Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional 2012/2013

Berikut ini Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional 2012/2013 (Perhatikan pada tgl 5 Feb 2013 di website Kemdikbud ditampilkan POS UN versi revisi) dan sudah saya update di bawah ini:

Sumber: Kemdikbud

Berita Terkait :

Yang Tetap dan yang Berubah dalam UN 2013
http://edukasi.kompas.com

Kamis, 31 Januari 2013 | 10:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Standar kelulusan pada Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak berubah dari ketentuan tahun lalu, yaitu nilai rata-rata UN minimal 5,5. Pola penghitungan nilai akhir juga tidak jauh berbeda. Hanya saja hasil UN dan nilai akhir pada tahun ini dijadikan salah satu syarat bagi para peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. “Siswa dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajarannya 4,0. Itu yang harus dipenuhi,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2013). Pengertian nilai akhir sendiri, lanjutnya, merupakan kombinasi dari nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan bobot 40 persen dan nilai UN dengan bobot 60 persen. Sementara nilai sekolah diperoleh dari gabungan 40 persen nilai rapor dan 60 persen nilai Ujian Sekolah. “Ini berlaku untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA. Kalau SMK ada nilai kompetensi keahlian kejuruan denga kriteria kelulusan minimal 6,0,” jelas Khairil.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

2 Comments

  1. alifauzan says:

    menurut saya yang paling berkesan di UN 2013 ini adalah paket soal yang nantinya ada 20 soal, jadi tiap siswa akan mendapat soal yang berbeda-beda. bagi yang belum tahu bisa di cek di POS UN 2013 halaman 23
    _______________________________________
    d. menyiapkan naskah soal UN yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang
    sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian untuk UN SMP/MTs,
    SMA/MA, SMK, Program Paket C;

  2. alifauzan says:

    karena ada REVISI POS UN 2013 jadi komentar saya diatas sepertinya sydah tidak berlaku lagi, karena di revisi pos un 2013 ini redaksi untuk jumlah paket soal berubah menjadi :
    “d. menyiapkan sejumlah paket naskah soal UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C dengan mempertimbangkan kesetaraan antarpaket;”
    di edisi revisi ini sudah jelas disebutkan “menyiapkan sejumlah paket soal” kalau pemahaman saya ya hanya beberapa saja, sehingga masih ada paket/soal yang sama dalam satu kelas. mohon koreksi jika saya salah :)

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.