1 ) Mahasiswa IPB Hanyut Saat Ambil Sampel Penelitian di Sungai Ciliwung (Semoga Selamat)
http://news.detik.com/read/2013/02/26/112135/2179857/10/mahasiswa-ipb-hanyut-saat-ambil-sampel-penelitian-di-sungai-ciliwung

Selasa, 26/02/2013 11:21 WIB
Bogor – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Didik Wijaya (21), mengalami nasib nahas. Ia hanyut di Sungai Ciliwung dan hingga kini belum ditemukan. Diduga ia terpeleset saat mengambil air untuk sampel penelitian. Bersama teman-temannya, mahasiswa semester IV itu berusaha menyelesaikan tugas kuliah. Mereka menuju Sungai Ciliwung di Gang Tanu, Kelurahan Tanah Sereal, Kota Bogor, Selasa (26/2/2013) sekitar pukul 05.10 WIB. Para mahasiswa ini mengambil sampel air sungai untuk diteliti. Saat Didik mengambil sampel air, sebagian temannya menunggu di jembatan. Namun 10 menit kemudian, Didik tak muncul. “Didik yang ambil air di sungai, saya nunggu di jembatan,” kata teman kuliah korban, Pajriana (19), yang ditemui di lokasi. Diduga, Didik terpeleset. Ia tercebur ke sungai, kemudian tenggelam dan menghilang. Hingga saat ini, Didik belum diketahui nasibnya. Sejumlah anggota SAR gabungan dari Tagana (Taruna Tanggap Bencana) Kota Bogor, pemadam kebakaran dan Satpol PP Kota Bogor, masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi.

***

2 ) Surveyor Alumnus UGM Hilang di Papua, Teman Galang Dana Pencarian (Semoga Selamat)
http://news.detik.com/read/2013/02/26/151534/2180177/10/surveyor-alumnus-ugm-hilang-di-papua-teman-galang-dana-pencarian?n991102605

Selasa, 26/02/2013 15:15 WIB
Yogyakarta – Surveyor alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Diah Puspasri (31), dikabarkan hilang di Merauke, Papua. Hingga kini nasibnya belum diketahui. Teman sesama alumnus menggalang dana untuk membantu kelanjutan operasi pencarian. “Sampai hari ini belum ada kabar lagi dari Merauke Papua,” ungkap salah satu alumnus, Riza Yudha Prasetya kepada detikcom, Selasa (26/2/2013). Berdasarkan informasi dari perwakilan keluarga yang ikut dalam operasi pencarian oleh Basarnas Merauke, operasi telah dihentikan sejak tanggal 21 Februari 2013 dengan alasan keterbatasan dana dan logistik. Operasi hanya dilakukan selama tiga hari tanggal 18-21 Februari.”Setelah itu, tidak ada lagi atau operasi ditarik,” katanya. Untuk melanjutkan pencarian, alumni menggalang dan saat ini sudah terkumpul di beberapa alumni atau angkatan. Mereka akan menyerahkan bantuan itu agar tim pencari melanjutkan operasi. “Apapun hasilnya, meski hal yang terburuk, harus kita terima,” tegas Riza. Para alumni sempat mendengar kabar bila PT Merauke Rayon Jaya tempat Diah bekerja lepas tanggung jawab. Hal itu menyulitkan pencarian Diah.

…dst

3 ) Ratusan Mahasiswa Antar Jenazah Farhan
http://m.seputar-indonesia.com/news/ratusan-mahasiswa-antar-jenazah-farhan

26 Februari 2013
POLEWALI – Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar maupun Unasman mengantar jenazah Farhan bin Ahe, 23, kemarin.Jenazah Farhan dipulangkan ke kampung halamannya di Kelurahan Puawang,Kecamatan Bangge Timur, Kabupaten Majene. Dengan jarak tempuh perjalanan selama satu jam dari Polewali, setibanya di Majene, jenazah mahasiswa asal Fakultas Teknik (Fatek) itu langsung dimakamkan oleh pihak keluarga. Farhan merupakan anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UIN Alauddin Makassar yang ditemukan tewas di Gunung Ganda Dewata, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Jenazah Farhan yang diberangkatkan dari Kabupaten Mamasa sekitar pukul 10.30 Wita itu tiba di kampus Unasman pada pukul 14.30 Wita. Suasana duka pun menyelimuti kampus Unasman. Dari jauh, sirine mobil patwal dan ambulans yang membawa jenazah Farhan sudah terdengar dari kampus.Peluk disertai tangis pun pecah menyambut kedatangan jenazah Farhan.

…dst

4 ) Kampus Tentukan Besaran UKT
http://m.seputar-indonesia.com/news/kampus-tentukan-besaran-ukt

26 Februri 2013
YOGYAKARTA – Pengelola perguruan tinggi negeri (PTN) diminta memerhatikan kebutuhannya masing-masing dalam menentukan jumlah pungutan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa. Hingga saat ini Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan tentang besaran penyusunan UKT belum juga turun. “Memang sampai saat ini mengenai nominal ideal atau standar UKT belum belum tertuang dalam permendikbud. Namun, Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi) telah memberikan pedoman berupa program aplikasi yang kemudian diolah dan disesuaikan oleh masing-masing PTN,” ujar Wakil Rektor II Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Mochammad Alif kemarin. Alif menyarankan pedoman perumusan besaran UKT yang dirumuskan dalam aturan itu sebaiknya tidak berlaku kaku dan nasional,melainkan sesuai prinsip otonomi kampus, yakni menyesuaikan kebutuhan pembiayaan masing-masing. Hal yang lumrah jika besaran UKT tiap PTN berbeda.”Masing-masing program studi tentu memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga juga bisa memengaruhi besaran UKT yang diberlakukan. Semua tergantung budgeting masing- masing (PTN),”paparnya. Prinsipnya,mutu pendidikan membawa konsekuensi biaya. Semakin tinggi mutunya maka kian tinggi pula biayanya. UKT merupakan kebijakan Dirjen Dikti yang diterapkan mulai tahun ajaran 2013/2014 kepada semua PTN. Melalui UKT,mahasiswa baru tak perlu membayar berbagai macam biaya kuliah.

…dst

5 ) Penetapan UKT, Perlu Pertimbangkan PTS Belum Mapan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/224755

Selasa, 26/02/2013 – 07:45
BANDUNG, (PRLM).- Rektor Universitas Islam Bandung Prof. Thaufiq S. Boesoirie, MS.Sp.THT-KL.(K) mengatakan penetapan uang kuliah tunggal (UKT) di Kota Bandung secara nasional dinilai baik dan bagi PTS yang sudah mapan pun tidak akan ada masalah karena mengutamakan mutu. Akan tetapi bagi PTS lainnya yang belum mapan perlu dipertimbangkan.”Dikti dalam hal ini perlu memikirkan distribusikan pendanaan support bagi PTS. Karena kalau dilihat banyak anak bangsa kita ini juga justru dicerdaskan oleh swasta bukan negeri. Ketika penghasilan tidak sebanding dan PTS harus banting tulang tanpa support cukup dari pemerintah maka ini suatu ketidakadilan,” kata Prof. Thaufiq di Bandung, Senin (25/2/13). Meskipun sudah banyak hibah, lanjutnya tapi hibah tersebut diperoleh dengan berkompetisi. Sementara jumlah di Indonesia PTS banyak di Indonesia dengan PTS yang tidak mampu sekitar 2.000-2.500.

…dst

6 ) Kemdikbud: 12 PTS Sudah jadi PTN
http://www.antaranews.com/berita/360439/ini-12-pts-yang-diubah-jadi-ptn

Selasa, 26 Februari 2013 16:58 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti Kemdikbud Prof Dr Ir Achmad Jazidie M.Eng mencatat 12 PTS sudah menjadi PTN atau mengalami “penegerian” sejak tahun 2010 hingga 2013.”Ada 17 PTS yang akan mengalami penegerian, tapi sembilan PTS sudah tuntas untuk penegerian pada tahun 2012, tiga PTS yang tuntas pada tahun 2013, dan lima PTS lainnya masih proses,” katanya kepada ANTARA di Surabaya, Selasa. Jazidie yang juga Guru Besar Robotika ITS itu menjelaskan sembilan PTS yang tuntas mengalami penegerian pada 2010-2012 adalah Universitas Borneo Tarakan, Universitas Musamus Merauke, Universitas Bangka Belitung, dan Politeknik Batam.Selanjutnya, Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, Politeknik Bengkalis, Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau, Politeknik Balikpapan, dan Politeknik Nusa Utara Sulut. “Tahun 2012 ada usulan lima PTN baru yakni Politeknik Madiun, Politeknik Banyuwangi, Politeknik Sambas, Universitas Sumbar, dan Universitas Samudera Aceh, namun Menpan sudah menerbitkan persetujuan pada tahun 2013 untuk tiga dari lima PTS itu,” katanya.

…dst

7 ) Akademi Komunitas Sudah Dirintis
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/26/0826111/Akademi.Komunitas.Sudah.Dirintis

Selasa, 26 Februari 2013 | 08:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggaran akademi komunitas yang memiliki landasan hukum dalam UU No 12/2012 Tentang Pendidikan Tinggi bukanlah hal yang baru sama sekali. Selama ini, ratusan SMK di Indonesia dan perguruan tinggi telah menyelenggarakan pendidikan vokasi berkelanjutan di jenjang diploma satu. Gatot Hari Priowirjanto, Ketua Tim Ahli Akademi Komunitas (AK), di Jakarta, Selasa (26/2/2013) menjelaskan, penyelenggaraan AK di Indonesia sudah dirintis lewat pendidikan vokasi berkelanjutan (PVB). Ada 300 SMK yang menjadi subkampus dan 14 perguruan tinggi penyelenggara PVB.”Akademi komunitas yang akan dikembangkan di seluruh daerah, juga bisa dari PVB yang sudah ada. Saat ini sedang disiapkan PP dan Peraturan Mendikbud soal penyelenggaraan AK,” kata Gatot.

…dst

8 ) 300 SMK Menjadi Subkampus
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/26/02230810/300.SMK.Menjadi.Subkampus

Selasa, 26 Februari 2013 | 02:23 WIB
Jakarta, Kompas – Penyelenggaraan akademi komunitas di Indonesia sudah dirintis lewat pendidikan vokasi berkelanjutan. Saat ini, ada sekitar 300 SMK yang menjadi subkampus dan 14 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi berkelanjutan program diploma satu. Gatot Hari Priowirjanto, Ketua Tim Ahli Akademi Komunitas (AK), di Jakarta, Senin (25/2), menjelaskan, akademi komunitas yang akan dikembangkan pemerintah di seluruh daerah, bisa juga diawali dari pendidikan vokasi berkelanjutan (PVB) yang sudah ada. Gatot mencontohkan PVB jenjang D-1 di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), pendidikan tidak sepenuhnya di kampus. Mahasiswa lulusan SMK/SMA/MA belajar di kampus selama dua bulan. Selanjutnya, mahasiswa magang di perusahaan sambil tetap membuat laporan secara online. Menurut Gatot, penyelenggaraan akademi komunitas untuk meningkatkan peluang pela- jar menikmati pendidikan tinggi.

…dst

9 ) Panitia Akan Jemput Bola
Pendaftar SNMPTN Masih Minim
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/02/26/216535/Panitia-Akan-Jemput-Bola

26 Februari 2013
JAKARTA – Sampai saat ini pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 masih minim, yakni baru sekitar 350.000 siswa. Jumlah tersebut masih jauh dari prediksi awal yang mencapai 1,5 juta pendaftar. Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2013, Akhmaloka mengatakan, dari pengalaman sebelumnya, jumlah pendaftar akan membeludak menjelang penutupan pendaftaran. Pendaftaran akan berakhir pada 8 Maret mendatang. Meski demikian, dia mengimbau kepada para siswa untuk tidak mendaftar menjelang penutupan. Hal itu untuk mengantisipasi kepadatan pendataan. “Kami optimistis karena setiap hari ada peningkatan jumlah pendaftar,” katanya. Dia mengungkapkan, dari data yang ada, jumlah siswa potensial untuk mendaftar sekitar 1,5 juta orang. Namun, disadari tidak semua siswa lulusan SMA/SMK berkeinginan melanjutkan ke pendidikan tinggi melalui jalur SNMPTN.

…dst

10 ) UGM Sediakan 3.318 Kursi Mahasiswa Baru
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/02/25/3/133902/UGM-Sediakan-3.318-Kursi-Mahasiswa-Baru

Senin, 25 February 2013 | 19:09 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 20.436 siswa kelas terakhir SMA/SMK dan MA menempatkan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai pilihan pertama pada pendaftaran SNMPTN. Sedangkan yang menempatkan UGM sebagai pilihan kedua sebanyak 9.606 siswa. Humas UGM, Wiwit Wijayanti, Senin (25/2) menjelaskan para siswa SMA/MA/SMK yang mendaftar SNMPTN di UGM sebanyak 30.042 orang. “Padahal daya tampung UGM hanya 3.318 kursi,” katanya. Menurut Wiwit, hingga saat ini masih ada 84 sekolah yang belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Jumlah itu terdiri dari 51 SMK, 26 SMA, dan tujuh MA. “Diharapkan sekolah-sekolah itu segera melakukan pendampingan kepada siswanya mendaftar SNMPTN,” kata Wiwit. Pendaftaran SNMPTN, katanya, sudah dimulai pada 1 Februari lalu dan akan ditutup pada 8 Maret mendatang.

…dst

11 ) UGM Jadi Pilihan Pertama 20.436 Pelajar di SNMPTN 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/373/767807/ugm-jadi-pilihan-pertama-20-436-pelajar-di-snmptn-2013

Selasa, 26 Februari 2013 14:27 wib
JAKARTA – Hingga 23 Februari 2013, tercatat 20.436 siswa SMA/ SMK/ MA memilih Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai pilihan pertama untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Sementara 9.606 pendaftar memilih UGM sebagai pilihan kedua. Demikian disampaikan Kepala Bidang Humas UGM Wiwit Wijayanti terkait proses seleksi mahasiswa baru jalur SNMPTN. “Total pendaftar SNMPTN di UGM 30.042 pendaftar, sedangkan daya tampung UGM ada 3.318 kursi,” papar Wiwit, seperti dinukil dari laman UGM, Selasa (26/2/2013). Dari jumlah tersebut, katanya, masih terdapat 84 sekolah di DIY belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur SNMPTN. Ke-84 sekolah tersebut terdiri dari tujuh MA, 26 SMA, dan 51 SMK.

…dst

12 ) Siswa Diimbau Hindari Jam Sibuk
http://m.seputar-indonesia.com/news/siswa-diimbau-hindari-jam-sibuk

26 Februari 2013
SEMARANG – Proses pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013 memang merepotkan. Tidak sedikit sekolah dan siswa yang gagal mendaftar hanya gara-gara terkendala teknologi. Maklum, hampir seluruh proses pendaftaran SNMPTN 2013 dilakukan secara online atau melalui internet. Meski sudah sering main internet, tidak sedikit pula yang gagal melakukan pendaftaran. Bahkan mereka yang bisa mendaftar online belum ada jaminan 100% berhasil melakukan pendaftaran.”Pendaftaran melalui online sangat memungkinkan sekali terjadi kesalahan,sehebat dan secanggih apapun koneksi internetnya, terutama pada jam-jam sibuk koneksi,” kata Koordinator IT SNMPTN 2013 Universitas Diponegoro (Undip) Sujadi kemarin. Jaringan internet yang terkadang lambat merupakan hal wajar. Sebab secanggih apapun server yang dipakai memiliki kemungkinan besar terjadi gangguan apabila diakses oleh banyak orang pada waktu bersamaan.

…dst

13 ) Aset Rektor Unsoed Ditelusuri
http://m.seputar-indonesia.com/news/aset-rektor-unsoed-ditelusuri

26 Februari 2013
SEMARANG – Kejaksaan menelusuri aset-aset milik Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Edy Yuwono, pascaditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi dana Badan Layanan Umum (BLU). Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Tengah Eko Suwarni mengatakan, penelusuran aset dimaksudkan untuk mencari tahu asalnya dari mana.”Jika dibeli menggunakan uang setelah kasus korupsi ini mencuat maka patut diduga dibeli dari hasil korupsi.” “Maka ini bisa disita terkait nantinya untuk membayar uang pengganti kerugian negara, sebelumnya sebuah mobil sudah disita,”katanya kemarin. Eko juga membenarkan bahwa pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto telah membuat surat pencekalan untuk tersangka Edy Yuwono dan dua tersangka lainnya. “Surat itu sudah dikirimkan dari Purwokerto, tapi belum kami terima. Nanti (kalau sudah sampai) akan kami teruskan ke Kejaksaan Agung untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.Prosesnya tidak lama,”katanya. Disinggung mengenai rencana penahanan terhadap tersangka EY, Eko mengaku itu tergantung dari penyidik Kejari Purwokerto. “Karena kewenangan di sana.Untuk penahanan biasanya didasarkan atas beberapa pertimbangan. Sedangkan permintaan pencekalan dimaksudkan agar tersangka tidak menghambat penyidikan. Sejauh ini memang belum diperiksa,”papar Eko.

…dst

14 ) Mindo Sebut Politisi Lokal
http://m.seputar-indonesia.com/news/mindo-sebut-politisi-lokal

26 Februari 2013
SURABAYA– Kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) memunculkan fakta baru. Mantan Bendahara Grup Permai Mindo Rosalina Manurung menyebut kasus yang diduga merugikan negara Rp14,8 miliar ini melibatkan mantan Wakil Ketua DPRD Kota Malang Subur. Anak buah mantan Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazarudin ini menerangkan upaya mengarahkan kucuran dana proyek tersebut sudah dilakukan sejak di Komisi X DPR RI dan melibatkan Panitia Anggaran DPR dan Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan. Rosa juga menyebut mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum turut membahas proyek ini di ruang kantor Nazaruddin. Diterangkan, pada awal 2009 dirinya mengantarkan Wakil Ketua DPRD Kota Malang Subur dari Partai Demokrat, menemui Nazaruddin di kantornya untuk membahas proyek tersebut.”Ketika saya masuk ke ruangan Bapak (Nazaruddin) bersama Subur, di dalam sudah ada Anas,” kata Rosa. Selain itu Rosa juga menjelaskan tentang “syarat”pengucuran dana itu.

…dst

15 ) BAN PT Beri Akreditasi A untuk PDIL Undip
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/02/26/216529/BAN-PT-Beri-Akreditasi-A-untuk-PDIL-Undip-

26 Februari 2013
SEMARANG – Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD me­ngatakan, Program Doktor Il­mu Lingkungan (PDIL) telah terakreditasi Badan Akreditasi Na­sional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim asesor memberikan pe­nilaian berdasarkan sarana-pra­sarana yang dimiliki perguruan tinggi, dosen, pros­es belajar-mengajar, penelitian, hingga pengabdian masyarakat. “Selain program Magister Ilmu Lingkungan (MIL) yang sudah terakreditasi A, program PDIL ju­ga menerima akreditasi serupa. Akre­ditasi A diberikan BAN PT, karena penilaian sangat baik untuk pro­gram baik MIL maupun PDIL,” kata pria asal Kabupaten Klaten itu. Dia menyebutkan, akreditasi PDIL dan MIL layak untuk di­apresiasi. Sebab, hal ini merupa­kan capaian dan hasil kerja keras segenap civitas academica. Selain itu, menunjukkan pengakuan keilmuan dan dedikasi pendidikan di Undip.

…dst

16 ) 35 Rektor Se-ASEAN Belajar Tata Kelola di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/373/767911/35-rektor-se-asean-belajar-tata-kelola-di-ugm

Selasa, 26 Februari 2013 16:33 wib
JAKARTA – Sebanyak 35 rektor dari sejumlah perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara berkumpul di Universitas Gadjah Mada (UGM). Kehadiran mereka selama lima hari di Kota Gudeg tersebut dalam rangka mengikuti program pelatihan manajemen tata kelola perguruan tinggi. Pelatihan International Deans’ Course South East Asia ini berlangsung sejak 25 Februari di UGM dan Hotel Phoenix Yogyakarta. Pelatihan yang diifasilitasi oleh German Academic Exchange Service (DAAD) bekerjasama dengan Konferensi Rektor-rektor Perguruan Tinggi Jerman (HRK), serta Pusat Pengembangan Perguruan Tinggi (CHE) tersebut merupakan kali ketiga setelah sebelumnya diadakan di Jerman dan di Bandung beberapa tahun lalu.

…dst

17 ) ITS gandeng google untuk layani mahasiswa
http://www.antaranews.com/berita/360463/its-gandeng-google-untuk-layani-mahasiswa

Selasa, 26 Februari 2013 19:03 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Badan Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggandeng perusahaan search engine (mesin pencari) terkemuka di dunia, Google, untuk meningkatkan pelayanan akses internet kepada mahasiswa dan orang tua mahasiswa. “Untuk langkah awal, kami meresmikan migrasi e-mail resmi ITS dari webmail ke gmail,” kata Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Informasi BTSI ITS Arief Rahman ST MSc di kampus setempat, Selasa.Ia mengatakan, kerja sama ini dilakukan karena melihat kebutuhan mahasiswa dan sivitas akademika kampus teknik itu yang tak pernah lepas dari jeratan Teknologi Informasi (TI), namun kebutuhan itu selama ini belum bisa terpenuhi dengan maksimal karena minimnya infrastruktur. “Banyak mahasiswa yang sering komplain kepada kami tentang koneksi internet yang lelet, kurang stabil hingga jaringan internet putus, karena itu kami berani menjalin kerja sama dengan perusahaan search engine terkemuka di dunia itu,” katanya.

…dst

18 ) Konsep Mahasiswa ITB Benahi Ikon Jakarta
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/25/373/767445/konsep-mahasiswa-itb-benahi-ikon-jakarta

Selasa, 26 Februari 2013 08:03 wib
JAKARTA – Kota Jakarta memiliki masalah dalam penataan ruang. Sehingga memunculkan beragam permasalahan. Mulai dari kemacetan hingga banjir. Oleh karena itu, dibutuhkan tata ruang kota yang mampu meminimalisasi bahkan mengatasi permasalahan tersebut. Mencoba menuangkan aspirasi, tim asal Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk dalam 10 besar tim yang telah lolos seleksi tahap pertama Sayembara Gagasan Jakarta Green Metropolis 2050. Hasil dari tahap ini berupa pembuatan rencana konsep untuk wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur (Jabodetabekpunjur).Tim ITB yang beranggotakan delapan mahasiswa tersebut berasal dari beragam jurusan yang ada di ITB. Ganesha Mangkoesoebroto (Arsitektur 2008) didapuk sebagai ketua tim. Sementara para anggota terdiri atas Aranti Adriarani (Teknik Lingkungan 2009), Prianka Adi Iradati (Teknik Industi 2009), Adhamaski Pangeran (Perencaan Wilayah dan Kota 2008), Naufal Rospriananda (Teknik Geologi 2008), Aliftama (Teknik Geologi 2008), Taufik Nur Cahyo (Teknik Geologi 2008), dan Zuhdi Allam (Arsitektur 2006).

…dst

19 ) Dikti Biayai 15 Penelitian Udinus
http://m.seputar-indonesia.com/news/dikti-biayai-15-penelitian-udinus

26 Februari 2013
SEMARANG – Dirjen Dikti memberikan dana hibah kepada Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk melakukan penelitian. Dari 15 penelitian Udinus yang dibiayai Dikti, sebanyak 11 proposal merupakan jenis penelitian desentralisasi lanjutan. Sedangkan empat lainnya termasuk penelitian desentralisasi usulan baru. Kepala Humas Udinus Semarang Agus Triyono mengatakan, salah satu penelitian yang dibiayai Dikti adalah penelitian disertasi doktor. Sedangkan kategori penelitian desentralisasi usulan baru meloloskan satu penelitian jenis fundamental dan tiga hibah bersaing. “Hingga tahun ini Udinus masih tetap eksis dalam memperoleh hibah penelitian.Terbukti dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang cukup berarti, termasuk program hibah desentralisasi,”paparnya kemarin. Penelitian menjadi bagian dari fungsi tridarma perguruan tinggi yang sangat penting. Maka itu, penelitian harus mendapat porsi yang cukup untuk selalu ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

…dst

20 ) 10 Mahasiswa UI Wakili Uganda di HNMUN 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/25/373/767452/10-mahasiswa-ui-wakili-uganda-di-hnmun-2013

Selasa, 26 Februari 2013 10:09 wib
JAKARTA – Ajang bergengsi Harvard National Model United Nations (HNMUN) kembali digelar. Tidak ingin berdiam diri, Universitas Indonesia (UI) mengirimkan 10 mahasiswanya untuk beradu dengan 3.000 delegasi lain dari 40 negara. Para perwakilan UI tersebut adalah Hanifah Ahmad, Garlan Archista Duarsa, Adlini Ilma Ghaisany Sjah, Nicko Arie Prasadana, Tanita Dhiyaan, Roderick J M Sibarani, Rizki Yuniarini, Siti Aisyah R, Rino Nugrahaputra, dan Gea Larissa Kuncoro.Ketua Delegasi UI Hanifah Ahmad menjelaskan, pada simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa tertua dan terbesar di dunia kali ini, mereka akan mewakili Uganda, salah satu negara Afrika paling signifikan dalam dinamika politik internasional selama dekade terakhir. “Isu-isu yang akan dibahas meliputi keamanan, kesehatan, energi, kesetaraan gender, serta HAM.

…dst

21 ) Mahasiswa Lokal & Asing Adu Ide Bisnis Kreatif untuk ASEAN
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/373/767989/mahasiswa-lokal-asing-adu-ide-bisnis-kreatif-untuk-asean

Selasa, 26 Februari 2013 18:33 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Tanah Air dan perguruan tinggi Asia beradu ide kreatif tentang bisnis pada acara The Business Model Competition 2013. Acara yang berpusat di Gedung A dan B Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan ESPRIEX 2013. ESPIREX merupakan sebuah wadah bagi anak muda dalam berdiskusi guna mencari model bisnis ideal bagi wilayah ASEAN. Pada ajang tahunan kali ini, ke-36 tim tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu nasional dan internasional. Untuk kategori nasional terbagi atas 18 tim dari beberapa perguruan tinggi dalam negeri. Sementara 18 tim lainnya tergabung dalam kategori internasional yang diikuti negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Fillipina dan Vietnam.

…dst

22 ) Nyaris Gagal, Tim FH Unair Justru Jadi Penasihat Hukum Terbaik
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/25/373/767449/nyaris-gagal-tim-fh-unair-justru-jadi-penasihat-hukum-terbaik

Selasa, 26 Februari 2013 09:06 wib
JAKARTA – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya patut berbangga. Pasalnya, dua mahasiswa Fakultas Hukum Unair dinobatkan sebagai penasihat hukum terbaik pada kompetisi tahunan Moot Court Competition (MCC) Asian Law Student’s Association (ALSA). Mereka adalah Muhammad Kemal (angkatan 2011) dan Ria Permata (angkatan 2012). Selain itu, mahasiswa FH Unair angkatan 2012 Surya Inggrida Diotama juga terpilih menjadi panitera terbaik pada kompetisi MCC piala Mahkamah Agung (MA) yang dihelat di Universitas Brawijaya (UB) Malang, belum lama ini. Tim pendamping mereka, Rizky Sanggalangi mengungkapkan, awalnya tim FH Unair berada pada peringkat tiga babak penyisihan. Namun, karenakan kompetisi bersifat group, maka yang berhak mewakili grup A adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dan Unair berada di peringkat kedua.

…dst

23 ) Nugget Lele ITS Ditaksir Banyak Reseller
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/372/767721/nugget-lele-its-ditaksir-banyak-reseller

Selasa, 26 Februari 2013 12:51 wib
JAKARTA – Siapa tidak kenal ikan lele? Mulai dari sajian tradisional, pecel lele hingga diolah dalam rupa modern, lele kerap digemari oleh beragam usia dan kalangan. Tidak mau kalah, tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun hadir menawarkan inovasi kuliner lele yang cukup menggoda. Adalah Galih Pradana, Zulvah, dan Okki Anugrah Putra yang tergabung dalam tim Lelebay Nugget. Sejak masih berstatus mahasiswa baru, tiga sekawan ini telah mencoba berbisnis. Mulai dari peternakan lele hingga kini menghadirkan nugget lele. “Awalnya kami mencoba berbisnis dalam bidang peternakan lele. Namun karena terjadi suatu hal pada waktu penjualan, akhirnya bisnisnya tidak jalan. Barulah banting setir ke bidang kuliner, Nugget Lele,” ujar Zulvah, seperti dilansir ITS Online, Selasa (26/2/2013).

…dst

24 ) BEM FTSP ITS Gelar “Pemanasan” Sebelum Pimnas XXVI
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/26/373/767745/bem-ftsp-its-gelar-pemanasan-sebelum-pimnas-xxvi

Selasa, 26 Februari 2013 13:17 wib
JAKARTA – Keinginan meraih gelar juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI menjadi motivasi segenap civitas academica Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menghasilkan inovasi terbaik. Salah satunya melalui kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Gagasan Tertulis (GT). Kegiatan besutan Departemen Sains dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS itu bukanlah kali pertama. Pada ajang kali ini, panitia menyeleksi 14 tim terpilih dari 51 proposal PKM GT yang terkumpul. Kadep Saintek BEM FTSP Iva Yenis Septiana mengungkap, sejak Desember lalu, proposal PKM GT mahasiswa FTSP dikumpulkan dan diseleksi. ”Semua proposal ini diseleksi untuk mengikuti kompetisi tingkat fakultas dan institut,” ungkap Iva, seperti dinukil dari ITS Online, Selasa (26/2/2013). Iva menjelaskan, kompetisi tersebut bertujuan sebagai media latihan presentasi proposal PKM GT bagi para peserta. Bahkan, tiga besar yang akan menjadi pemenang ajang tersebut berhak membawa timnya sebagai perwakilan FTSP dalam kompetisi tingkat institut. ”Penjuriannya pun serupa dengan penjurian PKM pada umumnya,” urainya.

…dst

25 ) Universitas Jember Buka 4 Program Studi Baru
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/26/079463832/Universitas-Jember-Buka-4-Program-Studi-Baru

Selasa, 26 Februari 2013 | 12:43 WIB
TEMPO.CO, Jember – Universitas Jember (Unej) tengah menyiapkan empat program studi baru. Menurut Pembantu Rektor I Unej, Zulfikar, keempat program studi baru itu adalah Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Informatika, dan Teknik Lingkungan. Tujuan pembukaan empat program studi baru itu, kata dia, untuk mendukung program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau MP3EI yang merupakan rujukan pembangunan ekonomi Indonesia. “Paling tidak Unej berperan dalam pengembangan kawasan Indonesia bagian timur,” katanya, Selasa, 26 Februari 2013.Zulfikar mengatakan lulusan keempat program studi baru itu diharapkan menjadi sumber daya yang kompeten untuk mendukung MP3EI, terutama di Indonesia bagian timur. Sebagai salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur, katanya, Unej mengemban tugas dan peran untuk menyediakan sumber daya manusia sesuai koridor ekonomi yang dituju dan potensi daerah.

…dst

26 ) Ada 6.000 Mahasiswa Malaysia Berkuliah di Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/25/misaks-ada-6000-mahasiswa-malaysia-berkuliah-di-indonesia

Senin, 25 Februari 2013, 23:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Malaysia Education Promotion Centre (MEPC) menyebutkan setidaknya ada 6.000 mahasiswa Malaysia yang saat ini berkuliah di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. “Kebanyakan mereka mengambil jurusan kedokteran di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia,” kata Direktur MEPC Yahurin Mohd Yassin saat promosi perguruan tinggi Malaysia di SMA Negeri 1 Semarang, Senin (25/2). Ia mengakui bahwa cukup banyaknya mahasiswa Malaysia yang berkuliah di Indonesia itu dikarenakan biaya kuliah yang dibutuhkan relatif terjangkau, tetapi memiliki mutu dan kualitas yang berstandar internasional. Meski demikian, Yahurin mengatakan saat ini banyak pula mahasiswa asal Indonesia yang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Malaysia dengan biaya yang relatif terjangkau.

…dst

27 ) Sibuk Urusi Kurikulum, Program UKA Kedodoran
Tahun Lalu Digelar Februari, Tahun Ini Belum Ada Kepastian
http://www.jpnn.com/read/2013/02/26/160150/Sibuk-Urusi-Kurikulum,-Program-UKA-Kedodoran-

Selasa, 26 Februari 2013 , 04:21:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terlalu fokus menggarap sosialisasi kurikulum baru. Dampaknya, program rutin uji kompetensi awal (UKA) guru calon peserta sertifikasi kedodoran. Tahun lalu UKA dijalankan akhir Februari, tetapi untuk periode 2013 ini belum ada persiapan UKA yang mencolok. Selama ini program UKA dijalankan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kemendikbud. Kepala Pusat Pengebangan Profesi Pendidik (Kapusbanprodik) BPSDMP-PMP Kemendikbud Unifah Rosyidi kemarin menuturkan, memang benar pihaknya saat ini masih kosentrasi pada penerapan kurikulum baru.”Kita belum bisa menjelaskan soal persiapan pelaksanaan UKA,” katanya. Dia mengatakan, belum ada persiapan signifikan UKA yang telah ditetapkan. Unifah juga menuturkan undangan bagi guru peserta UKA juga belum disebar. Padahal tahun lalu UKA digelar pada 25 Februari.

…dst

28 ) Indonesia Butuh 4,6 Juta Wirausahawan
http://www.jpnn.com/read/2013/02/26/160182/Indonesia-Butuh-4,6-Juta-Wirausahawan-

Selasa, 26 Februari 2013 , 11:59:00
JAKARTA – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menargetkan keberhasilan penciptaan wirausaha sukses sebanyak 10.000 orang yang bergerak di berbagai jenis usaha dalam setiap tahunnya. Penciptaan wirausaha sukses ini mempunyai nilai strategis karena mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan dan kesempatan kerja baru serta menopang perekonomian negara. “Wirausahaan merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini. Selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, wirausaha juga dapat membuka kesempatan kerja bagi orang lain,” kata Muhaimin di Jakarta, kemarin (25/2). Idealnya kata Muhaimin Indonesia masih membutuhkan 4,76 juta wirausahawan atau sekitar dua persen dari seluruh penduduk untuk mencapai kondisi ideal. “Sayangnya, Penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausahawan masih terbilang minim dan terbatas, baru mencapai 0,18 persen dari total 238 juta penduduk Indonesia,” kata Menakertrans.

…dst

29 ) Badan Geologi Temukan 14 Lokasi Baru Potensi Panas Bumi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/224821

Selasa, 26/02/2013 – 17:26
BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 14 lokasi baru panas bumi ditemukan tim geologi yang melakukan survei tingkat awal pada 2012. Temuan ini di antaranya ada di Bangka, Belitung, dan Sulawesi. Namun, potensi panas bumi yang ditemukan tidak sebesar yang sebelumnya. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Calvin Karo-Karo Gurusinga saat ditemui di Auditorium Geologi, Jln Diponegoro, Selasa (26/2). “Hasilnya, kami paparkan dengan mengundang daerah yang kita survei. Bupati, kepala dinas diundang agar mereka tahu hasilnya dan pihak universitas dan pengusaha juga diundang untuk diskusi. Dengan begitu hasil-hasil yang kami capai bisa diketahui masyarakat luas. Apalagi pemberian izin yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pengelolaan panas bumi ini ada di pemerintah pemerintah kab/kota,” kata Calvin.

…dst

30 ) Dosen Turun Tangan, Tawuran Mahasiswa Unhas Makassar Mereda
http://news.detik.com/read/2013/02/26/143013/2180117/10/dosen-turun-tangan-tawuran-mahasiswa-unhas-makassar-mereda?n991101605

Selasa, 26/02/2013 14:30 WIB
Makassar – Tawuran antara mahasiswa jurusan Teknik Sipil melawan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Sospol) Universitas Hasanuddin, reda setelah beberapa dosen turun tangan. Sejumlah dosen menghalau mahasiswanya. Dengan menggunakan pengeras suara, sejumlah dosen berdiri di tengah-tengah lokasi perang batu dan meminta mahasiswa menghentikan aksi brutalnya, Selasa (26/2/2013). Akhirnya, mahasiswa luluh dan menghentikan aksi lempar baru. Tidak ada mahasiswa yang jadi korban. Hanya beberapa kaca gedung Baruga pecah terkena batu. Aksi perang batu dua kelompok mahasiswa ini berlangsung selama dua kali. Tawuran pertama berlangsung sekitar 30 menit, sekitar pukul 12.00 Wita. Bentrokan terjadi lagi sekitar pukul 13.00 Wita, setelah kedua kubu yang sebelumnya bertahan di posisinya, kembali saling melemparkan batu dan saling menghardik satu sama lainnya.

…dst

31 ) Kuliah Umum di UI, JK Bicara Sri Mulyani Syndrome
http://news.detik.com/read/2013/02/26/111603/2179841/10/kuliah-umum-di-ui-jk-bicara-sri-mulyani-syndrome

Selasa, 26/02/2013 11:16 WIB
Jakarta – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyinggung adanya Sri Mulyani Syndrome (SMS) saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI). Apa gerangan maksudnya? “SMS: Sri Mulyani Syndrome. Sri Mulyani berani membuat kebijakan tapi kemudian harus ke luar,” kata JK saat memberikan kuliah umum di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Selasa (26/2/2013). JK menerima gelar doktor honoris causa pada 9 Februari lalu. Rupanya JK sedang mencontoh pentingnya seorang pemimpin yang tegas, bertanggungjawab, dan berani mengambil risiko. Saat ini, lanjut JK, jarang sekali pemimpin yang berani mengambil keputusan tegas. “Jadi, sekarang semua ingin hati-hati, maka semua prosesnya lama. Siapa yang mengambil keputusan di negeri ini sekarang? Eselon 3,” katanya.

…dst

32 ) Kuliah Umum di UI, JK Sindir Kampanye “Katakan Tidak Pada Korupsi!”
http://news.detik.com/read/2013/02/26/110532/2179820/10/kuliah-umum-di-ui-jk-sindir-kampanye-katakan-tidak-pada-korupsi?nd771104bcj

Selasa, 26/02/2013 11:05 WIB
Jakarta – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan kuliah umum sebagai penerima gelar doktor honoris causa di Universitas Indonesia. JK menyinggung kampanye ‘katakan tidak pada korupsi’ yang didengungkan Partai Demokrat (PD) pada Pemilu 2009 lalu. “Pada saat kampanye kita bisa lihat, “katakan tidak pada korupsi!”, tapi pada akhirnya dilakukan, jatuhlah segalanya. Itu contoh kepemimpinan tanpa kepercayaan. Hilang kepercayaan orang,” singgung JK. Hal ini disampaikan JK saat memberikan kuliah umum di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Selasa (26/2/2013). JK menerima gelar doktor honoris causa pada 9 Februari lalu. JK memandang, pemimpin seharusnya memberikan teladan yang baik. “Jadi kalau saya jadi Ketua PMI ada di daerah bencana, bukan ingin pamer. Tapi memberi ketauladanan bahwa saya ikut bekerja,” kata JK.

…dst

33 ) Jusuf Kalla: Anas Belum Tentu Bersalah
http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/02/23/1/171858/Jusuf-Kalla-Anas-Belum-Tentu-Bersalah

Sabtu, 23 February 2013 | 19:14 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berkomentar terkait penetapan Anas Urbaningrum sebagai tersangka kasus tersangka kasus proyek Hambalang di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jusuf Kalla menganggap Anas belum tentu bersalah karena masih berstatus tersangka. Pernyataan tersebut disampaikannya usai mengisi seminar Anti Korupsi di Universitas Gadjah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/2) siang. Menurut JK, meskipun Anas telah ditetapkan sebagai tersangka, belum tentu ia bersalah karena masih proses pemeriksaan. Jusuf Kalla berencana menemui Anas Urbaningrum selaku sesama alumnnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia bermaksud memberikan dukungan moral kepada Anas dalam menjalani proses pemeriksaan selanjutnya.

…dst

34 ) Mars Mungkin Sudah Bisa Dihuni Saat Ini
http://sains.kompas.com/read/2013/02/26/17585412/Mars.Mungkin.Sudah.Bisa.Dihuni.Saat.Ini

Selasa, 26 Februari 2013 | 17:58 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Planet Mars saat ini memungkinkan untuk dihuni. Pernyataan itu diungkapkan para peneliti bidang astrobiologi yang menghadiri konferensi The Present-Day Habitability of Mars yang diprakarsai oleh NASA Astrobiology Institute bersama UK Centre for Astrobology pada 4 -5 Februari lalu di University of California Los Angeles. Pada konferensi ini, dipresentasikan berbagai hasil penelitian yang berkaitan dengan kemungkinan menempati Planet Mars sebagai habitat baru. Berbagai bukti dan fakta hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Planet Mars saat ini memungkinkan untuk ditinggali. “Kita tidak mungkin dapat mengabaikan kemungkinan bahwa saat ini Mars memungkinkan untuk ditempati,” ujar Alfred McEwen dari University of Arizona, yang juga investigator kepala untuk kamera HiRise pada wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA seperti dikutip Space.com, Senin (25/2/2013). McEwen menyebutkan, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan HiRise, ada 16 lokasi lereng yang teridentifikasi mengalirkan brine water (air yang mengandung garam) di kompleks ngarai Valles Marineris di planet merah itu.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.