berasal atau lulusan perguruan tinggi di luar Gorontalo. Harusnya ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi dalam daerah sendiri,” katanya. Wagub menjamin lulusan fakultas pertanian di Gorontalo tidak akan kesulitan mencari pekerjaan karena banyak peluang yang belum diisi atau digarap masyarakat. Jika UNG terus meningkatkan kualitas pendidikan dan sarana di fakultas pertanian, lulusan universitas tersebut akan mengambil peran terbesar dalam pembangunan pertanian daerah.

…dst

19 ) Mendikbud: Silakan KPK Mengawasi, Kami Sangat Senang
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/07240611/Mendikbud.Silakan.KPK.Mengawasi.Kami.Sangat.Senang

Senin, 25 Maret 2013 | 07:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak keberatan jika ada permintaan dari masyarakat agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawasi penggunaan anggaran Kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa permintaan Indonesia Corruption Watch (ICW) pada KPK ini dinilai baik. Menurut Nuh, permintaan tersebut sesuai dengan semangat pihak kementerian yang ingin menjalankan program kerja secara bersih tanpa ada embel-embel korupsi. Memang sudah sewajarnya, lanjutnya, penyelenggaraan kurikulum baru diawasi oleh berbagai pihak yang peduli pada perkembangan pendidikan di Indonesia. “Mengenai anggaran kurikulum yang minta diawasi oleh KPK, silakan saja. Kami sangat senang dan saya sangat berterima kasih,” kata Nuh di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

…dst

20 ) Dari Sabang sampai Merauke, Soal UN Seragam
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/25/16283626/Dari.Sabang.sampai.Merauke.Soal.UN.Seragam

Senin, 25 Maret 2013 | 16:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian Nasional (UN) 2013 sedianya akan dilaksanakan serentak pada bulan April untuk jenjang sekolah menengah dan bulan Mei untuk jenjang sekolah dasar (SD). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyeragamkan soal yang akan diujikan dari Sabang sampai Merauke. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, tidak akan membedakan soal UN untuk siswa di Jakarta dengan siswa di Papua misalnya. Soal yang diberikan akan seragam sesuai dengan kisi-kisi UN yang telah dirilis pada tahun lalu. “Semua sama sampai ke pelosok Indonesia. Tidak ada yang dibedakan,” kata Nuh di Jakarta, Senin (25/3/2012). Ia menyadari bahwa kualitas pendidikan di tiap daerah berbeda. Namun, untuk masalah UN, pihaknya sudah melaksanakannya tiap tahun dan melakukan kajian mengenai standar soal yang sesuai untuk siswa di seluruh Indonesia sehingga tidak ada kesenjangan.”Memang benar tidak bisa dibandingkan kota dengan daerah pelosok. Tapi ini kan sudah melalui kajian,” jelas Nuh.

…dst

21 ) Mahasiswa Asal NTT Trauma
http://m.koran-sindo.com/node/302235

25 Maret 2013
PERISTIWA penyerbuan LP Cebongan Sleman Sabtu (23/3) dinihari lalu menimbulkan rasa trauma bagi pelajar dan mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di DIY. Rasa trauma dan ketakutan muncul karena beredar isu melaluipesansingkatSMSdan blackberry messenger( BBM) akan adanya sweeping terhadap masyarakat asal NTT. Salah seorang mahasiswa asal NTT yang berhasil ditemui KORAN SINDOYOGYA di RSUP Sardjito, Max Nani, 26, mengaku pascakejadian penembakan ini mahasiswa dan masyarakat asal NTT yang berada di DIY merasa trauma dan ketakutan. Dirinya mewakili rekanrekannya berharap polisi segera mengusut sampai tuntas kasus penembakan ini.”Kami harap polisi bisa bergerak cepat dan transparan dalam memproses kasus ini,” ujar mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini, kemarin. Selain itu, Nani juga berharap kepolisian memastikan kebenaran banyaknya isu yang berhembus melalui BBM dan SMS tentang aksi sweeping terhadap mahasiswa dan masyarakat asal NTT. Isu itu membuat mahasiswa trauma dan takut untuk beraktivitas normal seperti biasanya. “Kami juga harap polisi memastikan dan mengecek isu-isu simpang siur ini. Kami sebagai mahasiswa trauma untuk beraktivitas.

…dst

22 ) Hari lahir Abdoel Moeis jadi Hari Sastra Indonsia
http://www.antaranews.com/berita/365076/hari-lahir-abdoel-moeis-jadi-hari-sastra-indonsia

Minggu, 24 Maret 2013 22:32 WIB
Bukittinggi (ANTARA News) – Hari kelahiran sastrawan Abdoel Moeis pada 3 Juli 1883 ditetapkan sebagai Hari Sastra Indonesia (HSI) “Abdoel Moeis dinilai paling aktif dalam pergerakan nasional di zaman penjajahan Belanda,” kata Taufiq Ismail, sastrawan senior Indonesia di Bukittinggi, Minggu. Taufiq juga mengemukakan Abdoel Moeis memiliki banyak karya yang fenomenal seperti novel Salah Asuhan (1928), Pertemuan Jodoh (1933), Surapati (1950) dan sejumlah terjemahan novel sastra dunia. Penetapan tanggal tersebut dilakukan Wakil Menteri Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti saat acara Maklumat Hari Sastra Indonesia di gedung SMA 2 Bukittinggi. Acara tersebut dihadiri puluhan sastrawan Indonesia.

…dst

23 ) “Laskar Pelangi” juga terbit dalam bahasa Spanyol
http://www.antaranews.com/berita/365068/laskar-pelangi-juga-terbit-dalam-bahasa-spanyol

Minggu, 24 Maret 2013 20:58 WIB
London (ANTARA News) – Novel Laskar Pelangi kini dapat dinikmati dalam bahasa Spanyol dengan judul “La Tropa del Arcoiris”. Novel itu diterbitkan oleh Temas de Hoy yang merupakan anggota dari penerbit terbesar di Spanyol Grup Planeta Madrid. Untuk melakukan promosi buku tersebut, Temas de Hoy mengundang pengarang Andrea Hirata ke Spanyol, ujar Counsellor KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA, Minggu. Promosi buku Laskar Pelangi edisi Spanyol tersebut diadakan sejak tanggal 21 hingga 24 Maret, Andrea Hirata selama di Spanyol diwawancarai media televisi maupun cetak di Barcelona dan Madrid. Andrea Hirata bersama dengan penyanyi Album Song Book Laskar Pelangi, Imelda Kawu , bertatap muka dengan Duta Besar, staf KBRI dan masyarakat Indonesia di Madrid. Dalam tatap muka tersebut, Andrea Hirata mengharapkan buku “La Tropa de Arcoiris” dapat membawa nama Indonesia serta lebih mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.