1 ) Peresmian Akademi Komunitas Multistrada
http://www.dikti.go.id/?p=7853&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 31 January 2013
Bekasi, 31 Januari 2013–Akademi Komunitas Multistrada menjadi akademi komunitas pertama yang diresmikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013. Bertempat di gedung Akademi Komunitas Multistrada Cikarang, peresmian akademi komunitas ini dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso. Dirjen Dikti dalam sambutannya menyatakan pendirian akademi komunitas merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu pendirian akademi komunitas merupakan salah satu strategi untuk menguatkan pendidikan vokasi sebagai salah satu amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012.

…dst

2 ) Puisi ‘Aku’ Karya Chairil Anwar Pukau Warga Serbia
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/31/3/127377/Puisi-Aku-Karya-Chairil-Anwar-Pukau-Warga-Serbia

Kamis, 31 Januari 2013 | 09:22 WIB
Metrotvnews.com, Beograd: Puisi ‘Aku’ karya Chairil Anwar memukau masyarakat yang memenuhi galeri seni REX di Beograd, Serbia. Puisi itu dibacakan dalam Bahasa Indonesia dan Serbia. “Puisi ‘Aku’ dibacakan dengan baik oleh mahasiswa Indonesia di Beograd, dalam bahasa Indonesia, Adi Bramasto, sedangkan dalam bahasa Serbia dibawakan alumni Darmasiswa asal Serbia, Ruzica Devic,” kata Sekretaris Tiga KBRI Serbia, Ariana Yulianti usai menonton acara seni tersebut, Selasa (29/1). Menurut Ariana Yulianti, puisi Chairil Anwar penuh semangat dan unik. Puisi itu memiliki keistimewaan yang berbeda daripada warna dan nuansa karya-karya puisi asal Serbia. Tak heran bila pembacaan puisi mendapat sambutan meriah. Sebagian besar yang hadir di acara itu merupakan penulis puisi dan komunitas seni di Beograd. Pada kesempatan tersebut, juga dipersembahkan presentasi video pembacaan puisi karya Saut Situmorang.

…dst

3 ) Perubahan Nama Fakultas Ekonomi Tuntutan Akreditasi Internasional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/221083

Kamis, 31/01/2013 – 12:06
BANDUNG, (PRLM).- Forum Dekan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi se-Indonesia menyampaikan perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis bagi anggota Asosisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Pertimbangannya untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul, FE PTN se-Indonesia dituntut menjadi salah satu sumber pecentak sumber daya manusia unggul. Untuk itu FE PTN se-Indonesia dituntut merespon perubahan lingkungan khususnya dalam mencetak standar internasional. Sekretaris Jenderal Asosisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) Popy Rufaidah mengatakan salah satu kriteria menjadi world class university, prodi harus terakreditasi internasional salah satunya Association to Advance Collegiate School of Business (AACBS).”Perlu mencantumkan nama bisnis. Kalau begitu anggota AACBS perlu ada namanya bisnisnya. Dan alasan itu yang memperkuat perubahan nama Fakultas Ekonomi yang diterima Kementerian Aparatur Negara,” kata Popy dalam Dean’s Forum Joint Seminar of AFEBI & ABEST Indonesia Committee di Aula Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Jln. Dipati Ukur, Kota Bandung, Kamis (31/1).

…dst

4 ) Kuliah “online” mobil listrik 3 Februari
http://www.antaranews.com/berita/355987/kuliah-online-mobil-listrik-3-februari

Kamis, 31 Januari 2013 18:02 WIB |
London (ANTARA News) – Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) akan menyelenggarakan acara kuliah tamu secara “online” dengan nara sumber Dr. Danet Suryatama (Elektrik Car, Amerika Serikat) tentang “Mobil Listrik: tantangan dan peluang di masa depan” pada 3 Februari mendatang. Direktur Eksekutif I-4, Achmad Adhitya, kepada ANTARA London, Kamis menyebutkan, selain itu akan digelar kuliah online dengan nara sumber Dr. Deden Rukmana (Savannah State University, Amerika Serikat) tentang “Solusi penanganan banjir di Indonesia” pada 17 Februari 2013. “Kedua topik tersebut saat ini memang sedang hangat dibicarakan di Indonesia. Kuliah tamu online ini adalah salah satu bentuk `sharing` dari I-4 bagi masyarakat Indonesia,” salah satu pengurus bidang Media I-4, Roni Irnawan. Dikatakannya ke depan program kuliah tamu online I-4 akan dilaksanakan secara rutin dengan mengundang para pembicara ahli untuk membahas berbagai isu yang tengah berkembang di masyarakat.

…dst

5 ) Baru 50 Persen Sekolah Daftar SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/31/10162738/Baru.50.Persen.Sekolah.Daftar.SNMPTN?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Kamis, 31 Januari 2013 | 10:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Meski seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri mulai tahun ini tidak dikenai biaya pendaftaran, hingga saat ini baru sekitar 50 persen SMA/SMK yang memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di laman SNMPTN. Masih ada waktu pendaftaran hingga 8 Februari 2013. “Sekitar 28.000 SMA/SMK di seluruh Indonesia sudah diundang untuk mendaftarkan siswanya ikut SNMPTN. Sangat disayangkan jika kesempatan ini tidak digunakan dengan baik,” kata Sekretaris Umum SNMPTN 2013 Rochmat Wahab yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (30/1). Menurut Rochmat, pendaftaran siswa yang dilakukan sekolah dengan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) berakhir 8 Februari. Namun, mulai 1 Februari, siswa yang sudah didaftarkan sekolah bisa memilih program studi yang diminati.

…dst

6 ) SNMPTN, Undip Terima 4.006 Maba
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/31/373/754450/snmptn-undip-terima-4-006-maba

Kamis, 31 Januari 2013 11:17 wib
JAKARTA – Tahun ini, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, akan menerima 4.006 mahasiswa baru (maba) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Angka tersebut merupakan setengah (50 persen) dari total kuota maba yang ditetapkan Undip. Pembantu Rektor I Undip Prof. dr. Hertanto menyebut, tahun ini Undip menyediakan 8.011 kursi bagi para calon mahasiswa. “Selain SNMPTN, 2.422 (30%) maba akan diterima dari Jalur Ujian Tulis, dan 1.583 (20%) maba dari jalur Ujian Mandiri,” kata Hertanto, seperti dinukil dari laman Undip, Kamis (31/1/2013).Menurut Hertanto, keberadaan jalur SNMPTN akan membuktikan bahwa kita memercayai sistem pendidikan di sekolah. Ini terlihat dari sistem penerimaan yang didahului dengan proses input data sekolah dan siswa yang dilakukan kepala sekolah pada laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

…dst

7 ) Riset Pangan di Perguruan Tinggi Didukung Indofood
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/31/13080979/Riset.Pangan.di.Perguruan.Tinggi.Didukung.Indofood

Kamis, 31 Januari 2013 | 13:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa dan dosen perguruan tinggi yang mengembangkan penelitian soal pangan mendapat dukungan PT Indofood Sukses Makmur Tbk lewat program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2013-2014. Dukungan riset pangan di perguruan tinggi ini bertujuan mewujudkan ketahanan pangan nasional. Direktur Indofood Franciscus Welirang di Jakarta, Kamis (31/1/2013), menjelaskan, dukungan Indofood ini untuk menumbuhkan dan membudayakan antusiasme riset di bidang pangan dari beragam disiplin ilmu sebagai wujud kepedulian untuk kemajuan pangan Indonesia.”Kami juga membangun link and match dunia pendidikan tinggi dan industri sebagai alternatif solusi untuk keragaman pangan nasional melalui beragam inovasi produk dan teknologi berbasis riset,” ujar Franciscus.Mahasiswa S-1 dan dosen/peneliti yang tertarik mengikuti IRN dapat mengirimkan proposal penelitian yang ditujukan kepada panitia. Pengiriman proposal paling lambat 16 April 2013.

…dst

8 ) Pengobatan Jamu Diusulkan Menjadi Mata Kuliah
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/31/079458294/Pengobatan-Jamu-Diusulkan-Menjadi-Mata-Kuliah

Kamis, 31 Januari 2013 | 19:07 WIB
TEMPO.CO, Karanganyar – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengusulkan agar pengobatan menggunakan jamu dimasukkan dalam mata kuliah di fakultas kedokteran, fakultas farmasi, dan fakultas kesehatan masyarakat. “Kita perlu mensinergikan dan mengintegrasikan kedokteran Barat dan Timur dalam pelayanan kesehatan di Indonesia,” ujarnya di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 31 Januari 2013. Untuk mendukung program pengembangan jamu, para dokter, apoteker, dan tenaga kesehatan lainnya perlu mendapat pelatihan saintifikasi jamu yang komprehensif. Dengan demikian, pelayanan kesehatan tradisional, alternatif, dan komplementer dapat berjalan baik. Dia mengatakan, jamu sudah menjadi identitas Indonesia dalam hal pengobatan. Bahkan dunia sudah memposisikan obat tradisional, termasuk ramuan jamu, sebagai salah satu pilihan dalam pengobatan dan untuk menjaga kebugaran. “Negara seperti Cina, Korea, India, dan Thailand sudah sangat maju dalam pengembangan obat tradisional karena dukungan pemerintah,” katanya.

…dst

9 ) Dekan Wajib Dorong Produktivitas
http://www.seputar-indonesia.com/news/dekan-wajib-dorong-produktivitas

Kamis 31 Januari 2013
YOGYAKARTA – Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Kasiyarno mengatakan sebagai pimpinan fakultas, dekan wajib mendorong para dosen lebih produktif menghasilkan karya ilmiah. Sebab selain tingkat pendidikan dosen, produktivitas karya tulis ilmiah merupakan salah satu tolok ukur kualitas program studi. Hal ini dikatakan Kasiyarno dalam acara pelantikan sepuluh dekan periode 2013–2017 di UAD kemarin. Untuk tingkat pendidikan,lanjut dia,UAD sudah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan semua dosen. Misalnya dengan membantu studi lanjutnya.”Namun yang masih menjadi kelemahan kami adalah masih kurangnya karya tulis ilmiah. Padahal ini sangat berpengaruh untuk akreditasi.Kami mengimbau agar para dekan bisa mengingatkan hal itu,”pintanya. Saat ini masyarakat sudah sadar akan kualitas pendidikan. Sehingga sebelum mendaftar, kata dia, mereka selalu ingin tahu status akreditasi program studi yang diminati.

…dst

10 ) 22 Mahasiswa PPs UNM Ikuti Pendidikan di Australia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/31/00152970/22.Mahasiswa.PPs.UNM.Ikuti.Pendidikan.di.Australia

Kamis, 31 Januari 2013 | 00:15 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak 22 mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar terpilih mengikuti program pendidikan singkat di Australia. “Mereka akan mengikuti program “sandwich” di Universitas Canberra, Australia,” kata Direktur PPs UNM Prof Dr Jasruddin di Makassar, Rabu (30/1/2013). Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, mahasiswa program doktor itu telah diberikan pembekalan sebelum bertolak ke negeri “kanguru” pada 3 Februari 2013. Dia mengatakan, kesempatan untuk belajar dan mencari pengalaman di negara tetangga itu diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa PPs UNM. “Sehingga setelah kembali ke tanah air dapat membagi ilmu yang diperoleh dan mengaplikasikan pada bidangnya masing-masing,” katanya.

…dst

11 ) Rektor Unpad Raih Penghargaan Rancage 2013
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/01/31/mhheg5-rektor-unpad-raih-penghargaan-rancage-2013

Kamis, 31 Januari 2013, 15:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia mendapat penghargaan Hadiah Sastera “Rancage” 2013 untuk jasa dalam bahasa Sunda berkat keaktifannya dalam kegiatan kesundaan sejak mahasiswa dan gagasannya menyelenggarakan Hari Bahasa Ibu Internasional di Unpad. Siaran panitia “Rancage” 2013, Kamis, menyebutkan berkat gagasan Ganjar Kurnia, Unpad menjadi lembaga pertama di Indonesia yang memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, yaitu kegiatan yang dipromosikan oleh Unesco. Untuk kategori karya sastra Sunda, panitia memilih “Lagu Padungdung”, kumpulan sajak Deni A Fajar, sebagai pemenang.

…dst

12 ) Enam mahasiswa Undip dikirim berdebat ke AS
http://www.antaranews.com/berita/356011/enam-mahasiswa-undip-dikirim-berdebat-ke-as

Kamis, 31 Januari 2013 19:37 WIB
Semarang (ANTARA News) – Enam mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang dikirim mengikuti Harvard National Model United Nation (HNMUN) 2013 di Amerika Serikat, semacam ajang debat simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). “Sudah beberapa kali kami mengirimkan mahasiswa ikut ajang HNMUN ini, termasuk tahun ini kami kembali mengirimkan delegasi Undip ke sana (AS, red.),” kata Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi di Semarang, Kamis. Menurut dia, keikutsertaan dalam ajang debat internasional yang diramu seperti simulasi sidang PBB itu setidaknya bisa memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk saling mengenal, berinteraksi, dan menambah wawasan.

…dst

13 ) UMS Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Baru 2013
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/01/31/mhhctt-ums-tawarkan-beasiswa-untuk-mahasiswa-baru-2013

Kamis, 31 Januari 2013, 14:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA—Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyediakan bea siswa untuk mahasiswa baru tahun 2013. Program bea yang tersedia meliputi Penjaringan Bibit Unggul dan Muhammadiyah dan Daerah (PBUMD), beasiswa Unggulan Muhammadiyah dan Beasiswa Internasional. Terkait dengan beasiswa PBUMD, UMS memberikan subsidi untuk dana pengembangan sebesar 50 persen dan juga dana sebesar Rp 100.000/bulan selama satu tahun. Setelah program tersebut berakhir, mahasiswa dapat mengajukan beasiswa dari sumber yang lain, semisal UMS, bank Jateng, PPA dan lain-lain. Untuk mendaftar pada besasiswa PBUMD, kualifikasi yang harus dipenuhi antara lain memiliki prestasi meraih ranking 1–10 (sepuluh besar) di kelasnya selama 5 semester berturut-turut dengan nilai rapor selama 5 semester di atas 7,20.

…dst

14 ) Pelaku industri diminta kembangkan akademi komunitas
http://www.antaranews.com/berita/356042/pelaku-industri-diminta-kembangkan-akademi-komunitas

Kamis, 31 Januari 2013 21:02 WIB
Bekasi (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Budaya berharap para pelaku industri mengembangkan akademi komunitas guna memperbaiki kualitas tenaga kerja. “Kami berharap agar lembaga pendidikan bukan hanya berbasis pemerintah, melainkan juga dikembangkan oleh pelaku industri,” ujar Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso dalam kunjungannya ke Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis. Menurut dia, pendirian akademi komunitas merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, pendirian akademi komunitas merupakan salah satu strategi untuk menguatkan pendidikan vokasi sebagai salah satu amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012.

…dst

15 ) Penangkapan Maharani oleh KPK
Dosen Moestopo Akan Beri Pendidikan Moral
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/31/373/754744/dosen-moestopo-akan-beri-pendidikan-moral

Kamis, 31 Januari 2013 17:20 wi
JAKARTA – Fenomena “ayam kampus” atau mahasiswi yang bekerja sebagai wanita panggilan menjadi isu laten di dunia pendidikan tinggi. Fenomena ini kembali mencuat setelah tertangkapnya mahasiswi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam sebuah penggrebekan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Le Meridien baru-baru ini.
Humas UPDM(B) Gunawan tidak menampik bahwa gadis muda yang ditangkap KPK tersebut adalah mahasiswi UPDM(B). Meski kecolongan, kasus ini pun dianggap Gunawan sebagai bahan pembelajaran bagi kampus. Gunawan menyebut, sebagai langkah preventif, pihaknya menyaring calon mahasiswa mereka dengan lebih ketat. Sementara itu, UPDM(B) juga meminta para pengajarnya untuk memasukkan pendidikan nilai-nilai moral dalam kuliah mereka di kelas.

…dst

16 ) Hacker Ramai-ramai Serang Situs Pemerintah
Tuntut Pembebasan Pembobol Situs Presiden SBY
http://www.jpnn.com/read/2013/01/31/156382/Hacker-Ramai-ramai-Serang-Situs-Pemerintah-

Kamis, 31 Januari 2013 , 02:10:00
JAKARTA—Solidaritas peretas (hacker) di dunia maya rupanya sangat kuat. Setelah Polri berhasil menangkap Wildan, hacker situs presidensby.info asal Jember, sontak timbul serangan di situs-situs pemerintah. Kelompok hacker bersandi anonymous meretas website dengan domain belakang go.id. Beberapa situs yang berhasil diganti tampilannya hingga Rabu (30/01) pagi adalah website milik Komisi Pengawas Persaingan Usaha , Biro Pusat Statisktik, KBRI Tashkent, Kemenkum dan HAM, Kemensos, Kemenparekraf dan laman Indonesia.go.id Komunitas hacker menuntut pembebasan Wildan. Gerakan ini menggunakan sandi #OpFreeWildan di jejaring media sosial di internet. Mereka menilai penahanan Wildan tak adil karena yang dilakukannya merupakan kebebasan berekspresi. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Sutarman mengakui adanya serangan balik itu. “Tapi, tadi sudah ada laporan dari tim kalau berhasil diatasi,” ujar Sutarman di PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (30/01). Tim cybercrime Polri berada dibawah kendali Bareskrim. Tepatnya dibawah Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus yang berkantor di lantai empat. Laboratoriumnya dibiayai oleh Australia Federal Police dan beberapa penyidiknya dilatih langsung oleh polisi Australia.

…dst

17 ) Yang Tetap dan yang Berubah dalam UN 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/31/10363761/Yang.Tetap.dan.yang.Berubah.dalam.UN.2013

Kamis, 31 Januari 2013 | 10:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Standar kelulusan pada Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak berubah dari ketentuan tahun lalu, yaitu nilai rata-rata UN minimal 5,5. Pola penghitungan nilai akhir juga tidak jauh berbeda. Hanya saja hasil UN dan nilai akhir pada tahun ini dijadikan salah satu syarat bagi para peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. “Siswa dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajarannya 4,0. Itu yang harus dipenuhi,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2013). Pengertian nilai akhir sendiri, lanjutnya, merupakan kombinasi dari nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan bobot 40 persen dan nilai UN dengan bobot 60 persen. Sementara nilai sekolah diperoleh dari gabungan 40 persen nilai rapor dan 60 persen nilai Ujian Sekolah. “Ini berlaku untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA. Kalau SMK ada nilai kompetensi keahlian kejuruan denga kriteria kelulusan minimal 6,0,” jelas Khairil.

…dst

18 ) Anggaran Kurikulum 2013 Rp2,491 Triliun
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1014

01/31/2013
Jakarta—Anggaran kurikulum 2013 sebanyak Rp 2,491 triliun. Anggaran tersebut tersusun atas anggaran melekat sebanyak Rp 1,740 triliun (69,9 persen) dan anggaran tambahan sebanyak Rp 751,4 miliar (30,1 persen). Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (31/1/2013). Mendikbud menyampaikan seluruh kegiatan dan anggaran pendidikan telah dibahas bersama dengan Komisi X DPR termasuk di dalamnya terkait langsung dengan kurikulum. “Tidak mungkin membuat anggaran tanpa pembahasan dengan Komisi X karena ini APBN,” katanya.

…dst

19 ) Bekas RSBI Resmi Jadi Sekolah Biasa
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/31/078458323/Bekas-RSBI-Resmi-Jadi-Sekolah-Biasa

Kamis, 31 Januari 2013 | 20:49 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh secara resmi menetapkan bekas sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional kembali menjadi sekolah reguler. “Dengan ini, sekolah eks RSBI berstatus menjadi sekolah reguler, yang dibina oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota,” kata Nuh ketika ditemui di kantornya, Kamis, 31 Januari 2013.Kebijakan tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran Nomor: 017/MPK/SE/2013 tentang Kebijakan Transisi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Menurut Nuh, surat edaran itu ditujukan kepada kepada para kepala daerah seperti gubernur, bupati atau wali kota, kepala dinas pendidikan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

…dst

20 ) Begini Efek Narkoba yang Dipakai Raffi Ahmad
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/29/064457667/Begini-Efek-Narkoba-yang-Dipakai-Raffi-Ahmad

Selasa, 29 Januari 2013 | 15:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Penggunaan berlebih jenis narkoba cathinone (katinon) ternyata memiliki efek negatif bagi pengguna. Selain ketergantungan, juga berpotensi menjerumuskan pengguna hingga kematian. “Istilahnya jantung dipacu sepaya terus bekerja. Kalau terus-menerus, ya rusak akhirnya,” ujar Kepala Laboratorium Kimia Universitas Indonesia, Sunardi, Selasa, 29 Januari 2013. Katinon merupakan senyawa yang dihasilkan dari tumbuhan. Zat tersebut biasa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuh ternak. Namun, saat ini zat tersebut telah banyak dikonsumsi manusia karena fungsinya setara dengan amphentamin, jenis narkotik yang biasa digunakan di Tanah Air. “Mengilangkan sakit, capek, dan terus bersemangat,” ujarnya. Untuk Indonesia, peredaran barang tersebut belum dikategorikan sebagai narkotik dan lazim digunakan untuk ternak. Barang tersebut masuk dari luar negeri berberengan dengan proses importase hewan ternak. Akibatnya, banyak petugas meloloskan barang tersebut. “Karena memang ditujukan buat hewan, bukan untuk manusia,” ujarnya.

…dst

21 ) Zat di rumah Raffi termasuk narkotika golongan satu
http://www.antaranews.com/berita/356040/zat-di-rumah-raffi-termasuk-narkotika-golongan-satu

Kamis, 31 Januari 2013 20:58 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Saksi Ahli Badan Narkotika Nasional (BNN) Mufti Djusnir mengungkapkan zat baru yang ada di rumah Raffi Ahmad adalah methylone. Menurut dia, zat tersebut termasuk ke dalam jenis chatinone sehingga di undang-undang klasifikasinya adalah narkotika golongan satu. “Jadi jelas, Methylone itu sama dengan Chatinone,” kata Mufti dalam konferensi pers di BNN Jakarta, Kamis malam. Methylone sendiri merupakan narkotika yang bisa memberikan efek tenang dan sering digunakan sebagai stimulan. Hanya saja, Mufti menambahkan jika penggunaannya tanpa takaran jelas maka bisa menjadi zat sangat berbahaya.

…dst

22 ) Keterangan Ahli Kimia Farmasi
Efek Methylone Paling Berbahaya dan Dahsyat
http://www.jpnn.com/read/2013/01/31/156483/Efek-Methylone-Paling-Berbahaya-dan-Dahsyat-

Kamis, 31 Januari 2013 , 19:56:00
JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) meminta pendapat banyak ahli untuk menentukan seperti apa kandungan derivat chatainone atau zat 3,4 methylenedioxy methcathinone, atau lebih dikenal sebagai methylone (M1) yang dikonsumsi Raffi Ahmad Cs. Seorang ahli kimia farmasi, Kombes Pol Mufti Djusnir menyatakan methylone termasuk narkotika golongan 1. “Efeknya paling berbahaya yang ada di Indonesia saat ini. Karena pengaruhnya pada tubuh manusia melebihi MDMA (ekstasi) dan chatinone sebagai molekul dasar pembuat methylone,” kata Mufti di gedung BNN Kamis (31/1). Untuk diketahui, Mufti adalah saksi ahli yang menyatakan bahwa ekstasi adalah narkotika dalam kasus tertangkapnya kurir ribuan butir pil ekstasi tahun 1995, sebelum adanya UU 5/1997 tentang Psikotropika. Ketua BNN Nusa Tenggara Barat ini memaparkan, chatinone bukan zat baru karena ditemukan ahlinya di Eropa, jauh sebelum MDMA (ekstasi) dan derivat amphetamine. Namun karena golongan memiliki bahaya yang besar, maka keluar namanya amphetamine derivat. Kemudian saat ini muncul lagi zat yang baru ini.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.