1 ) Anggaran Diblokir, PTN Talangi Beasiswa Miskin
http://www.jpnn.com/read/2013/03/03/160872/Anggaran-Diblokir,-PTN-Talangi-Beasiswa-Miskin-#

Minggu, 03 Maret 2013 , 06:31:00
JAKARTA – Masih diblokirnya anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menimbulkan masalah. Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud mendapat laporan bahwa banyak penerima beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidik misi) yang keleleran karena hak beasiswa mereka belum cair. “Laporan ini saya terima langsung dari masyarakat dan universitas,” kata Irjen Kemendikbud Haryono Umar Sabtu (3/3). Menurut dia, pengucuran bidik misi, idealnya, tidak boleh terputus. Sebab, ada sebagian dari unit cost bidik misi yang diberikan langsung kepada mahasiswa untuk biaya hidup sekitar Rp 500 ribu per bulan. “Laporan yang masuk ke saya, ada mahasiswa bidik misi yang akhirnya bekerja sampingan untuk mencari biaya hidup,” ujar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Haryono mengatakan, seluruh penerima beasiswa itu berasal dari keluarga miskin. Mereka benar-benar menggantungkan biaya hidup dari kucuran beasiswa tersebut. Untung, ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang berinisiatif menalangi uang beasiswa itu. “Utamanya untuk biaya hidup,” katanya. Haryono mengingatkan PTN supaya menyimpan dengan rapi setiap bukti penyaluran bidik misi yang mereka talangi. Dana talangan dari kampus untuk mahasiswa bidik misi masih bisa ditoleransi. Sebab, hal itu terkait dengan masalah kemanusiaan. Namun, untuk sektor lain, dia meminta PTN tidak menalangi dulu. Misalnya biaya pengembangan kampus dan proyek-proyek fisik sejenisnya.

…dst

2 ) Calon Dokter Tidak Lagi Praktek di RS Umum
Upaya Kemendikbud Tekan Biaya Kuliah FK
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=160863#

Minggu, 03 Maret 2013 , 04:58:00
JAKARTA – Biaya kuliah fakultas kedokteran (FK) di kampus negeri dinilai masih mencekik. Untungnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil menemukan sejumlah penyebab tingginya biaya kuliah untuk menjadi dokter itu. Mereka berjanji menekan biaya kuliah di FK mulai tahun akademik 2013-2014 ini. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, setidaknya mereka telah menemukan dua faktor yang menyebabkan biaya kuliah calon dokter menjadi mahal. Yakni para calon dokter di wajibkan praktek di rumah sakit umum (RSU) pemkab, pemkot, pemprov, atau pusat. Selain itu, selama praktek para mahasiswa juga wajib menempel atau menjadi co-asisten dokter yang bukan pegawai PTN. “Jadi kita fokus untuk mengatasi dua persoalan itu. Jika berhasil, kita yakin biaya kuliah FK di PTN tidak semahal sekarang,” ujar menteri asal Surabaya itu. Nuh menuturkan pihaknya sudah tidak menganjurkan lagi setiap FK di PTN bekerjasama dengan RS umum untuk melaksanakan praktek pelayanan kesehatan. Model seperti ini menurut Nuh wajar jika ujungnya menimbulkan cost tanggungan mahasiswa yang mahal. “Kemendikbud atau PTN tidak bisa mengontrol tarif mahasiswa praktek di RS umum. Karena sudah berbeda institusi,” kata dia.

…dst

3 ) Indonesia Alami “Krisis Insinyur”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/225413

Sabtu, 02/03/2013 – 13:56
BANDUNG, (PRLM).- Indonesia mengalami “krisis insinyur”. Pendidikan di Indonesia hanya mampu menghasilkan sekitar 42 ribu orang sarjana teknik (24 persen) setiap tahunnya. Padahal Indonesia membutuhkan 175 ribu sarjana teknik pertahun untuk dapat mengimplementasikan rencana yang tersusun dalam Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Ketua Advisory Board Institut Teknologi Bandung (ITB) Ir. Yani Panigoro, MM mengatakan jumlah insinyur Indonesia sangat kontras jika dibandingkan dengan China yang menghasilkan 764 ribu sarjana teknik pertahun dan India yang menghasilkan 498 ribu sarjana teknik setiap tahunnya. Ada yang menyebutkan tingkat kemakmuran sebuah negara berbanding lurus dengan jumlah sarjana tekniknya. Menurut dia, dengan kondisi seperti ini tidak mustahil jika di kemudian hari sebagian besar pelaku industri di Indonesia merekrut banyak sarjana teknik asing. Ini karena kurangnya tenaga sarjana teknik di Indonesia. Kondisi “krisis insinyur” ini harus dijadikan ITB sebagai perguruan tinggi pencetak sarjana teknik sebagai tantangan. “Sudah saatnya perguruan tinggi teknik ini bergerak menghasilkan banyak sarjana teknik yang tidak hanya handal dalam bidangnya tapi juga bersinergi dengan bidang lain,” kata Ir. Yani dalam Dies ITB ke-54 di Aula Barat ITB, Jln. Ganecha, Kota Bandung, Sabtu (2/3/13).

…dst

4 ) Rektor Setuju Nilai Ujian SNMPTN Bisa Diakses Publik
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/03/079464775/Rektor-Setuju-Nilai-Ujian-SNMPTN-Bisa-Diakses-Publik

Minggu, 03 Maret 2013 | 12:58 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Panitia Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan para rektor akan membahas kemungkinan dibukanya akses nilai ujian tertulis bagi setiap peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Kemungkinan bisa mendapat akses, tapi tidak diumumkan terbuka,” kata Ketua Panitia Pelaksana SNMPTN, Akhmaloka, di Bandung. Selama ini, informasi nilai ujian masih tertutup dan hanya bisa dibuka jika peserta mengajukan permohonan kepada panitia SNMPTN dan dikabulkan sidang sengketa di Komisi Informasi Pusat.Tahun ini, panitia membuka tiga pintu masuk kampus negeri, yaitu lewat SNMPTN yang khusus bagi siswa undangan dan berprestasi, lalu jalur tulis SBMPTN yang bisa diikuti lulusan SMA sederajat 2011 dan 2012 serta paket C, juga ada jalur mandiri. Dengan sistem baru itu, menurut Akhmaloka, sejauh ini yang baru bisa diketahui nilainya yaitu peserta SNMPTN. “Karena mereka diterima atau tidaknya di PTN berdasarkan nilai buku rapor dan prestasi lainnya selama bersekolah,” ujarnya.

…dst

5 ) Seleksi Tertulis PTN Dibuka April
http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/03/18360327/Seleksi.Tertulis.PTN.Dibuka.April.

Minggu, 3 Maret 2013 | 18:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka mulai 30 April secara online. Seleksi ini merupakan seleksi tes tertulis dan atau keterampilan untuk calon mahasiswa yang lulus dari SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013. Bambang Hermanto, Humas SNMPTN, di Jakarta, Minggu (3/3/2013), mengatakan ada 62 PTN yang bergabung dalam SBMPTN. Kuota SBMPTN ini minimal 30 persen. Selain itu, ada seleksi tanpa tes atau SNMPTN yang ditutup 8 Maret, yang kuotanya minimal 50 persen. Ada juga seleksi mandiri dengan kuota sekitar 20 persen. SBMPTN akan diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 15 Maret. “Menteri berharap daya tampung PTN melalui jalur apapun seleksinya bisa naik 10 persen,” kata Bambang.

…dst

6 ) Maraknya Peredaran Pensil 2B Palsu Resahkan Masyarakat Terutama Jelang Ujian
http://www.pikiran-rakyat.com/node/225512

Minggu, 03/03/2013 – 17:19
BOGOR, (PRLM).- Peredaran pensil 2B palsu yang marak di masyarakat mulai meresahkan. Terkait maraknya peredaran pensil maupun penghapus palsu tersebut, masyarakat diminta lebih jeli dalam memilih pensil 2B untuk ujian. Public Relations PT Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan, Minggu (3/3) mengakui jika peredaran pensil 2B memang marak terjadi menjelang ujian nasional.Selain merugikan produsen alat tulis, maraknya pensil palsu ini juga merugikan para pelajar pengguna pensil yang sedang menghadapi ujian karena tidak dapat terbaca oleh sistem komputer. “Pemalsuan ini juga melanggar Undang-undang Nomor 15 tahun 2001 dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1.000.000.000,” kata Andri. Beberapa kali, pihaknya bersama pihak kepolisian menemukan adanya pensil palsu yang diproduksi oleh sebuah pabrik di beberapa daerah di Jawa Barat. Sebagai dukungan terhadap pemberantasan pemalsuan produk pensil tersebut, pihaknya bersama dengan Subdit Penindakan Direktorat Penyidikan Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM juga telah memusnahkan 832.752 batang pensil 2B beserta 54 ribu buah rautan yang dilakukan di sebuah pabrik pengelola limbah di Kabupaten Karawang, akhir pekan lalu.

…dst

7 ) 300 Ribu Formulir SNMPTN Sudah Disebar
http://www.jpnn.com/read/2013/03/03/160887/300-Ribu-Formulir-SNMPTN-Sudah-Disebar-

inggu, 03 Maret 2013 , 08:26:00
BANDUNG- Panitia SNMPTN sudah menyebarkan sekitar 300 ribu formulir SNMPTN kepada peserta yang sudah mendaftar SNMPTN secara online. Saat ini sendiri jumlah pendaftar yang masuk ke panitia pusat SNMPT sudah sebanyak 551.903 siswa. Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan berdasarkan progress pendaftaran SNMPTN dalam Pangkalan data sekolah dan siswa(PPDS) ada lebih dari 1,7 juta siswa kelas XII yang telah didaftarkan pihak sekolahnya dan mengupload data siswa ke web SNMPTN. “Meski demikian, dari jumlah tersebut baru 30,80 persen atau 551.903 peserta yang telah mendaftarkan lanjutan. Pendaftaran yang dilakukan oleh siswa untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan ini dimulai sejak 1 Februari-8 Maret 2013,” katanya dalam Konferensi Pers di Aula Barat Kampus ITB Jalan Ganesa, kemarin. Belum seluruhnya siswa melengkapi data dan mengambil formulir tersebut sehingga Akhmaloka menghibau kepada siswa dan sekolah yang akan merekomendasikan siswa untuk segera menyelesaikan pendaftarannya. – See more at:

…dst

8 ) Uang Kuliah ITB Rp 20 Juta per Tahun
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/03/079464739/Uang-Kuliah-ITB-Rp-20-Juta-per-Tahun

Minggu, 03 Maret 2013 | 08:28 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Institut Teknologi Bandung memberlakukan ketentuan baru tentang biaya kuliah mahasiswa baru 2013. Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, uang pangkal Rp 55 juta akan dihapus. Sedangkan biaya kuliah per semester yang tahun ini Rp 5 juta ditetapkan menjadi Rp 0 hingga paling mahal Rp 10 juta atau Rp 20 juta per tahun. Menurut Akhmaloka, ketentuan baru soal biaya itu terkait dengan kebijakan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nantinya, hanya berlaku uang kuliah tunggal (UKT). “Itu seperti SPP yang selama ini dibayar mahasiswa tiap semester,” katanya seusai sidang terbuka Dies Natalies ITB di Aula Barat, Sabtu, 2 Maret 2013.

…dst

9 ) UGM jadikan perpustakaan muara keilmuan
http://www.antaranews.com/berita/361336/ugm-jadikan-perpustakaan-muara-keilmuan

Minggu, 3 Maret 2013 22:00 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berupaya menjadikan perpustakaan yang tersebar di lingkungan kampus tersebut sebagai muara keilmuan yang bermanfaat untuk sivitas akademika dan masyarakat. “Kami terus mendorong perpustakaan agar dapat menjalankan peran tri darma dalam pendidikan, penelitian, publikasi, dan pengabdian pada masyarakat dengan optimal,” kata Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prof Dr Suratman di Yogyakarta, Minggu. Dengan demikian, menurut dia terkait dengan Dies Natalis Ke-62 Perpustakaan UGM, perpustakaan dapat memberikan dan memunculkan inspirasi kepada setiap penggunanya. “Selain itu, perpustakaan juga dapat menanamkan akar keilmuan kepada masyarakat serta menjadi pelestari ilmu dan pengetahuan,” katanya.

…dst

10 ) Universitas Diponegoro Bangun Waduk Pendidikan
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/03/058464810/Universitas-Diponegoro-Bangun-Waduk-Pendidikan

Minggu, 03 Maret 2013 | 17:44 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Diponegoro Semarang membangun waduk pendidikan. Waduk yang diberi nama Waduk Pendidikan Diponegoro ini berlokasi di kawasan Tembalang, Semarang. Waduk ini mampu menampung genangan air normal sampai 13.500 meter persegi dengan luas daerah tangkapan air mencapai 10,24 kilometer persegi. Tahap pertama, pembangunan dimulai awal bulan ini hingga Desember 2013 dengan dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebesar Rp 42 miliar. Rektor Universitas Diponegoro, Sudharto P. Hadi, mengatakan, pembangunan waduk ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan, serta pengendali banjir di kawasan sekitar kampus Undip Tembalang.

…dst

11 ) FK UGM Siapkan Dokter Ramah Asuransi Kesehatan Sosial
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/02/3/135212/-FK-UGM-Siapkan-Dokter-Ramah-Asuransi-Kesehatan-Sosial

Sabtu, 02 Maret 2013 | 15:27 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada kini membekali mahasiswanya agar mereka nantinya berkompeten baik pada masa pendidikan preklinik maupun pendidikan profesi. Dekan Fakultas Kedokteran Prof Dr dr Teguh Aryandono Sp B (K) Onk, Sabtu (2/3), mengatakan era pelayanan kesehatan dalam skema jaminan kesehatan memerlukan kompetensi dan perilaku yang komprehensif dari seluruh pemangku kepentingan. Termasuk di dalamnya adalah lembaga pendidikan yang mendidik tenaga kesehatan. Dikatakan, lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka mewujudkan Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) yang bermutu unggul dalam menghadapi era Jamkesta dan BPJS. Untuk itu, katanya, butuh kerja sama yang erat dan sinergis antara lembaga pendidikan dan rumah sakit akademik.

…dst

12 ) Penderita Diabetes Mellitus Tak Perlu Diamputasi Lagi
http://kampus.okezone.com/read/2013/03/01/372/769676/penderita-diabetes-mellitus-tak-perlu-diamputasi-lagi

Sabtu, 02 Maret 2013 11:06 wib
JAKARTA – Biasanya, jika seorang penderita Diabetes mellitus (DM) terluka, maka lukanya akan susah sembuh. Bahkan, tidak jarang mereka harus mengamputasi bagian tubuh yang luka karena sulitnya merawat luka dengan baik ketika menderita DM. Kini ada harapan bagi para penderita DM. Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mengeluarkan inovasi teknologi pembasmi bakteri MRSA pada luka diabetes yang mereka namai Kill Your Bacteria (KYUBI). Fahad Arwani, Reno Muktiaji Herdhiansyah (Teknik Elektro UB), Arfianita Ramadhani, Putro Aneswari (Ilmu Keperawatan UB), dan Muhammad Fahri Akbar (Ekonomi Pembangunan UB) membuat KYUBI dengan menggunakan listrik berdaya rendah untuk membunuh bakteri dan mengurangi luka pada penderita DM.

…dst

13 ) M Nuh: Plafon Uang Kuliah Tunggal PTN masih Disimulasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/02/3/135047/M-Nuh-Plafon-Uang-Kuliah-Tunggal-PTN-masih-Disimulasi

Sabtu, 02 Maret 2013 | 00:58 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Plafon biaya Uang Kuliah Tungggal (UKT) seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih terus dimatangkan. “Ya, plafon UKT untuk PTN masih kami matangkan dan simulasi dulu. Semoga pekan depan sudah bisa saya setujui dan diteken,” kata Mendikbud M Nuh di Jakarta, Jumat (1/3). Menurut Nuh, Dirjen Dikti Djoko Santoso sudah memaparkan rincian plafon UKT. UKT atau SPP tunggal, artinya, semua PTN dilarang memungut dana di luar SPP yang telah ditetapkan pada setiap semesternya. Konsep UKT tersebut berdasarkan atas banyaknya tarikan biaya yang dilakukan PTN kepada mahasiswa. Mulai dari SPP, sumbangan pembangunan dan pengembangan, biaya praktikum, hingga biaya untuk wisuda. Dengan kondisi itu, selama ini sulit dilakukan pengawasan. “Karena banyaknya pos itu, sulit diawasi. Sehingga semua biaya dikumpulkan menjadi satu, yang nantinya disebut dengan UKT. Dari situ, kita akan keluarkan biaya kuliah tertinggi, di setiap PTN dan prodi,” ungkapnya. Dikatakan, pengurangan beban biaya kuliah mahasiswa itu berlaku untuk semua, termasuk bagi mahasiswa yang masuk melalui seleksi jalur mandiri.

…dst

14 ) Selesaikan S-3, Rela Tidur di Masjid
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/03/02/217009/Selesaikan-S-3-Rela-Tidur-di-Masjid#

Minggu Legi, 3 Maret 2013
SEMARANG – Dosen Universitas Gunadarma Jakarta, Haryono Putro menyelesaikan studi S-3 di Program Doktor Teknik Sipil Undip, Kamis (28/2). Mendapat predikat lulus sangat memuaskan (IPK 3.50), membuat ayah dua anak tersebut bungah. Lelaki asal Magelang itu langsung menangis di hadapan para guru besar dan pakar teknik yang mengujinya dalam sidang promosi doktoral, kemarin. Haryono berterus terang sedemikian terenyuh dengan perjuangan panjangnya merampungkan disertasi doktoral di Semarang. `’Saya bolak balik Jakarta-Semarang atau komuter selama empat tahun lebih. Terkadang ketika sampai di kawasan Krapyak saat suasana masih dini hari, saya pun tidur sebentar di masjid kemudian ikut shalat subuh, baru berangkat kuliah,” ujar dosen yang menyelesaikan S-1 di UGM itu.

…dst

15 ) Hasil Penelitian Harus Dapat Diakses dengan Mudah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/225495

Minggu, 03/03/2013 – 14:34
BANDUNG, (PRLM).- Rektor ITB Prof. Akhmaloka mengatakan hubungan erat antara perguruan tinggi dan masyarakat merupakan hal yang krusial bagi pembangunan Indonesia. Melalui hubungan yang erat, ipteks yang dikembangkan perguruan tinggi akan makin relevan dengan kondisi dinamis masyarakat. Sebaliknya kemajuan di masyarakat akan menjadi pemacu pengmbangan akademik di perguruan tinggi. Namun, lanjutnya, hubungan tersebut tidak sampai di situ saja perlu langkah efektif seperti diseminasi informasi ipteks ITB. Pada dasarnya mengkomunikasikan hasil-hasil pengembangan ipteks yang telah dicapai ITB. Tujuan agar hasil penelitian yang dicapai hasilnya dapat diakses dengan mudah dan baik oleh berbagai unsur sosial.”Banyak pihak belum menyadari keberadaan hasil penelitian di ITB. Banyak perusahaan dan organisasi sosial tidak sadar akan state of the art di bidang-bidang ipteks di ITB,” katanya.

…dst

16 ) Kembangkan Riset, Unpad Tanda Tangani MoU dengan Balitbang Pertanian
http://www.unpad.ac.id/2013/03/kembangkan-riset-unpad-tanda-tangani-mou-dengan-balitbang-pertanian/

[Unpad.ac.id, 1/03/2013] Untuk meningkatkan aktivitas penelitian khususnya di bidang pertanian, Unpad melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Penandatangan MoU tersebut dilakukan pada Jumat (1/03) di Trans Grand Ballroom The Trans Luxury Hotel, Bandung. Penandatanganan yang dilakukan di sela-sela kegiatan “Temu Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh & Pustakawan Lingkup Badan Litbang Pertanian” ini ditandatangani secara langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, dengan Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Haryono, M.Sc. Dalam sambutannya, Rektor menegaskan bahwa kerjasama Unpad dengan Balitbang ini terkait dengan pengembangan riset yang ada di Unpad. “Dalam hal penelitian, antara Unpad dengan Balitbang Pertanian sendiri sebenarnya ada kesamaan, yakni bagaimana menciptakan penelitian yang bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat,” ujar Rektor.

…dst

17 ) Dosen Kedokteran Diharapkan Tanamkan Semagat Humanis
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/03/02/mj1l99-dosen-kedokteran-diharapkan-tanamkan-semagat-humanis

Sabtu, 02 Maret 2013, 23:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Para dosen Fakultas Kedokteran diharapkan menanamkan semangat humanis kepada mahasiswanya agar kelak bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. “Dengan semangat tersebut diharapkan mereka tidak hanya berpikir soal materi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, para dosen Fakultas Kedokteran diharapkan dapat berpikir secara komprehensif, berani melakukan pendekatan inovatif, dan bersikap partisipatif dalam menyongsong pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional 2014. “Saat ini ada 43 rumah sakit pendidikan di seluruh Indonesia telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 1069 Tahun 2008 tentang Pedoman Klasifikasi dan Standar Rumah Sakit Pendidikan,” katanya.

…dst

18 ) Indofood Tawarkan Bantuan Riset Bagi Mahasiswa
http://krjogja.com/read/163562/indofood-tawarkan-bantuan-riset-bagi-mahasiswa.kr

Jumat, 1 Maret 2013 | 15:18 WIB |
PURWOKERTO (KRjogja.com) – Setelah seluruh kampus di Jakarta tersosialisasi tentang Program Indofood Riset Nugraha (IRN) Periode 2013 – 2014, giliran mahasiswa Unsoed Purwokerto kedatangan Tim Pelaksana Program IRN yang berkampanye tentang pentingnya mahasiswa kampus terbesar di kota Purwokerto tersebut beramai-ramai ikut melakukan riset bersama Indofood.”Ini program bantuan dana penelitian di bidang pangan untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian demi ketahanan pangan Indonesia” kata Daniel Puspahadi didampingi pimpinan Pelaksana Program IRN, Christian Zamali, pasca sosialisasi di Unsoed Purwokerto, Jumat (1/3).

…dst

19 ) Penilaian Berbasis Proses Diperkuat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1091

03/02/2013
Magelang— Perubahan mendasar kurikulum 2013 terletak pada metodologinya. Siswa lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas. Karena itu, sistem penilaian berbasis proses akan diperkuat. “Esensinya kita akan memperkuat penilaian berbasis proses dan kita tidak akan mempertentangkan penilaian berbasis output,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di sela-sela acara pertunjukan wayang kulit bertajuk “Pagelaran Anak Negeri” di komplek taman wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2013). Mendikbud menjelaskan, sistem penilaian yang digunakan selama ini ada dua yaitu berbasis proses melalui rapor dan berbasis output melalui Ujian Nasional (UN). Tema besarnya, kata Mendikbud, adalah bagaimana memperkuat kedua basis penilaian itu. “Dua-duanya penting. Oleh karena itu, terbuka untuk kita akan meninjau dan mengevaluasi sistem penilaian yang sekarang digunakan,” katanya. Mendikbud menambahkan, pada tahun pelajaran 2012/2013 ini masih akan diselenggarakan UN. “Jadi tetap (ada UN) tahun ini untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK,” katanya.

…dst

20 ) Mendikbud: UN SD 2013 tetap berlangsung
http://www.antaranews.com/berita/361266/mendikbud-un-sd-2013-tetap-berlangsung

Minggu, 3 Maret 2013 08:45 WIB
Magelang (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengatakan ujian nasional tingkat sekolah dasar pada 2013 tetap berlangsung, namun pada 2014 penyelenggaraan UN tersebut terbuka untuk dievaluasi. “Sejalan dengan Kurikulum 2013 yang akan diterapkan Juli 2013 esensinya ingin memperkuat penilaian yang basisnya proses tetapi juga tidak ingin mempertentangkan antara penilaian yang berbasis proses dengan penilaian yang berbasis output,” katanya di Magelang, Sabtu (2/3) malam. Ia mengatakan hal tersebut di sela acara “Pergelaran Anak Negeri” berupa pementasan wayang kulit di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.Ia mengatakan penilaian berbasis proses dan penilaian berbasis output dua-duanya penting. Oleh karena itu terbuka untuk dilakukan evaluasi sistem penilaian yang saat digunakan.

…dst

21 ) Legislator minta distribusi KJP jangan tumpang-tindih
http://www.antaranews.com/berita/361313/legislator-minta-distribusi-kjp-jangan-tumpang-tindih

Minggu, 3 Maret 2013 19:28 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anggota Komisi X (Bidang Pendidikan) DPR RI Raihan Iskandar meminta distribusi Kartu Jakarta Pintar (KJP) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dilakukan tidak tumpang-tindih dengan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”Distribusinya perlu diperhatikan agar tidak terjadi tumpang-tindih dengan program beasiswa yang selama ini sudah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Raihan saat dihubungi Antara dari Jakarta, Minggu .Dia mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus melakukan pendataan yang baik agar distribusi kartu tersebut tidak salah sasaran. Selain itu, menurut Raihan, perlu juga diperjelas peruntukkan KJP apakah ditujukan untuk seluruh siswa kurang mampu atau hanya untuk siswa kurang mampu yang memiliki nilai akademik baik.

…dst

22 ) Dukung Anas, Mahasiswa Sandera Mobil Dinas
http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/03/02/1/172360/Dukung-Anas-Mahasiswa-Sandera-Mobil-Dinas

Sabtu, 02 Maret 2013 | 21:07 WIB
Metrotvnews.com, Bima: Simpati kepada mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum terus mengalir. Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima menggelar unjuk rasa di Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (2/3) pagi. Mereka mendukung langkah Anas dalam membongkar korupsi yang terjadi di Istana. Mahasiswa mengutuk sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dinilai mengintervensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka mendesak KPK menjadikan SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan Ibu Ani Yudhoyono sebagai tersangka. Jika tidak berani, mahasiswa mendesak KPK dibubarkan saja. Menurut mahasiswa, KPK hanyalah boneka Istana atau SBY. Kericuhan sempat terjadi ketika pengunjuk rasa menyandera sebuah mobil pelat merah dengan nomor polisi EA 55 S. Massa bahkan menaiki mobil dinas dan ingin menjadikan mobil itu sebagai panggung orasi. Para mahasiswa hampir saja merusaknya.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.