Uang Kuliah Tunggal Diterapkan Mulai Tahun Pelajaran Baru

02/14/2013

Kota Depok — Uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi negeri (PTN) akan diberlakukan mulai Tahun Pelajaran 2013/2014, Agustus mendatang. Hal tersebut dipastikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso, usai penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/02).

Meski masih dilakukan dalam beberapa bulan, Djoko mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya adalah menyiapkan standar satuan biaya operasional pendidikan tinggi. “Dalam unit cost ada dua bagian yaitu standar biaya dan tarif maksimum, atau yang dikenal dengan harga eceran tertinggi (HET),” kata Djoko.

Standar yang akan keluar secara periodik ini ditetapkan dengan mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah.

Tarif maksimum yang dikenakan kepada mahasiswa memiliki ketentuan jumlahnya di bawah standar biaya. Karena telah ditanggung oleh pemerintah dengan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). “Dengan diberlakukannya UKT dan BOPTN, maka perguruan tinggi tidak lagi menarik uang pangkal. Mahasiswa hanya wajib membayar SPP,” sahut Djoko.

Secara terpisah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan,  standar satuan biaya ini menjadi dasar untuk mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk PTN, “Nanti SPP tidak boleh lebih tinggi dari unit cost,” katanya.

Mendikbud menambahkan, BOPTN merupakan instrumen kontrol finansial untuk menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa. “Tujuan akhirnya adalah meringankan beban yang harus ditanggung oleh mahasiswa,” katanya.(ASW/AR)

 Sumber :  Kemdikbud

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.